Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Bandrek atau Bajigur?

Menjaga kesehatan dan stamina tubuh merupakan hal penting yang harus dilakukan. Salah satu cara menjaga stamina tubuh adalah dengan meminum minuman herbal yang sehat dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Dua minuman herbal yang sangat digemari untuk menghangatkan serta menjaga stamina tubuh adalah bandrek dan bajigur. Dari kedua jenis minuman tersebut, mana yang paling baik untuk Anda minum? Bandrek atau bajigur?

Bandrek dan bajigur merupakan dua minuman yang mengandung bahan dasar jahe. Minuman yang sama-sama berasal dari Jawa Barat ini juga memiliki fungsi yang sama untuk menghangatkan dan menyehatkan tubuh. Bandrek merupakan minuman modifikasi dari bajigur. Bandrek ditambahkan lebih banyak rempah yang tidak terdapat pada bajigur. Baca juga Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Urang Aring?

Bandrek

Bandrek merupakan minuman tradisional masyarakat Sunda. Bahan utama atau dasar yang digunakan untuk membuat bandrek ini adalah jahe dan gula merah. Jahe juga biasanya ditambahkan dengan serai, merica, rempah-rempah seperti kulit kayu manis, kapulaga dan masih banyak lagi.

Kelebihan Bandrek

Berikut beberapa kelebihan bandrek yang perlu Anda ketahui:

  • Membantu Mengatasi Kegemukan

Bandrek memiliki fungsi untuk membantu mengatasi kegemukan. Bandrek mengandung banyak rempah-rempah yang sangat baik untuk membantu mengatasi kegemukan. Banyaknya rempah yang digunakan pada bandrek memiliki fungsi untuk mengatasi obesitas atau kegemukan. Kandungan dalam bandrek dapat mengatasi obesitas dengan cara mencegah akumulasi lemak di area perut. Kandungan ini juga berfungsi mendorong pemakaian energi yang tersimpan dan mencegah naiknya berat badan. Selain itu, aktivitas tersebut juga membantu metabolisme sehat sekaligus meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

  • Mengatasi Bau Badan

Serai dan jahe yang terdapat di dalam bandrek dapat membantu untuk mengatasi masalah bau badan. Serai dan juga jahe yang merupakan bahan utama dari bandrek dapat berfungsi sebagai deodoran. Serai dan jahe ini memiliki sifat membersihkan dan antibakteri sehingga bisa menghilangkan bau badan sekaligus mencegah bakteri dan infeksi jamur yang menjadi penyebab bau badan termasuk bau kaki.

  • Mengatasi Gangguan Perut

Bahan-bahan yang terkandung dalam minuman bandrek ini memiliki sifat anti mikroba. Sifat anti mikroba yang dimiliki ini dapat membantu melawan infeksi. Infeksi yang dapat dilawan merupakan infeksi yang disebabkan berbagai patogen sehingga bisa menstimulasi usus, mengatasi tukak gastrik, memperbaiki sistem pencernaan, solusi diare, mual, sembelit, kolitis ulserativa dan sakit perut. Dikutip dari Okezone.com bandrek juga memiliki manfaat lain seperti obat flu, mengurangi risiko diabetes, serta meringankan kram.

Kekurangan Bandrek

Berikut beberapa kekurangan bandrek yang perlu Anda ketahui:

  • Bereaksi dengan Obat Anastesi

Meminum minuman jahe, termasuk bandrek sebelum operasi atau diminum dalam jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan komplikasi tertentu dalam operasi. Obat yang diberikan untuk anastesi ternyata dapat bereaksi dengan jahe. Misalnya, dapat menjadi penghambat dalam penyembuhan luka, reaksi fotosensitif dan pendarahan, hingga sebagai hasil dari interaksi dengan antikoagulan. Karena hal tersebut, sebagian besar dokter menyarankan dokter untuk menghentikan asupan jahe. Penghentian asupan jahe ini dapat dilakukan setidaknya satu minggu sebelum operasi.

  • Tidak Baik untuk Kehamilan

Beberapa praktisi medis menyatakan bahwa minuman yang mengandung jahe dapat meringankan morning sickness bagi ibu hamil. Namun, ada pula pendapat lain yang menyatakan bahwa minuman yang mengandung jahe dapat menjadi racun bagi anak yang belum lahir.

  • Menjadi Penghambat Tidur

Meminum minuman jahe sebelum tidur dapat menjadi penghambat tidur Anda. Anda perlu menyesuaikan waktu yang tepat untuk meminum minuman yang mengandung banyak jahe seperti bandrek ini.

Kelebihan BandrekKekurangan Bandrek
- Membantu mengatasi kegemukan- Bereaksi dengan obat anastesi
- Membantu mengatasi bau badan- Tidak baik untuk kehamilan
- Membantu mengatasi gangguan perut- Menjadi penghambat tidur

Bajigur

Bajigur merupakan minuman khas masyarakat Sunda yang bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, pandan, dan bubuk vanili. Minuman ini banyak disukai karena dapat membantu menghangatkan tubuh.

Kelebihan Bajigur

Berikut beberapa kelebihan atau manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda meminum bajigur:

  • Mencegah Hipertensi

Bajigur mengandung jahe, kandungan jahe yang terdapat dalam bajigur akan membantu metabolisme di dalam tubuh Anda menjadi meningkat. Kinerja metabolisme tubuh dengan cara memperlancar aliran darah dan membantu proses pelebaran pembuluh darah sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi Anda dari hipertensi atau penyakit darah tinggi.

  • Menambah Nafsu Makan

Ada bajigur yang menggunakan pandan sebagai bahan pelengkap. Kandungan tonikum yang dihasilkan dari pandan akan membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga akan membantu menjaga kesehatan lambung Anda secara tidak secara langsung.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Bajigur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menjaga sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun akan membantu menghalangi dan memusnahkan radikal bebas dari dalam tubuh.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Bajigur merupakan minuman yang mengandung gula aren sebagai bahan pembuatannya. Dengan meminum bajigur, Anda dapat menjaga kadar kolesterol tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan niacin pada gula aren yang di jadikan bahan baku pembuatan bajigur, niacin berfungsi untuk menjaga dan menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga kadar kolesterol yang tinggi penyembuhannya bisa dibantu dengan mengkonsumsi bajigur.

Kekurangan Bajigur

Berikut beberapa kekurangan bajigur yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Cocok untuk Diminum Oleh Penderita Diabetes

Meskipun bajigur merupakan minuman herbal, namun bajigur yang mengandung santan, serta gula aren tidak baik untuk dikonsumsi atau diminum penderita diabetes. Dengan demikian, penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman yang manis dan mengandung gula yang tinggi.

  • Dapat Menyebabkan Kram Otot

Sebelum meminum bajigur, Anda seharusnya mencermati komposisi pembuatan minuman ini. Pilihlah pembuat bajigur yang tahu dengan baik takaran komposisinya, atau Anda bisa membuatnya sendiri. Bajigur dengan takaran yang tidak pas atau mengandung santan yang sangat banyak akan menyebabkan orang yang sering meminumnya mengalami kram otot. Kolesterol yang terlampau tinggi dapat menyebabkan terjadinya kram otot. Plak-plak ini kemudian kan terbentuk dan menempel pada pembuluh darah termasuk pembuluh darah kecil yang menuju ke jaringan otot. Aliran darah dan pasokan oksigen dapat terganggu jika ada sumbatan pada pembuluh darah. Hal tersebut kemudian mengganggu fungsi otot, salah satunya menyebabkan rasa kram.

  • Meningkatkan Kolesterol

Bukannya mendapatkan manfaat niacin dari gula aren untuk menjaga kadar kolesterol, meminum bajigur yang mengandung lebih banyak santan malah akan menyebabkan kolesterol menjadi meningkat. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa, santan memiliki kandungan lemak trans dan asam lemak jenuh. Lemak trans dan asam lemak jenuh ini terbentuk ketika telah dipanaskan apalagi dalam waktu lama. Ketika santan yang telah dipanaskan kemudian kita konsumsi, maka lemak-lemak tadi akan menyebabkan kadar kolesterol darah akan meningkat.

Kelebihan BajigurKekurangan Bajigur
- Dapat mencegah hipertensi- Tidak cocok diminum penderita diabetes
- Dapat menambah nafsu makan- Dapat menyebabkan kram otot
- Meningkatkan sistem imun tubuh- Meningkatkan kolesterol

Pilih Mana: Bandrek atau Bajigur?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara bandrek dan bajigur. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

BandrekBajigur
- Mengandung lebih banyak rempah- Mengandung lebih sedikit rempah
- Tidak mengandung santan - Mengandung santan
- Tidak meningkatkan kolesterol karena tidak mengandung santan- Dapat meningkatkan kolesterol karena mengandung santan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan bandrek dan bajigur, dapat dilihat bahwa keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, minuman bandrek lebih baik untuk Anda konsumsi daripada bajigur. Hal ini dikarenakan bandrek mengandung lebih banyak rempah yang baik untuk kesehatan dan tidak mengandung santan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bandrek vs Bajigur

VS

Leave a Reply