Pilih Mana: AutoCAD atau Sketchup?

Loading...

Bagi para insinyur sipil, arsitek, insinyur mesin, desainer interior, dan lain-lain penggunaan software untuk membuat desain atau gambar bangunan merupakan hal yang sangat penting. Untuk melakukan hal ini, terdapat beberapa software yang dapat Anda gunakan, dua di antaranya yaitu AutoCAD dan Sketchup. Manakah software yang paling cocok untuk Anda gunakan? AutoCAD atau Sketchup?

AutoCAD dan Sketchup sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama. Namun kedua software ini juga memiliki banyak perbedaan. AutoCAD merupakan perangkat lunak atau software yang lebih kompleks dan perlu ketelitian dalam penggunaanya. Sedangkan Sketchup merupakan perangkat lunak atau software yang memiliki tampilan yang lebih sederhana dan tidak terlalu kompleks sehingga lebih mudah untuk diingat dalam proses penggunaannya.

Baca juga: Pilih Mana: Vivo Y71 atau Vivo Y81?

AutoCAD

AutoCAD merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi untuk menggambar sebuah gambar dengan 2 dimensi dan 3 dimensi. AutoCAD merupakan perangkat lunak yang dirilis pada tahun 1982.

Kelebihan AutoCAD

Berikut beberapa kelebihan AutoCAD yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Bidang Gambar yang Luas

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh AutoCAD adalah memiliki bidang gambar yang luas. Dengan demikian, Anda dimungkinkan untuk membuat gambar dengan ukuran yang sangat luas dan kompleks. Karena itulah jika Anda memiliki keperluan untuk membuat gambar dengan bidang yang luas, Anda dapat memanfaatkan AutoCAD.

  • Gambar yang Dihasilkan Rapi dan Bersih

Kelebihan lain yang dimiliki AutoCAD adalah gambar yang dihasilkan menggunakan perangkat ini akan rapi dan bersih. Hal ini dikarenakan gambar tetap bisa diedit ataupun direvisi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan cetak yang dikehendaki.

  • Memiliki Tingkat Akurasi yang Tinggi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki AutoCAD adalah memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan AutoCAD memiliki tingkat presisi hingga tiga belas digit sehingga gambar yang dihasilkan lebih tepat ukuran dan lebih sempurna. Karena itulah dalam hal konstruksi banyak orang yang mensyaratkan penggunaan AutoCAD. Dikutip dari IDNTimes.com AutoCAD adalah software utama yang harus dikuasai bagi kamu para mahasiswa teknik termasuk teknik sipil. Karena Hampir seluruh pekerjaan di bidang konstruksi mensyaratkan penguasaan CAD.

Kekurangan AutoCAD

Berikut beberapa kekurangan AutoCAD yang perlu Anda ketahui:

  • Proses Desain Cukup Rumit

Salah satu kekurangan AutoCAD adalah memiliki alur proses desain yang cukup rumit. Hal ini dikarenakan seoftware tersebut terbagi ke dalam beberapa software lagi disesuaikan dengan bagian konstruksi mana yang akan dibuat. Intinya, Anda harus benar-benar memahami alur proses desain yang cukup rumit ini agar dapat menggambar dengan maksimal.

Loading...
  • Membutuhkan Hardware yang Tinggi

Kekurangan lain yang dimiliki AutoCAD adalah membutuhkan hardware yang tinggi. Karena itulah, laptop atau komputer yang dipakai harus memiliki spesifikasi yang mumpuni. Kemudian, harga laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi ini memiliki harga yang cukup mahal.

  • Harga Berlangganan Cukup Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki AutoCAD ini yaitu memiliki harga berlangganan yang cukup mahal. Untuk berlangganan software ini, Anda harus membayar biaya langganan bulanan sekitar dua jutaan. Namun jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya, Anda dapat menggunakan versi gratisnya. Tapi fitur dan spesifikasi versi gratis ini dikurangi dan hanya dapat digunakan selama 3 tahun.

Kelebihan AutoCADKekurangan AutoCAD
- Memiliki bidang gambar yang luas- Proses desain cukup rumit
- Gambar yang dihasilkan rapi dan bersih- Membutuhkan hardware yang tinggi
- Memiliki tingkat akurasi yang tinggi- Harga cukup mahal

Sketchup

Sketchup merupakan perangkat lunak untuk desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble. Sketchup atau Google Sketchup dirilis pada tahun 2000. Desain grafis dapat memanfaatkan Sketchup untuk membuat berbagai jenis model.

Kelebihan Sketchup

Berikut beberapa kelebihan Sketchup yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Ringan dan Responsif

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Sketchup adalah lebih ringan dan responsif. Karena itulah perangkat yang memiliki hardware yang tidak terlalu tinggipun bahkan dapat menggunakan Sketchup. Bahkan, komputer dengan core2duo dan ram 2 gb tetap bisa mengakses Sketchup.

  • Tools Mudah Diingat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki sketchup adalah memiliki tampilan yang lebih sederhana. Karena memiliki tampilan yang lebih sederhana, tools pada Sketchup lebih mudah untuk diingat dan diaplikasikan pada saat penggunaan.

  • Menggambar 3D Lebih Mudah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Sketchup adalah sangat mudah dalam menggambar 3D. Anda dapat melakukannya dengan pull dan push saja. Jika Anda fokus untuk membuat gambar 3D maka Anda sebaiknya menggunakan Sketchup yang lebih mudah.

Kekurangan Sketchup

Berikut beberapa kekurangan Sketchup yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Terjadi Crash

Salah satu kekurangan Sketchup adalah sangat mudah mengalami crash meskipun telah diperbarui. Crash ini dapat terjadi apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex. Hal ini terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut dari 3D max ke Sketchup.

  • Sulit untuk Pemodelan Tingkat Lanjut

Kekurangan lain yang dimiliki Sketchup adalah lebih sulit dalam pemodelan tingkat lanjut meski telah menggunakan plugin sekalipun. Dengan demikian Anda akan terbatas dan tidak bisa untuk pemodelan tingkat lanjut.

  • Belum Menjadi Basic Utama

Dalam dunia kerja, perusahaan masih menetapkan AutoCAD sebagai basic utama. Artinya meskipun Anda telah memahami dengan baik Sketchup, Anda tetap harus mengetahui dan bisa menggunakan AutoCAD sebagai basic. Bisa dikatakan bahwa Sketchup belum bisa dijadikan standar dalam penerimaan karyawan pada dunia kerja.

Kelebihan SketchupKekurangan Sketchup
- Lebih ringan dan responsif- Mudah terjadi crash
- Tools mudah diingat- Sulit untuk pemodelan tingkat lanjut
- Menggambar 3D lebih mudah- Belum menjadi basic utama

Pilih Mana: AutoCAD atau Sketchup?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara AutoCAD dan Sketchup. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

AutoCADSketchup
- Lebih kompleks dan lebih detail- Lebih sederhana dan mudah dimengerti
- Membutuhkan hardware yang tinggi- Membutuhkan hardware yang tidak terlalu tinggi
- Dapat digunakan untuk gambar 3D dan 2D- Lebih handal untuk gambar 3D

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai AutoCAD dan Sketchup di atas, dapat disimpulkan bahwa AutoCAD masih dijadikan standar dalam dunia kerja. Selain itu, AutoCAD lebih kompleks dan lebih detail. Namun, Anda harus memahaminya dengan baik sebab terbilang lebih rumit daripada Sketchup. AutoCAD ahlinya untuk membuat gambar 2D, tapi jika Anda ingin lebih mudah menggambar 3D, sebaiknya Anda menggunakan Sketchup.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AutoCAD vs Sketchup

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *