HomeMasak

Pilih Mana: Bimoli atau Tropical?

Banyak masyarakat menyukai makanan yang digoreng karena memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus.  Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti merk Bimoli dan Tropical.

Bimoli dan Tropical memiliki keunggulan dan dilengkapi dengan kualitas terbaik. Untuk mengetahui produk minyak terbaik diantara Bimoli dan Tropical, kami akan membahas lebih lanjut pada artikel di bawah ini dan memberikan info mengenai tips memilih minyak goreng yang berkualitas dan sehat untuk kalian. Selamat membaca!

Bimoli

Merk minyak goreng ini sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan, bisa dibilang bahwa Bimoli adalah merk minyak goreng tertua di negara kita. Warna keemasan yang dimiliki minyak goreng ini berasal dari Beta Karoten alami dan diklaim mengandung Omega-9. Baca juga Pilih Mana: Minyak Sayur atau Olive Oil?

Bimoli merupakan singkatan dari Bitung Manado Oil Limited yaitu, merek dagang sebuah produk minyak goreng yang diproduksi oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) yang dimiliki oleh grup PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Indofood Agri Resources Ltd (IndoAgri).

Bimoli diproses pengolahannya menggunakan teknologi golden refinery. Teknologi ini akan menghasilkan minyak yang lebih berkilau dan sehat. Warna minyak lebih jernih, tidak terlihat keruh. Walaupun digunakan beberapa kali, hasilnya tetap bagus.

Minyak goreng Bimoli ini terbuat dari kelapa sawit terbaik yang diolah di bawah pengawasan tenaga ahli sehingga kualitas minyak goreng ini memang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, minyak goreng ini juga dapat panas lebih cepat dan membuat cita rasa makanan jadi lebih sedap.

Kelebihan Bimoli

  • Mengandung omega 3 dan omega 9
    Di setiap kemasan minyak Bimoli ini mengandung omega 3 dan omega 9, yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan omega 3 dan omega 9 sekitar 45 persen. Kandungan ini dapat membantu pertumbuhan otak anak semakin sehat.
  • Panasnya stabil
    Minyak goreng Bimoli dapat menghasilkan gorengan yang renyah dan enak.Karena disebabkan minyak Bimoli ini mampu menjaga kestabilan panas dengan baik. Kemurnian dan kejernihan minyak bisa membuat makanan semakin enak. Karena saat ini banyak minyak yang tidak bisa menjaga kestabilan panas, sehingga proses penggorengan lebih lama.
  • Harga minyak yang terjangkau
    Kelebihan yang lain yaitu harga dari minyak goreng Bimoli. Harga minyak Bimoli berkisar mulai dari Rp 7000 untuk kemasan setengah liter. Harga minyak Bimoli 2 liter sekitar Rp 24.500. Harga minyak memang selalu berubah-ubah. Untuk harga yang lebih murah, kalian dapat mencari promo. Karena banyak supermarket yang memberikan promo pembelian minyak goreng.

Kekurangan Bimoli

  • Masih suka menempel digorengan
    Kekurangan yang pertama yang ada pada minyak Bimoli ini yaitu ketika kalian ingin memasak yang bersifat gorengan minyak ini menempel jadi masakan sedikit berminyak untuk dikonsumsi, Jadi perlu tisu khusus untuk menyerap dan mentiriskan minyak.
  • Mengandung lemak trans
    Lemak trans terbentuk saat minyak cair berubah bentuk menjadi lemak padat pada suhu kamar. Proses ini disebut hidrogenasi parsial yang bertujuan untuk mencegah minyak jadi cepat tengik. Namun proses inilah yang membuat lemak trans menjadi jauh lebih berbahaya daripada lemak jenuh.
  • Menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker
    Tidak dapat di pungkiri mengonsumsi minyak sayur banyak dikaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker. Ini karena ketika minyak dipanaskan dalam suhu tinggi akan bereaksi terhadap oksigen dari sekitar, yang kemudian membentuk senyawa aldehida dan peroksida lipid.

Tropical

Tropical merupakan salah satu minyak goreng terlaris di Indonesia, minyak goreng rendah lemak yang sudah melalui proses dua kali penyaringan. Proses penyaringan sebanyak dua kali ini juga menghasilkan minyak goreng yang jernih dan bersih.

Minyak Tropical adalah minyak yang diproduksi oleh PT. Bina Karya Prima.  minyak ini terbuat dari kelapa sawit  murni yang diproduksi dengan mesin modern, perusahaan ini mengklaim jika minyak Tropical yang mereka buat ini melalui 2 kali proses penyaringan. 

Kandungan asam lemak tak jenuh (Omega-9) di dalam minyak Tropical membuat makanan yang digoreng dengan minyak goreng ini jadi lebih rendah kolesterol. Tidak hanya itu saja, minyak goreng berkualitas ini juga mengandung Vitamin E sebagai antioksidan dan Pro Vitamin A.

Kelebihan Tropical

  • Minyak Tropical banyak promo menarik
    Salah satu kelebihan bagi minyak Tropical yaitu banyak promo menarik, Sebab dengan harga promo maka harga minyak akan menjadi lebih murah dari  biasanya. Sehingga budget lebih dapat digunakan untuk keperluan yang lain.
  • Minyak gampang ditemukan dimana saja
    Untuk pembeliannya kalian dapat dengan mudah menemukan minyak Tropical ini dimana –mana terutama di kota besar. Mulai dari Minimarket sampai dengan Supermarket.
  • Minyak jernih dan berkualitas
    Bimoli ini mengklaim jika minyak Tropical yang mereka buat ini melalui 2 kali proses penyaringan.Sehingga minyak Tropical ini lebih jernih dan memilki kualitas yang tinggi.
Lihat juga:  Pilih Mana: Sunlight atau Mama Lemon?

Kekurangan Tropical

  • Konsistensinya cair
    Minyak Tropical ini cair seperti air, jadi harus lebih berhati-hati saat menggoreng dengan minyak banyak(deep fry) jadi sering meletus. Namun kekurangan ini juga sesuai dengan selera masing-masing orang ya.
  • Desain yang hampir sama dengan pesaing
    Kelemahan yang terletak pada desain ini menyebabkan seperti yang sudah aku katakan sebelumnya jika kemasan warna minyak rata – rata memiliki warna sama. Hal inilah merupakan kelemahan dari minyak itu sendiri dan membuat konsumen susah untuk membedakannya.
  • Harga cukup tinggi
    Harga minyak goreng Tropical pada umumnya adalah Rp.30.000 untuk ukuran 2 liter per kemasan. Harga ini merupakan harga eceran tertinggi dan berlaku pada wilayah nasional di Indonesia. Namun tampaknya meskipun harga ini merupakan harga eceran tertinggi, cukup sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Bimoli vs Tropical

Keterangan BimoliTropical
Isi dan kemasan Botol 2 liter Stand pouch 2 liter
Jenis Minyak goreng cair Minyak goreng cair
Bahan Kelapa sawit Kelapa sawit
Informasi nilai gizi Lemak jenuh 4 g, lemak tidak jenuh tunggal 4.5 g, lemak tidak jenuh ganda 1.5 g, lemak trans 0 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrium 0 mg, Vitamin E 10%, omega 9, beta karotena Lemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh 9 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrium 0 mg, Vitamin A 8%, Vitamin E, Pro Vitamin A, Omega 9

Tips Memilih Minyak Goreng Berkualitas dan Sehat

1, Pilihlah Karakteristik Minyak
Ketika kalian ingin memilih dan membeli minyak, agar mendapatkan minyak berkualitas dan sehat, kalian harus memperhatikan karakteristik minyak yang akan kalian beli tersebut. Pilihlah minyak yang jernih, selain itu kalian juga harus memastikan bahwa minyak tersebut tidak terlalu kental serta tidak mudah beku.

Karena minyak dengan karakteristik tersebut sangat beresiko tinggi untuk kesehatan, seperti misalkan meningkatkan resiko seseorang terkena kanker, kolesterol jahat, serta akan menimbulkan rasa gatal di tenggorokan.

2. Berdasarkan Warna dan Aroma
Minyak goreng berkualitas, baik dan sehat memiliki aroma yang khas dan tidak tercium adanya bau yang mengganggu. Jika kalian mecium bau tengik pada minyak yang akan dibeli tersebut, maka itu tandanya minyak goreng sudah rusak. Jika dikonsumsi akan membahayakan kesehatan. Sedangkan untuk warnanya, minyak goreng yang berkualitas dan sehat memiliki warna yang jernih dan bening.

3. Perhatikan Komposisi Minyak
Selain melihat dari karakteristik minyak itu sendiri, kalian juga harus memperhatikan komposisi minyak yang akan kalian beli. Pastikan kalian membaca terlebih dahulu komposisi yang ada di belakang kemasannya sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Pilihlah Minyak yang Rendah Lemak
Pada umumnya minyak goreng mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, sehingga dengan begitu akan mengakibatkan kolesterol dan kadar lemak yang akan  beresiko pada kesehatan jantung. Oleh sebab itu, pilihlah minyak yang mengandung rendah lemak. Seperti misalkan, minyak zaitun, minyak jagung dan lain sebagainya.

5. Pilih Minyak Goreng yang mengandung Omega 3
Kandungan omega 3 dapat menjaga kesehatan jantung kita. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan keluarga tercinta, anda dapat mulai beralih pada minyak yang lebih berkualitas dan sehat.

Pilih Mana: Bimoli atau Tropical?

BimoliTropical
Kelebihan- Mengandung omega 3 dan omega 9 - Panasnya stabil - Harga minyak yang terjangkau - Minyak Tropical banyak promo menarik - Minyak gampang ditemukan dimana saja - Minyak jernih dan berkualitas
Kekurangan- Masih suka menempel digorengan - Mengandung lemak trans - Menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker - Konsistensinya cair - Desain yang hampir sama dengan pesaing - Harga cukup tinggi 

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua minyak goreng Bimoli dan Tropical mempunyai keunggulannya masing-masing berdasarkan komposisinya dan memberikan manfaat yang hampir serupa, Misalnya minyak Bimoli memiliki kualitas yang sangat baik yang mengandung Omega 9 dan asam lemak tak jenuh tunggal yang berperan menurunkan kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL dan sama halnya dengan minyak Tropical dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena dilengkapi kandungan Omega 9 yang tinggi. Keduanya dibedakan dengan konsistensi minyaknya saja, untuk minyak Tropical konsistensinya lebih cair dibandingkan minyak Bimoli yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kalian

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bimoli vs Tropical

VS

Leave a Reply