Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Putih?

Beras merupakan makanan pokok kita sehari-hari. Selain mengenyangkan tentu beras juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Beras sendiri ada yang berwarna putih, hitam, merah tergantung dengan olahan yang diinginkan. Namun kali ini saya akan bahas mengenai Beras Merah dan Beras Putih. Bagaimana kandungan dan manfaat dari kedua beras ini? Stay tune ya guys.

Beras Merah

Merupakan tipe beras yang diperoleh dari padi dipanen dan setelah itu dikeringkan buat menghilangkan kandungan airnya hingga menggapai minimal 14% dan diproses pecah kulit saja atau masih tertinggal kulit arinya. Beras merah mempunyai rasa yang unik serta bergizi besar. Beras merah di lapangan kadang diartikan semacam gulma sebab tumbuh berbeda diantara di pertanaman padi biasa pada umumnya.

Beras merah unggul memiliki rasa yang komplek serta komposisi yang lembut dan warna merah yang indah. Beras merah pula tidak mengandung gluten dan membuatnya jadi pengganti yang amat bagus untuk beras putih.

Beras merah memiliki harga yang lebih tinggi di pasaran disebabkan kualitas kandungan nutrisi serta pengerjaan sesudah panennya yang lebih berat dari proses menghasilkan beras putih. Di bermacam gerai modern, beras merah banyak dikemas secara eksklusif buat konsumennya. Dengan semakin banyaknya warga yang sadar akan pentingnya kesehatan, penjualan beras merah diperkirakan bakal terus bertambah sepanjang waktu. Baca juga Pilih Mana: Beras Pera atau Pulen?

Manfaat Beras Merah

Menurunkan berat badan
Kandungan karbohidrat kompleks beras merah bakal memasok energi secara teratur pada badan sehingga perut tidak cepat merasakan lapar. Bila mengkonsumsinya ditambahkan pula dengan manfaat buah apel pada menu makanannya, program diet juga bakal menghasilkan bentuk badan yang bagus dan sangat efektif.

Sehat untuk pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada beras merah pula menyehatkan pencernaan sehingga menjauhi permasalahan kesehatan yang dapat timbul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami buat memelihara kesehatan jangka panjang. Serat ini amat bagus buat usus serta menolong lancarnya metabolisme tubuh.

Mengontrol gula darah/ bagus buat pengidap diabetes
Untuk kamu yang mengidap diabetes, ada bagusnya beralih ke beras merah sebab kandungan seratnya amat besar dan kandungan kalori yang lebih kecil dibanding dengan beras putih.

Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) serta Meningkatkan HDL (kolesterol baik)
Bila kamu mengalami permasalahan dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, kamu harus mengkonsumsi beras merah dibandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok kamu.

Jenis Beras Merah

Beras merah yang berwarna merah gelap
Beras merah ini belum disosok atau dikelupas arinya, sehingga kala dikonsumsi bakal terasa lebih kasar serta mengenyangkan.

Beras merah yang berwarna merah terang
Beras merah ini sudah dibuka kulit arinya alhasil kala dikonsumsi lebih lunak serta tidak terlalu padat. Kedua tipe beras merah ini sama bagusnya, buat kandungan serat sudah pasti yang lebih bagus yaitu jenis beras merah yang belum disosok, namun bila kamu ingin beras merah yang terasa lebih lezat tentu yang berwarna merah terang, jadi tergantung selera kamu ya guys.

Kamu bisa dapatkan beras merah dengan kualitas terbaik seperti di toko swalayan, warung, mall, Carefour, Hypermart dan tempat-tempat penjual beras lainnya.

Beras Putih

Beras putih merupakan beras yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Berawal dari padi yang telah digiling serta dibersihkan atau disosoh sehingga warnanya putih sampai agak keruh.

Jenis beras putih terkenal yaitu pandan wangi, rojolele sampai mentik wangi. Masing-masing memiliki tingkat kepulenan serta aroma berbeda saat dimasak. Buat menyimpan beras putih, pastikan beras dalam kondisi kering saat ditaruh dalam kontainer yang bersih dan tertutup. Simpan di ruangan yang tidak lembab.

Manfaat Beras Putih

Mencegah penggumpalan darah
Mengkonsumsi beras putih bisa melindungi keenceran darah sehingga darah tidak gampang menggumpal atau mengeras yang menimbulkan bermacam gangguan kesehatan. Bila terjadi penggumpalan darah maka bisa membatasi aliran darah sehingga oksigen serta sari makanan tidak bisa dibawa ke semua tubuh sehingga menimbulkan bermacam kendala kesehatan seperti nyeri dada, nyeri kaki, hipertensi, sampai serangan jantung.

Lihat juga:  Pilih mana: Tolak Angin vs Antangin?

Mencegah kanker
Beras putih yang selama ini kita konsumsi nyatanya ikut berfungsi dalam mencegah sel-sel tubuh supaya tidak tumbuh jadi sel kanker. Tidak hanya itu mengkonsumsi beras putih pula ikut tingkatkan imunitas badan sehingga badan tidak gampang terkena virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya yang menimbulkan penyakit.

Mencegah penyakit saraf serta otak
Khasiat beras putih yang lain yang tidak kalah penting yakni bisa mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan saraf serta otak seperti alzheimer, parkinson, epilepsi, demensia, dan lain sebagainya. Tentu saja mengkonsumsi beras putih wajib dibarengi dengan konsumsi makanan atau buah-buahan lain seperti manfaat daun parasit, manfaat sup lobster, dan manfaat daun antanan alhasil kesehatan saraf serta otak senantiasa terpelihara dan bebas dari bermacam penyakit.

Bagus buat perkembangan tulang dan gigi
Konsumsi beras putih pula memberikan khasiat buat perkembangan tulang dan gigi sehingga amat bagus disantap oleh segala umur terutama anak- anak. Ini dibantu oleh kandungan kalsium yang di dalamnya sehingga bisa menolong perkembangan tulang serta gigi dan mencegah osteoporosis. Meskipun begitu asupan kalsium pula wajib dilengkapi dari sumber makanan lain seperti manfaat susu dan bila butuh mengkonsumsi suplemen seperti manfaat cdr.

Jenis Beras Putih

Pandan wangi
Beras pandan wangi termasuk dalam beras unggulan. Beras ini mempunyai aromanya seperti pandan serta bakal lebih menyengat saat beras dimasak. Tekstur pulen pada beras membagikan rasa yang lebih lezat. Bentuk beras cenderung bundar serta ujungnya tidak tajam. Warna beras ini putih kekuningan dan transparan.

Rojolele
Beras rojolele merupakan beras yang sangat banyak dipakai di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Beras rojolele juga dikenal dengan sebutan beras muncul di wilayah Jawa Barat. Bentuk beras rojolele condong berbentuk bulat. Selain itu, ada sedikit bagian yang berwarna putih susu.

Setra Ramos
Beras ramos merupakan beras tipe IR 64 yang banyak ditanam di Jawa Barat. Beras ini paling banyak disukai sebab teksturnya yang pulen serta rasanya yang enak. Bentuk beras ramos bulirnya panjang serta mempunyai aroma beras natural. Beras ramos ini sangat banyak beredar di pasaran sebab harganya yang relatif ekonomis.

IR 42
Beras IR 42 mirip dengan beras IR 64. Selain namanya, bentuknya juga mirip. Bentuk beras IR 42 berbentuk panjang tetapi lebih kecil dari IR 64. Beras ini setelah dimasak bakal menciptakan nasi yang pera, sedikit keras serta kering. Nasi ini sangat sesuai buat dijadikan nasi goreng, lontong, ketupat, atau nasi uduk.

Kamu bisa dapatkan beras putih dengan kualitas terbaik seperti di toko swalayan, warung, mall, Carefour, Hypermart dan tempat-tempat penjual beras lainnya.

Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Putih?

Beras Merah Beras Putih
Kelebihan - Memiliki kandungan lebih baik dari nasi putih - Kadar nutrisi yang lebih tinggi dari nasi putih - Kaya akan vitamin- Mencegah kanker - Mencegah penggumpalan darah - Mencegah penyakit saraf
Kekurangan - Harganya lebih mahal - Rasanya hambar- Kebanyakan makan beras putih akan mengalami obesitas - Menimbulkan sembelit

Kesimpulan

Beras Merah dan Beras Putih sama-sama memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Sesuai selogan orang Indonesia bahwa belum makan jika belum makan nasi memang benar adanya karena sesudah memakan nasi tentu kita akan terasa kenyang. Namun jika kalian mau menjalankan program diet, maka Beras Merah adalah jawaban yang pas buat kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Beras Merah vs Beras Putih

VS