Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Bakso atau Mie Ayam?

Mayoritas orang menyukai kuliner dengan bahan yang sederhana, seperti halnya Bakso dan Mie ayam. 2 jajanan ini merupakan makanan yang paling sering diminati oleh banyak orang, selain rasanya yang enak harganya pun tergolong bersahabat dengan kantong kebanyakan orang. Kalian bisa dapatkan bakso dan mie ayam mulai dari pinggir jalan sampai ke mall pun banyak yang menjual makanan ini. Kali ini saya akan membahas mengenai Bakso dan Mie ayam. Stay tune ya..

Bakso

Bakso sendiri berasal dari Tionghoa Indonesia. Istilah bakso juga berasal dari kata Bak-so dalam bahasa Taiwan yang berarti daging giling. Baca juga Pilih Mana : KFC atau Mc Donald’s?

Bakso adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung dan daging sapi yang dibentuk bola-bola kecil sehingga kita mudah memakannya. Bakso biasa dihidangkan dengan mie putih, mie kuning, bawang goreng, rempah-rempah, tahu, gorengan dan kuah khas dari kaldu sapi.

Tidak hanya bola-bola kecil, saat ini sudah banyak bentuk bakso yang sangat beraneka ragam, dimulai dari kotak, segitiga, oval, dan sebagainya.

Bakso yang terkenal akan kenikmatannya berasal dari Malang dan Solo. Kedua bakso dari daerah ini memiliki rasa, aroma, khas dari daerah masing-masing. Maka tak heran pula banyak daerah lain yang menggunakan nama bakso khas Malang dan bakso khas Solo untuk berjualan.

Jika kamu malas membuat bakso sendiri, kamu bisa mendapatkan bakso di warung yang berjualan bakso, bahkan kamu juga memesan bakso secara online di Gojek dan Grab.

Cara Membuat Bakso:

Siapkan bahan
1. 1 kg daging sapi dan daging giling
2. 6 siung bawang putih
3. 1 ons tepung kanji
4. ½ sendok teh merica bubuk
5. 1 sendok garam
6. Rempah-rempah atau penyedap lainnya

Cara Membuatnya:

1. Tumbuk atau blender bawang putih hingga lembut dan halus
2. Campur semua daging, bawang putih, tepung, merica, garam dan rempah-rempah lainnya
3. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga menyatu selama kurang lebih 10 menit
4. Bentuk adonan tersebut menggunakan sendok hingga berbentuk bola-bola kecil atau sesuai ukuran yang hendak kalian inginkan
5. Rebus adonan tadi ke dalam kuah yang mendidih , tunggu hingga bakso mengapung yang menandakan bakso tersebut sudah matang
6. Hidangkan bakso menggunakan bihun, bawang goreng, mie putih, mie kuning, tahu, gorengan dan kuah. Lalu tambahkan saos atau kecap sebagai pendamping memakan bakso.

Jenis Bakso

Bakso Urat
Bakso Urat adalah bakso dengan isi urat dari daging sapi yang biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran bakso pada umumnya.

Bakso Daging
Bakso ini tentunya memiliki isi dengan daging giling dari sapi. Bakso ini memiliki ciri yang umumnya berbentuk “X” di atas bakso nya. Bakso ini paling banyak dijual oleh pedagang-pedagang yang berjualan bakso.

Bakso Telur
Sesuai namanya bakso ini memiliki ciri yang isinya terdapat telur rebus. Bakso ini memiliki ukuran yang relatif lebih besar daripada bakso daging. Bakso ini juga paling banyak dijual oleh pedagang-pedagang bakso.


Bakso Ikan
Berbeda dengan bakso pada umumnya yang dibuat dari daging sapi, bakso ini terbuat dari daging ikan. Warna dari bakso ini sendiri cenderung berwarna putih.

Bakso Udang
Bakso ini juga terbuat dari udang, ciri dari bakso ini adalah warnanya yang relatif sedikit lebih orange yang menandakan sama dengan warna udang.

Bakso Mercon
Berbeda dengan varian bakso lainnya, bakso ini memiliki isi yang tidak biasa yakni cabai merah yang sangat pedas. Bakso ini cocok banget kamu yang suka dengan makanan pedas.

Dan begitu banyak varian dari bakso yang makin kesini makin bervariasi yang tentunya membuat pecinta kuliner semakin gemar memakan bakso.

Harga dari bakso sendiri pun bervariasi, di mulai dari harga 10 ribu sampai 25 ribu keatas tergantung dengan jenis dan isi dari bakso tersebut.

Mie Ayam

Mie ayam sendiri awalnya bernama bakmi yang berasal dari China. Disana bakmi menggunakan daging babi sebagai pendamping dari mie nya.

Di Indonesia mayoritas warganya adalah umat muslim, yang menjadikan kuliner ini memakai daging ayam sebagai pendamping mie nya.

Mie ayam adalah mie kuning yang bisa dibuat sendiri atau bisa beli mie yang sudah jadi dengan ditambah sayuran, daging ayam, bawang goreng, kuah, serta rempah-rempah lainnya yang menambah aroma dari mie ayam tersebut.

Mie ayam sendiri biasa dijual bersamaan dengan dijualnya bakso. Jadi jika ada bakso yang sedang berjualan maka dipastikan pedagang tersebut juga menjual mie ayam. Jadi kamu bebas mau memilih bakso atau mie ayam sebagai makanan kamu.

Mie ayam juga bisa dibeli dengan ditambah bakso tergantung dengan kalian mau menambahkannya atau tidak yang tentunya harganya sedikit lebih mahal dibanding dengan mie ayam tanpa bakso.

Cara Membuat Mie Ayam:

Siapkan bahan sebagai berikut
1. Kemiri 4 butir
2. Air rebus dengan kaldu ayam
3. Ketumbar 1 sdt
4. Bawang putih 4 siung
5. Minyak ayam
6. Daging ayam
7. Garam 1 sendok
8. Lada bubuk
9. Mie kuning

Cara Membuatnya:

1. Siapkan air mendidih
2. Haluskan bumbu seperti kemiri, ketumbar, bawang putih, garam serta bubuk.
3. Masukkan bumbu tersebut yang sudah halus kedalam air mendidih tadi
4. Masukkan mie kuning
5. Jika sudah matang tiriskan mie dan kuah tersebut ke dalam mangkuk
6. Tambahkan minyak ayam dan rempah lainnya di dalam mangkuk
7. Mie ayam siap disajikan

Berbeda dengan bakso, mie ayam tidak memiliki jenis yang beragam seperti bakso, namun mie ayam memiliki sajian khas dari suatu daerah tertentu misalnya mie ayam solo, mie ayam bandung dan sebagainya.

Harga dari Mie ayam pun beragam, yakni dimulai dari harga 10 ribu sampai 20 ribu keatas sesuai dengan mie ayam yang diperjualkan ya guys.

Jika kamu malas membuat mie ayam sendiri, kami bisa membelinya di warung yang berjualan mie ayam bahkan kamu juga bisa mendapatkan mie ayam secara online di Gojek atau Grab.

Pilih Mana: Bakso atau Mie Ayam?

BaksoMie Ayam
Kelebihan - Lebih kenyang - Lebih bervariasi - Cocok banget buat kalian yang suka makan mie - Bisa memakai lebih banyak toping
Kekurangan- Daging yang digunakan kerap dari bahan yang tidak layak makan - Saus yang digunakan kerap dari saus yang basi- Saus yang digunakan kerap dari saus yang sudah basi - Ayam yang digunakan kerap ayam yang tidak layak makan

Kesimpulan

Bakso dan Mie ayam merupakan kuliner yang sampai saat ini masih banyak sekali peminatnya. Selain enak rasanya, harganya pun murah yang menjadikan masyarakat Indonesia makin gemar menyantap Bakso dan Mie ayam. Pastikan Bakso dan Mie ayam kamu dijual dengan bahan yang layak makan ya guys, karena saat ini banyak sekali Bakso dan Mie ayam yang dibuat dari bahan yang tidak layak makan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bakso vs Mie Ayam

VS

Leave a Reply