Pilih Mana : Axis atau Tri?

Loading...

Bukan hanya terkenal dengan budayanya yang beragam, Indonesia juga terkenal dengan negara yang memiliki banyak sekali pilihan provider komunikasi, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara dengan operator selular paling banyak di dunia. Setidaknya ada enam operator telekomunikasi yang terus bersaing ketat demi terus eksis di Tanah Air. Dua dari antaranya adalah Axis dan Tri (3), yang selalu mengedepankan harga murah untuk menarik konsumen. Namun manakah yang lebih baik? Axis atau Tri?

Saat ini tersedia berbagai kartu perdana yang cocok digunakan untuk tiap jenis smartphone. Selain harga yang terjangkau, tentu saja kita juga menginginkan operator yang memfasilitasi sinyal internet yang kencang. Contohnya adalah Axis dan Tri. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga menjadikan keduanya berbeda. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

AXIS

AXIS adalah salah satu operator telekomunikasi ternama di Indonesia yang giat menawarkan promo-promo murah untuk SMS, telepon, dan juga internet. Banyak sekali manfaat yang Anda peroleh saat menggunakan kartu perdana AXIS karena mereka sering memberikan fasilitas internet unlimited. Anda bisa menggunakannya untuk streaming film di Viu atau HOOQ sepuasnya, tanpa batas.

Kelebihan AXIS

Berikut beberapa kelebihan Axis yang perlu diketahui:

  • Kuota Internet Murah

Tidak perlu diragukan lagi jika Axis selalu menyediakan kuota internet yang murah. Kelebihan ini memang menjadi andalan dari Axis sehingga tidak heran bila jumlah penggunanya sangat banyak di Indonesia. Mereka beranggapan bahwa Axis ialah operator paket internet termurah saat ini.

  • Variasi Paket Internet Banyak

Setelah Anda memasang kartu Axis di smartphone, Anda akan menemukan berbagai macam paket internet yang terbagi atas harga dan ketentuannya. Setidaknya ada enam paket internetan dari Axis yaitu Paket Smartphone Basic, Paket Smartphone Premium, Paket Internet AXISPRO Kuota Only,Paket Internet AXIS InternetGaul, Paket Internet AXIS Paket SMS dan Data, serta Paket Internet Axis SpeedBooster.

  • Manajemen Baik

Manajemen Axis dikelola dengan sangat baik, dan juga pelayanan customer service ke pelanggan mempunyai rasa kepedulian yang tinggi, sangat ramah, baik via telepon maupun email. Kelebihan satu ini dinilai begitu bagus karena menambah rasa nyaman saat pelanggan mendapatkan sedikit masalah di kartu Axis mereka.

Kekurangan Axis

Berikut beberapa kekurangan Axis yang perlu diketahui:

  • Jarak Jangkauan Jaringan Terbatas

Meski menawarkan promo-promo murah, Axis masih memiliki jaringan yang sangat terbatas, sehingga banyak daerah yang belum bisa menggunakan provider ini. Meski sudah diberitakan bahwa Axis telah menyebarkan sayap di seluruh Indonesia, namun lokasi mereka hanya berada di lokasi perkotaan besar saja.

  • Minim Jaringan 4G

Axis dinilai memiliki jaringan 4G yang kurang maksimal, padahal di zaman modern ini, rata-rata masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan sinyal 4G untuk akses internet dari smartphonenya. Hal ini sering membuat stabilitas nama besar Axis mengalami penurunan, meski sudah diakusisi oleh XL.

Loading...
  • Banyak Fitur Tidak Jelas

Sayangnya, terlalu banyak fitur di Axis yang kurang jelas karena provider ini selalu merubah paket dalam waktu singkat. Bukan hanya itu, faktor tidak konsistennya penggunaan data internet sering membuat pengguna merasa kesal sehingga berganti ke perdana lain.

Kelebihan AxisKekurangan Axis
- Kuota Internet Murah- Jarak Jangkauan Jaringan Terbatas
- Variasi Paket Internet Banyak- Minim Jaringan 4G
- Manajemen Baik- Banyak Fitur Tidak Jelas

Tri (3)

Sejak kemunculan operator telekomunikasi Tri di Indonesia, masyarakat Indonesia banyak yang beralih dari kartu perdana mereka ke Tri karena Tri memberikan berbagai macam promosi murah, namun jaringannya tetap stabil meski Anda berada di daerah bukan perkotaan. Bukan hanya itu, Tri memiliki pelayanan internet yang simple dan mudah sehingga banyak pelanggan yang tetap setia menggunakan Tri selama bertahun-tahun.

Kelebihan Tri

Berikut beberapa kelebihan Tri yang perlu diketahui:

  • Sangat Murah

Bukan hanya paket internet murah saja yang ditawarkan oleh Tri, melainkan SMS dan telepon, baik itu antar local, atau ke luar negeri. Harga murah yang dijunjung oleh Tri memang tidak bisa dimungkiri karena operator ini sangat pandai mengadakan promo menarik untuk menggaet konsumen.

  • Jaringan Stabil

Saat ini, Tri jarang sekali mengalami jaringan error atau sinyal hilang tiba-tiba. Selain itu, pemakaian data internet di provider ini juga bisa dikatakan cukup stabil sepanjang waktu sehingga menambah kenyamanan para penggunanya. Apalagi, Tri sudah termasuk provider yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

  • Fleksibel

Kartu Tri dinilai begitu fleksibel karena paket internet maupun SMS dan telepon dapat dibeli harian, mingguan, hingga bulanan sesuai kebutuhan Anda sendiri. Masa aktif yang ditawarkannya juga cukup panjang dibandingkan operator lain, dan Tri mudah ditemukan di berbagai konter seluruh Indonesia.

Kekurangan Tri

Berikut beberapa kekurangan Tri yang perlu diketahui:

  • Bonus SMS dan Telepon Sedikit

Karena Tri lebih mengedepankan bonus internet yang super murah, Tri tidak memberikan banyak bonus untuk SMS dan telepon. Namun Anda tak perlu khawatir karena tarif keduanya ditawarkan cukup terjangkau, bahkan Anda tidak perlu keberatan dengan harganya.

  • Menggunakan Shared IP

Koneksi internet di Tri memang kencang, namun tidak terlalu bagus karena Tri menggunakan shared IP yang berarti sangat besar kemungkinan IP yang Anda gunakan, akan dipakai lagi oleh orang lain. Sistem ini biasanya bermasalah pada pemain PTC atau pengguna yang sering download gratisan seperti rapidshare.

  • Sinyal Kurang di Daerah Pedalaman

Sama seperti Axis, sinyal Tri kurang memadai jika sudah masuk daerah pedalaman atau daerah yang sangat jauh dari perkotaan. Sebagai penambahan kualitas, diharapkan Tri bisa membangun jaringan mereka di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Kelebihan TriKekurangan Tri
- Sangat Murah- Bonus SMS dan Telepon Sedikit
- Jaringan Stabil- Menggunakan Shared IP
- Fleksibel- Sinyal Kurang di Daerah Pedalaman

Pilih Mana : Axis atau Tri?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Axis dan Tri. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut:

AxisTri
- Paket promo murah- Harga paket internet sangat murah
- Jaringan 4G kurang maksimal- Jaringan stabil
- Jangkauan sinyal terbatas- Fleksibel dan simple

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai perbedaan Axis dan Tri, maka bisa disimpulkan bahwa dua kartu operator ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan Tri sebagai operator pilihan terbaik, dari segi jaringan, cakupan jangkauan, dan kestabilan sinyal. Terlebih lagi, harga paket internet Tri dibanderol dengan sangat terjangkau, begitu pas di kantong bahkan untuk kalangan pelajar sekalipun.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Axis vs Tri

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *