Home

Pilih Mana: Atap Go Green atau Onduline?

Pemilihan jenis atap rumah anda harus bijak dan tahan lama, karena atap posisinya di luar ruangan dan sebagai penutup pelindung. Pemilihan jenis atap rumah hunian seharusnya mempertimbangkan dari segi bahan yang tahan dalam segala cuaca dan terjamin kekuatannya. Misalnya atap Go Green atau Onduline.

Atap menjadi pelindung rumah yang paling penting. Atap akan melindungi rumah dari sinar matahari dan hujan, sekaligus mempercantik tampilan rumah. Oleh sebab itu,  pemilihan atap sangat penting. Pada artikel kali ini kami akan membahas kedua atap antara Go Green atau Onduline, agar bisa menjadi refernsi kalian jika sedang mencari atap untuk rumah hunian. Yuk disiamak!

Atap Go Green

Atap go green merupakan atap bergelombang (menyerupai atap asbes dan seng) yang dibuat dari baja ringan. Formula baja ringan tidak mengandung fiber beracun seperti pada asbes sehingga lebih ramah lingkungan. Baca juga Pilih Mana: Atap Go Green atau Alderon?

Atap Go Green memberikan solusi terbaik untuk atap gelombang yang kokoh, aman, tidak berkarat, ekonomis dan tahan lama. 

Atap go green merupakan sebuah inovasi penutup atap bergelombang yang dibuat dari formula atap baja ringan. Formula atap baja ringan inilah yang membuat penutup atap go green berbeda dari penutup atap bergelombang lainnya, bahan kimia dari formula ini ramah lingkungan karena tidak mengandung fiber beracun seperti yang ada pada asbes dan seng.

Atap Go Green Harga Per September 2019
Atap go green merah uk 210 x 80Rp. 75.000
Atap go green merah uk 240 x 80 Rp. 85.000
Atap go green merah uk 300 x 80 Rp. 100.000

Kelebihan Atap Go Green

  • Pemasangan yang mudah dan cepat
    Karena bebannya yang ringan, pemasangan atap go green cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. kalian juga dapat memasangnya sendiri, namun pastikan ukuran setiap atap sama ya. Jika berbeda, maka atap tidak bisa tertutup rapat. Untuk lebih menyempurnakan pemasangan atap ini, kalian juga dapat menggunakan rangka baja ringan.
  • Anti karat dan aman bagi kesehatan
    Meski memiliki bentuk yang sama, atap go green lebih sehat dibanding atap asbes atau seng karena tidak mengandung fiber beracun. Selain itu, atap go green juga mengandung bahan anti karat sehingga atap kalian akan terhindar dari korosi. Bahan yang ramah lingkungan juga membuat atap go green mudah untuk didaur ulang.
  • Lebih kuat dari atap bergelombang lainnya
    Meski lebih ringan, atap go green lebih kuat dibanding atap lainnya. Bahkan mampu menahan beban hingga 100 kg. Hal ini dikarenakan proses pembuatan yang menggunakan teknologi kekinian serta gelombang mikro pada permukaan atap.

Kekurangan Atap Go Green

  • Atap Go Green jika terkena benturan akan pecah
    Kekurangan yang pertaama pada atap Go Green ini yaitu atap ini tidak tahan terhadap benturan jika sedikit saja terkena benturan atap ini gampang pecah.
  • Tidak tersedia  bentuk transparant
    Atap Go Green tidak memiliki bentuk transparan. Sehingga, hal ini dapat menyebabkan tidak adanya pencahayaan alami dari paparan sinar matahari.
  • Atap Go Green tidak bisa di pasang / di tumpuk jika beda ukuran
    Jika ukuran atap Go Green berbeda ini akan mempersulit dalam pemasangannya. Karena terkadang selisih ukuran beberapa mm saja, dapat mengakibatkan renggang jika dipaksa untuk dipasang.

Atap Onduline

Onduline merupakah lembaran Atap bitumen bergelombang yang terlah bersertifikasi SNI. Atap Onduline sangat cocok di aplikasikan untuk bangunan di pinggir pantai dan rawan gempa karena Onduline merupakan atap ringan yang tidak mengandung unsur asbes dan metal sehingga tidak berkarat dan korosi.

Atap onduline dapat menahan tekanan angin dengan kecepatan hingga 192Km/jam karena berasal dari bahan lapisan serat organik yang dicampur dengan bitumen melalui proses penekanan dan pemanasan yang tinggi sehingga sangat ramah lingkungan.

Jenis atap Onduline  ini tidak membutuhkan perawatan setelah pemasangan selesai dilakukan. Struktur Onduline yang kedap air, menjadikannya dapat bertahan dari terpaan air hujan dan uap air yang muncul, hingga 10 tahun lamanya. Sampai saat ini, ada 4 varian warna onduline, yaitu cokelat, merah, hijau dan hitam. Kalian dapat membeli atap Onduline di Depo Bangunan.

Atap OndulineHarga Per September 2019
Atap Onduline 200×95 cm Red, Green, Brown, Black Rp. 149.500
Onduline Classic (Paket) Rp. 1.635.000
Genteng Onduvilla 15 buah Rp. 757.500

Kelebihan Atap Onduline

  • Kekuatan dan daya tahan terjamin
    Daya tahan dan kekuatan atap onduline nyatanya memang dapat diunggulkan. Karena kekuatannya, onduline memiliki daya tahan yang mumpuni untuk bertahan dari terpaan angin hingga 192 km/jam dan mampu menahan getaran hingga 6,5 SR. Karenanya, Onduline dapat digunakan di seluruh wilayah geografis.
  • Hemat biaya pemasangan dan perawatan
    Faktor biaya merupakan faktor krusial pertama yang akan selalu menjadi pertimbangan pertama dalam setiap keputusan pembangunan rumah. Onduline dapat menjadi solusi, jika memang budget anda terbatas, begitu pula dengan waktu yang anda targetkan untuk finishing pembangunan rumah. Daya tahan onduline yang kuat, juga menjadi pertimbangan, karena sudah pasti akan menghemat biaya perwatan nantinya.
  • Gampang dibentuk dan serba guna
    Onduline merupakan material yang mudah dibentuk, karena mudah dipotong dan dipasang. Selain itu, atap onduline juga mudah disesuaikan dengan model atap yang diinginkan, karena ketersediaan warna yang aneka macam. Kalian juga dapat menggunakan Onduline untuk atap kanopi.
Lihat juga:  Pilih Mana: Meja Makan Persegi atau Meja Makan Bundar?

Kekurangan Atap Onduline

  • Warna cepat pudar
    Dalam perjalanan waktu yang dipengaruhi oleh cuaca panas dan hujan dengan intensitas yang sering, warna onduvilla atau onduline cepat pudar, oleh karena itu kadangkala diperlukan pengecatan sebelum pemasangan dengan cat berbahan dasar aspal.
  • Lembaran atau gampang bercelah 
    Lembaran atap mudah bolong, oleh karena itu diperlukan tukang yang ahli dalam memasang setiap lembaran, sehingga dalam proses pengeboran paku tidak terlewat atau terlalu dalam.
  • Rancangan banyak sambungan
    Onduline memang mudah dipotong dan disesuaikan bentuknya sesuai ukuran dan bentuk atap. Tapi proses ini bisa menyebabkan kelemahan karena proses penyambungan agar atap tidak bocor justru menjadi lebih sulit.

Cara Merawat Atap Rumah yang Benar

1. Membersihkan Atap Secara Berkala
Untuk merawat atap, kalian perlu melakukan pembersihan secara rutin. Bersihkan atap dari segala kemungkinan yang dapat merusak atap, seperti sampah, lumut, atau kotoran lainnya. Pastikan juga saluran air lancar dan tidak ada kotoran yang dapat menyumba. Perawatan ini perlu dilakukan rutin dua minggu atau paling tidak sebulan sekali.

2. Ventilasi Bersih
Perawatan selanjutnya yang dapat kalian lakukan yaitu memastikan lubang ventilasi atap memiliki kondisi yang cemerlang. Artinya, tidak ada sampah, debu tebal, atau kotoran yang saling menumpuk. Hal ini perlu dilakukan supaya sirkulasi uap air dapat berjalan dengan baik.

3.  Bebas Dari Gangguan Binatang
Hama merupakan salah satu penyebab yang sering membuat atap menjadi cepat rusak. Sebut saja tikus dan hewan pengerat lainnya. Bintang-binatang ini dapat menyusup ke dalam atap, berlarian, atau membuat sarang yang menyebabkan kondisi atap memburuk. Kotoran dari binatang ini selain jadi sumber penyakit juga dapat membuat daya tahan atap berkurang.

Untuk mencegah munculnya tikus di rumah dan menjadikan atap sebagai sarang mereka, kalian harus berhati-hati dalam menaruh makanan. Selain itu, untuk membuang sampah sisa perlu dilakukan dengan benar juga. Tikus muncul ketika kalian tidak merawat rumah secara baik.

4. Pemilihan Dan Pemasangan Atap
Salah satu tindakan pencegahan yang dapat kalian lakukan yaitu dengan memilih atap yang berkualitas tinggi. Anda bisa menambahkan perlindungan dengan cat waterproofing untuk atap atau dak beton.

Cat waterproofing yang dapat digunakan adalah Bitadur, produk dari Bital Asia. Cat waterproofing akan mampu melapisi atap dari rembes. Selain itu, cat waterproofing juga tidak mudah pudar dan memiliki daya rekat kuat.

Kalian juga harus menyewa jasa pemasangan atap yang profesional. Kurangi faktor-faktor yang dapat menimbulkan kerusakan pada atap, seperti pemasangan oleh orang yang tidak berpengalaman.

5. Periksa Plafon
Pada saat memeriksa atap, ada baiknya Anda juga melihat kondisi plafon rumah. Selain atap, plafon juga bisa menjadi penyebab kebocoran rumah kalian. Kondisi plafon yang buruk memudahkan kebocoran terjadi. Kalian perlu menyemen ulang plafon yang kondisinya memang tidak ideal.

Pilih Mana: Atap Go Green atau Onduline?

Atap Go Green Atap Onduline
Kelebihan- Pemasangan yang mudah dan cepat - Anti karat dan aman bagi kesehatan - Lebih kuat dari atap bergelombang lainnya - Kekuatan dan daya tahan terjamin - Hemat biaya pemasangan dan perawatan - Gampang dibentuk dan serba guna
Kekurangan- Atap Go Green jika terkena benturan akan pecah - Tidak tersedia  bentuk transparant - Atap Go Green tidak bisa di pasang / di tumpuk jika beda ukuran - Warna cepat pudar - Lembaran atau gampang bercelah  - Rancangan banyak sambungan

Kesimpulan

Atap Go Green dan Atap Onduline telah kita bahas pada artikel di atas dan dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya memilki keunggulannya nya tersendiri, Misalnya pada atau Go Green memiliki keunggulan anti karat dan aman bagi kesehatan dan materialnya dapat didaur ulang, Sedangkan untuk keunggulan atap Onduline yaitu memiliki kekuatan dan daya tahan terjamin. Kalian dapat memilih kedua atap antara Go Green dan Atap Onduline sesuai dengan kebutuhan dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Atap Go Green vs Atap Onduline

VS

Leave a Reply