ElektronikGadgetsTechnology

Pilih Mana: Axioo atau Asus?

Saat ini kebutuhan akan Laptop memang sangat diperlukan dalam masyarakat, baik untuk pekerja, pelajar, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga. Namun sebelum menentukan membeli laptop dengan merek semakin banyak di pasaran saat ini. Pada artikel kali ini kami akan membahas kedua merk laptop yang mempunyai harga yang cukup ramah di kantong yaitu Axioo dan Asus. Jadi, bagi kalian yang penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua produk ini silahkan di simak sampai habis ya, Kami juga memberikan beberapa rekomendasi dari masing-masing produk lho!

Axioo

Axioo merupakan salah satu perusahaan elektronik di Indonesia yang menyediakan komputer, notebook/laptop, telepon seluler, tablet, dan lain sebagainya, yang didirikan oleh David Kartono. Axioo yang berdiri pada tahun 2004.

Perakitan awal Axioo dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya, dengan menghadirkan komponen-komponen dari Taiwan dan sebagiannya dari China. 

Banyak perangkat elektronik unggulan yang sudah dikeluarkan oleh Axioo, seperti Axioo NVE858 yang memiliki processor intel core duo, layar 14’’, serta memiliki harga yang ramah dikantong untuk seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2015 pun Axioo mendapatkan penghargaan The 1st Champion of Indonesia Original Brand 2015, produk kategori local tablet.

Pada tahun 2010, Axioo diberi kepercayaan untuk mendesain proyeknya, mulai dari tampilan notebook, hingga mechanical stucturenya, yang akhirnya menghasilkan noteboook pertama dengan prosesor intel core generasi kedua.

Rekomendasi Laptop dan Mybook Axioo

1. Axioo Neon RNE
Axioo Neon RNE adalah salah satu laptop yang masih dilengkapi dengan pemutar CD/DVD yang memiliki kemampuan baca dan tulis. Laptop ini menggunakan salah satu prosesor Intel papan atas, yaitu Intel Core i3. Chipset yang digunakan adalah Mobile Intel HM77 Express.

Ada tiga varian prosesor yang umum digunakan pada laptop Axioo Neon RNE ini, yaitu i3-2310, i3-2332da, dan i3-2350. Prosesor itu juga dilengkapi dengan pengolah grafis Intel HD Graphics 4000, sangat cukup untuk kebutuhan grafis sehari-hari seperti multimedia dan aplikasi grafis ringan.

Untuk bermain game juga sebenarnya memupuni, yang penting konfigurasi game diatur ke tingkat aman, jangan diatur ke setting yang paling tinggi. Ukuran layarnya 14 inci dan resolusi yang digunakan adalah 1366×768.

Axioo Neon RNE dilengkapi dengan memori berkapasitas 4 GB yang berteknologi DDR3 dan siap diupgrade hingga 16 GB. Media simpannya menggunakan HDD SATA berkapasitas 500 GB.

2. Axioo MyBook 11
Dapat dilihat dari namanya, Axioo MyBook 11 memiliki layar berukuran 11 inci. Resolusi yang digunakan adalah 1366 x 768. Prosesor yang digunakan adalah Intel Atom Cherry Trail x5-Z8350 yang memiliki 4 core dan frekuensi 1,44 GHz.

Axioo MyBook 11 ini dilengkapi dengan RAM 2GB DDR3 dan memori eMMC berkapasitas 32 GB.

Sistem laptop ini mewajibkan Windows untuk diinstall pada memori eMMC. Sementara itu, ruang simpannya menggunakan HDD SATA berkapasitas 500 GB yang siap di-upgrade hingga 1 TB.

Dengan konfigurasi yang ada, Axioo MyBook 11 memang lebih besar dan lebih kencang dibandingkan Axioo MyBook sebelumnya yaitu versi 10, sehingga ketika diluncurkan, laptop ini diberi tagline Bigger Screen, Better Performance.

3. Axioo AeroBook
Axioo AeroBook ini dilengkapi dengan performa yang tidak main-main. Hal tersebut terlihat karena penggunaan prosesor Intel Core i5-4210U, sebuah prosesor dengan performa cukup baik. Prosesor ini memiliki frekuensi 1.7GHz yang dapat di-overclock hingga 2.5GHz.

Laptop ini memiliki body yang sangat stylish dan terbuat dari aluminium, sehingga cukup ringan.

Makin menambah dahsyatnya performa, Axioo AeroBook dilengkapi dengan memori berkapasitas 4GB dengan teknologi DDR3L. Slot yang tersedia untuk memori ini membuatnya dapat diupgrade hingga kapasitas 8GB.

Axioo AeroBook memiliki layar dengan bentang 13,3 inci. Rasio layarnya adalah 16:9 dengan resolusi 1920×1080. Dengan komposisi ini, layar akan nampak lega meskipun ukurannya tidak tergolong yang sangat besar.

Kelebihan Axioo

  • Memiliki desain yang stylish
    Dengan mengikuti perkembangan saat ini Axioo pun memberikan tampilan yang stylish agar penggunanya nyaman, sehingga pengguna tidak malu ketika membawa laptop ini ke sekolah, kampus, kantor, ataupun tempat umum lainnya. Terlebih Axioo juga memberikan banyak pilihan cover warna atau gambar tertentu.
  • Kapasitas HDD yang besar
    Untuk varian tertinggi Axioo seperti Axioo MyBook dapat membawa hard disk dengan kapasitas hingga 2TB. ini sudah sangat mumpuni untuk orang-orang yang gemar menonton film HD yang biasanya memiliki ukuran yang besar.
  • Harganya yang terjangkau
    Axioo menjadi pilihan yang bagus untuk orang yang menginginkan laptop atau notebook yang memiliki spesifikasi yang tinggi setara dengan laptop merek Asus, Acer, HP, Dell, Lenovo dll tetapi dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan Axioo

  • Baterai mudah drop
    Daya tahan baterai Axioo sering mengalami drop setelah pemakaian selama satu tahun. Oleh sebab itu, kekurangan ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk membeli Axioo.
  • Charger sering mangalami overheat
    Karena baterai mudah drop, sehingga pengguna juga sering melakukan charging yang akhirnya mengakibatkan charger Axioo mengalami overheat.
  • Panas berlebih
    Karena charger sering mengalami overheat sehingga menyebabkan daerah disamping pad mouse juga mengalami panas yang berlebih, sehingga adanya ketidak nyamanan saat digunakan untuk waktu yang lama.

Asus

Asustek Computer adalah sebuah perusahaan yang berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti motherboard, kartu grafis, dan notebook. Sebelum memfokuskan diri dalam produk laptop dan notebook, Asus lebih dikenal sebagai produsen motherboard terkemuka di dunia dengan kualitas terbaik. Dan hingga saat ini Asus kembali berhasil menguasai pasar dalam bidang produk laptop dan notebooknya.

Lihat juga:  Pilih Mana : Kulkas Sharp atau Panasonic?

Saat ini, Asus terus merilis berbagai laptop yang brilian dengan spesifikasi dan model yang beragam. Mulai dari laptop budget yang murah, laptop premium ultra-tipis untuk kebutuhan harian, hingga laptop gaming untuk memuaskan hasrat para gamer, Asus memiliki banyak laptop yang sangat layak untuk dibeli.

Rekomendasi Laptop Asus

1. Zenbook Series
ZenBook Asus ini merupakan seri kelas atas untuk konsumen. Notebook ini memiliki tampilan yang ramping,tipis dan seringkali hadir dalam paduan warna yang indah dengan aksen yang mencolok. Selain memiliki komponen yang kuat, ia juga biasanya hadir dengan pilihan prosesor yang cepat dan display beresolusi tinggi, bahkan laptop ini mampu menyaingi Apple MacBook Pro dan sederetan dari merk lainnya yang setara

2. Asus VivoBook S13 S330FA
Laptop uang mempunyai tampilan cantik ini mempunyai fitur display NanoEdge, yaitu layarnya mempunyai bingkai setipis 4,3 mm. Dengan fitur tersebut, produk ini mempunyai rasio layar sebesar 89%! Tentunya sangat puas untuk Anda yang mempunyai hobi menonton film. Sistem penyimpanannya juga menggunakan SSD sebesar 256 GB, menjadikan laptop ini dapat bekerja lebih cepat.

3. Asus Mainstream Series (Seri E, X, F & K)
Jika kalian mencari Laptop Asus yang jauh lebih terjangkau untuk pemakaian sehari-hari, hadirnya beberapa pilihan dibawah ini, diantaranya :

  • Seri E terdiri dari laptop low-end dan netbook mereka (pilihan ini biasanya yang termurah, dengan spesifikasi yang sesuai).
  • Seri X terdiri dari laptop yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari pengguna. Ini juga berisi laptop media ringan dengan layar 17 inci.
  • Seri F terdiri dari sepasang laptop mid-range baru yang tersedia dalam pilihan warna cerah.
  • Seri K terdiri dari beberapa laptop yang mengisi celah antara seri X dan perangkat premium. Laptop Asus seri ini memiliki spesifikasi yang sangat dapat dikonfigurasi dan grafis yang cukup kuat, bahkan anda bisa memainkan beberapa permainan yang cukup berat.

Kelebihan Asus

  • Memiliki motherboard yang tangguh
    Keunggulan yang ada pada laptop Asus yaitu motherboardnya yang tangguh. Tidak heran jika motherboard di setiap produk laptopnya jadi salah satu yang sudah dikenal banyak orang. Kualitas motherboard yang dihadirkan laptop Asus ini tidak sembarangan. Hal itu tentunya tidak lepas dari pengalaman Asus sebagai produsen yang memproduksi motherboard. bahkan sebelum melebarkan sayapnya ke pasar laptop, Asus sudah lebih dulu membuat hardware yang satu ini.
  • Harganya relatif terjangkau
    Banyak alasan orang memilih laptop Asus adalah karena harganya yang bervariatif dan relatif terjangkau. Pada beberapa tipe produk, laptop Asus menawarkan kepada konsumen harga yang lebih murah ketimbang brand lain yang memiliki spesifikasi yang sama.
  • Garansi lebih lama
    Asus memberikan garansi untuk produk laptopnya selama 2 tahun secara global. Itu tidak ditawarkan oleh brand lain yang rata-rata hanya memberikan garansi selama satu tahun saja.

Kekurangan Asus

  • Masih terdapat error pada beberapa produknya
    Memang tidak semua laptop Asus terdapat masalah yang bikin kecewa konsumen. Namun dalam beberapa kondisi, terutama untuk seri 12 inci seringkali terjadi masalah pada touchpad yang sangat mengganggu. Lalu pada kasus lainnya, yakni pada tipe laptop Asus K43U AMD E350 juga sering bermasalah dengan hardisknya.
  • Minimnya tempat service center
    Lokasi service center Asus masih sangat minim dan hanya tersebar di kota-kota besar saja, sementara di beberapa daerah atau kota kecil sulit ditemui.
  • Terlalu cepat merilis produk baru
    Terlalu cepat merilis laptop baru tentunya akan membuat produk yang dijual di pasaran semakin banyak. Ini akan sangat membingungkan konsumen, apalagi buat mereka yang masih awam dengan spesifikasi laptop.

Berikut beberapa ringkasan perbandingan antara Axioo dan Asus:

AxiooAsus
Asal Negara Indonesia Taiwan
Ketahanan Baterai 5-6 jam8-10 jam
Keunggulan utamaKapasitas penyimpanan yang besarMotherboard yang tangguh

Pilih Mana: Axioo atau Asus?

AxiooAsus
Kelebihan- Memiliki desain yang stylish - Kapasitas HDD yang besar - Harganya yang terjangkau - Memiliki motherboard yang tangguh - Harganya relatif terjangkau - Garansi lebih lama
Kekurangan- Baterai mudah drop - Charger sering mangalami overheat - Panas berlebih- Masih terdapat error pada beberapa produknya - Minimnya tempat service center - Terlalu cepat merilis produk baru

Kesimpulan

Setelah mebaca artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua produk yaitu Axioo dan Asus mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Namun keduanya sama-sama menawarkan harga yang terjangkau. Tetapi, Jika kalian mencari produk yang lebih murah diantara keduanya Axioo lah yang dapat menjadi pilihan kalian. Namun, Jika kalian mencari laptop dengan spesifikasi yang tinggi dan harga tak kalah jauh berbeda laptop Asus dapat menjadi bahan pertimbangan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Axioo VS Asus

VS

Leave a Reply