Home

Pilih Mana: Atap Go Green atau Alderon?

Atap adalah bagian dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya terhadap pengaruh panas, debu, hujan, angin atau untuk keperluan perlindungan. Banyaknya model atau jenis dari atap rumah yang bisa kamu pilih sesuai dengan tingkat kebutuhan dan selera kamu. Atap Go Green dan Alderon adalah kedua atap yang bisa kamu pilih di pasaran Indonesia.

Atap Go Green dan Alderon memiliki kualitas terbaik dan mudah untuk didapatkan karena sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Tetapi jika dibandingkan keduanya manakah yang lebih baik kualitasnya? Agar dapat mengetahuinya kamu bisa membaca artikel Selera.id kali ini yang akan membahas mengenai atap Go Green dan Alderon yang dapat menjadi referensi untuk kamu.

Atap Go Green

Atap Go Green merupakan atap yang diproduksi dari plastik baja dan teknologi terbaru yang menghasilkan kualitas dan kelenturan atap yang bermutu tinggi. Atap Go Green memberikan solusi terbaik untuk atap gelombang yang kokoh, aman, tidak berkarat, ekonomis dan tahan lama. Baca juga Pilih Mana: Atap Genteng atau Dak Beton?

Atap Go Green adalah pilihan bagi kamu yang menginginkan atap yang dapat menahan panas dan meredam suara dengan harga yang sangat ekonomis.

Model Atap Go Green penutup atap yang berbentuk gelombang seperti halnya asbes gelombang atau seng gelombang. Bahannya terbuat dari plastik baja, non asbestos sangat kuat dan ramah lingkungan. Sekarang sudah banyak bangunan yang menggunakan material ini karena kelebihan kelebihan yang dimilikinya.

Kelebihan Atap Go Green

  • Kuat, ringan dan lentur
    Dengan bahan dasar inovasi mutakhir yang dibuat dengan formula plastik baja, atap Go Green dapat menahan beban lebih dari 100 kg juga memiliki tekstur yang fleksibel plastik dipadu dengan struktur molekul, membuat atap GoGreen mudah penangananya dalam proses mobilitas dan transportasi.
  • Dapat melindungi dari sinar matahari
    Lapisan teratas atap Go Green di lengkapi dengan bahan pelindung anti Ultraviolet, menciptakan perlindungan 100% dari sinar UV, menciptakan suhu ruangan hingga 30% lebih sejuk dan terlindung dari efek negatif sinar UV.
  • Harga terjangkau dan aplikasi mudah
    Dengan semua kelebihan dan keunggulan yang terdapat pada atap Go Green, menjadikan produk ini sangat ekonomis dibandingkan dengan produk atap gelombang lain. Pengaplikasian yang mudah bobot ringan dan fleksibel atap Go Green serta variasi ukuran yang tersedia mempermudah pekerjaan pemasangan, menghemat waktu dan biaya. Pemasangannya bisa menggunakan rangka atap kayu ataupun rangka atap baja ringan.

Kekurangan Atap Go Green

  • Tidak ada yang transparan
    Kekurangan yang dimiliki oleh atap Go Green ini tidak adanya model atap Go Green yang transparan, hal ini tidak bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin membeli atap Go Green dengan kualitas pencahayaan yang terang.
  • Varian hanya gelombang saja
    Bentuk yang dimiliki atap Go Green ini hanya memiliki bentuk gelombang saja, sehingga kamu tidak bisa memilih bentuk lainnya.

  • Daya kekuatan yang kurang baik
    Untuk daya kekuatan pada atap Go Green ini sepertinya kurang baik, banyaknya riset penelitian mengklaim pada atap Go Green ini jika terkena benturan maka mudah sekali akan pecah, sehingga kamu harus mengganti atap lainnya.

Atap Alderon

Atap Alderon adalah salah satu varian dari atap PVC yang tengah populer. Terbuat dari bahan dasar PVC, atap Alderon  termasuk mudah diaplikasikan pada rumah tinggal. Lembaran atap Alderon berbentuk gelombang. Tampilannya sangat menarik sehingga akan membuat eksterior rumah semakin cantik, terutama di desain rumah minimalis. Kamu bisa membeli atap Alderon di Depo Bangunan.

Banyaknya berbagai macam kelebihan yang membuatnya populer di kalangan masyarakat.kelebihan yang dimiliki atap Alderon ini sehingga membuat atap ini banyak menjadi pilihan orang.

Kelebihan Atap Alderon

  • Ramah lingkungan
    Bahan utama atap Alderon, PVC, adalah material utama pada plafon PVC. Bahan ini juga mampu mencegah korosi dan menangkal sinar UV berlebih. Berat atap Alderon termasuk ringan, sehingga mempermudah tukang pada saat pemasangan dibandingkan dengan atap genteng bangunan. Atap Alderon juga memiliki daya tahan yang kuat dengan jenis cuaca ekstrim apapun.
  • Ruangan menjadi sejuk
    Atap Alderon ini tidak akan membuat ruangan di bawahnya terasa panas. Hal ini dikarenakan sifatnya yang hemat energi dan nggak mudah menyerap panas. Selain ruangan terasa sejuk, kamu juga bisa menghemat listrik karena tidak perlu terus-menerus menyalakan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin untuk menghilangkan udara panas.
  • Kedap suara dan adanya garansi
    Kelebihan yang dimiliki oleh atap Alderon juga adalah kedap suara hal ini rongga udara Alderon membantu mengurangi suara dari luar terutama saat hujan deras. Hal ini sudah adanya tes laboratorium bahwa atap Alderon bisa mengurangi suara masuk pada ruangan hingga 27%. Adanya garansi yang diberikan Alderon juga menjadi kelebihan tersendiri untuk jenis atap ini, lamnya garansi hingga 10 tahun lamanya.

Kekurangan Atap Alderon

  • Keterbatasan warna
    Sampai saat atap Alderon hanya dibuat dalam 2 jenis warna, putih dan biru. Jika kamu berniat mengekspos atap kamu yang menggunakan Alderon, kamu harus menyesuaikan warna dominan dari rumah kamu, sekiranya dapat senada dan seirama dengan kedua warna tersebut.
  • Harga mahal
    Memang Alderon membutuhkan biaya rendah untuk perawatan. Tetapi, untuk biaya pengadaan terbilang mahal dibanding jenis atap lain yang menggunakan material PVC sebagai bahan dasar produksi.

  • Mudah rusak karena api
    Walaupun dikatakan bahan atap ini tidak mudah menyebarkan api. Bahan ini tetap bukan material tahan api. Jadi, atap ini tetap akan mengalami kerusakan akibat terkena api, tetapi tingkat kerusakan dan penyebaran apinya tidak akan separah beberapa material atap lainnya.

Tips Merawat Atap Rumah

  • Bersihkan Atap Secara Berkala
    Untuk merawat atap, kamu perlu melakukan pembersihan secara rutin. Bersihkan atap dari segala kemungkinan yang dapat merusak atap, seperti sampah, lumut, atau kotoran lainnya. Pastikan juga saluran air lancar dan tidak ada kotoran yang dapat menyumba. Perawatan ini perlu dilakukan rutin dua minggu atau paling tidak sebulan sekali.
  • Pastikan Lubang Ventilasi Bersih
    Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu memastikan lubang ventilasi atap memiliki kondisi yang cemerlang. Artinya, tidak ada sampah, debu tebal, atau kotoran yang saling menumpuk. Hal ini perlu dilakukan supaya sirkulasi uap air dapat berjalan dengan baik.
  • Pastikan Bebas Dari Gangguan Binatang
    Hama adalah salah satu penyebab yang sering membuat atap menjadi cepat rusak. Sebut saja tikus dan hewan pengerat lainnya. Bintang-binatang ini dapat menyusup ke dalam atap, berlarian, atau membuat sarang yang menyebabkan kondisi atap memburuk. Kotoran dari binatang ini selain jadi sumber penyakit juga dapat membuat daya tahan atap berkurang.
Untuk mencegah munculnya tikus di rumah dan menjadikan atap sebagai sarang mereka, kamu perlu berhati-hati dalam menaruh makanan. Selain itu, untuk membuang sampah sisa perlu dilakukan dengan benar juga. Tikus muncul ketika kamu tidak merawat rumah secara baik.
  • Pemilihan dan Pemasangan Atap
    Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan ini juga berlaku untuk atap rumah kamu . Salah satu tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memilih atap yang berkualitas tinggi. kamu bisa menambahkan perlindungan dengan cat waterproofing untuk atap atau dak beton. Cat waterproofing yang bisa kamu gunakan adalah Bitadur, produk dari Bital Asia.
Cat waterproofing akan mampu melapisi atap dari rembes. Selain itu, cat waterproofing juga tidak mudah pudar dan memiliki daya rekat kuat. Selanjutnya, kamu juga harus menyewa jasa pemasangan atap yang profesional. Kurangi faktor-faktor yang dapat menimbulkan kerusakan pada atap, seperti pemasangan oleh tukang yang tidak berpengalaman.
  • Periksa Plafon Secara Berkala
    Pada saat memeriksa atap, ada baiknya kamu juga melihat kondisi plafon rumah. Selain atap, plafon juga bisa menjadi penyebab kebocoran rumah kamu . Kondisi plafon yang buruk memudahkan kebocoran terjadi. kamu perlu menyemen ulang plafon yang kondisinya memang tidak ideal sehingga kondisi tetap stabil dan aman.
SpesifikasiAtap Go GreenAtap Alderon
MaterialTerbuat dari bahan konstruksi yang berbahan dasar seng dan aluminium Terbuat dari bahan dasar PVC
Daya TahanDaya tahan yang cukup baik Daya tahan yang sangat baik dari berbagai cuaca
BentukMemiliki bentuklebih datar dengan beberapa gelombang dengan jarak yang agak jauh Lembaran atap Alderon berbentuk gelombang
Suhu RuanganMembuat suhu ruangan menjadi gerah dan panas Suhu ruangan menjadi sejuk
Lihat juga:  Pilih Mana: Bantal Silikon atau Bantal Dacron?

Pilih Mana: Atap Go Green atau Alderon?

Atap Go GreenAtap Alderon
Kelebihan- Kuat, ringan dan lentur - Dapat melindungi dari sinar matahari - Harga terjangkau dan aplikasi mudah - Ramah lingkungan - Ruangan menjadi sejuk - Kedap suara dan adanya garansi
Kekurangan- Tidak ada yang transparan - Varian hanya gelombang saja - Daya kekuatan yang kurang baik - Keterbatasan warna - Harga mahal - Mudah rusak karena api

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai atap Go Green dan Alderon keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi jika dibandingkan maka akan lebih unggul atap Alderon dibandingkan dengan atap Go Green dari tingkat ketahanannya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menjadikan referensi untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Atap Go Green vs Alderon

VS

Leave a Reply