Elektronik

Pilih Mana: Baterai Li Ion atau Li Po?

Adakah yang pernah menyadari bahwa saat ini ada dua jenis baterai yang biasa digunakan dalam perangkat elektronik, terutama smartphone? Kedua jenis baterai tersebut yakni Li Ion dan Li Po. Lalu, apakah Anda tahu perbedaan antara keduanya dan apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis baterai ini? Berikut kami uraikan tentang bagus mana Baterai Li Ion atau Li Po?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Baterai Li Ion dan Li Po
– Kelebihan & kekurangan Baterai Li Ion dan Li Po
– Harga terbaik Baterai Li Ion dan Li Po

Baterai Li Ion

Baterai Li Ion atau singkatan dari Lithium Ion adalah jenis baterai yang paling mudah ditemukan pada perangkat pintar seperti smartphone, tablet, hingga laptop. Baterai Li Ion ini mulai dikembangkan pada tahun 1912, tetapi menjadi populer ketika diadopsi oleh Sony pada tahun 1991. Umumnya jenis baterai Li-Ion adalah Removable, yang berarti bahwa jenis baterai ini dapat dengan mudah dihapus tanpa bantuan alat dan teknisi. Baca juga Pilih Mana: Redmi 3 atau Redmi 4A?

Kelebihan Baterai Li Ion

1. Perawatan mudah
Bentuk baterai Li Ion rata-rata adalah kotak, sehingga mudah untuk dilepas saat digunakan, mudah dirawat, dan mampu menampung banyak energi. Sehingga ini menjadi kelebihan yang dimiliki oleh baterai Li Ion.

2. Harga lebih murah
Kelebihan lain dari baterai Li Ion ialah memiliki harga jual yang lebih murah dari pada harga jual dari baterai Li Po. Harga jual yang murah inilah yang membuat banyak vendor masih memilih baterai ini sebagai daya perangkat pintarnya.

Kekurangan Baterai Li Ion

1. Bahannya mudah terbakar
Kekurangan baterai Li Ion terletak pada bahan yang mudah terbakar. Ini karena jenis baterai Li Ion menggunakan pembatas berupa logam yang tipis. Jika dalam suhu tinggi, rawan menimbulkan ledakan. Tidak hanya itu, jika ada kesalahan reaksi kimia, maka ledakan itu tidak bisa dihindarkan.

2. Siklus hidup yang pendek
Kelemahan lain dari baterai Li Ion adalah siklus hidup yang pendek dibandingkan dengan jenis baterai Li Po. Siklus hidup baterai Li Ion memiliki siklus hidup terbaik hingga 500 kali proses isi ulang.

Baterai Li Po

Baterai Li Po atau singkatan dari Lithium Ion Polymer sebagian besar digunakan oleh penggemar aero modelling. Namun kini banyak smartphone andalan yang menggunakan baterai jenis Li Po ini. Baterai Li Po mulai dikembangkan sejak tahun 1970-an. Umumnya baterai jenis Li Po non removable, yang artinya baterai ini tidak bisa dilepas jika tidak menggunakan alat atau dilakukan oleh teknisi khusus. Tetapi ada beberapa smartphone dengan baterai jenis Li Po yang dapat dilepas seperti jenis baterai Li Ion.

Kelebihan Baterai Li Po

1. Material ringan dan fleksibel
Kelebihan baterai Li Po adalah materialnya ringan dan fleksibel. Hal ini karena baterai Li Po berbentuk gel. Selain itu, jenis baterai ini mudah dibentuk sehingga sangat cocok untuk smartphone yang memiliki desain tipis.

2. Aman dan siklus hidup yang panjang
Kelebihan dari baterai Li Po selanjutnya ialah lebih aman dan memiliki siklus hidup yang panjang dibandingkan dengan baterai Li Ion. Siklus hidup baterai Li Po yang panjang mampu mencapai hingga 1000 kali proses pengisian ulang.

Kekurangan Baterai Li Po

1. Harganya mahal
Di balik semua kelebihannya, baterai Li Po juga memiliki kekurangan yaitu harganya yang mahal. Oleh karena itu, rata-rata smartphone yang dilengkapi dengan baterai Li Po pasti dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

2. Membutuhkan charger khusus
Selain memiliki kekuragan dari harganya yang mahal. Dikutip dari Detik.com, tenyata baterai Li Po juga membutuhkan charger khusus yang mampu mengantarkan daya yang sama besarnya ke seluruh sel baterainya. Hal ini akan meningkatkan biaya charger untuk Li Po dibandingkan dengan Li Ion.

Pilih Mana: Baterai Li Ion atau Li Po?

Li IonLi Po
Keamanan– Rentan terbakar– Lebih aman
Siklus hidup– Memiliki siklus hidup yang pendek– Memiliki siklus hidup yang panjang
Sifat baterai– Cenderung removable– Non removable dan removable

Kesimpulan

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, memang sangat penting untuk mengetahui jenis baterai perangkat yang akan Anda gunakan. Jika membahas keamanan, maka baterai Li Po mungkin bisa jadi pilihan. Akan tetapi jika membahas harga, maka pilihan baterai Li Ion merupakan hal terbaik. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Baterai Li Ion vs Li Po

VS

Leave a Reply