Home

Pilih Mana: Avitex atau Dulux?

Pemilihan cat rumah memang penting dan berperan dominan dalam tampilan rumah kalian. Tetapi sebenarnya, perkara pemilihan cat dinding tidak hanya dengan pemilihan warna saja. Kalian juga harus tepat dalam memilih jenis cat dinding yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena cat dinding juga tersedia dalam ragam jenis dan kegunaan. Seperti yang akan kita bahas kali ini mengenai cat Avitex dan Dulux.

Pastinya kedua cat Avitex dan Dulux mempunyai perbedaan yang ada, Jika kalian bingung dalam menentukan untuk memilih cat Avitex atau Dulux, ada baiknya kalian membaca artikel di bawah ini, karena kami akan membahas lebih lanjut mengenai kedua nya, agar bisa menjadi referensi kalian dalam memilih keduanya, Yuk langsung saja disimak!

Avitex

PT Avia Avian, merupakan produsen cat tembok merek Avitex, pertama kali beroperasi pada 1978 di Sidoarjo, Jawa Timur, Avitex berambisi sukses bersaing di pasar cat yang didominasi asing.

Cat Tembok Avitex dapat memperindah rumah kalian dengan sentuhan warna-warna yang bercita rasa tinggiι Hadir dengan formula baru, Cat Tembok Avitex dibuat agar lebih tahan lama dalam mewarnai rumah kalian.

Cat Avitex merupakan bagian dari cat Avian. Cat Avitex memiliki beberapa varian. Varian tersebut yaitu, Avitex, Avitex Exterior, Avitex Roof, Avitex Alkali Resisting Primer. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau Avitex?

Kelebihan Avitex

  • Memiliki varian cat yang tahan sikat
    Cat Vinilex ini tahan sikat sampai 1200 kali dan memiliki  warna yang tahan lama, tidak mudah pudar, anti jamur, dan relatif lebih cepat kering. Dengan begitu banyak keunggulan yang dimilikinya, maka tidak heran jika cat Nippon Vinilex ini banyak diminati dan menjadi favorit.
  • Produk yang bebas merkuri dan timbal
    Kelebihan yang dimiliki cat Vinilex yaitu mempunyai produk yang bebas dari merkuri dan timbal. Varian produk Vinilex yang dimaksudyaitu Nippon Vinilex Fresh. Varian cat Vinilex ini mampu melindungi dinding rumah interior dari bakteri yang menganggu kesehatan dan kebersihan. Cat tersebut juga sudah di tes oleh Japan Food Research Laboratories.
  • Memiliki varian cat yang dapat dicuci
    Cat Vinilex ini juga punya kelebihan yang dapat dicuci ataupun dibersihkan dengan mudah. Sedangkan cat jenis lainnya seperti cat Catylac tidak menyediakan varian ini. Varian cat Vinilex yang bisa dicuci yaitu, Nippon Vinilex Super Easy Wash. Selain mudah diuci, varian cat ini juga memiliki kelebihan lain yang anti pudar dan relatif cepat kering. Cat ini dapat digunakan untuk interior ataupun eksterior rumah.

Kekurangan Avitex

  • Mengandung VOC yang cukup tinggi
    Cat Vinilex ini masih mempunyai kandungan VOC yang cukup tinggi. Kandungan VOC iini akan memberikan dampak yang sangat buruk untuk perkembangan anak-anak kecil. Apabila kalian masih mementingkan kemanan anak anda lebih baik anda menggunakan cat dinding yang cukup aman saat terpapar oleh anak.
  • Belum mendapatkan green label
    Salah satu kekurangan lainnya yang dimiliki oleh cat Vinilex ini yaitu masih belum mendapatkan sertifikat green label. Sertifikat ini bisa didapatkan apabila produk dianggap ramah terhadap lingkungan sekitar. Hanya ada satu produk saja dari Vinilex yang menyatakan bahwa sudah bebas dari merkuri dan timbal. Sementara itu, produk yang lainnya masih belum ada yang menyatakan bebas dari merkuri dan timbal.
  • Belum menyediakan produk dengan warna yang berkilau
    Kekurangan terakhir yang dimiliki cat Vinilex adalah cat ini masih belum menyediakan cat yang mempunyai warna yang berkilau, Cat Vinilex ini hanya mempuyai varian warna yang matte atau dove saja.
Nama Produk Ukuran/BeratHarga per September 2019
Avitex Emulsion Cat Tembok Kaleng Kecil 1 Kg Rp 31.500
Avitex Alkali Resisting primer4 kg Rp 98.000
Avitex Cat Tembok 5 KGRp 105.500
Cat Dasar Tembok GRC Alkali Primer Interior Eksteri21 kgRp 493.000
Harga cat Avitex pada tabel di atas dapat berbeda dan berubah sesuai waktu dan tempat pembelian.

Dulux

Dulux berdasarkan Wikipedia merupakan suatu merek cat bangunan yang tersedia di seluruh dunia. Merek Dulux telah digunakan baik oleh ICI dan DuPont sejak tahun 1931 dan menjadi salah satu dari cat berbasis-alkid pertama. Cat ini diproduksi oleh AkzoNobel (sebelumnya Imperial Chemical Industries) walaupun pasar Amerika Serikat saat ini dilayani oleh PPG

Cat Dulux berasal dari Inggris telah memiliki cabang di berbagai Negara seperti Selandia Baru, Amerika Serikat, Australia, dan juga Indonesia. Variasi warna yang disediakan oleh Dulux cukup beragam jika dibandingkan dengan brand lainnya. Warna-warni ini didominasi oleh warna cerah yang mampu mempercantik dinding rumah.

Kelebihan Dulux

  • Tahan terhadap pengaruh cuaca
    Variasi cat Dulux eksterior merupakan cat buatan Dulux yang khusus diperuntukan  untuk melapisi tembok bagian luar ruangan. Cat tembok Dulux jenis ini tidak hanya mementingkan keindahan warna  saja. Namun, memiliki tingkat resistensi yang kuat pula terhadap serangan panas matahari dan juga hujan.
  • Gampang dibersihkan
    Kelebihan variasi lainnya yaitu, Dulux Easy Clean ini merupakan cat produksi Dulux yang memberikan kelebihan mudah dibersihkan. Sesuai dengan nama yang diberikan, kalian dapat dengan mudah membersihkan noda yang menempel di dinding kalian. Jika kalian memiliki anak yang masih kecil, Sehingga saat anak menumpahkan makanan, minuman ataupun mencoret dinding, kalian bisa dengan gampang membersihkannya.
  • Mengurangi panas sehingga dapat bertahan lebih lama
    Kelebihan lain yang dimiliki oleh cat Dulux ini yaitu pada produk eksteriornya cat Dulux jenis Watershield mampu mengurangi panas hingga lima derajat celcius dan dapat membantu memantulkan suhu dingin rumah. Cat Dulux juga memiliki ketahanan hingga lima tahun, baik cat untuk interior maupun eksterior.
Lihat juga:  10 Bor Beton Terbaik 2021

Kekurangan Dulux

  • Merupakan produk luar
    Jika kalian ingin memajukan dan menggunakan cat buatan lokal, maka cat Dulux bukanlah pilihan yang tepat. Sebab cat Dulux bukan milik pengusaha lokal. kalian dapat memilih cat Avitex yang merupakan cat andalan asli buatan Indonesia dengan kualitas yang dapat bersaing dengan cat milik luar negeri.
  • Memiliki tekstur yang lebih cair
    Dibandingkan dengan cat Avitex, tekstur cat Dulux memang sedikit lebih cair. Hal ini membuat Anda membutuhkan lebih banyak cat untuk melapisi dinding sehingga cat akan lebih cepat habis. Jika tekstur cat tersebut cair, kalian perlu melapisi dinding dengan cat lebih sering agar cat nampak lebih baik.
  • Tidak memiliki fungsi lain
    Dulux tidak menyediakan varian cat yang yang dapat digunakan pada tembok dan digunakan pada kayu dan besi, Dengan demikian, kalian perlu membeli 1 varian cat untuk 1 kebutuhan.
Nama Produk Ukuran/BeratHarga per September 2019
Dulux Weathershield PowerFlexx 2,5 LRp. 145.650
Dulux Aquashield 2,5 L Rp. 175.650
Dulux Weathershield Gloss 2,5 L Rp. 145.650
Dulux Pearl Go 2,5 LRp. 180.650
Harga cat Dulux pada tabel di atas dapat berbeda dan berubah sesuai waktu dan tempat pembelian.

Tipe Cat Tembok yang Banyak Digunakan

1. Cat tembok tipe matte atau flat
Jenis cat tembok ini sering kali dikenal dengan sebutan cat matte. Karkteristik yang dimiliki oleh cat ini adalah tingkat kilaunya yang rendah. Oleh karena itu cat ini sangat cocok digunakan untuk menyembunyikan bagian plesteran dinding yang tidak rapi seperti bagian tonjolan atau retakan kecil.

Penggunaan cat tembok tipe ini sangat cocok pada permukaan dinding bertekstur, sebab warnanya akan semakin halus pada permukaan dinding yang kasar.

2. Cat tembok tipe egg shell
Tipe cat tembok ini memiliki tampilan yang memang menyerupai dengan kulit telur. Akan tetapi permukannya sedikit bertekstur, namun tetap halus jika disentuh. Jenis cat ini tidak terlalu memantulkan sinar matahari dan proses membersihkannya jauh lebih mudah.

Jenis cat tembok tipe egg shell ini cocok untuk digunakan pada ruang keluar, kamar tidur dan sebagainya.

3. Cat tembok tipe satin
Tipe cat satin memiliki tampilan yang mewah meskipun tidak glossy dan juga tidak terlalu melekat seperti halnya matte. Jika kalian menyentuh permukaan dinding yang dilapisi dengan cat satin, maka kalian akan merasakan tekstur yang lembut di tangan.

Tipe cat satin biasanya diaplikasikan pada ruang galeri dan juga restaurant, karena jenis cat ini memiliki efek teduh serta tidak memantulkan cahaya. Tipe cat ini juga gampang untuk dibersihkan.

Kalian dapat menggunakan cat tipe satin ini pada ruangan-ruangan yang aktif difungsikan seperti ruang tamu dan ruang tidur.

4. Cat tembok tipe semi gloss
Tipe cat semi gloss merupakan cat yang lebih tajam dari eggshell, maka dari itu daya tahan warnanya jauh lebih warna. Tetapi karena sifatnya yang semi-gloss, cat ini banyak memantulkan cahaya yang akan menampilkan tekstur atau tonjolan pada dinding dengan sangat jelas.

Kelebihan dari tipe cat ini yaitu tahan terhadap air, maka dari itu cat ini baik digunakan pada kamar mandi, gudang serta ruang cuci. Jenis cat ini juga dapat diaplikasikan pada perabot rumah seperti pintu dan jendela.

5. Cat tembok tipe glossy
Tipe cat ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya lebih banyak dibandingkan dengan jenis cat lainnya. Maka dari itu cat ini sangat cocok diaplikasikan pada bagian pinggir pintu serta jendela. Hasil akhir dari penggunaan cat tipe glossy ini yaitu tampilan warna yang kuat serta berkilau. Jika digunakan pada ruangan, maka hasil akhirnya akan terkesan glamor dan mewah.

Pilih Mana: Avitex atau Dulux?

Plafon TriplekGRC
Kelebihan- Memiliki varian cat yang tahan sikat - Produk yang bebas merkuri dan timbal - Memiliki varian cat yang dapat dicuci - Tahan terhadap pengaruh cuaca - Gampang dibersihkan - Mengurangi panas sehingga dapat bertahan lebih lama
Kekurangan- Mengandung VOC yang cukup tinggi - Belum mendapatkan green label - Belum menyediakan produk dengan warna yang berkilau - Merupakan produk luar - Memiliki tekstur yang lebih cair - Tidak memiliki fungsi lain

Kesimpulan

Telah kita bahas mengenai kedua produk cat Avitex dan Dulux pada artikel di atas, dan dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua cat tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing, Seperti Produk cat Avitex yang bebas merkuri dan timbal sangat aman jika kalian mempunyai anak yang masih kecil dan Keunggulan cat Dulux yang tahan terhadap pengaruh cuaca sehingga cat lebih tahan lama. Dalam menentukan cat mana yang akan kalian pilih dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian saja ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Avitex vs Dulux

VS