Kecantikan

Pilih Mana: Beauty Blender atau Silisponge?

Memiliki penampilan yang menarik telah menjadi kebutuhan bagi kaum wanita. Salah satu cara untuk bisa tampil menarik adalah dengan cara merawat dan mengaplikasikan makeup pada wajah. Aplikator untuk mengaplikasikan makeup pada wajah juga perlu dipilih secara tepat agar bisa memberikan hasil yang lebih baik. Dua jenis aplikator yang dapat Anda gunakan yaitu beauty blender dan silisponge. Manakah aplikator makeup yang paling baik untuk wajah Anda? Beauty blender atau silisponge?

Beauty blender dan silisponge sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu untuk mengaplikasikan foundation atau makeup pada wajah. Beauty blender muncul pada tahun 2013, sejak kemunculannya beauty blender hampir menjadi hal yang wajib dimiliki untuk melakukan makeup atau riasan pada wajah. Hal ini dikarenakan beauty blender mampu membuat makeup menjadi lebih merata. Sedangkan silisponge muncul baru-baru ini pada tahun 2017. Silisponge merupakan aplikator makeup yang sangat praktis dan sangat mudah untuk digunakan.

Beauty Blender

Beauty blender merupakan aplikator makeup yang terbuat dari bahan busa atau sponge. Beauty blender memiliki bentuk seperti tetesan air sehingga lebih mudah dan lebih nyaman saat digenggam. Beauty blender dapat memberikan hasil yang lebih rata dan tampak lebih natural. Baca juga Pilih Mana: Beauty blender vs oval brush?

Kelebihan Beauty Blender

Berikut beberapa kelebihan beauty blender yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Hasil yang Lebih Merata

Salah satu kelebihan beauty blender adalah dapat membuat hasil akhir make up menjadi lebih merata dan tampak natural. Beauty blender dapat diaplikasikan untuk berbagai macam kebutuhan wajah yang berbentuk cream ataupun liquid. Seperti foundation, blush, bb cream, concealer dan sebagainya.

  • Mampu untuk Menjangkau Area Wajah Tertentu

Kelebihan lain yang dimiliki oleh beauty blender ini adalah dapat menjangkau seluruh area wajah. Area wajah yang biasanya sulit dijangkau tersebut seperti hidung, dagu, kening dan bagian lainnya. Bagian-bagian ini tetap bisa diratakan dengan ujung beauty blender yang agak mengecil sehingga dapat menjangkau semua area.

  • Lebih Cepat Saat Pengaplikasian

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki beauty blender adalah lebih cepat saat pengaplikasian. Beauty blender memiliki bobot yang sangat ringan sehingga sangat mudah untuk mengaplikasikan berbagai makeup pada wajah. Aplikator make up satu ini juga lebih cocok untuk digunakan dengan cara menepuk pada wajah agar hasil menjadi lebih maksimal.

Kekurangan Beauty Blender

Berikut beberapa kekurangan beauty blender yang perlu Anda ketahui:

  • Menyerap Makeup Sehingga Lebih Boros

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki beauty blender adalah memiliki pori-pori. Hal ini membuat beauty blender banyak menyerap make up yang diaplikasikan pada wajah. Karena menyerap lebih banyak makeup ini, penggunaan makeup menjadi lebih cepat habis. Hal ini tentu berbeda dengan silisponge yang tidak memiliki pori sehingga semua makeup dapat diaplikasikan pada wajah dan tidak diserap.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Salah satu kekurangan beauty blender adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan beauty blender. Perbedaan harga kedua jenis aplikator makeup ini hampir mencapai 2 kali lipat. Namun hal ini wajar sebab silisponge memiliki ukuran yang lebih kecil daripada beauty blender.

  • Perawatan Lebih Sulit

Kekurangan lain dari penggunaan beauty blender adalah memiliki perawatan yang lebih sulit daripada silisponge. Karena memiliki bahan dasar yang mudah menyerap produk, beauty blender harus lebih sering dibersihkan. Proses pengeringannya pun lebih sulit dibandingkan dengan silisponge yang berbahan silikon dan dapat dikeringkan hanya menggunakan tisu.

Kelebihan Beauty BlenderKekurangan Beauty Blender
- Memberikan hasil yang lebih merata- Menyerap makeup sehingga lebih boros
- Mampu untuk menjangkau area wajah tertentu- Harga relatif lebih mahal
- Lebih cepat saat pengaplikasian- Perawatan lebih sulit

Silisponge

Silisponge merupakan aplikator wajah yang terbuat dari bahan polyurethane yang teksturnya hampir menyerupai silikon. Silisponge saat ini sangat banyak digunakan karena lebih praktis dan mudah dalam hal perawatan.

Kelebihan Silisponge

Berikut beberapa kelebihan silisponge yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Terjangkau

Salah satu kelebihan silisponge jika dibandingkan dengan beauty blender adalah memiliki harga yang relatif terjangkau. Harga silisponge terbilang sangat terjangkau sebab harga silisponge lebih murah mencapai setengah dari harga beauty blender. Harga yang murah ini akan mempermudah orang untuk mendapatkan dan menggunakan aplikator ini.

  • Mudah untuk Dibersihkan

Kelebihan lain menggunakan silisponge sebagai aplikator makeup adalah lebih mudah untuk dibersihkan. Anda dapat membersihkan silisponge dengan cara apapun, mencucinya, atau hanya menggunakan tisu. Setelah membersihkan silisponge, proses pengeringannya juga sangat mudah dan lebih praktis dibandingkan beauty blender. Anda dapat mengeringkan silisponge hanya dalam beberapa detik saja dengan cara mengelapnya atau dengan cara lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan beauty blender yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeringkan.

  • Tidak Menyerap Makeup

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh silisponge adalah tidak menyerap makeup. Silisponge tidak memiliki pori seperti beauty blender. Karena teksturnya yang seperti ini, semua makeup yang diaplikasikan pada wajah dapat menempel semuanya ke wajah. Tidak ada makeup atau foundation yang hanya terserap silisponge, menggunakan silisponge sebagai aplikator dapat membuat penggunaan foundation atau makeup lebih hemat.

Lihat juga:  Pilih Mana: Rexona atau Nivea?

Kekurangan Silisponge

Berikut beberapa kekurangan silisponge yang perlu Anda ketahui:

  • Sulit Menjangkau Area Tertentu

Salah satu kekurangan silisponge sebagai aplikator makeup adalah memiliki bentuk yang sulit untuk menjangkau area tertentu. Karena itu, Anda harus menggunakan aplikator makeup lainnya agar mampu menjangkau area wajah tertentu. Anda dapat menggunakan kuas atau bantuan beauty blender agar hasil tampak lebih merata hingga ke bagian-bagian tertentu.

  • Membutuhkan Waktu yang Lama Saat Pengaplikasian

Kekurangan lainnya yang dimiliki silisponge adalah membutuhkan waktu yang lebih lama saat pengaplikasiannya. Hal ini dikarenakan silisponge memiliki bobot yang lebih berat sehingga kurang cepat atau lebih lama saat mengaplikasikan foundation atau makeup lainnya pada wajah Anda. Karena itulah, jika Anda sedang terburu-buru dan ingin cepat, sebaiknya Anda tidak menggunakan silisponge dan dapat menggunakan aplikator lain sebagai alternatif. Dikutip dari Detik.com meratakan foundation menggunakan silisponge akan menghabiskan waktu sekitar 5 menit bahkan lebih, ini merupakan waktu yang cukup lama.

  • Tidak Dapat Digunakan untuk Produk Tertentu

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki silisponge adalah tidak dapat digunakan untuk produk tertentu. Produk yang dimaksudkan tersebut misalnya produk yang memiliki tekstur selain cair seperti padat atau tabur. Dengan demikian Anda akan tetap memerlukan aplikator lain untuk mengaplikasikan produk atau makeup dengan tekstur padat ataupun tabur.

Kelebihan SilispongeKekurangan Silisponge
- Harga lebih terjangkau- Sulit menjangkau area tertentu
- Mudah untuk dibersihkan- Membutuhkan waktu yang lama saat pengaplikasian
- Tidak menyerap makeup- Tidak dapat digunakan untuk produk tertentu

Pilih Mana: Beauty Blender atau Silisponge?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara beauty blender dan silisponge. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Beauty BlenderSilisponge
- Memiliki pori-pori karena terbuat dari sponge- Tidak memiliki pori karena memiliki tekstur seperti silikon
- Lebih cepat saat digunakan- Membutuhkan waktu yang lebih lama saat digunakan
- Dapat menjangkau semua area- Sulit menjangkau area tertentu
- Cek harga beauty blender online termurah, Klik di sini- Cek harga silisponge online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai beauty blender dan silisponge di atas, dapat disimpulkan bahwa beauty blender dapat memberikan hasil yang lebih merata, lebih natural, dan lebih cepat dalam pengaplikasiannya. Sayangnya beauty blender lebih sulit dalam perawatannya dan memiliki harga yang lebih mahal. Sedangkan silisponge memiliki harga yang lebih murah dan perawatan yang lebih mudah. Jika Anda mengutamakan hasil pengaplikasiannya, maka sebaiknya Anda memilih beauty blender. Tapi jika Anda mengutamakan kemudahan dalam perawatan, maka Anda bisa memilih silisponge sebagai alternatif.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Beauty Blender vs Silisponge

VS

Leave a Reply