Pilih Mana: Bantal Silikon vs Dacron?

Loading...

Ketika Anda ingin membeli bantal, mungkin Anda akan dihadapkan sebuah pilihan seperti ingin memilih yang mana, bantal silikon atau bantal dacron. Kedua jenis bantal ini banyak tersedia di pasaran sehingga sering membuat Anda kebingungan untuk memilih. Demi mendapatkan tidur yang optimal, pastinya Anda ingin mendapatkan bantal yang empuk, nyaman, dan lembut bukan? Maka dari itu, mari simak pembahasan kami kali yang ini yang berisi pilih mana: bantal silicon vs dacron.

Hal tersebut menjadi pergulatan batin yang sering Anda alami ketika ingin membeli bantal. Kami yakin sebagian besar dari Anda ialah orang yang lebih memilih kualitas ketimbang faktor harga. Namun masih ada batas budget yang wajar. Jika melebihi budget karena kualitas bantal lebih tinggi, maka Anda pasti akan lebih memilih yang berkualitas tinggi tersebut atau sebaliknya.

Kenapa bisa begitu? Karena pertimbangan belanja jangka panjang. Jika kualitas bantal yang Anda beli itu bagus, maka pastinya akan bertahan lebih awet. Oleh karenanya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli bantal untuk waktu yang cukup lama. Tapi kalau bantal yang Anda beli murah, dalam jangka pendek saja, bantal sudah menyusut, tidak lagi mengembang, banyak menyimpan debu, dan sebagainya.

Berbagai alasan itulah yang membuat Anda akan membeli bantal dengan kualitas lebih tinggi. Bantal murahan dengan kualitas rendah adalah pemborosan tersendiri, karena pada akhirnya Anda akan membeli bantal yang lebih berkualitas dikemudian hari. Kenapa tidak dari awal saja untuk memilih bantal yang berkualitas? Toh, ini adalah pilihan yang bijak dan cerdas.

Jika Anda memutuskan untuk membeli bantal berkualitas, mungkin Anda mulai mencari-cari di Google. Setelah itu, Anda pasti akan menemukan banyak nama dan jenis bantal yang tersedia di pasaran. Ada bantal kapuk, bantal poliester, bantal dacron, hingga bantal silikon. Kemudian kain sarung bantal yang disebut “poli” (singkatan dari pasar untuk poliester) dan kapas (cotton). Dari sekian banyak jenis bantal, namun yang paling populer di pasaran adalah jenis dacron dan silikon. Mari kita diskusikan kedua jenis bantal tersebut di bawah ini.

Bantal Dacron / Dacron Thermobonding Non Woven

Dacron sebenarnya merupakan sebuah brand (dacron.com) yang menjual berbagai produk seperti:
– Seprai
– Bedsheet atau Sheet
– Selimut
– Coverlet
– Bedding
– Kain tempat tidur
– Matress
– Bantal

Dan hampir semua produk rumah tangga yang menjadi bagian dari kamar tidur. Karena mereknya sudah bagus dan terkenal, tak heran jika nama Dacron menjadi sangat familiar saat ini. Dacron biasa digunakan untuk bed cover atau selimut terutama lembaran dacron, yang memiliki bentuk seperti busa ringan dengan tebal 3-4 cm dan menerawang.

Jika dari segi bantal, bantal dacron ialah bantal yang terbuat dari bahan pengisi polyester. Jadi, kalau Anda ingin membeli bantal dacron, berarti Anda sebenarnya membeli bantal Polyester dengan merk Dacron. Baca juga Pilih Mana: Kasur Latex vs Busa?

Loading...

Silikon / Hollow Conjugated Siliconized (HCS)

Sebenarnya bahan silikon termasuk dalam jenis-jenis dacron. Silikon adalah semacam katun sintetis untuk menjejalkan bantal atau boneka, berbentuk seperti benang kapas yang kental dan lembut. Kegunaan silikon antara lain untuk kerajinan tangan Flanel, boneka, awan buatan untuk di kamar, sofa, bantal tidur dan banyak lagi. Karakternya lembut, ringan dan mudah kembali ke bentuk aslinya, berbentuk seperti kapas, bukan selembar kain seperti dacron. Penggunaan yang tepat dari bahan silikon cocok untuk digunakan pada produk bantal karena sifatnya yang lembut dan empuk.

Jadi mana yang lebih bagus, bantal dengan bahan Silikon atau Dacron?

Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, bahan silikon cocok untuk produk bantal, terutama bantal tidur dan bantal sofa, sementara bahan dacron cocok untuk produk bedcover atau selimut tebal. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika bahan dacron bisa menjadi bantal, karena banyak usaha perhotelan atau penginapan yang menggunakannya.

Bantal Isi Dacron Silikon

Jenis bantal tidur ini mengandung Silicon Fiber atau yang disebut serat sintetis, seperti partikel plastik kecil dan gumpalan, saat memegang silikon terasa lembut dan saat di tekan, silikon dengan mudah akan kembali ke bentuk semula.

Bantal silikon dianggap paling lembut dibandingkan dengan dua jenis bantal dengan bulu angsa dan busa, karena daya kembangnya yang maksimal, meskipun sudah di vakum, bantal silikon akan kembali ke bentuk aslinya. Jenis bantal ini juga anti alergi, sehingga akan aman saat Anda terserang flu dan filek.

Selain itu, bantal silikon dikenal sangat aman dan higienis untuk kesehatan, perawatannya juga cukup mudah, karena bisa dicuci dengan mesin cuci atau hanya di pengeringan di bawah sinar matahari, bahkan cukup beberapa tepuk saja, bantal sudah terbebas dari debu.

3 Jenis Dacron di Pasar Saat Ini

Orang Eropa menggunakan bulu angsa untuk membuat bantal sementara orang Indonesia lebih banyak menggunakan serat kapuk untuk mengisi bantal. Keduanya sama-sama lembut dan memiliki unsur kenyamanan. Seiring dengan perkembangan teknologi, orang membuat serat sintetis sebagai pengganti bulu kapuk dan angsa, salah satunya adalah dacron. Pilihan bantal dapat juga anda temukan di Informa.

Saat ini di pasaran ada berbagai jenis dacron dengan kualitas berbeda – beda. Beberapa serat juga mudah rapuh yang bisa menyebabkan debu dan membuat alergi bagi sebagian orang. Dacron selain digunakan untuk isi bantal juga digunakan untuk pembuatan boneka isi, guling, bed cover, furniture, dan produk lainnya. Berikut adalah beberapa jenis dacron yang bisa Anda temukan di pasaran

1. Siliconized Polyster Fiber
Serat poliester silicon adalah jenis dacron terbaik yang ada saat ini. Dacron ini memiliki serat yang memiliki daya kembang tinggi. Ciri dacron ini adalah memiliki serat halus, putih, dan ringan tapi sangat lembut. Oleh karena itu, bahan ini sangat lembut untuk dipakai. Jika digunakan untuk isi bantal, bantal akan terasa sangat lembut dan empuk. Produk ini memiliki kualitas yang baik dengan harga yang kompetitif. Tak heran jika serat poliester silikon adalah bahan yang paling populer.

2. Silikon
Jenis dacron ini juga sangat populer di masyarakat. Silicon tipe Dacron sendiri terdiri dari dua jenis kelas 1 dan kelas 2 atau kelas B. Silicon kelas 1 memiliki serat yang sangat halus dan warna putih bersih. Sementara warna silicon grade B agak kehitam-hitaman. Silicon kelas dua jauh lebih murah dibanding silikon kelas 1.

3. Dacron Reguler
Jenis bahan baku dacron ini didaur ulang yang memiliki tekstur agak kasar dan kualitasnya berada di bawah silikon dacron dan serat polysester dackron. Bahan ini kurang bagus bila digunakan untuk bantal, boneka, bed cover, dan furnitur lainnya karena sifatnya yang tidak lembut dan tidak melebar. Jenis dacron ini dibanderol dengan harga termurah di pasaran.

Pilih Mana: Bantal Silikon vs Dacron?

Bantal SilikonBantal Dacron
- Bahan silikon cocok untuk produk bantal, terutama bantal tidur dan bantal sofa- Bahan dacron lebih cocok untuk produk bedcover atau selimut tebal
- Sangat aman dan higienis untuk kesehatan - Bentuknya seperti busa ringan dengan tebal 3-4 cm dan menerawang
- Perawatannya juga cukup mudah- Dapat digunakan untuk pembuatan boneka isi, guling, bed cover, furniture, dan produk lainnya

Kesimpulan

Apabila dilihat dari penjelasan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan jika bantal dengan bahan silikon lebih baik daripada bahan dacron. Bahan silikon lebih empuk dan lembut sehingga bisa dijadikan bantal tidur, karena memberikan efek kenyamanan ekstra. Sedangkan bahan dacron lebih cocok digunakan sebagai selimut atau bedcover karena didalamnya lebih berserat daripada silikon.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bantal Silikon vs Dacron

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *