LifestyleMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Coklat?

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang didampingi beberapa lauk pauk. Beras sendiri memiliki beberapa jenis seperti Beras Merah dan Beras Coklat. Kedua beras ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk kamu yang ingin menjalankan program diet maka kedua beras ini akan cocok untuk kamu karena lebih mengenyangkan daripada beras putih. Penasaran dengan manfaat dan detail dari kedua beras ini? Kali ini saya akan bahas mengenai Beras Merah dan Beras Coklat. Stay tune guys.

Beras Merah

Beras merah merupakan beras yang hanya mengalami pengelupasan lapisan paling luar serta tidak melalui proses penggilingan. Beras mempunyai sebagian lapisan kulit. Bila seluruh lapisan ini dikelupas, maka didapatkan beras putih. Susunan kulit inilah yang mengandung banyak serat, mineral, serta vitamin.

Proses pengelupasan seluruh lapisan beras yang mengubah beras merah jadi beras putih menyebabkan kehilangan vitamin B3, B1, B6, mangan, fosfat, zat besi, serat, serta asam lemak. Baca juga Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Hitam?

Manfaat Beras Merah

Mengurangi gejala asma pada anak
Riset membuktikan kalau anak-anak yang mengkonsumsi beras merah dibanding beras putih mengalami lebih sedikit gejala yang berkaitan dengan asma atau mengi. Tidak hanya itu, respons terhadap alergen pula menurun sehingga otot-otot bronkial di paru-paru tidak menjadi hiper-responsif serta menyempit dengan mudah.

Membantu depresi serta kecemasan
Beras merah bisa menolong mengatur depresi serta kecemasan. Karena beras merah memiliki asam amino gliserin, glutamine, serta senyawa GABA yang bisa mendominasi serta tingkatkan kesejahteraan otak. Kecemasan umumnya diakibatkan oleh eksitasi berlebihan, sebaliknya depresi diakibatkan oleh rendahnya kadar serotonin.

Bisa mencegah penyakit neurodegeneratif
Beras merah memiliki GABA, senyawa yang terpaut dengan pengurangan resiko kondisi Alzheimer serta Parkinson. Kandungan ini pula meningkatkan kandungan molekul antioksidan alami tubuh yang bisa mengimbangi kemungkinan kondisi peradangan pada badan.

Mengurangi resiko penyakit jantung
Beras merah memiliki banyak senyawa yang diketahui sebagai lignan yang diganti jadi senyawa biologis sehabis dicerna oleh bakteri probiotik di usus kita. Salah satu senyawa yang diproduksi bernama enterolactone yang mempunyai kemampuan buat memelihara terhadap penyakit jantung.

Efek Samping Beras Merah

Mengganggu pencernaan/ susah BAB
Beras merah memiliki asam fitat serta lektin, kedua kandungan itu menciptakan vitamin serta mineral yang terdapat dalam tubuh terikat sehingga susah dicerna oleh tubuh. Tidak hanya itu asam fitat pula dapat menghambat pepsin, yaitu enzim yang diperlukan oleh tubuh buat memecah protein. Jadi selain mencegah penyerapan nutrisi, asam fitat pula mengganggu pencernaan.

Badan kurus
Kelebihan dari nasi merah merupakan karena rendah kalori serta rendah lemak sehingga sanggup menekan rasa lapar lebih lama. Tetapi efek buruknya dapat menimbulkan seseorang kehilangan hasrat makan makanan jenis lain yang bergizi. Jika perihal ini berlangsung terus menerus, tubuh akan kekurangan vitamin serta berat tubuh terus menurun.

Gangguan mental
Dikutip dari halosehat.com, di dalam beras merah pula terkandung zat Leaky gut syndrome yang bisa menimbulkan jaringan usus rusak serta mengganggu kelancaran peredaran darah sehingga memudahkan bakteri atau mikroba lain buat mengurai serta meningkatkan resiko timbulnya gangguan pada saraf, pembuluh darah dan jaringan otak yang mengacu pada kelainan mental.

Beras Coklat

Beras coklat merupakan gandum utuh yang tidak disaring atau dihaluskan. Beras coklat dibuat hanya dengan membersihkan bagian kulit beras. Beras coklat mempertahankan bagian kulit nya yang banyak nutrisi dan kecambah.

Beras coklat lebih kenyal dibanding beras putih serta mempunyai rasa seperti kacang. Beras coklat merupakan sumber nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan seperti serat, fitokimia serta mineral penting.

Manfaat Beras Coklat

Menurunkan resiko kanker usus besar
Tingginya kandungan selenium serta fenol di dalam beras coklat diduga membuatnya bisa membantu merendahkan resiko terbentuknya kanker usus besar. Tidak hanya itu, banyaknya serat di dalam beras coklat pula bisa menolong melindungi kesehatan usus besar serta saluran cerna kamu.

Menurunkan kolesterol
Beras cokelat merupakan sumber serat larut air yang bisa menolong merendahkan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Tidak hanya itu, ada dugaan kalau minyak yang ada di dalam beras coklat sanggup membantu merendahkan kadar kolesterol serta tekanan darah dan tingkatkan kadar kolesterol HDL.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Beras coklat juga mempunyai kandungan serat tidak larut dalam air yang bisa berada lebih lama di dalam usus kamu serta membantu proses pencernaan dan proses pengeluaran sisa makanan. Serat tipe ini juga sanggup menarik air ke dalam usus yang bisa memperlancar aktivitas usus serta mencegah terjadinya sembelit.

Membantu menjaga kesehatan sistem saraf
Beras coklat memiliki banyak mangan, yang dibutuhkan oleh tubuh buat menciptakan asam lemak serta berbagai jenis hormon yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan sistem saraf kamu.

Efek Samping Beras Coklat

Gangguan pencernaan lambung
Beras coklat sama seperti beras merah, yaitu mengandung asam fiktat serta senyawa lektin yang bila disantap secara berlebihan, Setiap hari serta jangka panjang maka akan timbul efek samping beras merah berupa gangguan penyerapan zat mineral dalam tubuh.

Tubuh kurus
Beras coklat rendah kalori, rendah lemak yang sanggup menekan rasa lapar lebih lama sehingga menimbulkan seorang kehilangan hasrat untuk makan makanan jenis lain yang lebih bergizi.

Bila dikonsumsi terus menerus tanpa di imbangi vitamin yang balance maka bisa menimbulkan tubuh kekurangan vitamin serta menimbulkan munculnya efek samping beras coklat berupa berat tubuh yang terus menurun.

Reaksi alergi
Beras coklat yang tidak dicuci bersih bisa memunculkan efek samping beras coklat dalam bentuk reaksi alergi. Maka dari itu kamu harus membersihkan sampai bersih beras coklat yang ingin kamu konsumsi.

Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Coklat?

Beras MerahBeras Coklat
Kelebihan - Mengenyangkan - Mengurangi gejala asma - Mengurangi resiko penyakit jantung- Menjaga kesehatan sistem pencernaan - Menurunkan kolestrol - Menjaga kesehatan sistem saraf
Kekurangan - Pencernaan terganggu - Gangguan mental- Rentan terkena alergi - Tubuh kurus

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Beras Merah dan Beras Coklat diatas maka kita tahu betapa banyak manfaat dari kedua beras ini. Namun disamping itu, Beras Merah dan Beras Coklat memiliki efek samping yang cukup berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Tentunya itu akan merusak kesehatan kita. Tentukan pilihan berasmu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Beras Merah vs Beras Coklat

VS

Leave a Reply