Home

Pilih Mana: Atap Polycarbonate atau Atap Alderon?

Atap rumah merupakan komponen penting agar senantiasa nyaman dan aman berada dibawahnya. Tidak hanya rumah, atap juga bisa digunakan untuk menutupi gazebo, garasi dan sebagainya. Untuk itu dibutuhkan atap dengan kualitas yang baik seperti Atap Polycarbonate dan Atap Alderon.

Atap Polycarbonate dan Atap Alderon banyak dipakai oleh banyak orang karena kualitasnya yang baik dan cukup mudah dalam segi perawatannya. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas dari kedua jenis atap ini.

Yuk simak lebih lanjut mengenai Atap Polycarbonate dan Atap Alderon melalui artikel ini agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilih atap andalan kamu. Stay tune!

Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate merupakan salah satu material berjenis thermoplastic polymer. Material polycarbonate mempunyai sifat sederhana dalam pengerjaan, mudah dicetak, dan mudah dibentuk dalam panas sehingga sering dipakai pada industri kimia.

Mempunyai sifat transparan, ringan, tahan lama, dan tahan terhadap suhu ekstrim, atap polycarbonate menjadi salah satu material favorit yang difungsikan sebagai pengganti kaca.

Dipatenkan oleh Bayer pada tahun 1953, atap Polycarbonate mengalami lonjakan popularitas di Indonesia pada tahun 1990-an. Saat itu, permintaan material atap transparan untuk menyalurkan cahaya alami amatlah tinggi, sehingga produksi atap polycarbonate terus berkembang, bahkan beberapa produsen melakukan inovasi dengan menambahkan komponen anti-UV sehingga atap polycarbonate lebih tahan lama.

Kebanyakan memang dipakai sebagai atap, selain seperti canopy, juga bisa untuk atap gazebo, halte bus dan lainnya. Dapat juga dipakai untuk pembatas seperti antara jalan raya setapak lalu juga pada bidang advertising

Di pasaran, kamu pun dapat menemukan dua model atap polycarbonate, yaitu berbentuk rata dan gelombang sehingga bisa disesuaikan menurut konsep hunian yang mau kamu tonjolkan. Baca juga Pilih Mana: Atap Gutta atau Onduline?

Kelebihan Atap Polycarbonate

  • Mudah dibentuk
    Kelebihan pertama dari atap polycarbonate yaitu bisa memudahkan proses pemasangan karena sangat mudah untuk dipotong memakai peralatan biasa seperti gerinda atau gergaji tangan. Bukan cuma itu, atap Polycarbonate juga amat gampang untuk dibentuk lengkungan sehingga pemasangannya bisa disesuaikan menurut keinginan kamu.
  • Ramah lingkungan
    Buat kamu yang mau memakai material ramah lingkungan, atap Polycarbonate merupakan pilihan terbaik karena sudah diakui oleh Greenship dengan rating bangunan hijau. Lebih penting lagi, material Polycarbonate juga seluruhnya bisa didaur ulang tanpa mengalami penurunan kualitas.
  • Mudah dibersihkan
    Sama halnya dengan kaca, atap polycarbonate juga amat mudah untuk dibersihkan. Untuk menghilangkan kotoran yang menempel, kamu cukup menyemprotkan air sabun, kemudian usapkan kain lembut untuk menghilangkan kotoran. Harap diperhatikan supaya hindari pemakaian benda tajam karena bisa menggores permukaan, dan jangan menginjak lembaran Polycarbonate secara langsung supaya tidak gampang rusak.

Kekurangan Atap Polycarbonate

  • Harga mahal
    Sayang sekali, disamping kualitasnya yang amat baik dan tinggi kisaran harga polycarbonate nyatanya tergolong mahal. Ini tidak akan sesuai untuk kamu yang ingin cara membangun rumah dengan dana terbatas. Kamu mesti benar-benar menyesuaikan budget rumah kamu bila berniat tetap memakai polycarbonate sebagai tips hemat membuat rumah sendiri.
  • Susah dibersihkan
    Pada proses pemasangannya, atap direkatkan dengan selotip agar tidak menimbulkan rongga-rongga. Bila atap berongga makan akan mengakibatkan timbulnya jamur. Bila hal ini sudah ternyata, atap akan amat susah sekali untuk dibersihkan.
  • Resiko retak dan rusak
    Sesuai yang sudah dikatakan diatas tadi bahwa Resiko retak dan rusak bisa saja terjadi, untuk itu jangan menginjak lembaran Polycarbonate secara langsung supaya tidak retak dan tidak gampang rusak.
Spesifikasi Atap PolycarbonateKeterangan
SifatTembus pandang, ringan, tahan terhadap perubahan cuaca
Bahan dasarThermoplastic polymer
Rata-rata harga Rp 2.775.000,- untuk ukuran 6 mm (per Oktober 2019)

Atap Alderon

Atap Alderon merupakan salah satu varian dari atap PVC yang tengah populer. Terbuat dari bahan dasar PVC, atap alderon termasuk gampang diaplikasikan pada rumah tinggal. Lembaran atap alderon berbentuk gelombang. Tampilannya sangat menarik sehingga akan membuat eksterior rumah semakin menawan, terutama di desain rumah minimalis.

Material uPVC yang terdapat pada Alderon berbeda dengan material PVC. Material PVC dibuat dengan menambahkan senyawa plasticizer ke dalamnya sehingga produk yang dihasilkan akan menjadi lentur.

Bila dipakai pada industri pangan, senyawa plasticizer bisa mencemari makanan yang bila dikonsumsi bisa menyebabkan penyakit kanker dan leukemia.

Material PVC juga mempunyai kandungan bahan kimia beracun lainnya yakni BPA (Bisphenol A). Senyawa BPA sering ditemui pada wadah makanan yang penggunaannya bisa dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Rice Cooker atau Magic Jar?

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, senyawa plasticizer maupun bahan kimia beracun tidak bisa dijumpai pada atap Alderon sehingga penggunaannya dipastikan aman dan tidak mempunyai resiko terhadap kesehatan jangka panjang.

Alderon juga mempunyai sifat peredam suara dan panas yang baik. Adanya rongga udara pada Alderon berguna untuk meredam suara dan membantu mengurangi suara dari luar, terutama saat hujan deras.

Kamu bisa dapatkan atap Alderon ini di toko-toko bangunan yang ada di sekitar kamu maupun di depo bangunan juga sudah menyediakan.

Kelebihan Atap Alderon

  • Tidak membuat ruangan bawahnya panas
    Kelebihan yang pertama yaitu atap alderon ini tidak akan membuat ruangan di bawahnya terasa panas. Perihal ini dikarenakan sifatnya yang hemat energi dan tidak mudah menyerap panas. Selain ruangan terasa sejuk, kamu juga bisa menghemat listrik karena tidak perlu terus-menerus menyalakan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin untuk menghilangkan udara panas.
  • Ramah lingkungan
    Bahan utama atap alderon adalah PVC, yaitu material utama pada plafon PVC. Bahan ini juga sanggup mencegah korosi serta menangkal sinar UV berlebih. Berat atap alderon termasuk ringan, sehingga mempermudah tukang pada saat pemasangan dibanding dengan atap genteng bangunan.
  • Mudah dirawat
    Karena bisa bertahan terhadap berbagai penyebab kerusakan pada atap seperti tidak gampang terbakar api, tahan erosi bahan kimia, dan tahan pada perubahan cuaca. Atap ini jadi lebih gampang untuk dirawat. Pemakaian atap ini akan amat sesuai untuk kamu yang mendambakan lingkungan tempat tinggal dengan suasana yang tenang karena bisa mengurangi suara berisik dari luar rumah kamu.

Kekurangan Atap Alderon

  • Pilihan warna terbatas
    Dari segi warna, pilihan warna pada atap Alderon ini amatlah terbatas. Atap ini cuma menyediakan dua warna yaitu warna biru dan putih. Perihal ini tentu cukup tidak menyenangkan untuk kamu yang menginginkan atap rumah dengan warna yang indah. Keterbatasan opsi warna ini menjadikan kamu tidak bisa bereksperimen dengan opsi warna atap.
  • Tidak tahan api
    Meski dikatakan bahan atap ini tidak gampang menyebarkan api. Bahan ini tetap bukan material tahan api. Jadi, atap ini tetap mengalami kerusakan akibat terkena api, tetapi tingkat kerusakan dan penyebaran apinya tidak akan separah beberapa material atap lainnya.
  • Harga mahal
    Material ini memiliki harga yang lebih mahal dari harga atap pada umumnya. Hal ini dikarenakan atap ini memakai bahan berkualitas. Bahan atap ini sudah melalui pengujian yang bisa menunjukkan kekuatan dan ketahanan dari atap sudah terjamin.
Spesifikasi Atap AlderonKeterangan
SifatPeredam suara dan panas yang baik
Bahan dasarPVC
Rata-rata harga Rp 875.000,- untuk ukuran 6 m (per Oktober 2019)

Tips merawat atap rumah agar senantiasa indah

Atap rumah yang rusak tentu akan mengganggu kenyamanan penghuninya. Selain tidak nyaman, atap yang rusak juga membutuhkan biaya besar untuk perbaikannya. Nah dengan itu, berikut ini tips merawat atap rumah agar senantiasa indah dan nyaman ditempati.

  1. Lakukan perawatan secara teratur, sehingga kamu selalu bisa mengawasi atap rumah. Bila terjadi kerusakan, kamu bisa dengan segera melakukan perbaikan.
  2. Bersihkan atap dari kotoran yang bisa menyebabkan keretakan. Begitu pula pada talang air sebaiknya kamu bersihkan dari sampah dan kotoran, sehingga aliran air tidak tersumbat.
  3. Lakukan pengecekan posisi genteng. Bila ada genteng yang bergeser atau turun, segera perbaiki ke posisi semula.
  4. Ketika akan membuat atap, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang berkualitas. Pilih juga desain dan kualitas atap yang bagus.
  5. Kamu juga wajib memastikan bahwa kemiringan atap rumah sudah sesuai. Misalnya, genteng keramik membutuhkan sudut kemiringan sekitar 30 derajat, sedangkan asbes memerlukan sekitar 15 derajat.
  6. Selanjutnya periksa konstruksi atap, apakah kondisinya masih kokoh aman dan belum berubah.

Pilih Mana: Atap Polycarbonate atau Atap Alderon?

Atap PolycarbonateAtap Alderon
Kelebihan- Mudah dibentuk - Ramah lingkungan - Mudah dibersihkan - Tidak membuat ruangan bawahnya panas - Ramah lingkungan - Mudah dirawat
Kekurangan- Harga mahal - Susah dibersihkan - Resiko retak dan rusak - Pilihan warna terbatas - Tidak tahan api - Harga mahal

Kesimpulan

Atap Polycarbonate dan Atap Alderon merupakan atap yang memiliki kelebihan serta kekurangan yang ada di dalamnya. Kedua atap ini memiliki jenis dengan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan dengan keinginan dan kebutuhan hunian kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Atap Polycarbonate vs Atap Alderon

VS

Leave a Reply