Home

Pilih Mana: Atap Gutta atau Onduline?

Atap Gutta dan Onduline adalah kedua jenis atap yang saat ini banyak digunakan masyarakat Indonesia. Kedua jenis atap tersebut juga memiliki kualitas yang cukup baik untuk menjaga ketahanan atap pada rumah Anda. Memiliki daya tahan yang lama adalah kriteria bagi semua orang untuk memilih jenis atap.

Selain memiliki daya tahan yang lama atap Gutta dan Onduline ini memiliki bobot yang ringan. Agar dapat mengetahui lebih jelas mengenai kedua jenis atap ini, ada baiknya Anda membaca artikel Selera.id kali ini karena akan membahas mengenai kedua atap tersebut sehingga bisa menjadi referensi untuk Anda.

Atap Gutta

Atap Gutta adalah jenis atap gelombang berwarna natural dengan pilihan warna yang lebih luas sehingga sesuai untuk berbagai jenis bangunan. Atap Gutta memiliki sifat fleksibilitas yang sangat tinggi namun ringan. Baca juga Pilih Mana: Atap Galvalum atau Asbes?

Tekstur piramida pada permukaan lembaran Gutta berfungsi sebagai non dust collector, aerodinamis, hidrodinamis dan mempunyai permeabilitas yang rendah. Gutta berbahan dasar selulosa dan bitumen yang ramah lingkungan melindungi Anda dan keluarga Anda.

Atap Gutta dicat dengan menggunakan cat acrylic based yang tidak mudah luntur oleh air dan lebih menarik secara penampilan serta estetika yang indah. Cat acrylic based juga lebih kedap air, lebih memantulkan sinar UV dan lebih tahan panas matahari.

Kelebihan Atap Gutta

  • Kuat serta bertahan lama
    Kelebihan yang yang sangat menonjol dari atap rumah Gutta ini adalah bahwa atap ini memiliki kekuatan yang sangat baik sehingga atap dapat bertahan lama. Sebab terbagi dalam banyak lapis (multi layer) hingga tidak gampang getas serta dapat meredam beban yang berat dan bisa bertahan sampai 30 tahun.
  • Ramah lingkungan dan ringan
    Atap Gutta ini juga dapat dibilang ramah lingkungan tidak mengandung Asbestos atau Formalin. Dan memiliki emisi CO2 yang rendah dan dapat di daur ulang. Atap Gutta adalah jenis atap gelombang berwarna natural yang terbuat dari bitumen dan serat selulosa, sehingga memiliki sifat fleksibilitas yang sangat tinggi namun ringan.
  • Tidak berisik dan tidak panas
    Atap ini juga tidak berisik apabila hujan yang deras tidak akan menimbulkan suara yang berisik. Atap Gutta dicat dengan menggunakan cat acrylic based yang tidak mudah luntur. Cat acrylic based juga lebih kedap air, lebih memantulkan sinar UV dan lebih tahan panas matahari.

Kekurangan Atap Gutta

  • Harga yang cukup mahal
    Harga atap Gutta dibandingkan dengan harga model atap lain memang lebih mahal. Tentu ini bukan kelemahan yang sebenarnya, karena dilihat dari tingkat ketahanan bisa menjadi investasi untuk rumah. Jika Anda ingin berinvestasi rumah maka atap Gutta bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Biaya perbaikan mahal
    Ketika terjadi kerusakan maka atap harus segera diperbaiki. Dan sayangnya untuk perbaikan dari atap Gutta membutuhkan tukang khusus ketika terjadi kerusakan. Hal ini yang membuat biaya perbaikan untuk atap Gutta menjadi lebih mahal.
  • Adanya instalasi terlebih dahulu sebelum dipasang
    Kekurangan dari atap Gutta ini juga adalah bahwa sebelum atap mulai dipasang harus dialasi dengan bahan multipleks khusus baru diberi atap Gutta. Tujuannya adalah untuk menahan bitumen agar lebih awet, tapi masalahnya justru bisa membuat biaya instalasi lebih besar dan sangat mahal.

Atap Onduline

Atap Onduline merupakan lembaran Atap bitumen bergelombang yang telah bersertifikasi SNI. Atap Onduline merupakan atap ringan yang tidak mengandung unsur asbes dan metal sehingga tidak berkarat dan korosi. Anda bisa membeli atap Onduline di Depo Bangunan.

Atap dengan bahan Onduline memang menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin mendapatkan atap rumah yang bagus, indah dipandang mata dan tentu saja kuat. Buat yang khawatir dengan panas, membeli Onduline merupakan pilihan yang tepat.

Atap Onduline memiliki kemampuan menyerap panas yang rendah, sehingga ruangan dengan atap Onduline bisa jauh lebih sejuk. Hal lain yang sangat penting adalah kemampuan onduline untuk menahan suara hingga 30%. dengan kemampuan ini saat suasana hujan deras rumah tetap akan terasa tenang dan tidak berisik.

Kelebihan Atap Onduline

  • Memiliki jangka waktu yang tahan lama
    Banyak atap yang rentan bocor dan gampang pecah atau berkarat. Namun hal itu tidak terjadi pada atap Onduline. Onduline sangat tahan berbagai keadaan, suhu maupun cuaca sehingga tahan karat dan korosi seumur hidup. Dengan bahan baku yang alami dan proses produksi yang unik dan modern onduline lebih sehat dibanding atap lain sejenis.
  • Ringan dan lentur
    Atap Onduline anti pecah, sifat dari produk Onduline yang ringan dan lentur menjadikanya lebih tahan terhadap berbagai tekanan dan kondisi. Struktur atap Onduline memungkinkan kelenturan maksimum dan menyerap goncangan. Karena inilah atap Onduline tahan terhadap goncangan gempa dan terpaan angin seperti yang sudah dijelaskan diatas. Beban onduline yang cenderung ringan juga memudahkan saat membawa serta mempermudah proses pemasangan.

  • Hemat biaya pemasangan dan ramah lingkungan
    Atap Onduline sangat mudah dibawa sehingga mempercepat proses pengangkutan dan pemindahan sehingga prosesnya lebih efisien. Dengan digolongkannya asbes sebagai bahan berbahaya yang bisa mengakibatkan kanker sejak tahun 1977 oleh World Health Organization, maka secara perlahan penggunaan asbes di dunia mulai dikikis secara perlahan. Kelebihan lain onduline adalah bebas dari asbes dan memiliki bahan alami sehingga lebih sehat bagi penghuni. Bahan untuk onduline memiliki bahan aspal dan serat selulosa (kayu atau pulp) dan diproses dengan teknik penekanan dan pemanasan tinggi sehingga atap jenis ini lebih kuat dan lentur, dan tidak mudah patah. 

Kekurangan Atap Onduline

  • Warna yang mudah luntur
    Kekurangan yang pertama yang terlihat dan sudah banyak dibilang para pengguna sebagai atap yang didesain dengan berbagai tampilan warna ternyata atap Onduline tidak bertahan lama. Ketika atap onduline terkena panas dan hujan terus menerus maka warnanya bisa luntur dan mudah kusam.
  • Adanya proses rancangan sambungan
    Atap Onduline memang mudah dipotong dan disesuaikan bentuknya sesuai ukuran dan bentuk atap. Tapi proses ini bisa menyebabkan kelemahan karena proses penyambungan agar atap tidak bocor justru menjadi lebih sulit.
  • Mudah rembes
    Karena proses penyesuaian Onduline dengan bentuk atap maka proses penyambungan bisa menyebabkan rembesan. Tentu ini masalah yang sangat buruk untuk rumah sehingga disarankan untuk menggunakan untuk bentuk atap sederhana.

Atap Gutta vs Onduline

  • Kedua atap ini Gutta dan Onduline sama-sama memiliki daya tahan yang lama, dan memiliki bobot atau sifat yang terbilang ringan. Kedua atap ini menjadi banyak pilihan bagi banyak orang untuk mendapatkan rumah yang cantik yang diinginkan.
Atap Gutta dan Onduline juga dipercaya merupakan jenis atap yang ramah lingkungan adanya klaim dari masing-masing bahwa kedua atap ini bebas dari asbes dan memiliki bahan alami. Hal ini sangat bagus untuk menjadi pertimbangan untuk Anda jika ingin merenovasi rumah dan ingin mengganti atap.
  • Untuk masalah biaya pemasangan mungkin untuk atap Gutta lebih banyak mengeluarkan dana untuk pemasangan yang cukup mahal, harga atap Gutta ini juga terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan atap Onduline. Adanya biaya kerusakan yang cukup mahal juga jika atap Gutta terjadi kerusakan maka biayanya cukup mahal.
KeteranganAtap GuttaAtap Onduline
Jenis AtapAtap GuttaAtap Onduline
Material Gutta berbahan dasar selulosa dan bitumenLapisan serat organik yang dicampur dengan bitumen
Daya TahanMemiliki daya tahan yang lamaMemiliki daya tahan yang lama
Bobot AtapAtap Gutta memiliki sifat fleksibilitas yang sangat tinggi namun ringanAtap Onduline merupakan atap ringan
Suhu RuanganCat acrylic sebagai based lebih memantulkan sinar UV dan lebih tahan panas matahariMemiliki kemampuan menyerap panas, sehingga ruangan dengan atap Onduline bisa jauh lebih sejuk.
Lihat juga:  Pilih Mana: Blender atau Hand Blender?

Pilih Mana: Atap Gutta atau Onduline?

Atap GuttaAtap Onduline
Kelebihan- Kuat serta bertahan lama - Ramah lingkungan dan ringan - Tidak berisik dan tidak panas - Memiliki jangka waktu yang tahan lama - Ringan dan lentur - Hemat biaya pemasangan dan ramah lingkungan
Kekurangan - Harga yang cukup mahal - Biaya perbaikan mahal - Adanya instalasi terlebih dahulu sebelum dipasang - Warna yang mudah luntur - Adanya proses rancangan sambungan - Mudah rembes

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai atap Gutta dan Onduline keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga memiliki daya tahan yang kuat dan ramah lingkungan sehingga membuat Anda menjadi lebih sehat. Tetapi jika ingin memilih menyesuaikan budget makan atap Onduline lebih sedikit menghemat Anda dibandingkan dengan atap Gutta. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Atap Gutta vs Onduline

VS

Leave a Reply