Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Bebelac atau Lactogen?

Susu formula adalah susu pendamping yang dapat memberikan nutrisi pada sang buah hati kamu. Hingga saat ini begitu banyak merek susu formula yang beredar di pasaran, mulai dari susu formula dengan harga standar, terjangkau hingga paling mahal.

Sebut saja dua merek dari susu formula yang banyak menjadi pilihan ibu untuk sang buah hati tercinta adalah susu formula Bebelac danLactogen. Dari kedua ini manakah yang lebih bagus? Pada artikel ini kamu bisa mengetahui lebih jelas mengenai kedua susu formula ini.

Bebelac

Bebelac merupakan salah satu merek susu bayi terkenal yang terdapat di Indonesia. Bebelac berada di bawah lindungan PT. Nutricia Indonesia Sejahtera. PT Nutricia Indonesia Sejahtera adalah perusahaan terkenal di Indonesia dengan pertumbuhan sangat cepat, yang bergerak khusus di bidang nutrisi bayi dan balita yang premium dan inovatif. Baca juga Pilih Mana : SGM atau Lactogen?

Nutricia mempunyai tujuan untuk secara aktif memberikan partisipasi kepada pertumbuhan dan perkembangan kesehatan dari kelompok konsumennya yang sangat rentan. Nutricia mempunyai kualitas dan standar keamanan makanan yang tertinggi di industri makanan bayi sekaligus menjamin kualitas produk yang baik. Nutricia merupakan perusahaan yang specialist, memiliki 100% dedikasi terhadap nutrisi bayi dan balita.

Nutricia menjadi pemimpin dan mempunyai merek prestige seperti Nutrilon Royal, Bebelac dan Nutricia Meal Time yang menawarkan produk nutrisi untuk awal dan tingkat yang sangat berarti dalam kehidupan. Nutricia Indonesia merupakan bagian dari Royal Numico NV, perusahaan yang bergerak khusus di bidang nutrisi, yang memimpin pasar dunia di bidang santapan bayi dan nutrisi klinis.

Melayani konsumen sebaik mungkin merupakan faktor yang membuat Nutricia Indonesia terus melangkah maju. Bebelac juga menawarkan beberapa fasilitas dan informasi bagi para pelanggannya di situs resmi bebeclub. Dengan adanya bebeclub, Nutricia berharap para pelanggan merasa memiliki manfaat dan pengetahuan lebih mengenai permasalahan selama kehamilan sampai dengan merawat dan pertumbuhkembangan buah hati.

Kelebihan Bebelac

  • Memperlancar Sistem Pencernaan
    Banyak varian susu Bebelac yang mempunyai manfaat yang baik untuk sang buah hati kamu, yang pertama adalah susu Bebelac dipercaya dapat membantu mempertahankan dan memperlancar sistem pencernaan pada anak adanya kandungan FOS dan GOS.
Susu ini dapat membantu bakteri baik untuk beradaptasi di usus besar, menghindarkan anak dari diare dan sembelit, membantu saluran pencernaan untuk menyerap berbagai mineral, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya kanker.
  • Memiliki Banyak Kandungan Vitamin
    Susu Bebelac diperkaya dengan banyak kandungan vitamin yang terdapat didalam susu tersebut. Seperti vitamin A, B, C, D dan E. Pantas saja kebanyakan anak yang mengkonsumsi susu Bebelac akan tumbuh dengan segar dan perkembangan yang bagus.
  • Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi
    Kandungan kalsium pada susu Bebelac memang sudah terkenal akan manfaatnya dalam pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Apalagi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan emas, asupan kalsium menjadi hal yang penting. Susu ini mudah untuk kamu dapatkan seperti di Hypermart.

Kekurangan Bebelac

  • Harga yang Mahal
    Sudah banyak diketahui para orang tua khususnya seorang ibu yang sering membeli susu formula untuk melengkapi pertumbuhan anak. Bahwa susu Bebelac ini sudah terkenal dengan memiliki harga yang cukup mahal.
  • Hanya Memiliki Susu Sesuai Usia Anak
    Pasti sudah kamu ketahui bahwa susu Bebelac ini hanya menyediakan varian susu sesuai umur anak saja. Tidak ada yang menjual untuk seluruh umur. Sehingga kamu benar-benar harus mengetahui susu yang tepat untuk anak kamu varian Bebelac seperti Bebelove, Bebelac 3, dan Bebelac 4.
  • Tidak Cocok Untuk Anak Alergi Susu Sapi
    Karena susu Bebelac memang diproduksi atau dibuat dengan menggunakan susu sapi, sehingga untuk anak yang mempunyai alergi susu sapi sepertinya tidak cocok jika akan tersebut mengkonsumsi susu Bebelac.

Beberapa Varian Susu Bebelac

Bebelove
Susu Bebelac varian Bebelove ini adalah susu yang dikhususkan untuk anak usia 0-6 bulan. Varian Bebelove ini memiliki manfaat yang baik untuk sang buah hati kamu karena memiliki kandungan yang baik

Bebelac 3
Bebelac 3 adalah susu Bebelac yang mempunyai manfaat untuk pertumbuhan anak dengan nutrisi seimbang yang siap mendukung tumbuh-kembang optimal anak usia 1-3 tahun.

Bebelac Complete
Bebelac Complete tidak hanya cocok diberikan untuk anak yang susah makan ,dapat juga diberikan untuk anak yang sangat aktif dimana memerlukan energi ekstra ataupun anak yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit.

Tabel berikut memberitahukan kandungan dari ketiga varian susu Bebelac di atas.

VarianKandungan
BebeloveLaktosa, minyak nabati, whey protein yang telah didemineralisasi, susu skim bubuk, konsentrat whey protein, galakto oligosakarida, 11 mineral, frukto oligosakarida, minyak sel tunggal (AA), 13 vitamin, kolin klorida, minyak ikan (DHA) (mengandung antioksidan sodium aksorbat, campuran tokoferol alami, dl-a-tokoferol, askorbil palmitat), mio inositol, taurin, L-sistein, L-karnitin.
Bebelac 3Susu bubuk full cream, laktosa, sukrosa, susu skim bubuk, sirup glukosa padat, galakto oligosakarida, whey protein yang telah didemineralisasi, minyak nabati, madu, konsentrat whey protein, mineral , frukto oligosakarida, perisa vanila, vitamin, perisa madu, fosfolipid, minyak ikan (DHA), minyak sel tunggal (AA), laktoferin, taurin, kolin klorida, L-karitin mio inositol.
Bebelac CompleteDHA, klorida, frukto aligasakarida, tembaga, mangan, olin, omega 3, vitamin A 40%, vitamin D3 35%, vitamin E 30%, vitamin K1 30%, vitamin C 35%, vitamin B1 35%, vitamin B2 60%, vitamin B3 30%, vitamin B5 40%, vitamin B6 40%, vitamin B9 60%, vitamin B12 95%, zat besi, protein, karbohidrat, kalium, kalsium, natrium, iodioum, zinc, energi total, lemak total, fosfor.

Lactogen

Lactogen merupakan susu formula yang diproduksi oleh Nestle. Nestle sendiri merupakan perusahaan multi- internasional yang berpusat di Vevey, Swiss dan didirikan pertama kali pada tahun 1868 oleh Hendry Nestle. 

Perusahaan yang memang berfokus pada produk makanan nutrisi dan minuman nutrisi, seperti makanan anak, susu formula, kopi, hingga cokelat ini telah hadir di 191 negara tercantum Indonesia dan mempunyai lebih dari 200 merek salah satunya yaitu Lactogen. 

Dalam susu Lactogen ini mengandung probiotik LA dan ALA, vitamin, mineral dan juga zat besi untuk mencegah anemia yang semuanya sangat dibutuhkan oleh bayi. Probiotik sendiri sangat baik untuk usus dan pencernaan bayi, sedangkan LA dan ALA berguna untuk mental dan otak anak. 

Resmi dinyatakan bebas Enterobacter sakazakii oleh BPOM pada tahun 2011 lalu, susu formula ini dipastikan aman untuk buah hati kamu. Nestle yang distribusinya mencakup seluruh wilayah Indonesia, produk ini selalu ada di pasaran. Inilah pilihan sempurna untuk kamu yang ingin menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi untuk sang buah hati.

Kelebihan Lactogen

  • Membantu Pembentukan Jaringan Otak
    Dalam susu Lactogen juga memiliki AA yaitu arachidonic acid atau juga disebut dengan AHA atau ARA yang menjadi faktor penting untuk pembentukan jaringan otak sehingga sangat penting untuk perkembangan otak anak seperti manfaat alpukat untuk anak.
Kandungan dalam susu ini juga terdapat di dalam ASI yang biasa disebut dengan zat membantu kecerdasan anak. AA ini juga bermanfaat untuk indera penglihatan anak untuk merangsang perkembangan saraf mata. AA ini berfungsi sebagai neurotransmitter sebagai suatu bentuk asam lemak esensial.
  • Meningkatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi
    Kandungan kalsium yang tinggi pada susu ini sangat bermanfaat untuk tubuh bayi. Karena kalsium yang akan membantu membentuk tulang dan gigi bayi. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap juga membuat tubuh anak memiliki nutrisi yang lengkap.
  • Membantu Proses Tumbuh Kembang Anak dengan Baik
    Produk susu formula besutan Nestle ini diklaim mengandung probiotik, LA dan ALA, dan zat besi yang mempunyai manfaat untuk membantu proses tumbuh kembang anak.

Kekurangan Lactogen

  • Harga yang Mahal
    Harga yang dijual dari susu Lactogen ini sama halnya dengan susu Bebelac, memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan susu formula merek lainnya.
  • Sulit Didapatkan
    Sebenarnya susu formula Lactogen ini bisa kamu dapatkan kok ibu-ibu, tetapi memang jika di minimarket jarang untuk kamu dapatkan. Banyak riset menjelaskan jika susu ini sering didapatkan di supermarket, sehingga untuk ibu-ibu harus rela meluangkan waktu ke supermarket.
  • Tidak Banyak Variasi Ukuran
    Susu formula Lactogen ini memiliki varian ukuran yang tidak terlalu banyak. Tetapi hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah yang mendasar.
Lihat juga:  Pilih Mana: Tempe atau Tahu?

Beberapa Varian Susu Lactogen

Lactogen 1
Susu Lactogen 1 ini dapat digunakan untuk bayi anda dengan usia 0-6 bulan. Terdapat ukuran saat ini dari 180 hingga 350 gram.

Lactogen 2
Susu Lactogen 2 ini memiliki kandungan prebio 1, LA dan ALA, juga zat besi yang akan membantu pertumbuhan mereka sesuai dengan kebutuhan anak. Susu ini dikhususkan untuk akan usia 6-12 bulan.

Lactogen 3 atau Lactogrow
Lactogen 3 atau Lactogrow produk tersebut ditujukan untuk anak usia 1-3 tahun. Pada susu Lactogen 3 Gold ini memiliki kandungan seperti probiotik, DHA, LA dan ALA, dan juga kalsium yang digunakan untuk proses tumbuh kembang anak, pada tubuh dan juga otak anak.

Tabel berikut memberitahukan kandungan dari ketiga varian susu Lactogen di atas.

VarianKandungan
Lactogen 1Padatan susu (susu bubuk skim, bubuk whey, laktosa), campuran minyak nabati, maltodekstrin, prebiotik, mineral, lesithin kedelai, premiks vitamin, minyak ikan, inositol, dan L-karnitin, terdapat vitamin A 1500iu, vitamin D 218iu, vitamin E 7.4iu, vitamin K1 38mcg, vitamin B1 0.44mg, vitamin B2 1.05mg, vitamin B3 1.8mg, vitamin B5 2.2mg, vitamin B6 0.37mg, vitamin B9 60mcg, vitamin B12 1.5mcg, vitamin C 50mg, kalium, natrium, kalsium,mangan, foafor, klorida.
Lactogen 2Padatan susu, susu bubuk skim, laktosa, bubuk whey, campuran minyak nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat, maltodekstrin, premiks mineral dan 8 mineral, pengemulsi lesitin kedelai, premiks vitamin, campuran minyak LC-puka mengandung antioksidan tokoferol dan prebiotik lactobacilus, vitamin A 35%, vitamin D 45%, vitamin E 20%, vitamin K1 80%, vitamin B1 30%, vitamin B2 55%, vitamin B3 25%, vitamin B5 40%, vitamin B6 25%, vitamin B9 25%, vitamin B12 45%, vitamin C 60%, kalsium, protein, kalsium, mangan, fosfor, magnesium.
Lactogen 3 atau LactogrowSusu bubuk skim, campuran minyak nabati, laktosa, maltodekstrin, bubuk whey, sukrosa, prebiotik, mineral, pengemulsi lesitin kedelai, premiks vitamin, dan minyak ikan, karbohidrat, natrium, kalium, magnesium, kalsium, vitamin A 40%, vitamin D 45%, vitamin E 25%, vitamin K1 55%, vitamin B1 55%, vitamin B2 70%, vitamin B3 35%, vitamin B5 65%, vitamin B6 50%, vitamin B9 45%, vitamin B12 50%, vitamin C 40%, protein, zat besi, yodium.

Tips Memilih Susu Formula dengan Baik

  • Pastikan Susu Sesuai untuk Bayi
    Perhatikan kemasan susu dengan seksama. Biasanya pada kemasan, ada tertulis keterangan bahwa produk tersebut sesuai untuk dikonsumsi anak.
  • Pilih Jenis Susu dengan Tepat
    Dariberbagai jenis susu formula yang ada, ibu sebaiknya pilih produk susu formula yang berasal dari susu sapi.
  • Pilih Jenis Protein.
    Perhatikan juga jenis protein yang digunakan dalam produk susu formula tersebut. Jenis protein yang paling dianjurkan adalah whey, namun ibu juga dapat memilih produk susu formula yang menggabungkan jenis protein whey dan casein. Tetapi ingat, komposisi whey harus lebih tinggi dari casein, yaitu sekitar 60:40. Perbandingan itu sebanding dengan kandungan protein pada ASI.
  • Bicarakan dengan Dokter
    Apabila anak tidak sesuai atau tidak suka dengan satu produk susu formula, gantilah merek produk susu yang lebih disukainya. Apabila anak mengalami diare, lemas, atau muntah setelah komsumsi satu produk susu formula, sebaiknya bicarakan dengan dokter dan ganti merek produk susu.
  • Usahakan Hindari Menggunakan Susu Kedelai
    Walaupun susu kedelai sering dijadikan alternatif untuk anak yang alergi susu sapi, tetapi sebaiknya jauhi memberikan susu berasal dari kacang kedelai, kecuali dengan seizin dokter
Karena anak yang alergi dengan susu sapi biasanya akan alergi juga terhadap susu kedelai. Tidak hanya itu, susu kedelai juga mempunyai kandungan glukosa yang dapat mengganggu gigi sang anak.

Pilih Mana: Bebelac atau Lactogen?

Bebelac Lactogen
Kelebihan- Dapat memperlancar sistem pencernaan pada anak - Memiliki banyak kandungan vitamin - Membantu pertumbuhan tulang dan gigi- Membantu pembentukan jaringan otak - Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi - Membantu proses tumbuh kembang anak dengan baik
Kekurangan- Harga yang mahal - Hanya tersedia susu sesuai usia anak - Tidak cocok untuk anak alergi susu sapi- Harga yang mahal - Susah didapatkan - Tidak banyak variasi ukuran

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai susu Bebelac dan Lactogen keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena pemilihan susu formula untuk sang buah hati kamu tidak hanya dilihat dari sisi harga saja.

Karena harga belum bisa menjamin jika susu tersebut cocok untuk sang buah hati. Jadi, pemilihan yang tepat adalah pilihlah susu formula yang cocok dikonsumsi sang buah hati kamu sehingga tidak menyebabkan alergi juga komplikasi lainnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bebelac vs Lactogen

VS

Leave a Reply