Fashion

Pilih Mana: Baju Koko atau Kemeja?

Pakaian merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Di antara pakaian yang kerap digunakan oleh para kaum pria yaitu baju koko dan baju kemeja. Manakah baju yang lebih sesuai untuk aktivitas yang Anda lakukan? Baju koko atau kemeja?

Baju koko dan baju kemeja merupakan dua pakaian yang sering digunakan. Meskipun sama-sama sering digunakan, namun kedua jenis baju ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan lebih jelas mengenai kedua baju ini dapat Anda simak pada artikel berikut. Baca juga Pilih Mana: Nokia 8 atau Samsung A8?

Baju Koko

Baju koko merupakan baju yang diadopsi warga betawi dari baju sehari-hari yang digunakan oleh warga Tionghoa. Baju ini kemudian mengalami proses asimilasi budaya yang selanjutnya menjadi pakaian khas umat isalam di Indonesia.Dikutip dari Kompasiana.com kegunaan baju koko atau baju takwa ini yang paling utama adalah untuk kegiatan yang berkaitan dengan ibadah.

Kelebihan Baju Koko

Berikut beberapa kelebihan baju koko yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Cocok Digunakan Beribadah

Salah satu kelebihan baju koko adalah lebih cocok digunakan untuk kegiatan atau aktivitas beribadah umat muslim. Bagi Anda yang menganut agama Islam, maka baju koko lebih cocok digunakan untuk melaksanakan ibadah daripada menggunakan kemeja.

  • Dapat Mencerminkan Identitas Penggunanya

Kelebihan lain baju koko adalah dapat mencerminkan penggunanya. Pada umumnya, pengguna baju koko adalah laki-laki yang menganut agama Islam. Dengan demikian, identitas pemakai dapat diketahui melalu baju koko yang digunakan. Hal ini tentu tidak bisa Anda dapati pada baju kemeja. Sebab baju kemeja dapat digunakan oleh semua kalangan.

  • Memiliki Berbagai Motif

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh baju koko adalah memiliki berbagai variasi warna dan motif. Anda bisa mendapatkan baju koko dengan warna yang sesuai dengan keinginan Anda. Baju koko juga biasanya dihiasi dengan bordiran yang akan membuatnya tampak lebih menarik.

Kekurangan Baju Koko

Berikut beberapa kekurangan baju koko yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok Digunakan untuk Acara Tertentu

Salah satu kekurangan baju koko adalah kurang cocok untuk beberapa acara atau kegiatan tertentu. Misalnya, untuk interview, digunakan ke kantor, rapat, dan lain sebagainya. Untuk aktivitas dan kegiatan yang cenderung formal, Anda lebih cocok menggunakan baju kemeja.

  • Tidak Dapat Dipakai Umat Non-Muslim

Kekurangan lain yang dimiliki oleh baju koko adalah kurang cocok digunakan untuk umat non-muslim. Hal ini dikarenakan baju koko cenderung menjadi pakaian umat Islam. Karena itulah, target pasar baju koko biasanya hanyalah laki-laki umat muslim saja.

  • Variasi Bahan Lebih Minim

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki baju koko adalah bahan-bahan yang digunakan relatif lebih minim. Baju koko kebanyakan menggunakan bahan katun. Sedangkan baju kemeja memiliki banyak variasi bahan yang hampir tidak ditemukan pada baju koko. Salah satu contohnya yaitu bahan flanel yang sering ditemukan pada baju kemeja namun hampir tidak pernah ditemukan pada baju koko.

Kelebihan Baju KokoKekurangan Baju Koko
- Lebih cocok digunakan beribadah- Kurang cocok digunakan untuk acara tertentu
- Dapat mencerminkan identitas penggunanya- Tidak dapat dipakai umat non-muslim
- Memiliki berbagai motif- Variasi bahan lebih minim

Baju Kemeja

Berdasarkan Wikipedia kemeja merupakan sebuah pakaian atau baju bagian atas. Baju ini memiliki fungsi untuk menutupi tangan, bahu, dada, sampai ke perut. Baju kemeja ini merupakan baju yang sangat sering digunakan dalam melakukan berbagai aktivitas.

Kelebihan Baju Kemeja

Berikut beberapa kelebihan baju kemeja yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Digunakan untuk Berbagai Acara

Salah satu kelebihan kemeja adalah lebih fleksibel digunakan untuk berbagai acara. Kemeja dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan dapat juga digunakan untuk kegiatan formal ke kantor, interview dan lain sebagainya. Anda hanya perlu menyesuaikan bahan kemeja yang digunakan dengan aktivitas yang akan Anda lakukan.

  • Memiliki Banyak Variasi dan Motif

Kelebihan lain yang dimiliki baju kemeja adalah memiliki banyak variasi dan motif. Kemeja tersedia dengan warna yang beragam, polos, hingga berbagai motif yang digunakan. Anda juga bisa memilih kemeja dengan lengan panjang ataupun pendek sesuai dengan selera masing-masing.

  • Dapat Dipakai Siapa Saja

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh kemeja adalah dapat digunakan atau dipakai oleh siapa saja. Anda bisa menggunakan kemeja tanpa harus menganut agama tertentu karena kemeja tidak mencerminkan identitas penggunanya.

Kekurangan Baju Kemeja

Berikut beberapa kekurangan baju kemeja yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk Acara Khusus Keagamaan

Salah satu kekurangan baju kemeja adalah kurang cocok digunakan untuk acara khusus keagamaan. Jika Anda diundang untuk menghadiri acara keagamaan umat muslim, Anda lebih cocok untuk menggunakan baju koko ketimbang baju kemeja. Namun, baju kemeja juga tetap bisa Anda gunakan.

  • Tidak Dapat Mencerminkan Identitas Penggunanya

Kekurangan lain baju kemeja adalah tidak dapat mencerminkan identitas penggunanya. Anda tidak bisa mengetahui identitas orang yang memakai baju kemeja. Sedangkan Anda bisa mengetahui identitas agama orang yang memakai baju koko tanpa harus berbicara dengan orang tersebut.

  • Beberapa Kemeja Kurang Cocok untuk Acara Formal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki baju kemeja adalah beberapa varian baju kemeja kurang cocok digunakan untuk acara yang sangat formal dan harus menggunakan dasi. Misalnya baju kemeja dengan bahan flanel tidak bisa digunakan bersamaan dengan dasi dan digunakan sebagai kemeja dalam sebelum menggunakan jas.

Kelebihan Baju KemejaKekurangan Baju Kemeja
- Dapat digunakan untuk berbagai acara- Kurang cocok untuk acara khusus keagamaan
- Memiliki banyak variasi dan motif- Tidak dapat mencerminkan identitas penggunanya
- Dapat dipakai siapa saja- Beberapa kemeja kurang cocok untuk acara formal

Pilih Mana: Baju Koko atau Kemeja?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara baju koko atau baju kemeja. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Baju KokoBaju Kemeja
- Lebih cocok untuk acara keagamaan- Lebih fleksibel untuk berbagai acara
- Dapat mencerminkan identitas penggunanya- Tidak dapat mencerminkan identitas penggunanya
- Dominan terbuat dari bahan katun- Terbuat dari banyak jenis bahan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai baju koko dan baju kemeja di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenus baju tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikan baju yang akan gunakan dengan aktivitas yang akan Anda lakukan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Baju Koko vs Kemeja

VS

Leave a Reply