Pilih mana: Bata atau Batako

Loading...

Untuk membuat sebuah bangunan yang bagus dan kokoh dibutuhkan material-material yang bagus dan kokoh pula seperti halnya bata dan batako, 2 material yang kerap dipakai untuk bahan dasar membuat dinding dan semacamnya. Kali ini saya akan membahas mengenai Bata dan Batako. Disini aja ya..

Batu bata
Batu bata adalah salah satu olahan bangunan pembuat dinding. Batu bata dibuat dari tanah liat yang terbakar hingga rupanya kemerah-merahan. Bersamaan berkembangnya teknologi, pemakaian batu bata terus semakin lama terus menjadi menyusut. Baca juga artikel sebelumnya Pilih Mana: Granit atau Marmer

Timbulnya material-material baru semacam gypsum ataupun bambu yang sudah diolah dikala ini condong lebih dipilih sebab mempunyai harga yang lebih murah serta secara arsitektur pula nampak lebih indah.

Tetapi, masih banyak pula orang yang lebih memilih batu bata dibanding dengan olahan yang lain. Batu bata nyatanya teruji lebih awet, kokoh, murah, serta lebih gampang didapatkan.

Tidak hanya itu, bata merah pula membuat ruangan dalam rumah lebih sejuk, tembok enggak gampang retak, serta tahan api. Batu bata merah mempunyai corak yang eksotis serta terkesan alami sampai-sampai kerap dipakai sebagai bata tempel untuk membuat dinding yang terkesan ‘industrial’.

Tidak hanya mengandalkan batu bata, material lain dengan kualitas yang baik juga berguna untuk memperkokoh bangunan impian anda seperti semen, pasir, batu kerikil dan sebagainya. Contoh merek semen dengan kualitas yang baik seperti Holcim, Semen Batu Raja, Semen Padang dan lain-lain.

Jenis Batu Bata:

1. Batu bata tanah liat
Batu bata tanah liat dipecah lagi jadi 2 jenis, ialah:

Bata biasa
Bata biasa mempunyai permukaan serta corak yang enggak menentu. Bata ini pula umumnya dipakai buat dinding dengan memakai mortar (kombinasi semen) sebagai perekat. Bata tipe ini kerap diucap sebagai bata merah.

Bata muka ataupun ekspos
Bata ini mempunyai permukaan yang lebih apik serta memiliki corak yang seragam dan tentunya biayanya lebih mahal dibanding dengan bata biasa. Tidak hanya dipakai sebagai dinding, bata ekspos pula dipakai sebagai penutup dinding serta dekorasi

2. Batu bata kombinasi pasir serta kapur
Setimpal namanya batu bata ini terbuat dari kombinasi pasir serta kapur dengan perbandingan 1: 8. Dalam proses pembuatannya air ditekan ke dalam olahan sampai-sampai terbentuklah bata yang kuat. Bata ini dipakai pada dinding yang terendam air yang memerlukan tipe bata yang amat kokoh serta enggak gampang keropos.

Sistem memasang batu bata

1. Pemasangan batu nol.
Mengapa dinamakan batu nol? Sebab pemasangan batu nol umumnya dicoba hingga ketinggian nol pada bangunan rumah ataupun gedung. Batu nol dipasang di atas sloof ataupun pondasi menerus, dengan mengacu pada foto denah yang telah dibuat. Batu nol wajib dipasang seakurat mungkin supaya sama dengan foto rencana pembangunan. Pakai benang acuan dikala pemasangan batu nol supaya terbentuk pendamping bata yang lurus serta apik.

2. Pemasangan lanjutan
Sehabis memasang batu nol, kita mampu melanjutkan pemasangan bilik bata lain di atasnya. Pemasangan lanjutan ini pula wajib senantiasa dikontrol dengan benang acuan.

3. Bagikan jarak pada tiap pertemuan antara batu bata serta besi kolom
Besi serta batu bata hendaknya mempunyai jarak minimun 2,5 centimeter – 3 centimeter, supaya proses pengecoran kolom nantinya mampu dicoba dengan baik serta padat.

4. Jalani pengecoran kolom pada ketinggian tertentu.
Jalani pengecoran pada kolom dikala ketinggian batu bata kira- kira telah menggapai 1,2 meter – 1,5 meter. Perihal ini dicoba buat menghindari batu bata supaya enggak ambruk ataupun rubuh, saat sebelum dilanjutkan dengan memasang batu bata lain di atasnya. Pengecoran pula hendaknya dicoba pada kala batu bata sudah mengering.

Loading...

Untuk harganya sendiri batu bata tergantung pada jenisnya, jika jenis bata merah (biasa) seharga Rp 725,- per biji, dan jenis bata merah (oven) seharga Rp 900,-.

Batako
Batako adalah salah satu olahan bangunan penyusun buat dinding. Sama semacam paving block, batako berasal dari bata concrete ataupun bata beton yang dalam Bahasa teknik kerap diucap dengan bataton.

Bata ini terbuat dengan kombinasi pasir, semen, kericak, serta air. Batako dicetak lewat proses pemadatan menjadi bentuk balok-balok dengan ukuran tertentu. Proses pengerasan batako enggak lewat pembakaran, serta batako mampu dipelihara dengan menempatkannya di tempat yang lembab ataupun tempat yang tidak terserang matahari langsung serta hujan.

Buat memperoleh mutu batako yang sangat baik, kita wajib mengenali sistem memilih batako yang benar. Sesungguhnya mutu batako yang sangat baik merupakan yang terbuat dengan memakai mesin. Saat sebelum membeli, Kamu pula hendaknya butuh menanyakan pada penjual ataupun produsen menimpa komposisi olahan yang dipakai buat membikin batako.

Komposisi kombinasi batako yang sangat baik merupakan pasir 75 persen, semen 20 persen, serta air 5 persen. Komposisi ini merupakan standar baku yang sudah diresmikan oleh Kementerian Pekerjaan Universal tahun 1986.

Kepadatan serta komposisi adonan yang pas pula mampu dilihat dari tampilan pori- porinya. Batako dengan mutu baik mempunyai tampilan pori-pori yang lebih padat, tertutup rapat, serta tidak memunculkan rongga-rongga di permukaan luarnya. Permukaannya pula nampak rata serta halus. Bagian pinggir batako pula wajib terlihat lancip serta terasa tajam dikala dipegang.

Jenis Batako:

1. Batako trass atau putih.
Batako putih dibuat dari kombinasi trass, batu kapur, serta air, sampai-sampai kerap diucap sebagai batu cetak kapur trass. Trass adalah tipe tanah yang berasal dari lapukan batu-batu gunung berapi dengan corak putih atau putih kecoklatan. Ukuran batako trass yang terdapat di pasaran umumnya mempunyai panjang 20-30 centimeter, tebal 8 -10 centimeter serta besar 14 -18 centimeter

2. Batako semen
Batako ini terbuat dari kombinasi semen serta pasir. Ukuran dari batako semen pula lebih bermacam-macam dibandingkan batako putih. Batako ini pula umumnya memiliki 2 atau 3 lubang di sisinya buat diisi oleh adukan pengikat.

Nama lain dari batako semen yakni batako press, yang dibedakan lagi jadi 2 jenis, yakni press mesin dan press tangan. Ukuran batako semen yang terdapat di pasaran mempunyai panjang 36-40 centimeter, besar 18-20 centimeter serta tebal 8-10 centimeter.

Sistem memasang batako:
1. Letakkan adukan semen ke tempat yang hendak dipasang batako, yang cukup untuk satu batako dahulu.
2. Letakkan batako di atas adonan semen secara perlahan dengan ujung batako sedikit mendesak adonan.
3. Sesuaikan posisi batako dengan gerakan menggeser bukan mengangkut.
4. Ulangi sistem tersebut pada masing- masing pemasangan batako sampai berakhir satu baris.
5. Supaya pemasangan lebih lurus (wajib lurus supaya enggak gampang roboh) pakai tali buat meluruskan dengan sistem memadu tali tersebut di kedua ujung tembok.
6. Seluruh siar vertikal, siar antar bilik, serta kolom ataupun blok wajib terisi penuh.
7. Sesuaikan ketebalan adukan siar pada kisaran 1 centimeter dengan variasi 3 milimeter.
8. Sehabis pemasangan batako pada bilik berakhir, tutupi bilik tersebut dengan terpal ataupun penutup yang lain supaya terlindung dari hujan serta terik matahari.
9. Berikan percikan air tiap hari sepanjang 1- 2 hari.
10. Terakhir, proteksi bilik dari pengaruh cuaca dengan memplester bilik.

Untuk harganya sendiri batako terbilang cukup mahal dibanding dengan bata merah biasa, yakni dengan ukuran 10x20x 40 cm seharga Rp 2.300,- per buah

Pilih mana: Bata atau Batako

BataBatako
Kelebihan - Jarang terjadi retak-retak pada dinding - Tahan terhadap api - Jarang terjadi retak-retak pada dinding - Lebih mudah dipotong dengan rapi - Lebih ringan dibandingan bata merah - Kedap air sehingga meminimalisir perembesan air hujan
Kekurangan- Bentuknya yang tidak seragam menimbulkan kesulitan dalam membangun dinding yang rapi - Gampang menyerap suhu sehingga terasa panas saat musim kemarau dan dingin ketika musim penghujan - Tingkat kualitas tidak bisa diketahui dengan pasti karena dibuat secara tradisional - Mudah retak - Mudah dilubangi dan pecah karena terdapat rongga di bagian tengahnya - Menyerap panas sehingga membuat ruangan lebih panas

Kesimpulan:
Bata dan Batako adalah material yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan dinding, bangunan dan semacamnya yang kualitas nya bagus dan tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pilihlah material yang sesuai dengan bangunan impian kalian agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bata vs Batako

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *