Pilih Mana: Avanza atau Xenia?

Loading...

Toyota maupun Daihatsu memang sudah bekerja sama untuk melahirkan Avanza dan Xenia secara berbarengan. Kedua mobil ini memang menjadi “mobil keluarga” terlaris di Indonesia. Walaupun persis sama, tetapi keduanya memiliki sejumlah perbedaan yang pastinya tidak hanya dilihat dari emblem dan harga semata. Jika dibandingkan, bagus mana Avanza atau Xenia? Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi singkat Avanza dan Xenia
– Kelebihan dan kekurangan Avanza dan Xenia

Avanza
Toyota Avanza sendiri memiliki dua tipe mobil yakni Grand dan Veloz. Untuk tipe grand itu sendiri memiliki panjang 4.190mm, lebar 1.660mm, tinggi 1.695mm, jarak poros roda 2.665mm, jarak pijak depan 1.435mm, jarak pijak belakang dan 200mm untuk jarak pijakan ke tanah.

Sementara untuk tipe Veloz memiliki panjang 4.200mm, lebar 1.660mm, tinggi 1.695mm, jarak poros roda 2.665mm, jarak pijak depan 1.425mm, jarak pijak belakang 1.435mm dan 200mm untuk jarak pijakan ke tanah. Avanza juga ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 4-silinder 1,3 liter dan 4-silinder 1,5 liter. Avanza menawarkan opsi bagi Anda yang membutuhkan performa melalui mesin 1,5 liternya.

Kelebihan Avanza yang bisa Anda ketahui:

1. Harga jual yang stabil
Harga jual kembali Avanza terbilang cukup stabli dan harganya tidak akan jatuh drastis. Selain itu, mobil ini sangat laris di pasaran mobil baru maupun second.

2. Sparepart terjangkau dan mudah ditemukan
Sparepart mobil Avanza mudah ditemukan baik di dealer resmi Toyota maupun bengkel mobil biasa. Selain itu, sparepart mobil ini bervariasi menyesuaikan dompet penggunanya.

Kekurangan Avanza yang bisa Anda ketahui:

1. Sirip ventilasi cepat pudar
Walaupun sudah diantisipasi menggunakan cairan pengkilap, tetap saja sirip ventilasi Avanza cepat sekali pudar. Sehingga penggunanya harus rajin mengoleskan semir hitam sepatu berbentuk pasta untuk mengembalikan warna hitamnya.

Loading...

2. Aki bermasalah
Mobil Avanza kerap mengalami masalah aki. Hal ini sering terjadi saat mobil sulit dihidupkan akibat mesin terlalu panas. Namun, kekhawatiran ini tidak lagi akan dirasakan oleh pengguna mobil Avanza keluaran terbaru.

Xenia
Daihatsu Xenia memiliki empat tipe D, M, X dan tipe R. Untuk tipe D dan M memiliki panjang 4.190mm, lebar 1.660mm, tinggi 1.685mm, jarak sumbu roda 2.655mm, jarak pijakan roda depan 1.425mm, jarak pijakan roda belakang 1.435mm, dan jarak pijakan roda ke tanah 190 mm.

Sedangkan tipe X dan R memiliki dimensi panjang 4.140mm, lebar 1660mm, tinggi 1695mm, jarak sumbu roda 2.655mm, jarak pijakan roda depan 1.425mm, jarak pijakan roda belakang 1.435mm dan jarak pijakan ke tanah roda 200mm. Dikutip dari Viva.co.id, Xenia terbaru dijual dalam dua pilihan mesin, 3-silinder 1,0 liter dan 4-silinder 1,3 liter. Daihatsu Xenia 1.0 liter sangat cocok untuk Anda yang lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Kelebihan Xenia yang bisa Anda ketahui:

1. Dilengkapi Daytime Running Lights (DRL)
Untuk tipe R Sporty, Xenia memakai bumper dengan ornamen hitam lengkap dengan Daytime Running Lights (DRL) di dekat lampu kabut. Bahkan Daihatsu juga menyediakan paket aksesoris dari chrome onaments pada grill, pegangan pintu, dan list chrome pada kaca.

2. Harga lebih terjangkau
Xenia memenuhi faktor penting yang diinginkan para keluarga Indonesia. Ini karena harga Xenia jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga Avanza yang memiliki spesifikasi hampir sama.

Kekurangan Xenia yang bisa Anda ketahui:

1. Hanya memiliki dua sandaran
Penumpang baris kedua Xenia yang duduk di tengah akan merasa kurang nyaman karena tidak disediakan sandaran kepala. Sementara Avanza telah menyediakan tiga sandaran kepala untuk jok baris kedua ini.

2. Minim fitur
Xenia tidak memiliki fitur keselamatan layaknya Avanza yang dilengkapi rem berteknologi ABS (Anti-lock Brake System). Selain itu, fitur yang ada di dalam kabin mobil Xenia terbilang minim.

Pilih Mana: Avanza atau Xenia?

AvanzaXenia
Harga– Dibanderol mulai dari Rp 178,1 juta hingga Rp 211 juta– Dibanderol mulai dari Rp 150,3 juta hingga Rp 204,35 juta
Kenyaman– Kursi terbuat dari kulit berkualitas tinggi dan lembut, suspensi lunak, head unit layar sentuh– Multi information display dan bagasi luas
Keamanan– Double airbag, ISOFIX pada kabin, peringatan sabuk pengaman dan sliding brake pedal– Double airbag, crash sensor, perangkat immobilizer

Kesimpulan
Apabila Anda ingin menjadikan mobil ini sebagai investasi ke depan, maka pilihlah Avanza yang memiliki harga jual kembali yang stabil. Namun jika Anda hanya memiliki budget terbatas dan memang membutuhkan mobil keluarga berkapasitas 7-8 orang, maka tidak ada salahnya memilih mobil Xenia. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Avanza vs Xenia

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *