Otomotif

Pilih Mana: Ban Michelin atau Bridgestone?

Seperti suku cadang pada kendaraan, ban punya peran penting agar kendaraan dapat melaju bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Karenanya, untuk komponen yang satu ini, kalian harus pintar memilihnya. Nah salah satu ban yang dapat dibilang selalu menawarkan kualitas terbaik adalah Michelin dan Bridgestone.

Bahkan kedua ban ini sudah dirancang khusus untuk berbagai macam permukaan jalan maupun musim yang ada di Indonesia, jadinya tidak perlu diragukan lagi dengan kualitasnya. Namun, dari keduanya mana yang lebih unggul? Untuk mencari jawabannya kami sudah mengulas tentang kedua ban ini dari segi kelebihan dan kekurangannya. Yuk disimak!

Ban Michelin

Siapa yang tidak kenal dengan merk ban Michelin terbaik yang satu ini. Ya, ban Michelin ini memang kerap dipakai oleh kendaraan premium kelas atas. Jadi tidak heran jika harganya terbilang mahal. Baru-baru ini Michelin meluncurkan ban mobil terbaru diantaranya Michelin Primacy 4 yang mengusung teknologi evergrip dan 2nd generation silent rib.

Michelin saat ini hadir di 170 negara dan mempunyai 111.200 karyawan dan mengoperasikan 67 fasilitas produksi di 17 negara. Berkantor pusat di Clermont-Ferrand, Prancis.

Banyak yang memberikan review positif seputar produk ban buatan Michelin Ada yang mengatakan bahwa ban Michelin awet. Ada juga yang mengatakan bahwa ban kendaraan buatan Michelin ini membuat mobil nyaman untuk dikendarai. Baca juga Pilih Mana: Pirelli atau Michelin?

Tipe Ban UkuranHarga Per Oktober 2019
Michelin Pilot Street 100/80-17 Rp. 425.000
Michelin M29S 70/90-14 TL 40P Rp. 242.000
Michelin M85 90/80-14 TL 49P Rp. 320.000
Michelin M29S 90/90-14 TL 46P Rp. 285.000

Kelebihan Ban Michelin

  • Cocok di jalan kering atau basah
    Ban Michelin Pilot Road 4 juga menggunakan teknologi XST+ yang merupakan bentuk penyempurnaan teknologi sebelumnya XST atau X-Sipe Technology yang membuat ban dapat berjalan mulus meski keadaan jalan sedang basah dan berair.
  • Daya cengkeram kuat
    Setiap pemotor tentu menginginkan ban yang memiliki daya cengkeram yang kuat agar bisa membuatnya tetap stabil di jalan dan mengurangi risiko tergelincir. Sebagai produsen ban terkemuka di dunia, Michelin tentu sudah mempersiapkan hal tersebut.
  • Aman digunakan meski pengendara melakukan pengereman yang agresif
    Keunggulan lainnya adalah ban Michelin tetap aman digunakan meski pengendara melakukan pengereman yang agresif. Nah, salah satu ban yang menawarkan sensasi tersebut adlaah Michelin Pilot Street Radial. Ban yang sudah mengedepankan performa grip ini juga aman untuk kamu gunakan saat mengerem bahkan hard braking sekalipun.

Kekurangan Ban Michelin

  • Ukuran ban yang kecil
    Kekurangan terakhir yang dimiliki oleh Michelin adalah ukuran bannya yang kecil dibandingkan dengan Pirelli sehingga pengendara nya sedikit merasa tidak seimbang dan kurang stabil.
  • Ban bagian samping kerap menjadi tipis
    Kekurangan pertama dari Michelin yaitu sebagian ban mereka kerap “habis” pada bagian samping, mungkin perihal ini diakibatkan karena bahan compound yang lebih empuk dibanding bagian tengahnya menurut beberapa review pemakainya.
  • Ban sedikit licin saat musim hujan
    Kekurangan selanjutnya yaitu licin terutama pada saat musim hujan. Memang Michelin menyematkan beberapa fitur agar ban produksi mereka tahan terhadap segala kondisi, namun untuk beberapa review pemakainya dirasa masih licin pada saat musim hujan.

Ban Bridgestone

Merk ban terba Bridgestone. Salah satu produsen ban terbaik di Dunia ini memang sudah sangat diakui oleh banyak perusahaan otomotif dan juga masyarakat Dunia. Berbagai macam produk sudah ia buat dan dipasarkan keseluruh negara di Dunia tidak terkecuali di Indonesia.

Di Indonesia sendiri Bridgestone Corporation berada dalam naungan PT Bridgestone Indonesia yang memulai produksi bannya untuk pertama kali pada tanggal 1 Oktober 1975. Pada awal produksinya Bridgestone Indonesia membuat ban bis dan truk. 

Salah satu jenis ban mobil terbaik Bridgestone adalah Bridgestone Turanza AR-20. Dimana merk ban mobil terbaik ini memiliki kualitas serta performa yang sangat bagus. Bahkan jenis ban mobil ini digunakan oleh Bridgestone sebagai standard produksi dari ban mobil buatannya yang untuk tipe touring performa.

Tipe Ban UkuranHarga Per Oktober 2019
Bridgestone Battlax TL B 39 F-R 80/90-14Rp. 609.000
Bridgestone Battlax BAL2136 Tubeless F/R 90/80 R14 RCGRp. 679.000
Bridgestone Battlax TL B 39F-R 110/80-14Rp. 689.000
Bridgestone Battlax TL SC-R 150/70-13Rp. 889.000

Kelebihan Ban Bridgestone

  • Lebih stabil ketika menikung
    Ban Bridgestone juga aman ketika diajak untuk melibas tikungan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Apalagi kalau memakai ban Bridgestone Potenza. Karena rahasianya terletak pada alur yang diciptakan pabrikan. Bridgestone sengaja merancangnya punya tiga alur serta dua tulang bagian tengah serta dalam. Alhasil ketika berbelok, traksi ban dapat terjaga, sekaligus menambah tingkat kestabilan.
  • Jarak pengereman yang baik
    Bridgestone juga punya ban yang menjanjikan kerja pengereman yang baik. Maksudnya dengan menggunakan ban Bridgestone Techno, jarak pengereman bisa direduksi karena material ban yang diciptakan untuk meningkatkan aspek keselamatan.
  • Tahan lama
    Ban Bridgestone dapat tahan sampai pemakaian 75 ribu km atau dalam rentang waktu 2,5 sampai 3 tahun. Bukannya tanpa alasan pabrikan berani memberikan klaim tersebut, sebab sebelum dipasarkan, ban Ecopia ini telah diuji ribuan kilometer dengan melintasi berbagai macam permukaan jalan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Pertamina Enduro atau Shell AX7?

Kekurangan Ban Bridgestone

  • Daya cengkram yang kurang kuat
    Jika dibandingkan dengan ban Michelin yang mempunyai daya cengkram yang cukup kuat. Ban Bridgestone ini masih terhitung kurang.
  • Harga yang relatif mahal
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh ban Bridgestone yaitu harganya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan Michelin. Namun hal ini tentu sesuai dengan performa yang sudah diberikan oleh Bridgestone kepada para penggunanya.
  • Tersedia hanya di store tertentu
    Kekurangan yang terakhir pada ban Bridgestone ini yaitu ketersediaan ban ini hanya di store otomotif yang besar, Jadi, cukup sulit di temukan di store kecil.

Tips memilih ban motor baru yang tepat agar awet dan tahan lama

1. Pilihlah ban dengan permukaan telapak yang sedang
Saat memilih ban motor baru untuk mengganti ban motormu, dianjurkan untuk memilih ban dengan jenis tapak menengah. Bukan berarti ban dengan lebar telapak kecil seperti yang digunakan oleh anak-anak muda saat ini ya. Karena ban ini tidak menyedot tenaga mesin secara berlebih dan menjadikan motor lebih lincah.

2. Pilihlah motif atau profil ukiran ban yang tepat untuk motormu
Motif ukiran pada ban sangat berkaitan dengan kinerja ban saat melintasi berbagai karakter jalanan, baik basah maupun kering. Untuk itu, lebih baik untuk menggunakan ban dengan motif atau profil ukiran searah. Ukiran ban dibuat pabrikan searah yaitu miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang.

Hal itu untuk ban dapat menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mampu mencengkeram permukaan jalan. Dengan begitu, maka motor kalian akan tetap stabil dan pengendara tidak kehilangan kendali.

3. Pilihlah jenis ban yang kering atau basah
Melihat pada karakter iklim di Indonesia yang tropis dengan perbandingan musim hujan dan kering yang seimbang, maka kalian sangat disarankan untuk menggunakan jenis ban basah. Ban jenis itu masih memiliki daya cengkram yang tinggi ketika hujan mengguyur jalanan dipenuhi genangan air serta memiliki tingkat grip yang tinggi di lintasan kering.

4. Pilihlah ban yang sesuai dengan ukuran velg
Hal lain yang harus benar-benar untuk diingat yaitu jangan pernah menggunakan ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg motormu. Apabila memang kalian ingin menggunakan velg atau ban yang berukuran lebih besar dari ukuran ban dan velg standar pabrik pada motor kalian, maka sebaiknya tidak lebih dari dua inci ya. Hal ini dikarenakan pada umumnya produsen sepeda motor masih memberikan toleransi perubahan ukuran ban dan velg yang besar. 

5. Perhatikan reputasi dari merek ban yang akan dipilih
Saat ini terlalu banyak produsen ban yang gencar mempromosikan bahwa produk merekalah yang merupakan produk terbaik. Untuk itulah kalian sangat dianjurkan untuk memilih merk ban yang sudah teruji baik nasional ataupun internasional karena reputasi dan kualitas produknya pasti sudah teruji dan aman.

Pilih Mana: Ban Michelin atau Bridgestone?

Ban Michelin Ban Bridgestone
Kelebihan- Cocok di jalan kering atau basah - Daya cengkeram kuat - Aman digunakan meski pengendara melakukan pengereman yang agresif - Lebih stabil ketika menikung - Jarak pengereman yang baik - Tahan lama
Kekurangan- Ukuran ban yang kecil - Ban bagian samping kerap menjadi tipis - Ban sedikit licin saat musim hujan - Daya cengkram yang kurang kuat - Harga yang relatif mahal - Tersedia hanya di store tertentu

Kesimpulan

Sudah kita bahas mengenai kedua ban Michelin dan Bridgestone, Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu dapat kalian pilih kedua ban Michelin dan Bridgestone sesuai dengan kebutuhan kalian ya guys, dan pastikan kenali dulu jalanan yang akan sering anda lalui untuk menentukan ban yang cocok untuk kebutuhan kalian! Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ban Michelin vs Ban Bridgestone

VS

Leave a Reply