Home

Pilih Mana: Atap Onduline atau Alderon?

Atap rumah memiliki posisi yang sangat penting dalam bagian rumah. Tanpa atap maka semua isi rumah akan kepanasan atau kedinginan.  Karena itu atap memang harus dipilih dari bahan-bahan yang terbaik. Beberapa model atap yang banyak di gunakan yaitu atap Onduline dan Alderon.

Tapi kedua atap Onduline dan Alderon ini juga memiliki perbedaan sesuai spesifikasi atap yang kalian inginkan.  Jika kalian bingung mau memilih atap Onduline atau Alderon? Berikut kami akan berikan beberapa perbedaan antara Onduline atau Alderon dari kelebihan dan kekurangannya, Kami juga memberikan tips beberapa cara memasang atap rumah bebas bocor. Jangan sampai terlewat ya, Yuk langsung saja disimak!

Atap Onduline

Onduline adalah produk atap bergelombang dan material penutup dinding yang atraktif, ringan dan sangat kuat. Kualitas ketahanan cuaca-nya yang telah terbukti.

Ditambah kemudahan serta keamanan-nya dalam penanganan dan pemasangan, telah menjadikan produk-produk Onduline digunakan secara ekstensif di berbagai jenis bangunan di seluruh dunia, dalam segala kondisi iklim. Sejak dirintis lebih dari 50 tahun yang lalu.

Karakteristik teknis onduline yang baik membuatnya cocok untuk digunakan di berbagai jenis bangunan. Kualitas ketahanan cuaca-nya yang telah terbukti. Baca juga Pilih Mana: Atap Go Green atau Onduline?

Selain itu, kemudahan serta keamanan-nya dalam penanganan dan pemasangan, telah menjadikan produk-produk Onduline digunakan secara ekstensif di berbagai jenis bangunan di seluruh dunia, dalam segala kondisi iklim.

Kelebihan Onduline

  • Serba guna
    Onduline yang serba guna membuat produk tersebut mudah dipotong dan dibentuk pada saat pembuatan ujung atap, nok atau ventilasi atap. Yang anda butuhkan adalah gergaji, palu dan paku Onduline untuk pemasangan pada hampir setiap jenis atap
  • Ringan
    Hanya 6.4 kg per lembar dengan ukuran 1.9 m2. Lembaran Onduline sangat ringan dan mudah dibawa. Hal ini sangat penting untuk mempermudah transportasi dan pemasangan sehingga membuat produk tersebut ideal untuk pemasang profesional dan amatir
  • Aman dan ramah lingkungan
    Tidak mengandung asbes. Asbes sejak tahun 1977 digolongkan sebagai bahan yang memicu kanker oleh penelitian kanker internasional. Banyak negara-negara di dunia yang menyesuaikan peraturannya sehubungan dengan hal itu. Onduline tidak mengandung asbes bahkan dapat membantu melindungi daerah yang sudah terkontaminasi asbes tetapi terlalu sulit atau mahal untuk ditiadakan.

Kekurangan Onduline

  • Pemasangan harus sangat di perhatikan dan dilakukan oleh tenaga ahli
    Apabila dalam proses pemasangan tidak tepat dan tidak sesuai dengan standar instalasi yang dianjurkan oleh pabrik, maka akan menghasilkan penutup yang tidak awet, misalnya akan lentur dan “menggeliat” setelah dipasang beberapa lama. Jarak reng perlu diatur agar tidak terlalu jarang untuk mencegah hal di atas.
  • Warna cepat pudar
    Dalam perjalanan waktu yang dipengaruhi oleh cuaca panas dan hujan dengan intensitas yang sering, warna onduvilla atau onduline cepat pudar, oleh karena itu kadangkala diperlukan pengecatan sebelum pemasangan dengan cat berbahan dasar aspal.
  • Lembaran atau gampang bercelah 
    Lembaran atap mudah bolong, oleh karena itu diperlukan tukang yang ahli dalam memasang setiap lembaran, sehingga dalam proses pengeboran paku tidak terlewat atau terlalu dalam.
Atap Onduline Harga Per Oktober 2019
Atap Onduline Red, Green, Brown, Black ( 200x95 cm)Rp. 155.000
Atap Onduline Classic (2000x95x3 mm) – FREE SEKRUP 140 PCSRp. 1.635.000
Atap Onduline 106 X 40 Cm – FREE 75 Speedy ScrewRp. 757.500

Alderon

Atap alderon merupakan salah satu varian dari atap PVC yang tengah populer. Terbuat dari bahan dasar PVC, atap alderon termasuk mudah dipasangkan pada rumah tinggal. Lembaran atap alderon berbentuk gelombang. Tampilannya sangat menarik sehingga akan membuat eksterior rumah semakin cantik, terutama di desain rumah minimalis.

Alderon memiliki Tampilan yang menarik dan sangat cocok dengan tema minimalis. Lebih hebatnya lagi, atap alderon tidak menyebabkan ruangan di dalamnya terasa panas.

Karena memiliki bentuk yang lebar seperti atap PVC lainnya, tentunya kelebihannya yaitu mempercepat pemasangan dan menghemat waktu. Dan jika anda menggunakan struktur atap baja ringan sebagai penopang Aldoran, kalian dapat menggunakan kuda – kuda rangka atap dengan jarak antar kuda-kuda 1-1,25m. Sehingga biaya pengadaan atap bisa diminimalisir tanpa mengurangi kekuatan atap. Kalian dapat menemui atap Alderon secara online maupun offline di Depo Bangunan.

Kelebihan Alderon

  • Hemat biaya perawatan
    Menurut pabrikan yang memproduksi Alderon, atap jenis ini juga memiliki ketahanan tinggi terhadap korosi, dan tahan terhadap erosi bahan kimia dan tahan cuaca. Selain itu setiap pembelian Alderon akan mendapatkan garansi selama 10 tahun.
  • Peredam panas dan suara
    Dua fungsi utama yang layak untuk membuat kita kepincut untuk memiliki atap jenis ini. Berkat struktur berongga insulasi panas agar tidak masuk dalam ruangan dapat dilakukan.  Selain itu, juga mencegah masuknya kebisingan diluar bangunan untuk dapat dalam ruangan.
  • Hemat Energi
    Keunggulan utama yang aan anda dapatkan jika menggunakan atap jenis ini adalah sebagai bentuk usaha penghematan energi. Sifat utama Alderon yang tetap dingin, meski menyerap panas terik matahari pada siang hari.
Lihat juga:  Pilih Mana: No Drop atau Dulux?

Kekurangan Alderon

  • Pilihan warna ini sangatlah terbatas
    Atap ini hanya tersedia dua warna yakni warna biru dan putih. Hal ini tentu cukup tidak menyenangkan bagi Anda yang menginginkan atap rumah dengan warna yang indah. Keterbatasan pilihan warna ini menjadikan Anda tidak bisa bereksperimen dengan pilihan warna atap.
  • Harga relatif mahal
    Material ini punya harga yang lebih mahal dari harga atap pada umumnya. Hal ini dikarenakan atap ini menggunakan bahan berkualitas. Bahan atap ini sudah melalui pengujian yang dapat menunjukkan kekuatan dan ketahanan dari atap sudah terjamin.
  • Batas ketahanan api
    Bahan ini dikatakan bisa tahan api. Tapi sebenarnya memiliki batas khusus meskipun kerusakan tidak terlalu parah. Jadi tetap tidak bisa dikatakan tahan api sepenuhnya.
Atap AlderonHarga Per Oktober 2019
Alderon R830 WHITE TRANSLUCENT (10x885x12000)Rp. 170.000
Alderon Blue R830 (10x885x5000)Rp. 130.000
Alderon RS LITE GREY (1.2x860x1800)Rp. 77.000

Beberapa Cara Memasang Atap Rumah Bebas Bocor

1. Perlu diperhatikan kemiringan atap
Kemiringan atap tidak boleh terlalu miring, batasnya 25 derajat- 40 derajat. Kemiringan atap yang sesuai akan mampu menangkal air hujan yang tertiup angin kencang, Alhasil akan meminimalisasi bocor dan dinding rembes.

Kemiringan lebih dari 40 derajat berpotensi akan membuat atap merosot. Jika desain atap mengharuskan dibuat curam lebih dari 40 derajat, atap harus dipaku, atau gunakan jenis atap sirap yang tidak mudah jatuh.

2. Gunakan pelapis atap
Gunakan pelapis atap berupa plastik atau alumunium foil di bagian bawah genting. Hal ini dapat membantu air yang masuk ke celah atap mengalir ke arah talang. Biasanya hal ini dilakukan setelah adanya atap yang bolong.

3. Melakukan cek rutin rangka atap
Pastikan rangka atap dalam kondisi baik. Lakukan pengecekan rutin pada bagian plafon. Jika ditemukan kayu yang sudah mulai lapuk sebaiknya segera ganti dengan kayu baru.

Kayu yang lapuk dapat membuat genteng jatuh dan bocor. Rusaknya rangka atap juga membahayakan keselamatan pemilik rumah, apalagi jika diguyur hujan terus menerus.

4. Perhatikan bubungan atap
Bubungan atap tidak dianjurkan dibuat terlalu tinggi sebab akan rentan keretakan. kalian harus rutin mengecek bagian ini terutama saat musim hujan.

Keretakan kecil saja bisa menjadi sumber kebocoran atap. Jika ada keretakan segera perbaiki dan tambal dengan bahan pelapis kedap air, bahan yang terbaik adalah yang terdiri dari 2 komponen yaitu berbasis acrylic dan berbasis semen, aditif, dan filler. Bahan ini sangat cocok untuk digunakan pada permukaan yang sering terpendam air. Jika retak besar, segera ganti dengan yang baru.

4. Menggunakan talang atap yang sesuai dengan kebutuhan
Pilih ukuran dan bentuk talang yang sesuai dengan debit dan jumlah air. Minimalisasi adanya sambungan pada talang yang bisa meningkatkan potensi kerusakan dan kebocoran.

Gunakan jasa tukang talang yang berpengalaman. Bersihkan talang secara rutin agar tidak ada sampah menumpuk yang dapat menghambat saluran air yang dapat mengakibatkan kebocoran.

5. Lapisi atap dengan dak beton
Pastikan seluruh permukaan dak beton dilapisi dengan water block untuk meminimalisir terjadinya kebocoran. Perhatikan juga derajat kemiringan, pastikan kemiringan mengarah ke talang air yang ada.

Pilih Mana: Atap Onduline atau Alderon?

Atap Onduline Atap Alderon
Kelebihan- Serba guna - Ringan - Aman dan ramah lingkungan - Hemat biaya perawatan - Peredam panas dan suara - Hemat Energi
Kekurangan- Pemasangan harus sangat di perhatikan dan dilakukan oleh tenaga ahli - Warna cepat pudar - Lembaran atau gampang bercelah  - Pilihan warna ini sangatlah terbatas - Harga relatif mahal - Batas ketahanan api

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari pembahasan kita pada artikel di atas mengenai kedua atap yaitu atap Onduline dan Alderon yang memiliki keunggulannya masing-masing, Seperti pada atap Onduline yang lebih serba guna kaerna gampang dipotong, dibentuk dan dipasang. Sedangkan keunggulan dari Alderon yaitu dapat meredam panas jadi pengguna tidak akan merasa panas saat berada di bawah atap Alderon. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa kalian jadikan bahan pertimbangan ketika ingin memilih atap antara Onduline dan Alderon ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Atap Onduline vs Atap Alderon

VS

Leave a Reply