Home

Pilih Mana: Atap Genteng atau Dak Beton?

Memiliki bangunan yang nyaman merupakan keinginan semua orang. Salah satu faktor yang menentukan kenyamanan rumah adalah atap yang ada pada rumah. Banyak sekali jenis atap yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya adalah atap genteng dan atap dak beton. Dari dua jenis atap tersebut, manakah yang akan Anda gunakan? Atap genteng atau dak beton?

Atap genteng dan dak beton merupakan atap dua jenis atap yang memiliki fungsi untuk melindungi bangunan. Atap genteng banyak sekali digunakan karena memiliki harga yang terjangkau. Semua kalangan dapat memanfaatkan genteng jenis ini. Sedangkan atap dak beton biasanya digunakan oleh kalangan tertentu saja karena memiliki harga yang cukup mahal.

Atap Genteng

Atap genteng merupakan atap yang menggunakan genteng untuk menutupi bagian atas rumah. Atap genteng ini sangat banyak digunakan karena memiliki harga yang sangat terjangkau. Selain itu, atap genteng juga banyak digunakan karena cocok untuk semua jenis rumah. Baca juga: Genteng Tanah Liat vs Genteng Metal.

Kelebihan Atap Genteng

Berikut kelebihan atap genteng yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok untuk Semua Jenis Rumah

Pada umumnya setiap rumah cocok menggunakan genteng. Anda tidak harus memiliki rumah dengan pondasi, dinding, serta rangka atap yang kuat. Anda bahkan bisa memakai genteng meski menggunakan rangka atap dari kayu. Karena itulah, genteng dapat menjadi pilihan atap untuk semua pemilik rumah.

  • Harga Lebih Terjangkau

Genteng memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan atap dak beton. Dengan harga yang lebih terjangkau tersebut, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan budget untuk dapat memiliki atap jenis ini.

  • Menahan Panas

Kelebihan lain yang dimiliki oleh genteng adalah dapat menahan panasnya sinar matahari. Sehingga pada saat siang hari Anda tidak akan merasakan panas. Panas pada siang hari ditahan dan dikeluarkan pada malam hari. Sehingga pada saat malam hari panas yang ditahan pada siang hari dikeluarkan oleh genteng ini.

  • Udara Tetap Bisa Masuk

Kelebihan lain yang dimiliki oleh genteng adalah memiliki pori-pori. Dengan adanya pori-pori ini, udara dapat masuk dan ruangan tidak akan menjadi pengap dan lembap. Dengan demikian, tidak menjadi masalah rumah yang memiliki ruang yang sempit untuk menggunakan atap jenis genteng ini.

Kekurangan Atap Genteng

Berikut kekurangan atap genteng yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Mudah Rusak

Jika dibandingkan dengan atap dak beton, atap genteng jauh lebih mudah rusak. Atap genteng ini tidak memiliki ketahanan terhadap cuaca tertentu. Jika Ada angin yang sangat kencang, atap genteng memiliki kemungkinan untuk bergeser dan menyebabkan terjadinya kebocoran. Jika tertimpa sesuatu yang berat atau keras, atap genteng juga mudah sekali pecah.

  • Mudah Berubah Warna

Selain kurang kuat dan kokoh, atap jenis genteng juga sangat mudah untuk berubah warna. Ketika terlalu sering terkena hujan dan panas, warna pada atap genteng akan sangat cepat memudar. Hal ini akan membuat atap terlihat kurang menarik. Dan jika ingin kembali memberikan warna yang baru, Anda harus mengerjakan orang yang ahli dalam hal ini. Karena atap genteng tidak bisa diinjak dan tidak memiliki permukaan yang datar.

  • Harus Dibongkar Jika Ingin Meninggikan Bangunan

Tidak seperti atap dak beton yang tidak tidak harus dibongkar, Anda harus membongkar atap genteng jika ingin meninggikan bangunan. Atap genteng yang dibongkar juga biasanya akan menjadi hancur. Karena sebagian besar atap genteng yang diturunkan akan pecah, meskipun banyak juga atap genteng yang tidak pecah.

Kelebihan Atap GentengKekurangan Atap Genteng
- Cocok untuk semua jenis rumah- Lebih mudah rapuh
- Harga lebih terjangkau- Mudah berubah warna
- Dapat menahan panas - Harus dibongkar jika ingin meninggikan bangunan

Dak Beton

Dak beton merupakan konstruksi beton cor yang letaknya tidak langsung berada diatas tanah. Bisa digunakan sebagai konstruksi lantai di bangunan bertingkat, bisa juga sebagai konstruksi atap datar, bisa juga digunakan sebagai aksen kantilever yang banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis saat ini.

Kelebihan Dak Beton

Berikut kelebihan dak beton yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Banyak Fungsi

Kelebihan yang dimiliki oleh atap yang terbuat dari dak beton adalah memiliki banyak fungsi. Anda dapat dengan mudah menempatkan banyak hal di atap jenis ini. Misalnya, Anda dapat meletakkan pot, meletakkan jemuran pakaian, atau meletakkan benda-benda lainnya.

  • Lebih Mudah untuk Meninggikan Bangunan

Jika Anda memiliki atap yang berbentuk dak beton, Anda akan lebih mudah jika nanti ingin meninggikan atau meningkatkan rumah. Dak beton dapat diubah fungsinya menjadi lantai. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membongkar atap berupa dak beton saat ingin menjadikan rumah menjadi dua lantai.

  • Kuat dan Tidak Mudah Rusak

Atap dak beton merupakan jenis atap yang sangat kuat dan tidak mudah rusak. Meskipun ditiup angin kencang ataupun tertimpa sesuatu yang berat, atap dak beton tetap kokoh. Atap jenis ini juga tahan terhadap berbagai jenis cuaca, seperti hujan dan panas. Kemungkinan bocor atap ini sangat kecil, panas matahari juga tidak bisa menembus atap dak beton.

  • Mudah Dirawat

Anda dapat dengan mudah merawat atap dak beton karena Anda dapat berdiri di atasnya. Dengan demikian sangat mudah bagi Anda untuk membersihkan, melakukan perbaikan, hingga melakukan pengecatan pada atap dak beton. Karena kemudahan ini, Anda lebih hemat dan tidak perlu mengeluaran biaya yang besar untuk perawatan pada atap jenis ini.

Kekurangan Dak Beton

Berikut kekurangan dak beton yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Mahal

Salah satu kekurangan atap dak beton adalah membutuhkan biaya yang cukup banyak. Dibandingkan dengan atap genteng, biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan atap dak beton jauh lebih mahal. Namun hal ini sesuai dengan kualitas yang diberikan, yakni kokoh dan kuat.

  • Proses Pengerjaan Cukup Rumit

Pengerjaan atap dak beton jauh lebih rumit daripada memasang atap genteng. Pekerja juga perlu teliti agar tidak atap dak beton menjadi benar-benar sempurna. Pengerjaan yang kurang sempurna bisa menyebabkan terjadinya kebocoran pada atap dak beton. Untuk meminimalisir hal ini, pekerja harus benar-benar teliti.

  • Dapat Membuat Air Tergenang

Karena memiliki bentuk yang datar, atap dak beton dapat menyebabkan air tergenang cukup lama. Akibatnya, air akan mengisi lubang dan bisa menyebabkan air merembes dan dapat meninggalkan noda. Karena itu saat membuat atap jenis ini, Anda harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Solusinya, Anda dapat membuat posisi atap agak miring sekitar 300 hingga 400 supaya air dapat mengalir dengan lancar. Anda juga bisa menambahkan waterproof pada atap ini yang berfungsi untuk melindungi atap sehingga air pun tidak bisa masuk ke celah-celahnya.

  • Menyebabkan Ruangan Menjadi Lembap

Genteng dak beton tidak memiliki pori-pori, karena itu ruangan yang memiliki atap dak beton cenderung lebih lembap. Karena itu, atap dak beton kurang cocok untuk ruangan yang memiliki ukuran kecil atau sempit. Solusinya, Anda perlu menyediakan pentilasi yang memadai agar udara dapat dengan mudah keluar masuk.

Kelebihan Dak BetonKekurangan Dak Beton
- Memiliki banyak fungsi lain- Harga relatif lebih mahal
- Lebih mudah untuk meninggikan bangunan- Proses pengerjaan cukup rumit
- Kuat dan tidak mudah rusak- Dapat membuat air tergenang

Pilih Mana: Atap Genteng atau Dak Beton?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara atap genteng dan dak beton. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Atap GentengDak Beton
- Cocok untuk semua jenis rumah atau bangunan- Hanya cocok untuk jenis rumah atau bangunan tertentu
- Hanya berfungsi sebagai atap- Memiliki fungsi lain
- Kurang kuat dan mudah rusak -Kuat dan tidak mudah rusak

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai atap genteng dan atap dak beton di atas, dapat disimpulkan bahwa atap dak beton memiliki kualitas yang lebih baik daripada atap genteng. Namun, Anda memerlukan biaya yang cukup besar untuk memiliki atap jenis ini.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Atap Genteng vs Dak Beton

VS

Leave a Reply