Smartphone

Pilih Mana: Asus Zenfone 5Z atau Nokia 8?

Berbagai vendor smartphone berlomba-lomba dalam menawarkan produk terbaiknya untuk menjawab kebutuhan pelanggan. Dua produk dari vendor berbeda yang dapat kita bandingkan yaitu Asus Zenfone 5Z dan Nokia 8. Dari kedua smartphone tersebut, manakah smartphone terbaik? Asus Zenfone 5Z atau Nokia 8?

Asus Zenfone 5Z dan Nokia 8 merupakan dua smartphone yang dirilis untuk kalangan menengah ke atas. Kedua smartphone ini ditawarkan dengan harga 6,4 jutaan pada tahun 2018. Karena itulah, kedua smartphone yang memiliki harga yang sama dari dua vendor berbeda ini layak untuk kita bandingkan. Hal yang patut untuk dibandingkan dan dicari perbedaannya yaitu lebar layar, hardware, kamera, serta perbedaan lainnya yang bisa Anda lihat pada artikel di bawah ini.

Asus Zefone 5Z

Asus Zenfone 5Z merupakan sebuah smartphone yang dirilis pada Mei 2018. Smartphone ini mampu memanjakan Anda dengan performanya yang sangat baik karena dikutip dari Tempo.co smartphone ini menggunakan Chipset Snapdragon 845 yang dipasangkan bersama RAM 6.

Baca juga Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau iPhone 8 Plus?

 

Kelebihan Asus Zenfone 5Z

Berikut beberapa kelebihan Asus Zenfone 5Z yang perlu Anda ketahui:

Layar Lebih Lebar
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z adalah memiliki layar yang lebih lebar jika kita bandingkan dengan lebar layar yang dimiliki oleh Nokia 8. Smartphone ini memiliki layar dengan lebar 6,3 inci sedangkan Nokia 8 memiliki layar dengan lebar 5,3 inci.

Kinerja Sangat Tangguh
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z adalah memiliki kinerja yang sangat tangguh dan lebih tangguh jika kita bandingkan dengan Nokia 8. Smartphone ini telah dibekali dengan Chipset Snapdragon 845, CPU Octa-core (4×2.7 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver), GPU Adreno 630.

Kapasitas Baterai Lebih Besar
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Nokia 8. Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3.300 mAh sementara Nokia 8 memiliki baterai dengan kapasitas 3.090 mAh.

Kekurangan Asus Zenfone 5Z

Berikut beberapa kekurangan Asus Zenfone 5Z yang perlu Anda ketahui:

Kamera Lebih Kecil
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z adalah memiliki kamera yang lebih kecil dibandingkan dengan kamera yang dimiliki oleh Nokia 8, apalagi untuk kamera depannya. Smartphone ini memiliki kamera depan 8 MP sementara Nokia 8 telah memilii kamera depan sebesar 13 MP.

Kerapatan Layar Lebih Kecil
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z adalah memiliki kerapatan layar yang lebih kecil atau lebih rendah jika kita bandingkan dengan kerapatan layar yang dimiliki oleh Nokia 8. Smartphone ini hanya memilii layar dengan kerapatan 401ppi saja, sementara Nokia 8 telah memilii layar dengan kerapatan 554ppi.

Baterai Non-Removable
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z adalah memiliki baterai yang non-removable. Dengan demikian, Anda akan lebih sulit melakukan sesuatu ketika terjadi eror seperti lag pada smartphone ini. Bahkan jika terjadi kerusakan atau masalah pada smartphone yang baterainya tertanam pada perangkat.

Kelebihan Asus Zenfone 5ZKekurangan Asus Zenfone 5Z
- Layar lebih lebar- Kamera lebih kecil
- Kinerja sangat tangguh- Kerapatan layar lebih kecil
- Kapasitas baterai lebih besar- Baterai non-removable

Nokia 8

Nokia 8 merupakan salah satu smartphone yang dirilis oleh Nokia pada September 2018. Smartphone ini telah memiliki dual kamera pada kamera utamanya sebesar 13 MP (f/1.8)+ 13 MP (f/1.8) sehingga mendukung aktivitas fotografi Anda.

Kelebihan Nokia 8

Berikut beberapa kelebihan Nokia 8 yang perlu Anda ketahui:

Kerapatan Layar Lebih Tinggi
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah memiliki layar dengan kerapatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 5Z. Smartphone ini memiliki layar dengan kerapatan layar 554ppi. Sedangkan Asus Zenfone 5Z memiliki layar dengan kerapatan 401ppi.

Kamera Depan Lebih Baik
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah memiliki kamera depan dengan resolusi yang lebih baik jika kita bandingkan dengan kamera depan yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z. Nokia 8 telah memiliki kamera depan dengan resolusi 13 MP sementara Asus Zenfone 5Z memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP.

Phase Detection & Laser Autofocus
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah telah didukung dengan phase detection dan laser autofokus pada kameranya sehingga memberikan hasil gambar yang lebih maksimal.

Kekurangan Nokia 8

Berikut beberapa kekurangan Nokia 8 yang perlu Anda ketahui:

Kapasitas RAM Lebih Kecil
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil jika ita bandingkan dengan kapasitas RAM yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z. Nokia 8 memiliki RAM dengan kapasitas RAM 4 GB sedangkan kompetitornya telah memiliki RAM dengan kapasitas 6 GB.

Memiliki Tampilan yang Masih Tertinggal
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah memiliki tampilan yang masih jadul atau tampang yang belum kekinian seperti yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5Z. Jika dilihat dari penampilannya, maka Nokia 8 kalah dibandingkan Asus Zenfone 5Z.

Layar Lebih Kecil
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Nokia 8 adalah memiliki layar yang lebih mungil atau lebih kecil dibandingkan dengan layar yang dimiliki Asus Zenfone 5Z. Smartphone ini hanya memiliki layar 5,3 inci sementara kompetitornya telah memiliki layar dengan lebar 6,3 inci.

Kelebihan Nokia 8Kekurangan Nokia 8
- Kerapatan layar lebih tinggi- Kapasitas RAM lebih kecil
- Kamera depan lebih baik- Memiliki tampilan yang masih tertinggal
- Phase detection & laser autofocus- Layar lebih kecil

Pilih Mana: Asus Zenfone 5Z atau Nokia 8?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Asus Zenfone 5Z atau Nokia 8. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Asus Zenfone 5ZNokia 8
- Kapasitas RAM lebih besar- Kapasitas RAM lebih kecil
- Kamera depan 8 MP- Kamera depan 13 MP
- Kapasitas baterai lebih besar- Kapasitas baterai lebih kecil

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Asus Zenfone 5Z dan Nokia 8 di atas, dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki perbedaan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika kita perhatikan, dengan harga yang sama Asus Zenfone 5A menawarkan lebih banyak keunggulan. Namun, jika dilihat dari kameranya, Nokia 8 memberikan kamera dengan resolusi yang lebih besar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Asus Zenfone 5Z vs Nokia 8

VS

Leave a Reply