Kecantikan

Pilih Mana: Beauty Blender atau Oval Brush?

Berhias merupakan aktivitas yang telah menjadi kebiasaan sebagian besar perempuan. Mereka juga selalu mempertimbangkan hal-hal apapun untuk memaksimalkan hasil berhias, termasuk jenis aplikator yang akan digunakan. Banyak jenis aplikator yang dapat Anda pakai, dua di antaranya yaitu beauty blender dan oval brush.

Beauty blender merupakan aplikator makeup yang digemari karena dipercaya dapat membuat makeup tampak lebih merata dan natural. Selain itu, beauty blender memiliki bentuk yang kecil sehingga dapat dengan mudah untuk dibawa kapan saja dan ke mana saja. Sedangkan oval brush banyak digunakan karena dapat mengaplikasikan makeup dengan cepat dan memberikan coverage yang lebih maksimal.

Beauty Blender

Beauty blender merupakan alat atau aplikator yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup pada wajah. Beauty blender ini banyak digunakan karena dipercaya memberikan hasil yang lebih merata dan tampak natural.

Kelebihan Beauty Blender

Berikut beberapa kelebihan beauty blender yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Bentuk yang Cocok untuk Ditepuk pada Wajah

Beauty blender terbuat dari sponge yang dibentuk seperti tetesan air. Bagi Anda yang lebih suka memakai make up dengan menepuknya di wajah, bentuk beauty blender adalah yang paling tepat. Bentuk beauty blender ini membuat Anda dengan mudah dan nyaman saat memegang atau menggenggamnya.

  • Memberikan Hasil Coverage yang Ringan dan Merata

Jika Anda membutuhkan coverage yang ringan, merata dan tidak terlalu full pada wajah, Anda dapat memanfaatkan beauty blender. Beauty blender ini juga cocok digunakan untuk hiasan yang lebih ringan dan membuat hasil tampak lebih merata. Beauty blender terbuat dari bahan sponge yang dapat menyerap makeup sehingga hasil yang ditampilkan dapat lebih natural.

  • Cocok untuk Digunakan pada Kulit Kering dan Berjerawat

Beauty blender cocok diaplikasikan pada kulit yang kering dan berjerawat karena penggunaan beauty blender adalah ditekan, bukan diusap. Dengan demikian, kulit Anda akan terhindar dari efek pengelupasan. Bagi Anda yang memiliki kulit yang kering dan berjerawat, Anda dapat menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan foundation. Penjelasan mengenai foundation telah kami bahas pada Foundation vs BB cream.

Kekurangan Beauty Blender

Berikut beberapa kekurangan beauty blender yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Daya Tahan yang Singkat

Salah satu kekurangan beauty blender adalah memiliki daya tahan yang relatif singkat. Terdapat beberapa beauty blender yang kurang berkualitas sangat mudah rusak. Beauty blender ini sangat mudah terkena jamur. Dengan demikian, Anda perlu mengganti beauty blender setiap 1 hingga 3 bulan sekali. Namun, jika Anda merawat beauty blender dengan baik, beauty blender dapat bertahan 6 hingga 8 bulan.

  • Lebih Banyak Makeup yang Terbuang

Kekurangan lain yang dimiliki beauty blender ini adalah foundation, concealer atau makeup lainnya banyak yang terserap ke dalam beauty blender. Hal ini dikarenakan bahan beauty blender adalah sponge yang sangat mudah menyerap.

  • Membutuhkan Waktu yang Lama untuk Mengaplikasikan

Menggunakan beauty blender untuk meratakan foundation, makeup dan concealer membutuhkan waktu yang lama dalam mengaplikasikannya. Hal ini dikarenakan meratakan makeup, foundation dan concealer dengan cara menepuk menghabiskan waktu yang relatif lebih lama daripada dengan cara diusap. Hal ini wajar saja karena Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal meskipun lama.

Kelebihan Beauty BlenderKekurangan Beauty Blender
- Memiliki bentuk yang cocok untuk ditepuk pada wajah - Memiliki daya tahan yang singkat
- Memberikan hasil coverage yang ringan dan merata - Lebih banyak makeup yang terbuang
- Cocok untuk digunakan pada kulit kering dan berjerawat- Membutuhkan waktu yang lama untuk mengaplikasikan

Oval Brush

Oval Brush merupakan salah satu kuas dan aplikator yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup. Oval brush memiliki bentuk seperti sikat gigi yang dapat dengan mudah meratakan makeup ke bagian wajah dengan cepat.

Kelebihan Oval Brush

Berikut beberapa kelebihan oval brush yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Coverage yang Full

Salah satu kelebihan oval brush adalah dapat memberikan coverage yang full pada wajah. Dengan menggunakan oval brush, Anda akan mendapatkan make up yang flawless dan full coverage.Dengan sedikit foundation, oval brush sudah bisa menutupi berbagai masalah pada kulit dengan cepat. Oval brush ini lebih cocok digunakan untuk makeup pesta yang membutuhkan daya coverage lebih tebal.

  • Lebih Tahan Lama

Kelebihan lain yang dimiliki oval brush ini adalah memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan beauty blender. Hanya saja, Anda tetap harus rajin mencucinya agar sisa-sisa makeup tidak menumpuk pada brush dan menyebabkan berpindahnya bakteri ke wajah. Anda dapat membersihkannya dan mengeringkannya untuk dapat dipakai lagi.

  • Lebih Cepat dalam Mengaplikasikan Makeup

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oval brush ini adalah lebih mudah dan lebih cepat dalam meratakan foundation, concealer atau makeup pada wajah. Oval brush yang bentuknya seperti sikat gigi ini memiliki fiber brush yang lebih banyak dari brush lainnya. Sehingga Anda akan lebih cepat mengaplikasikan foundation ke kulit, karena ukurannya yang lebih besar. Brush ini terdiri dari berbagai macam ukuran. Hasil akhir nya pun terlihat merata. Dikutip dari Okezone.com oval brush juga memiliki banyak fungsi lain, tekstur oval brush yang sangat lembut juga bisa digunakan untuk mengoleskan moisturizer, eyeshadow bahkan lipstik.

Lihat juga:  Pilih Mana: Cincin Titanium atau Silver?

Kekurangan Oval Brush

Berikut beberapa kekurangan brush yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Cocok Digunakan untuk Kulit Kering dan Berjerawat

Salah satu kekurangan oval brush adalah kurang cocok untuk digunakan atau diaplikasikan pada kulit yang berjerawat. Ini dikarenakan oval brush digunakan dengan cara mengusap wajah. Hal ini akan membuat kulit yang kering dan berjerawat dapat mengelupas. Dengan demikian, Anda perlu memerhatikan jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Untuk kulit yang kering dan berjerawat lebih baik mengaplikasikan makeup dengan cara ditepuk.

  • Sulit Menjangkau Daerah Tertentu pada Wajah

Karena memiliki ukuran yang sama dan rata, akan lebih sulit mengaplikasikan foundation atau concealer pada daerah wajah tertentu. Misalnya pada dahi, hidung, dagu, daerah di dekat mata dan lain sebagainya. Anda perlu menggunakan bantuan brush atau aplikator lainnya yang dapat menjangkau dan meratakan daerah wajah tersebut.

  • Tidak Praktis untuk Dibawa

Dibandingkan dengan beauty blender, oval brush memiliki ukuran yang lebih besar dan disertai tempat untuk memegangnya. Hal ini menyebabkan oval brush tidak praktis untuk dibawa ke mana-mana. Anda dapat membawanya jika memang benar-benar penting untuk digunakan saja.

Kelebihan Oval Brush Kekurangan Oval Brush
- Memberikan coverage yang full - Tidak cocok digunakan untuk kulit kering dan berjerawat
- Lebih tahan lama - Sulit menjangkau daerah tertentu pada wajah
- Lebih cepat dalam mengaplikasikan makeup- Tidak praktis untuk dibawa

Pilih Mana: Beauty Blender atau Oval Brush?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara beauty blender dan oval brush. Perbedaan tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Beauty Blender Oval Brush
- Memiliki bentuk seperti tetesan air- Memiliki bentuk seperti sikat gigi
- Cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering dan berjerawat - Tidak cocok untuk kulit kering dan berjerawat
- Memberikan hasil yang natural - Memberikan hasil yang full coverage

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai beauty blender dan oval brush di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua aplikator tersebut sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi penggunanya. Hal yang paling penting Anda lakukan sebelum memilih beauty blender atau oval brush adalah mengetahui jenis kulit Anda dan menyesuaikannya. Beauty blender cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan berjerawat. Sedangkan oval brush kurang cocok untuk kulit kering dan berjerawat karena dipakai dengan cara diusap yangdapat menyebabkan kulit kering dan berjerwat mengelupas.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Beauty Blender vs Oval Brush

VS

Leave a Reply