Elektronik

Pilih Mana : ASUS ROG atau Acer Predator?

Seiring dengan perkembangan zaman, game-game terus bermunculan dengan tingkatan grafis yang semakin mumpuni. Untuk mengakomodasinya, tentu dibutuhkan perangkat gaming dengan komponen yang sanggup mengolah tuntutan grafis ini. Beberapa laptop gaming menjadi pilihan idaman untuk mengimbangi keperluan bermain game berkat desainnya yang portabel.

Fenomena ini lantas membuat para produsen laptop berlomba-lomba meluncurkan produk monster dengan performa tinggi yang banyak diburu para penggemar produk tersebut. Meskipun harga terbilang tinggi produsen laptop tetap berani merancang produk dengan performa super. Diantaranya ASUS yang memiliki brand Republic Of Gamer (ROG) dan Acer dengan brand Predator. Baca juga Pilih Mana : Laptop atau PC?

ASUS ROG

ASUS ROG merupakan seri laptop gaming produksi ASUS yang menyasar pada kelas gaming profesional. Produsen asal Taiwan ini selalu menyematkan spesifikasi dan built quality yang tidak bisa dianggap remeh pada setiap perangkat yang mengusung seri ROG. Untuk menunjang performanya, ASUS membekali perangkat ASUS ROG dengan spesifikasi tingkat tinggi yang dapat menyabet segala jenis game, dari game ringan hingga game berat sekalipun. Menawarkan performa super, ASUS membanderol seri ROG terbaru yaitu ASUS ROG GX800 dengan harga kisaran 95 juta rupiah di beberapa toko online Indonesia.

Kelebihan ASUS ROG

Berikut kelebihan ASUS ROG yang perlu Anda ketahui :

  • Memori RAM Jenis DDR4

ASUS ROG memiliki senjata andalan untuk mengangkat game-game dengan tingkat grafis yang tinggi. ASUS ROG ditandemkan dengan RAM bertipe DDR4 yang mencapai 64GB. Sementara itu untuk seri ROG GX800, ASUS menambahkan media penyimpanannya yang terdiri dari tiga SSD berukuran 512 GB yang disatukan dalam kondisi RAID0.

  • Layar Mendukung Fitur G-Sync

ASUS membekali seri ROG dengan layar laptop gaming yang didukung fitur Nvidia G-sync. Fitur ini menawarkan latensi rendah dan mampu mengurangi efek glitch saat memainkan game dengan frame rate tinggi. Untuk seri ROG GX800, ASUS memanjakan konsumen dengan bentang layar seluas 18,5 inch dan resolusi 4K (3840×2160 pixel).

  • Hardware Generasi Terbaru

Sebagai produsen laptop gaming, ASUS sudah tak diragukan kualitasnya. ASUS dinilai terus menggunakan hardware generasi terbaru yang terbaik di kelasnya pada setiap produknya, sehingga performa yang dihasilkan sangat baik dan kencang. Untuk ASUS seri ROG terbaru yaitu GX800 dibekali prosesor Core i7-7820HK, video RAM dan DRAM mencapai 5,2 GHz dan 2800 MHz. ASUS ROG GX800 juga didukung watercooling dan kemampuan overclock yang mencapai 4,6 GHz. Tak sampai disitu, ASUS juga membenamkan chip grafis Nvidia GTX 1080, tak hanya satu, tapi dua sekaligus yang terhubung secara SLi, dengan total VRAM GDDR5X sebesar 16 GB.

Kekurangan ASUS ROG

Berikut kekurangan ASUS ROG yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Relatif Mahal

Laptop gaming ASUS seri ROG dinilai memiliki harga yang relatif mahal untuk kalangan menengah ke bawah. ROG memang sudah dirancang untuk gaming profesional kalangan menengah ke atas, sebab itulah dijual dengan harga yang mahal. Namun, harga ASUS ROG yang mahal memang worth itu dengan kualitasnya.

  • Dimensi Besar dan Berat

Dibekali dengan spesifikasi tingkat tinggi membuat ASUS ROG memiliki dimensi yang besar dan berat. Namun meskipun memiliki bobot yang cukup berat dan dimensi yang cukup besar, ASUS ROG dinilai masih cukup mobile dan mudah untuk dibawa bepergian.

  • Daya Baterai Singkat

Sayangnya, ASUS ROG memiliki daya baterai yang cukup singkat. ASUS ROG hanya mampu bertahan kira-kira sekitar 1 jam untuk bermain game, sementara untuk penggunaan mengetik dan browsing internet, laptop ini mampu bertahan hingga sekitar 1-2 jam saja.

Kelebihan ASUS ROGKekurangan ASUS ROG
- Memori RAM jenis DDR4- Harga relatif mahal
- Layar mendukung fitur G-Sync- Dimensi besar dan berat
- Hardware generasi terbaru- Daya baterai singkat

Acer Predator

Acer menggebrak pasar laptop gaming Indonesia di pertengahan 2017 dengan meluncurkan laptop gaming spesifikasi tingkat ‘dewa’ yaitu Acer Predator 21 X. Dilansir dari laman Tempo, Acer Predator 21 X yang dibanderol dengan harga 124 juta rupiah ini sold out hanya dalam kurun waktu kurang dari satu minggu. Acer hanya membuat 300 unit Acer Predator 21 X untuk keseluruhan di dunia sedangkan di Indonesia dibatasi hanya 2 unit.

Kelebihan Acer Predator

Berikut kelebihan Acer Predator yang perlu Anda ketahui :

  • Layar Lengkung Pertama di Dunia

Acer menghadirkan laptop gaming dengan layar lengkung pertama di dunia yaitu Acer Predator 21 X yang berukuran 21 inch dengan beresolusi 2560 x 1080 piksel yang menggunakan teknologi dynamic refresh rate NVIDIA G-SYNC, diklaim mampu menyempurnakan pengalaman bermain game dengan hilangnya image tearing, input lag, dan stuttering. Acer Predator 21 X juga dibekali dengan teknologi eye tracking dari Tobii yang memungkinkan pengguna mengontrol perintah pada game menggunakan pergerakan mata. Namun fitur ini hanya terbatas untuk beberapa game.

  • Spesifikasi Tingkat ‘Dewa’

Dibanderol dengan harga selangit, tentunya tidak mungkin jika laptop ini hanya memakai prosesor yang biasa saja. Prosesor Acer Predator 21 X dipercayakan pada Intel Core generasi ketujuh i7-7820HK yang memang diciptakan untuk gaming laptop. Prosesor ini dijamin dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan sangat baik. Selain prosesor kencang, Acer Predator 21 X ini dilengkapi dengan RAM DDR4 seri 2400 sebesar 64GB. Menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan pun tak menjadi masalah dengan laptop ini.

  • Kartu Grafis Ganda

Acer Predator 21 X tidak main-main untuk urusan grafis. Tidak hanya satu, laptop ini membenamkan dua NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI dengan total 16 GB (masing-masing sebesar 8 GB) dedicated GDDR5X VRAM. Anda tidak perlu khawatir saat memainkan game dengan grafis tajam di FPS tertinggi karena laptop ini dapat mengatasinya.

Kekurangan Acer Predator

Berikut kekurangan Acer Predator yang perlu Anda ketahui :

  • Dimensi Besar dan Berat

Dibalik gaharnya dapur pacu Acer Predator 21 X, ternyata laptop ini memiliki dimensi serta bobot yang tidak biasa bagi ukuran sebuah laptop. Beratnya sendiri mencapai 8 kg dan lebar 21 inch, terbayang kan bagaimana tebalnya dan merepotkannya membawa laptop ini kemana-mana.

  • Bukan untuk Keperluan Sehari-hari

Sedikit aneh jika Anda membawa laptop yang memiliki dimensi besar seperti Acer Predator 21 X untuk meeting di kantor atau mengerjakan pekerjaan sambil nongkrong di café. Jelas karena dimensinya yang sangat besar yaitu 56,8 x 31,4 x 8,3 cm. Pastinya Anda akan kesulitan untuk memasukkan laptop ini ke dalam tas. Karena itu, Acer menyediakan koper khusus untuk membawa semua perangkat laptop beserta aksesoris di dalamnya.

  • Harga Relatif Mahal

Sama seperti pesaingnya ASUS ROG, Acer Predator juga dinilai memiliki harga yang relatif mahal untuk kalangan menengah ke bawah. Laptop gaming dengan spesifikasi tingkat ‘dewa’ ini memang dirancang untuk gamer profesional kalangan menengah ke atas, sebab itulah dijual dengan harga yang mahal.

Kelebihan Acer PredatorKekurangan Acer Predator
- Layar lengkung pertama di dunia- Dimensi besar dan berat
- Spesifikasi tingkat ‘Dewa’- Bukan untuk keperluan sehari-hari
- Kartu grafis ganda- Harga relatif mahal

Pilih Mana : ASUS ROG atau Acer Predator?

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan ASUS ROG dan Acer Predator menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut dalam tabel berikut ini :

ASUS ROGAcer Predator
- Layar mendukung fitur G-Sync- Layar lengkung pertama di dunia
- Hardware generasi terbaru- Kartu grafis ganda
- Daya baterai singkat- Dimensi besar dan berat

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara ASUS ROG dan Acer Predator, dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan Acer Predator walaupun dibanderol dengan harga mahal namun Acer Predator dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

ASUS ROG vs Acer Predator

VS

Leave a Reply