Home

Pilih Mana: Bantal Silikon atau Bantal Dacron?

Tidur merupakan kebutuhan penting untuk setiap makhluk hidup, begitu juga dengan manusia. Untuk menambah kenyamanan saat kamu tidur tentunya kamu akan menggunakan alas untuk kepala kita yaitu bantal. Kebanyakan orang akan tidur dengan menggunakan bantal, namun ada juga orang yang bisa tidur dengan tidak menggunakan bantal.

Tentunya tergantung dengan kebiasaan orang masing-masing. Namun tahukah kamu? Bantal tergolong menjadi beberapa jenis, tetapi disini saya akan membahas mengenai 2 jenis bantal saja yaitu bantal silikon dan bantal dacron. So, mari kita bahas satu persatu.

Bantal Silikon

Silikon biasa dibuat untuk kerajinan tangan flanel, awan buatan yang biasa ada di kamar, boneka, bantal kursi, bantal tidur serta banyak lagi. Sesuai kegunaanya material silikon biasa dipakai buat produk bantal karena karakternya yang empuk. Baca juga Pilih Mana: Kasur Latex atau Memory Foam?

Bantal silikon mempunyai kelebihan dibandingkan bantal lain. Karakteristiknya lembut, ringan dan mudah kembali ke wujud semula, terdapat hancuran seperti kapas, Bantal ini memiliki tekstur lebih lembut, sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit di kepala dan leher. Bantal silikon diyakini lebih higienis, anti alergi, karena Silikon tidak memunculkan debu.

Untuk pengidap alergi serta asma, memakai bantal ini lebih sesuai daripada mengenakan bantal kapas. Silikon dapat di press ataupun di vakum, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Ini juga mengirit bayaran pengiriman bila ingin dikirim dalam jumlah besar ke luar kota.

Kelebihan Bantal Silikon

  • Lebih Higienis
    Bantal silikon dikenal sangat aman dan higienis untuk kesehatan, perawatannya juga cukup mudah, karena bisa dicuci dengan mesin cuci atau hanya di pengeringan di bawah sinar matahari, bahkan cukup beberapa tepuk saja, bantal sudah terbebas dari debu.
  • Lebih Nyaman
    Bantal silikon ini mempunyai tekstur yang lebih empuk dan bisa menyesuaikan dengan tekstur kepala. Jadi ketika digunakan, bantal jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit di sekitar kepala dan leher.
  • Mudah Ditemukan
    Tidak menutup kemungkinan bahwa bantal Silikon mudah untuk kamu temukan, karena pada dasarnya bantal Siikon juga dijual di tempat-tempat penjualan perlengkapan kamar tidur atau perlengkapan ruang tamu kamu. Seperti di Ace Hardware bisa untuk kamu dapatkan.

Kekurangan Bantal Silikon

  • Tekstur Licin
    Pada kualitas bantal Silikon ini sebenarnya cukup bagus, hanya saja memang pada dasarnya untuk tekstur seperti namanya Silikon yang berbahan licin, jada cukup sulit saat digunakan untuk tidur.
  • Perawatan Harus Teliti
    Untuk perawatan bantal Siloknsendiri memang harus teliti ya guys. Saat kamu mencuci bantal Silikon pastiakan kamu jangan menjemurnya terlalu lama. Terlalu lama menjemur Bantal Silikon dapat menyebabkan partikel silikon cepet rusak. Apabila bantal sudah tampak lembek akibat cuaca dingin atau lembab akibat keringat, sebaiknya juga dijemur.
  • Hanya Disarankan Mencuci Bantal Silikon Secara Manual
    Kekurangan yang terakhir ini memang cukup ribet untuk kamu yang malas untuk mencuci secara manual menggunakan tangan. Karena Bantal Silikon ini sangat dianjurkan kamu mencucinya secara manual. Jangan dicuci dengan mesin cuci, karena dapat merusak partikel silikon, sehingga tidak bisa mengembang secara maksimal.

Dacron

Dacron sesungguhnya berasal dari serat plastik dengan mutu yang amat halus. Permukaan bantal yang sistem pengisiannya dengan sistem dilipat malah bakal terasa lebih halus serta lebih bermutu. Bantal Dacron yang lebih berat berarti lebih bagus karena bakal lebih lama kempisnya.

Setelah itu jika kamu membeli bantal Dacron, hendaknya tidak memilah bantal Dacron yang sistem pengisiannya dengan sistem di gumpal karena permukaannya jadi tidak sama rata serta kualitasnya juga kurang bagus. Kamu dapat bertanya pada penjualnya untuk mengenali bantal Dacron dengan mutu yang baik.

Dacron biasanya digunakan buat keperluan bed cover ataupun selimut spesialnya , dacron mempunyai wujud semacam busa ringan dengan tebal 3-4 cm, biasa digunakan untuk Sprei, Sheet atau Bed sheet, Coverlet, Selimut, Bedding, Bed cloth, Matras dan juga bantal.

Kelebihan Bantal Dacron

  • Kualitas yang Bagus
    Dacron sendiri sebenarnya berasal dari serat plastic dengan kualitas sangat halus. Permukaan bantal yang cara pengisiannya dengan cara dilipat malah akan terasa lebih halus dan lebih berkualitas. Bantal Dacron yang lebih berat berarti lebih bagus karena akan lebih lama kempisnya.
  • Higienis
    Bantal Dacron dengan kualitas yang higienis dan nyaman saat kamu menggunakannya karena pada bantal Dacron tidak akan menimbulkan debu yang bisa membuat penyakit pada tubuh kamu.  Banyak dokter yang menyarankan agar kamu menggunakan bantal dengan bahan Dacron.
  • Lebih Tahan Lama
    Karena Dacron ini dibuat dari bahan sintesis dan dapat kamu cuci berkali-kali dan tidakaakan merubah bentuk aslinya dari bantal Dacron sendiri, inilah mengapa bantal Dacron bisa dibilang tahan lama.

Kekurangan Bantal Dacron

  • Perawatan yang Sulit
    Pada bahan Dacron apalagi untuk bantal harus benar-benar mencucinya dengan baik sehingga bahan Dacron pada bantal tidak akan menggumpal dan tidak akan merubah tekstur pada bantal Dacron.
  • Harga Mahal
    Kekurangan yang kedua ini dari Dacron tentunya kamu tahu bahwa bantal Dacron yang memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan bantal Silikon.
  • Mencuci Cukup Ribet
    Kekurangan yang terakhir adalah untuk mencuci bantal Silikon ini cukup ribet guys, walaupun memang batal ini boleh dicuci berkali-kali tetapi cara mencucinya cukup ribet kalau tidak akan membuat teksturnya menjadi berubah. Kamu harus memperhatikan terus tekstur dan kualitasnya karena jika tidak akan membuat bahan Dacron pada bantal akan mengempis.
Ciri-ciriPenjelasan
Bantal Silikon- Serat agak panjang - Berwarna agak hitam - Tekstur lebih kasar - Lebih mudah menggumpal - Tingkat elastisitasnya rendah
Bantal Dacron- Seratnya lebih pendek - Berwarna putih - Tekstur lebih lembut - Tidak mudah menggumpal - Tingkat elastisitasnya tinggi
Lihat juga:  Pilih Mana: Air Purifier atau Air Humidifier?

Tips Sebelum Mencuci Bantal

  • Periksalah keadaan bantal kamu apakah masih dalam kondisi yang baik. Yang harus kamu lakukan yaitu ratakan bantal terlebih dulu agar kondisi bahan yang ada pada bantal tersebut tidak hanya menumpuk pada satu sudut saja. Setelah itu lipatlah bantal agar bisa dijadikan 2 bagian, setelah itu kamu lepaskan. Apabila bantal kembali pada bentuk yang awal, maka hal ini berarti kondisi bantal masih sangat bagus. sebut.
  • Kamu juga harus benar-benar memastikan bila tidak akan terdapat lubang yang akan menimbulkan isi bantal tersebut berkeluaran pada waktu akan kamu cuci. Dan juga jika terdapat lubang atau sobekan, sebaiknya tamballah atau jahitlah sobekan itu terlebih dahulu saat sebelum akan kamu cuci.
Selanjutnya, kamu juga dapat mencuci dan membersikan bantal dengan bantuan tangan atau mesin cuci. Apabila bantal berisi busa ada baiknya dicuci dengan menggunakan tangan saja, namun jika bantal kamu berisi bahan Dacron ada baiknya cuci dengan menggunakan mesin cuci. Yang terpenting alat yang akan kamu gunakan, contohnya saja ember atau mesin cuci, yang bisa dan cukup besar untuk membuat bantal tersebut terendam dengan sempurna.
  • Setelah itu yang harus kamu sediakan yaitu deterjen cair dan juga air hangat. Sebaiknya gunakan deterjen cair yang sangat ringan dan juga jangan taruh kebanyakan. Apabila kebanyakan, kamu harus membilasnya berkali- kali agar menghilangkan sisa-sisa busa dan juga deterjen pada bantal tersebut. Kegunaan air hangat yaitu dia akan membantu dan juga membunuh jamur kuman dan bakteri yang terkandung pada bantal tersebut.

Prosedur Mencuci Bantal dengan Benar

  • Apabila kamu akan mencuci bantal dengan menggunakan tangan, maka bantal hanya cukup direndam saja dalam air hangat yang sudah dicampur dengan deterjen cair dengan waktu kurang lebih atau sekitar 30 menit saja. Setelah itu dapat kamu bilas sebanyak 3 kali hal ini berguna agar sisa-sisa deterjen dan juga busa-busa pada bantal akan benar-benar hilang semua.
  • Dan apabila kamu menggunakan mesin cuci, sebaiknya harus kamu pastikan apakah bantal tersebut sudah terendam dengan sempurna di dalam air hangat tersebut. Kemudian sebaiknya atur mesin cuci kamu dengan waktu sekitar 10 menit saja dan juga kecepatan putarannya yang kecil saja. Setelah kamu cuci, maka bilaslah bantal hingga bersih.

Prosedur Mengeringkan Bantal yang Benar

  • Peraslah bantal tersebut dengan cara menekan bantal. Dan sebaiknya kamu jangan meremas dan juga memelintir bantal tersebut, hal ini bisa mengubah bentuk aslinya. Dan jangan sesekali menggunakan alat pengering seperti hair dryer atau jenis lainnya. Harus kamu ingat, apabila bantal kamu berbahan busa, keringkanlah dengan cara dikeringkan secara alami saja ya.
  • Setelah itu jemurlah bantal kamu. Jika bahan bantal kamu Dacron ataupun silikon, dan guncang-guncanglah bantal itu setiap satu jam sekali hal ini berfungsi agar air yang ada di dalam bantal menjadi terurai. Kemudian, balik dan taruhlah kembali bantal di jemuran tersebut. Pastikan dengan benar apakah bantal kamu kering dengan sempurna.

Pilih Mana: Bantal Silikon atau Bantal Dacron?

Bantal SilikonBantal Dacron
Kelebihan - Bantal silikon sudah pasti higienis - Bantal silikon mudah untuk kamu dapatkan - Saat digunakan juga cukup nyaman- Kualitas dari bantal ini sangat bagus - Lebih tahan lama - Higienis karena banyak dokter juga menyarankan untuk menggunakan bantal dacron
Kekurangan- Tekstur agak sedikit licin - Perawatan harus teliti - Hanya disarankan mencuci bantal silikon secara manual - Harga yang lebih mahal dibandingkan bantal silikon - Perawatan yang cukup sulit - Mencuci cukup ribet

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai bantal berbahan Silikon dan bantal berbahan Dacron keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi kamu bisa memilih kedua bantal ini sesuai dengan selera kamu saja. Tetapi banyak para dokter menyarankan untuk kamu menggunakan bantal Dacron. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Tentukan pilihan kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bantal Silikon vs Bantal Dacron

VS

 

 

 

Leave a Reply