Kecantikan

Pilih Mana: Bedak Padat atau Tabur?

Wanita identik dengan kegiatan berdandan, meskipun sebenarnya tidak semua wanita menyukai aktivitas ini. Dalam kegiatan berdandan, bedak merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Bedak menjadi kebutuhan sendiri bagi wanita. Mereka bahkan kadang bingung untuk menentukan jenis bedak yang akan digunakan. Apakah bedak padat atau bedak tabur?

Bedak padat dan bedak tabur sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu dapat membuat warna kulit tampak lebih rata dan juga berfungsi menyerap minyak. Namun, jenis bedak ini memiliki fungsi lain yang berbeda. Jika dilihat dari bentuknya, Anda pasti dapat dengan mudah untuk mengetahui jenis bedak ini. Bedak padat memiliki bentuk yang padat, sedangkan bedak tabur memiliki bentuk bubuk halus. Untuk mengetahui lebih jelas mana yang lebih baik dari kedua jenis bedak ini, simak artikel berikut sampai selesai.

Baca juga Pilih Mana: Smoothing atau Rebonding?

Bedak Padat

Dua jenis dasar bedak yaitu bedak padat dan bedak tabur. Bedak padat memiliki bentuk yang padat. Bedak padat ini juga sering digunakan dan banyak diminati karena meliki fungsi coverage yang baik. Banyak wanita yang menggunakan bedak untuk menutupi adanya noda pada wajah. Bedak padat sangat unggul dalam hal ini, itulah mengapa bedak padat memiliki banyak peminat.

Kelebihan Bedak Padat

Berikut kelebihan bedak padat yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok untuk Kulit Kering

Bagi Anda yang memiliki jenis kering, Anda lebih disarankan untuk menggunakan bedak padat. Hal ini dikarenakan bedak padat mengandung formula yang dilengkapi dengan adanya kandungan minyak. Dengan demikian, kulit yang kering dapat terasa lebih lembap.

  • Dapat Menutupi Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Bedak padat juga memiliki tekstur yang mate, hal ini dapat membantu noda hitam atau noda bekas jerawat dapat tertutupi. Jika noda yang dimiliki cukup terang dan banyak, Anda disarankan menggunakan bedak padat yang memiliki daya coverage yang lebih kuat dan tahan lama.

  • Tahan Lama

Sudah terbukti bahwa bedak padat lebih tahan lama dibandingkan dengan bedak tabur. Daya coverage bedak padat biasanya dapat bertahan 5 hingga 6 jam. Itulah mengapa banyak yang menggunakan bedak padat untuk acara-acara yang resmi dan membutuhkan waktu yang lama. Bedak padat lebih mudah diratakan dan terlihat matte pada wajah.

  • Praktis

Dalam hal kepraktisan, bedak padat merupakan juaranya. Bedak padat memang lebih mudah dan praktis digunakan. Selain itu, bedak padat juga mudah untuk disimpan. Anda tidak perlu khawatir bedak akan tumpah saat diletakkan di dalam tas.

  • Memiliki Banyak Varian Warna

Memilih bedak yang sesuai dengan warna kulit sangatlah penting. Hal ini penting agar bedak tampak lebih menyatu dengan warna kulit. Berkaitan dengan hal ini, bedak padat menawarkan banyak warna yang sesuai untuk kulit. Warna-warna tersebut seperti coklat muda, coklat tua, cream, hingga kuning langsat.

Kekurangan Bedak Padat

Berikut kekurangan bedak padat yang perlu Anda ketahui:

  • Formula dan Harga

Bedak padat memiliki formula yang lebih berat. Karena saat ini banyak bedak padat yang telah dilengkapi dengan pelembap, foundation, hingga SPF. Karena banyak formula yang terkandung dalam bedak padat ini, maka harga bedak padat jauh lebih mahal daripada bedak tabur.

  • Menyebabkan Jerawat

Salah satu kekurangan bedak padat adalah dapat menyebabkan jerawat. Hal ini tentunya tidak terjadi kepada setiap pemakainya, tapi hanya pada sebagian pengguna saja. Biasanya jerawat ini muncul pada pengguna yang memiliki kulit sensitif, atau pengguna yang tidak cocok dengan formula yang ada pada bedak padat.

  • Menimbulkan Flek Hitam

Menggunakan bedak padat secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit wajah. Flek hitam ini muncul jika Anda setiap hari menggunakan bedak padat dan terpapar sinar matahari langsung. Solusinya, Anda dapat memakai bedak padat hanya pada waktu tertentu saja. Hindari menggunakan bedak padat jika kulit wajah Anda akan terpapar sinar matahari secara langsung.

  • Merusak Elastisitas Kulit

Karena teksturnya yang padat, bedak padat cenderung lebih susah untuk dibersihkan. Kadang, meskipun telah dibersihkan, bedak padat masih menempel pada wajah. Hal ini akan membuat elastisitas kulit menjadi berkurang. Karena itu, sebaiknya Anda membersihkan kulit secara maksimal setelah menggunakan bedak padat.

Kelebihan Bedak PadatKekurangan Bedak Padat
- Cocok untuk kulit kering- Memiliki formula yang berat dan mahal
- Dapat menutupi noda hitam dan bekas jerawat- Menyebabkan jerawat
- Tahan lebih lama- Menimbulkan flek hitam
Lihat juga:  Pilih Mana: Body Lotion atau Body Butter?

Bedak Tabur

Bedak tabur biasanya sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan bedak tabur ringan dipakai. Menggunakan bedak tabur ini membuat tampilan sehari-hari lebih segar namun santai. Banyak yang menyukai bedak tabur ini karena memiliki kemungkinan kecil penggunanya ditumbuhi jerawat.

Kelebihan Bedak Tabur

Berikut kelebihan bedak tabur yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok untuk Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal dan berminyak disarankan untuk menggunakan bedak tabur. Bedak tabur memiliki kesan lebih ringan dan tidak menutupi pori-pori wajah Anda.

  • Cocok untuk Kulit Berjerawat

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang berjerawat, sebaiknya Anda menggunakan bedak tabur. Bedak tabur tidak mengandung pelembap dan minyak yang dapat membuat wajah Anda tambah berjerawat. Formula yang terkandung dalam bedak tabur juga lebih ringan, sehingga tidak akan bermasalah dengan kulit yang berjerawat.

  • Memiliki Banyak varian Warna

Bedak tabur juga menyediakan berbagai varian warna. Warna-warna yang ditawarkan bedak tabur adalah warna-warna yang umum, seperti coklat, cream, rose, putih. Namun, beberapa merek sekarang telah menyediakan varian warna lain untuk menyesuaikan dengan warna kulit.

  • Formula dan Harga

Bedak tabur merupakan bedak yang memiliki formula jauh lebih ringan. Bedak tabur ini biasanya hanya mengandung komponen bedak saja, tidak ada pelembap, foundation, SPF di dalamnya. Inilah salah satu penyebab bedak tabur lebih murah daripada bedak padat.

Kekurangan Bedak Tabur

Berikut kekurangan bedak tabur yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Bisa Menutupi Noda

Salah satu kekurangan bedak tabur adalah kurang mampu untuk menutupi noda dan flek hitam. Hal ini dikarenakan bedak tabur memiliki formula yang ringan dan tipis. Memakai bedak tabur ini akan menunjukkan wajah yang lebih natural, noda dan flek hitam tidak dapat ditutupi.

  • Kurang Praktis

Bedak tabur dianggap kurang praktis, baik untuk pemakaian ataupun penyimpanan. Pada saat dipakai kadang bedak bisa saja tumpah dan beterbangan. Sedangkan pada saat disimpan bedak tabur biasanya memiliki ukuran tempat yang cukup besar.

  • Dapat Menyebabkan Kerusakan Paru-paru

Saat menggunakan bedak tabur, kita kadang tidak sengaja menghirup bedak ini. Bedak tabur dapat terhirup karena serbuk-serbuk halus bedak tabur ini kadang beterbangan saat dibuka. Dikutip dari Liputan6.com menghirup bedak tabur ini dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan adanya reaksi langsung seperti bronkitis dan asma hingga rusaknya paru-paru.

Kelebihan Bedak TaburKekurangan Bedak Tabur
- Cocok untuk kulit berminyak- Tidak bisa menutupi noda
- Cocok untuk kulit berjerawat- Kurang praktis
- Formula ringan dan harga lebih murah- Dapat menyebabkan kerusakan paru-paru

Pilih Mana: Bedak Padat atau Tabur?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara bedak padat dan bedak tabur. Perbedaan tersebut telah kami rangkum dalam tabel berikut:

Bedak PadatBedak Tabur
- Berbentuk padat- Berbentuk bubuk halus
- Cocok untuk kulit kering- Cocok untuk kulit berminyak
- Dapat menutupi noda hitam dan bekas jerawat- Cocok untuk kulit berjerawat

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bedak padat lebih baik daripada bedak tabur. Sebenarnya ini tergantung dari jenis kulit masing-masing. Namun, bedak tabur yang berbentuk bubuk halus sangat mudah sekali terhirup oleh hidung. Dalam jangka waktu yang lama hal ini akan berdampak buruk.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bedak Padat vs Tabur

VS

Leave a Reply