Pilih mana: Besi atau Baja

Loading...

Tanpa kita sadari banyak peralatan di sekitar kita menggunakan bahan utama besi dan baja. Dan tentunya ada barang yang cocok menggunakan besi dan ada juga bahan yang cocok menggunakan baja, tentunya baja dan besi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini saya akan membahas mengenai Besi dan Baja, disini aja ya..

Besi
Besi merupakan beberapa unsur zat kimia yang bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Banyak peralatan yang menggunakan bahan utama besi seperti beberapa bahan bangunan, magnet dan sebagainya. Baca juga artikel sebelumnya Pilih Mana: Rangka Baja atau Beton

Besi mempunyai logam dengan sifat yang lunak dan elastis. Logam ini bisa ditarik namun tidak akan putus dalam artian bisa ditempa dengan berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan.

Besi bisa dibengkokkan, digulung, dibentuk, dipotong atau dipadupadankan dengan logam lain. Maka dari itu banyak material dengan bahan utama karena kelebihannya yang elastis.

Besi sangat mudah bereaksi dengan oksigen yang ada di udara yang menghasilkan perubahan dalam permukaan besi tersebut atau biasa kita sebut dengan karat.

Besi sendiri juga sangat penting bagi manusia, karena tubuh membutuhkan pembentukan sel darah merah maka zat besi lah yang sangat berpengaruh terhadapnya. Karena zat besi dapat membantu mengatasi penyakit anemia atau penyakit kekurangan darah.

Manfaat besi untuk kehidupan manusia sehari-hari pun cukup banyak, bisa dibilang kita membutuhkan besi agar semua tujuan manusia bisa tercapai, seperti Jalan kereta api, Otomotif, Mesin, Konstruksi, Perkakas rumah, Alat Industri dan sebagainya.

Jenis dari besi pun sangat beragam sesuai dengan kebutuhan dan kegunaanya bagi manusia. Kamu bisa dapatkan besi di toko bangunan, depo bangunan atau toko-toko peralatan rumah lainnya.

Jenis-jenis besi:
Besi Beton
Besi beton adalah besi yang sangat berpengaruh di dunia konstruksi. Dengan adanya besi beton maka dapat menahan beban yang lebih besar agar bangunan tetap kokoh dan tidak roboh. Besi beton sendiri memiliki 2 jenis yakni besi ulir dan juga besi polos. Keduanya memiliki manfaat yang sangat berguna.

Pipa Besi
Sesuai namanya, besi ini memiliki bentuk seperti pipa, Pipa besi juga kerap disebut dengan pipa hitam karena memang warnanya hitam. Pipa besi berguna untuk menyalurkan bahan tambang yang mudah terbakar seperti oli, minyak, gas untuk suatu pabrik.

Besi Plat
Sesuai dengan namanya, besi ini berbentuk plat atau berbentuk lempengan yang menjadikan mudah dibentuk untuk pembuatan perkakas seperti alat transportasi hingga perlengkapan rumah tangga.

Besi Hollow
Besi hollow berupa pipa yang berbentuk kotak, ini biasanya digunakan untuk pembangunan plafon dan juga dinding partisi yang anti rayap dan juga anti api.

Besi CNP
Besi ini berbentuk seperti huruf C sesuai dengan namanya. Besi ini biasa digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Besi UNP
Besi ini juga berbentuk seperti huruf U, biasa digunakan untuk penutup atap dan penopang dinding.

Loading...

Wiremesh
Besi ini dibentuk dengan dianyam hingga menjadi kawat. Biasa digunakan untuk menguatkan sesuatu untuk kepentingan pembangunan rumah.

Begitu banyak macam-macam jenis baja yang tentunya sangat bermanfaat untuk manusia dalam kehidupan sehari-hari tergantung dengan kalian ingin memakai yang mana dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Baja
Sama seperti besi, baja juga bermanfaat untuk pembuatan atau pembangunan suatu bangunan berskala menengah hingga besar.

Bahan utama pembuatan baja adalah besi dan karbon, campuran logam dan beberapa zat kimia juga ditambahkan guna memperkuat baja itu sendiri.

Cara pembuatan dari baja adalah dari canai panas atau canai dingin, bisa juga dibuat dengan mengelas antara plat tekuk atau plat datar tergantung dengan kebutuhan pada setiap proyek pembangunan itu sendiri.

Biaya produksi dari baja sendiri tergolong murah dibanding dengan material yang lain, bahkan hampir semua struktur baja dapat diolah kembali menjadi produk baja yang baru tanpa mengurangi kualitasnya.

Pemasangan struktur baja sendiri tentunya tidak mengeluarkan suara yang bising atau memunculkan debu seperti material yang lain.

Proses pembangunan yang menggunakan baja pengerjaannya pun cepat atau tidak membutuhkan waktu yang lama, hal ini berbeda jika dibandingkan dengan beton cor. Karena beton cor sendiri proses pencetakan dan pengeringannya membutuhkan waktu yang lama.

Baja sendiri dinilai hemat akan biaya karena konstruksi baja tidak membutuhkan papan tripleks seperti yang digunakan oleh material yang lain dan tentunya itu dapat menghemat dari pengeluaran kita.

Kamu bisa mendapatkan baja dengan kualitas yang tinggi di toko bangunan, depo bangunan dan toko-toko peralatan rumah lainnya.

Jenis-jenis Baja:
Baja Karbon
Baja ini memiliki beberapa jenis lagi yakni baja karbon rendah, baja karbon menengah dan juga baja karbon tinggi. Ini semua sesuai dengan kebutuhan baja kamu ya guys.

Baja Paduan
Baja paduan berarti baja yang dicampur dengan material lain. Ini dimaksudkan agar menaikkan sifat dari baja itu sendiri. Semakin tinggi daya tahannya maka semakin tinggi pula kualitasnya. Material yang biasa ditambahkan pada baja paduan adalah low alloy steel, medium alloy steel, dan juga high alloy steel.

Baja Paduan Khusus
Baja ini mengandung logam, chromium, vanadium dan kandungan lainnya. Baja ini tentunya memiliki sifat yang lebih keras, kuat dan juga tahan lama.

High Speed Steel
Baja ini umumnya digunakan untuk alat potong seperti drills, reamers dan milling cutters. Mengapa baja ini disebut High Speed Steel karena memang memiliki kecepatan saat dioperasikan dan tentunya harga dari baja ini lebih mahal dari pada baja biasa.

Baja untuk penggunaan pada proyek pun ada 2 jenis yakni baja konstruksi dan baja perkakas.

Baja Konstruksi
Baja ini biasa digunakan dalam pembangunan atau sebuah proyek yang mengharuskan menggunakan baja. Baja jenis ini umumnya memiliki kandungan karbon kurang lebih sebesar 0,8 derajat celcius.

Baja Perkakas
Baja ini memiliki sifat yang tahan lama, mudah diasah, tajam, tahan panas dan yang lain-lain. Baja ini juga sangat bermanfaat untuk proyek pembangunan.

Penggunaan baja untuk proyek rekonstruksi sangat bermanfaat, apalagi untuk memotong suatu material, bahan utama dari baja lah yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Pilih mana: Besi atau Baja

BesiBaja
Kelebihan - Lebih kuat - Mudah dimodifikasi - Mudah diolah- Memiliki daktilitas yang bagus - Daya tahannya lama - Memiliki kekuatan yang besar
Kekurangan- Mudah berkarat - Cepat terjadi Korosi- Harganya mahal - Memiliki kerentanan terhadap tekuk / buckling

Kesimpulan:
Besi dan Baja adalah sama-sama material yang sangat penting dan bermanfaat untuk kehidupan disekitar kita sehari-hari. Gunakanlah besi dan baja untuk kepentingan yang diharuskan tahan lama, awet dan tahan banting. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Besi vs Baja

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *