Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Hitam?

Makanan pokok orang Indonesia tidak lain tidak bukan adalah nasi. Ya benar, seperti pepatah mengatakan “belum makan kalau belum makan nasi” membuat nasi menjadi makanan yang paling penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Tapi tahukah kamu, nasi sendiri tidak hanya memiliki warna putih saja melainkan memiliki warna seperi merah dan hitam. Beras Merah dan Beras Hitam sendiri menjadi nasi yang memiliki kandungan lebih baik daripada nasi putih. Apa saja manfaat dari Beras Merah dan Beras Hitam? So kali ini saya akan bahas mengenai Beras Merah dan Beras Hitam. Stay tune guys.

Beras Merah

Beras merah berwarna merah karena kandungan antosianin di dalamnya. Antosianin sendiri ialah pigmen warna alamiah yang bersumber dari senyawa flavonoid, dan merupakan antioksidan buat mencegah radikal bebas. Guna antosianin sendiri ialah dapat menghindari aterosklerosis atau penyumbatan di pembuluh darah.

Nasi merah apabila dikonsumsi akan membagikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dari nasi putih. Oleh karena itu seringkali untuk yang mau diet, mengganti nasi putih dengan nasi merah. Beras merah juga memiliki serat yang jauh lebih tinggi dari beras putih. Beras merah memiliki serat, protein, zat besi, selenium, magnesium, mangan, dan vitamin b yang lumayan besar. Baca juga Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Putih?

Manfaat Beras Merah

Menurunkan berat badan
Kandungan karbohidrat kompleks beras merah bakal memasok energi secara teratur pada badan sehingga perut tidak cepat merasakan lapar. Bila mengkonsumsinya ditambahkan pula dengan manfaat buah apel pada menu makanannya, program diet juga bakal menghasilkan bentuk badan yang bagus dan sangat efektif.

Sehat untuk pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada beras merah pula menyehatkan pencernaan sehingga menjauhi permasalahan kesehatan yang dapat timbul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami buat memelihara kesehatan jangka panjang. Serat ini amat bagus buat usus serta menolong lancarnya metabolisme tubuh.

Mengontrol gula darah/ bagus buat pengidap diabetes
Untuk kamu yang mengidap diabetes, ada bagusnya beralih ke beras merah sebab kandungan seratnya amat besar dan kandungan kalori yang lebih kecil dibanding dengan beras putih.

Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) serta Meningkatkan HDL (kolesterol baik)
Bila kamu mengalami permasalahan dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, kamu harus mengkonsumsi beras merah dibandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok kamu.

Jenis Beras Merah

Menurut jenisnya beras merah terbagi menjadi 2 yaitu Beras merah yang berwarna merah gelap dan merah terang. Beras merah ini belum disosok atau dikelupas arinya, sehingga kala dikonsumsi bakal terasa lebih kasar serta mengenyangkan.

Dan beras berwarna merah terang biasanya sudah dibuka kulit arinya alhasil kala dikonsumsi lebih lunak serta tidak terlalu padat. Kedua tipe beras merah ini sama bagusnya, buat kandungan serat sudah pasti yang lebih bagus yaitu jenis beras merah yang belum disosok, namun bila kamu ingin beras merah yang terasa lebih lezat tentu yang berwarna merah terang, jadi tergantung selera kamu ya guys.

Kamu bisa dapatkan beras merah dengan kualitas terbaik seperti di toko swalayan, warung, mall, Carefour, Hypermart dan tempat-tempat penjual beras lainnya.

Beras Hitam

Beras hitam sesungguhnya merupakan kumpulan bermacam jenis beras dari spesies Oryza sativa L., termasuk beberapa di antaranya adalah beras ketan. Bulir beras hitam utuh mempertahankan seluruh sifat alaminya karna beras ini tidak melalui proses pemutihan.

Dibanding beras putih, beras hitam memiliki bulir yang lebih lebih panjang serta ramping yang warnanya bakal memudar menjadi keunguan sesudah dimasak. Seperti beras cokelat, nasi dari beras hitam juga mempunyai rasa gurih seperti kacang yang juga cocok untuk dibuat roti, mie, bubur, sampai makanan penutup.

Manfaat Beras Hitam

Melindungi jantung
Beras hitam terbukti berfungsi dalam mencegah tekanan darah tinggi serta mengurangi pembentukan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung. Aterosklerosis, yang diwakili oleh pengerasan dinding arteri, merupakan penyakit kardiovaskular yang mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia.

Makan nasi hitam dikatakan sanggup memotong angka kematian yang lumayan besar dari penyakit itu. Beras ini pula tingkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL serta kolesterol total.

Melancarkan pencernaan
Beras hitam tinggi akan kandungan serat, yang sanggup menambahkan“ massa” ke dalam feses Kamu, dan karena itu menghilangkan, mencegah, dan/ atau memulihkan masalah diare dan juga masalah pencernaan lainnya. Serat menolong tingkatkan aktivitas gerak usus serta menolong memudahkan sembelit. Serat dalam dosis tinggi bisa menolong mencegah penyerapan zat beracun serta membilasnya keluar dari badan.

Bebas gluten
Sama seperti jenis beras yang lain, beras hitam secara alami bebas gluten, protein yang ditemui dalam seluruh produk yang memiliki gandum dan barley. Banyak orang yang mengidap alergi gluten mungkin menemukan beras ini menolong dalam menghilangkan masalah pencernaan yang terpaut dengan sensitivitas gluten. Penyakit Celiac merupakan salah satu sensitivitas langka terhadap gluten, serta gejala dan dampak sampingnya bisa mengganggu, termasuk peningkatan resiko sindrom usus bocor.

Mengontrol berat badan
Mengkonsumsi beras hitam buat menurunkan berat badan membuktikan hasil yang lebih bagus dari beras merah, sebab teksturnya yang lebih padat serta lebih kaya serat tetapi rendah kalori sehingga membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, beras ini menolong buat mengendalikan asupan kalori dan alhasil melindungi terhadap kegemukan dalam jangka panjang.

Jenis Beras Hitam

Benih beras hitam yang tersebar di pasaran beberapa diantaranya yaitu Cempo Ireng (Kulon Progo, Sleman), Melik (Lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah), Cibeusi (Subang), Toraja (Sulawesi). Jenis-jenis beras gelap itu secara umum mempunyai bentuk fisik yang berbeda-beda.

Kamu bisa dapatkan beras hitam dengan kualitas terbaik seperti di toko swalayan, warung, mall, Carefour, Hypermart dan tempat-tempat penjual beras lainnya.

Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Hitam?

Beras MerahBeras Hitam
Kelebihan - Memiliki kandungan lebih baik dari nasi putih - Kaya akan vitamin - Sehat untuk pencernaan- Melindungi jantung - Melancarkan aliran darah - Membantu menurunkan berat badan
Kekurangan - Harganya mahal - Rasanya hambar- Harganya mahal - Jarang ditemui

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Beras Merah dan Beras Hitam diatas, sekarang kita sudah mengerti betapa bagusnya mengkonsumsi Beras Merah dan Beras Hitam ini. Namun saya merekomendasikan Beras Hitam untuk makanan kamu sehari-hari jika kamu sedang melakukan program diet, karena Beras Hitam lebih kaya serta namun rendah kalori dari beras merah. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Beras Merah vs Beras Hitam

VS

Leave a Reply