Pilih Mana: Baygon atau Hit?

Loading...

Nyamuk dan serangga merupakan hal yang sangat mengganggu. Tentunya Anda tidak ingin jika nyamuk dan serangga bersarang di rumah Anda. Terdapat banyak merek obat nyamuk dan serangga yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu Baygon dan Hit. Manakah yang lebih baik untuk digunakan? Baygon atau Hit?

Baygon dan Hit merupakan dua merek yang sering digunakan untuk membasmi nyamuk dan serangga. Ternyata kedua pembasmi nyamuk dan serangga ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut misalnya kandungan zat yang dimiliki, harga, serta keampuhan dalam membasmi nyamuk dan serangga. Agar lebih jelas, Anda bisa mengetahui perbedaan tersebut pada artikel ini.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Sepatu Nike atau Adidas?

Baygon

Baygon merupakan sebuah merek pestisida yang diproduksi oleh S.C Johnson & Son. Zat ini memiliki kegunaan untuk membasmi atau mengendalikan nyamuk, kecoa, semut, dan lain sebagainya.

Kelebihan Baygon

Berikut beberapa kelebihan Baygon yang peerlu Anda ketahui:

  • Cenderung Lebih Aman

Salah satu kelebihan obat nyamuk Baygon jika dibandingkan dengan Hit adalah memiliki zat berbahaya yang lebih sedikit sehingga cenderung lebih aman. Baygon mengandung 2 racun yakni Propoxur dan transfluthrin. Propoxur ini zat yang berbahaya sedangkan transfluthrin merupakan zat yang aman hingga saat ini. Sedangkan Hit menggunakan propoxur dan juga DDVP atau dichlorvos. Kedua zat tersebut sama-sama berbahaya.

  • Membantu Membasmi Nyamuk dan Serangga

Dengan adanya bantuan obat nyamuk ini, Anda bisa terbantu dalam mengusir nyamuk ataupun serangga yang bersarang di rumah Anda. Dengan demikian, Anda dapat tidur dan beraktivitas dengan nyaman tanpa gangguan nyamuk ataupun serangga.

  • Memiliki Berbagai Varian Aroma

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Baygon adalah menyediakan berbagai aroma. Dengan banyaknya aroma yang tersedia ini, Anda dapat lebih nyaman dalam menyemprotkan obat tersebut. Meski begitu, ruangan yang disemprot harus tetap steril agar tidak terhirup oleh makhluk hidup selain nyamuk dan serangga.

Kekurangan Baygon

Berikut beberapa kekurangan Baygon yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Baygon adalah memiliki harga yang lebih mahal daripada Hit. Dengan adanya selisih harga tersebut, banyak orang yang kemudian lebih memilih Hit karena harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau daripada Baygon.

  • Kurang Ampuh

Kekurangan lain yang dimiliki Baygon adalah kurang ampuh dan membutuh waktu yang cukup lama untuk membuat nyamuk dan serang ga mati. Dengan harga yang lebih mahal, Baygon tidak lebih ampuh dari Hit yang dapat membuat nyamuk dan serangga lebih cepat mati.

  • Dapat Menyebabkan Keracunan

Dalam menyemprotkan obat nyamuk ini, Anda perlu mengosongkan ruangan. Hal ini dikarenakan Baygon yang terhirup dapat membuat orang yang menghirupnya menjadi keracunan. Zat propoxur yang dimiliki oleh Baygon ini cukup berbahaya dan telah banyak menjadi penyebab keracunan. Karena itu, Anda perlu mengosongkan ruangan sebelum menyemprot Baygon.

Loading...
Kelebihan BaygonKekurangan Baygon
- Cenderung lebih aman- Harga lebih mahal
- Membantu membasmi nyamuk dan serangga- Kurang ampuh
- Memiliki berbagai varian aroma- Dapat menyebabkan keracunan

Hit

Hit merupakan salah satu pembasmi nyamuk, semut, kecoa, dan serangga lainnya yang diproduksi oleh PT. Megasari Makmur. Hit memiliki beragam jenis produk, mulai dari yang semprot hingga obat nyamuk elektrik.

Kelebihan Hit

Berikut beberapa kelebihan Hit yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan obat nyamuk dan serangga Hit adalah memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Baygon. Karena itulah banyak orang yang lebih memilih Hit karena harganya yang lebih terjangkau ini. Meski begitu, selisih kedua produk ini sebenarnya tidak terlalu jauh.

  • Lebih Ampuh

Kelebihan lain yang dimiliki oleh obat nyamuk Hit adalah lebih ampuh dan lebih efektif dalam membasmi nyamuk dan serangga. Hit tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan serangga dan nyamuk tersebut mati. Sedangkan Baygon membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk mendapatkan nyamuk dan serangga mati.

  • Tersedia Berbagai Varian Aroma

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Hit adalah tersedia dalam berbagai varian aroma. Anda dapat memilih varian aroma tersebut sesuai dengan aroma yang Anda sukai. Adanya berbagai varian aroma ini juga membuat ruangan yang disemprot tidak terlalu pekat dengan aroma zat racun yang terkandung dalam Hit tersebut.

Kekurangan Hit

Berikut beberapa kekurangan Hit yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Berbahaya

Salah satu kekurangan Hit adalah memiliki kandungan zat yang lebih berbahaya daripada Baygon. Mungkin hal inilah yang menyebabkan nyamuk dan serangga lebih cepat mati. Hit tidak hanya mengandung zat propoxur yang berbahaya, tetapi juga mengandung DDVP atau dichlorvos yang merupakan zat turunan clorine dan telah dilarang digunakan.

  • Dapat Memicu Keracunan

Karena adanya zat yang sangat berbahaya tersebut terkandung pada Hit. Maka Hit rentan sekali memicu atau membuat orang yang menghirupnya menjadi keracunan. Dengan demikian, Anda harus memerhatikan hal ini dengan seksama agar antisipasi agar tidak keracunan. Dikutip dari Tempo.co produsen Hit bahkan pernah dilaporkan ke pihak berwajib karena telah terdapat korban akibat menghirup Hit semprot anti nyamuk.

  • Tidak Baik untuk Perkembangan Anak

Obat nyamuk semprot dengan semua merek tidak baik untuk perkembangan bagi anak, serta ibu hamil dan menyusui. Jika bayi terlalu sering terpapar oleh zat pada obat nyamuk, maka perkembangan fisik dan otak anak akan terganggu. Apalagi obat nyamuk yang mengandung zat berbahaya yang sangat tinggi seperti Hit.

Kelebihan HitKekurangan Hit
- Harga lebih terjangkau- Lebih berbahaya
- Lebih ampuh- Dapat memicu keracunan
- Tersedia berbagai varian aroma- Tidak baik untuk perkembangan anak

Pilih Mana: Baygon atau Hit?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Baygon dan Hit. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

BaygonHit
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Mengandung zat propoxur dan zat DDVP- Mengandung zat propoxur dan transfluthrin

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai obat nyamuk Baygon dan Hit di atas, dapat diketahui bahwa Hit lebih ampuh dan lebih terjangkau daripada Baygon. Namun sayangnya, Hit juga lebih berbahaya karena kandungan zat berbahaya pada Hit lebih banyak. Karena itulah lebih baik Anda menggunakan Baygon yang lebih aman.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Baygon vs Hit

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *