Home

Pilih Mana: Baja Ringan atau Besi Hollow?

Rumah menjadi salah satu tempat yang sangat nyaman untuk beristirahat. Agar rumah terlihat cantik, beberapa komponen harus diperhatikan seperti atap atau tempat untuk melindungi kendaraan. Pemilihan jenis atap menjadi faktor kekuatan atap tersebut. Baja Ringan dan Besi Hollow adalah yang dapat Anda pilih sebagai komponen atap.

Baja Ringan dan Besi Hollow tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar Anda dapat mengetahuinya, langsung saja Anda dapat membaca penjelasan artikel Selera.id mengenai Baja Ringan dan Besi Hollow di bawah ini.

Baja Ringan

Baja Ringan merupakan jenis baja yang dihasilkan dari proses produksi pencetakan dengan berbagai jenis nama dan bentuk dan memiliki kekuatan tinggi dengan bobot yang cukup ringan, secara kualitas dan mutu tidak kalah dengan baja pada umumnya. Baca juga Pilih Mana: Atap Gutta atau Onduline?

Properti baja ini sangat penting dalam konstruksi. Baja jenis ini merupakan baja karbon dengan jumlah karbon yang kecil hingga dikenal juga dengan istilah “baja karbon rendah.” baja ini tidak mengandung banyak unsur. Di dalamnya tidak terdapat sejumlah besar kromium, atau unsur paduan lainnya dalam baja ini.

Rendahnya karbon menggambarkan bahwa baja jenis ini umumnya lebih ulet, dan umumnya menciptakan kekuatan tarik yang lebih sedikit daripada baja dengan karbon tinggi. Dari sisi harga, jenis-jenis Baja Ringan yang ada relatif terjangkau bila dibandingkan dengan baja lain. Hal ini karena jumlah elemen paduan sangat sedikit.

Kelebihan Baja Ringan

  • Ringan namun memiliki kekuatan tarik
    Konstruksi Baja Ringan menjadi pilihan favorit sebagai salah satu jenis material bangunan karena bobotnya yang sangat ringan. Bobot konstruksi Baja Ringan ini mempermudah proses transportasi dan pemasangan saat membangun rumah atau bangunan. Memiliki bobot ringan dan potensi beban yang kecil tak mengurangi kekuatan tarik yang dimilikinya. Hal ini membuat konstruksi Baja Ringan cocok untuk struktur desain atap, terutama konstruksi bentang yang cukup lebar.
  • Tahan lama dan anti keropos
    Salah satu keunggulan konstruksi Baja Ringan adalah daya tahan yang kuat. Anda nggak perlu khawatir serangan rayap dan capek mencari cara membasmi rayap atau khawatir akan material yang rapuh keropos. Selain itu, pemeliharaan dan perawatan dari material konstruksi Baja Ringan juga sangat mudah dan hemat dibandingkan konstruksi lainnya.
  • Anti karat
    Meskipun berbahan metal, konstruksi Baja Ringan memiliki daya tahan terhadap karat. Hal ini membuat konstruksi Baja Ringan masih bisa digunakan kembali atau didaur ulang saat sudah tak terpakai lagi. Harga dari Baja Ringan terbilang cukup terjangkau.

Kekurangan Baja Ringan

  • Mudah terbawa oleh angin
    Konstruksi untuk atap Baja Ringan juga memiliki kekurangan lain yang cukup mengkhawatirkan. Kekurangan ini adalah konstruksi Baja Ringan sangat rentan terhadap wilayah yang berangin. Konstruksi Baja Ringan akan mudah terlepas oleh angin yang kencang. Hal ini bisa saja terjadi disebabkan oleh sambungan Baja Ringan yang hanya menggunakan sistem baut. Maka dari itu, apabila rangka Baja Ringan digoyangkan dengan angin keras, maka sambungan ini akan mengendur secara perlahan dan bergerak-gerak.

  • Jika salah menghitung akan berakibat fatal
    Material Baja Ringan memiliki struktur yang seperti jaringan. Maka dari itu apabila Anda melakukan salah perhitungan pada proses pembangunan, maka atap tidak memenuhi syarat keamanan yang baik dan dapat menyebabkan kegagalan struktur secara menyeluruh.
  • Keindahan rumah berkurang
    Dari segi ketahanan bangunan tentunya akan menjadi semakin baik. Namun apabila melihat dari keindahan tampilan struktur, maka kerapatan Baja Ringan ini membuat tampilan tidak indah dan menarik.

Besi Hollow

Besi Hollow merupakan salah satu besi yang berbentuk pipa kotak. Besi Hollow secara umum terbuat dari bahan besi galvanis, stainless, atau besi baja. Besi Hollow mempunyai kualitas yang bagus karena bahannya yang kokoh dan mempunyai ketahanan untuk keperluan jangka panjang.

Besi Hollow ini bisa dinyatakan sangat unggul dan baik digunakan dalam pemasangan rangka besi plafon dan dinding partisi rumah, gedung, dan lain sebagainya.

Besi Hollow tidak hanya untuk rangka plafon juga banyak digunakan untuk rangka dinding partisi sehingga nantinya bangunan menjadi tahan api, anti rayap atau binatang pengerat lain, bebas dari karat dan korosi akibat perubahan cuaca atau karena air hujan yang bersifat asam. Anda bisa membeli kerangka ini di Depo Bangunan.

Kelebihan Hollow

  • Tidak akan dimakan rayap
    Karena memiliki karakteristik yang kuat, besi ini tidak akan mudah rapuh. Besi Hollow ini juga dikenal anti rayap sehingga bisa bertahan lebih lama. Hal inilah yang menyebabkan besi ini lebih banyak dipilih untuk digunakan dalam konstruksi bangunan
  • Tahan bakar dan pemasangan mudah
    Besi jenis Hollow ini tidak mudah terbakar sehingga paling tidak menimbulkan rasa aman bagi para penghuni. Walaupun tentunya Anda tidak menginginkan kejadian buruk seperti kebakaran melanda rumah. Besi Hollow lebih mudah untuk dipasang dan dikonstruksikan sehingga menghemat biaya dan waktu dalam pelaksanaan pembangunan rumah. Para tukang tentunya tidak akan mengalami kesulitan yang berarti ketika melakukan pemasangan material ini.
Lihat juga:  Pilih Mana: Blender atau Hand Blender?

  • Peredam panas yang baik dan harga yang ekonomis
    Besi Hollow memiliki sifat peredam panas sehingga terik matahari yang masuk kedalam rumah melalui sela-sela tidak akan terlalu terasa masuk ke dalam rumah. Hal ini dikarenakan besi jenis ini terbuat dari besi galvalum dan galvanis. Harga jual besi kotak ini lebih murah dan ekonomis. Anda tidak akan melakukan banyak biaya pengeluaran untuk melakukan konstruksi untuk atap rumah Anda.

Kekurangan Hollow

  • Keterbatasan ukuran
    Keterbatasan ukuran yang terbatas, membuat besi ini tidak cukup untuk digunakan untuk atap yang luas. Jika dilakukan penyambung besi dengan pengelasan dapat mengakibatkan kelemahan pada titik sambungan pengelesa tersebut.
  • Struktur bahan yang tidak solid
    Struktur bahan yang tidak solid sehingga membuat besi ini mudah mengalami tekuk dan tidak bisa digunakan untuk menahan beban. Tetapi jika Anda tetap ingin menggunakannya, Anda bisa menggunakan besi dengan ukuran yang lebih besar dan tebal dan tentunya harga jual besi kotak jauh lebih mahal.
  • Perlu penambahan cat lagi
    Besi kotak memiliki sifat yang mudah mengalami korosi, sehingga butuh penambahan aplikasi cat anti karat dan pengecatan akhir sehingga Anda harus mengeluarkan budget lebih lagi.

Baja Ringan vs Besi Hollow

  • Baja ringan dan Besi Hollow memiliki daya tahan yang sama yaitu daya tahan yang sangat lama sangat cocok sekali untuk dijadikan atap kantoran atau gedung dan lain sebagainya.
  • Baja ringan dan Besi Hollow memiliki harga yang sama-sama cukup terjangkau, sehingga bisa Anda pilih dengan selera masing-masing saja.
Baja ringan tidak perlu Anda lakukan pengecatan lagi karena kualitasnya sudah sangat baik dan anti korosi, sedangkan untuk Besi Hollow diharuskan untuk penambahan cat karena Besi Hollow mudah mengalami korosi.
  • Anti rayap adalah kelebihan yang lainnya yang dimiliki oleh Baja ringan dan Besi Hollow jadi sangat bagus sekali jika Anda memutuskan untuk memilih kerangka antara kedua ini.
  • Tahan terhadap api menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi pemilik rumah saat ingin mencari kerangka atap. Tetapi Baja ringan dan Besi Hollow memang memiliki daya tahan terhadap api yang menimbulkan kebakaran.
SpesifikasiBaja RinganBesi Hollow
MaterialBerupa logam yang ringan Bahan besi galvanis, stainless, atau besi baja.
Ketahanan CuacaCukup tahan tetapi jika angin kencang mudah goyang Ketahanan cuaca yang baik
Ketahanan RayapAnti rayap dan karat Anti rayap juga anti karat
PemasanganCukup mudah dan tidak ada penambahanCukup mudah tetapi memerlukan penambahan cat

Pilih Mana: Baja Ringan atau Besi Hollow?

Baja RinganBesi Hollow
Kelebihan- Ringan namun memiliki kekuatan tarik - Tahan lama dan anti keropos - Anti karat - Tidak akan dimakan rayap - Tahan bakar dan pemasangan mudah - Peredam panas yang baik dan harga yang ekonomis
Kekurangan- Mudah terbawa oleh angin - Jika salah menghitung akan berakibat fatal - Keindahan rumah berkurang - Keterbatasan ukuran - Struktur bahan yang tidak solid - Perlu penambahan cat lagi

Kesimpulan

Baja ringan dan Besi Hollow keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memilihnya sendiri sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan selera dan budget yang ada. Tapi tenang, kedua jenis kerangka atap ini Baja ringan dan Besi Hollow memiliki harga yang terjangkau. Tetapi kali ini kerangka atap Besi Hollow bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. karena ketahanan yang sangat bagus. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Baja Ringan vs Besi Hollow

VS

Leave a Reply