Finance

Pilih Mana: Bitcoin Cash atau Litecoin?

Cara untuk berinvestasi pada zaman saat ini memang memiliki cara, hingga hanya bisa kamu sesuaikan saja dengan keinginan kamu. Karena dengan berinvestasi, akan membuat kamu lebih siap menghadapi masa depan, dan bisa mengatur keuangan kamu. Salah satu platform yang sudah banyak diminati orang untuk berinvestasi adalah Bitcoin Cash dan Litecoin.

Keduanya yaitu Bitcoin Cash dan Litecoin adalah koin mata uang terdesentralisasi yang sudah banyak diminati oleh orang untuk berinvestasi, apakah kamu sudah mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan dari keduanya? Jika belum, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Bitcoin Cash dan Litecoin. Langsung saja baca penjelasannya di bawah ini.

Bitcoin Cash

Bitcoin Cash baru muncul pada 1 Agustus 2017 Roger Ver dan Jihan Wu adalah pendukung penuh untuk upgrade bitcoin ini ke Botcoin Cash, Bitcoin Cash adalah mata uang mendunia terjamin yang berasal dari visi awal Bitcoin untuk menjadi “Mata Uang Elektronik P2P”. Bitcoin Cash memberdayakan pedagang dan pengguna untuk bertransaksi dengan biaya rendah dan konfirmasi cepat.

Dengan inovasi baru dan pertumbuhan teknologi, Bitcoin Cash memungkinkan adopsi global dan pengembangan moneter yang terdesentralisasi. Tujuan sebenarnya adanya Bitcoin Cash sebenarnya adalah untuk menyelesaikan masalah skalabilitas melalui penggunaan blok lebih besar.

Kendala terkait skalabilitas pada Bitcoin muncul ketika jumlah transaksi Bitcoin yang semakin pesat mulai memenuhi jaringan. Hal ini menyebabkan jaringan Bitcoin menjadi lebih lambat dan biaya melakukan transaksi pun lebih mahal daripada sebelumnya.

Bitcoin Cash juga bisa dibilang upgrade yang lebih canggih dari Bitcoin. Sehingga Bitcoin Cash memiliki masa depan yang lebih baik dan bisa membuat dan memberikan profit di trading Bitcoin Cash.

Dengan demikian, serangan replay mampu mengeluarkan atau menggunakan koin yang sama lebih dari satu kali, dan ini dapat merusak total jaringan blockchain karena gangguan supply. Jadi memang Bitcoin Cash cukup jauh berbeda dengan Bitcoin. Mulai dari harga yang cukup murah Bitcoin Cash dan fitur yang ada. Baca juga Pilih Mana: Stellar atau Bitcoin?

Beberapa Fakta Bitcoin Cash Perlu Diketahui

  • Bitcoin Cash diciptakan tahun 2017 untuk mendapatkan atau untuk kamu merasakan transaksi yang cukup cepat dan aman juga terlindungi juga adanya fitur yang baik.
  • Bitcoin Cash saat ini masih dipandang sebagai altcoin. Ini bukan Bitcoin dan tidak memiliki hubungan langsung dengan nilai Bitcoin karena Bitcoin Cash berbeda dengan Bitcoin.
  • Bitcoin Cash merupakan mata uang tersendiri dan berguna karena fungsinya mirip dengan Bitcoin. Hanya saja lebih cepat karena peningkatan ukuran blocknya.
  • Bitcoin Cash menyaksikan perubahan besar di pasar dan mampu mempertahankan posisinya di puncak daftar ‘koin utama’ berdasarkan kapitalisasi pasar.
  • Investor berspekulasi bahwa Bitcoin Cash diciptakan hanya karena biaya yang tinggi dan transaksi yang lambat akhirnya akan menghancurkan Bitcoin, dan bukan karena Bitcoin telah mencapai output block maksimum. Ini hanya mengenai pro dan kontra saja.

Kelebihan Bitcoin Cash

  • Kecepatan Transaksi
    Dalam hal kecepatan bertransaksi dibandingkan dengan Bitcoin biasa atau mata uang digital lainnya Bitcoin Cash lebih memiliki kecepatan bertransaksi. Kecepatan transaksi ini tentu akan sangat membantu dan menguntungkan bagi kamu.
  • Aman dan Terlidungi
    Bitcoin Cash adalah suatu generasi yang lebih di zaman digital era pertama bitcoin namun era kedua Bitcoin Cash dengan inovasi dan pembaharuan dan perbaikan sistem diharapkan lebih canggih Bitcoin Cash dibandingkan dengan bitcoin, keamanan tingkat tinggi. Ya, akses kamu ke akun wallet atau jual atau beli Bitcoin Cash (BCH) sudah dilengkapi dengan pengaturan kriptografi yang rumit. Jadi, kecil kemungkinannya untuk hacker menembusnya.
  • Dapat Menjadi Tabungan
    Nilai jual dari mata uang kripto, khususnya Bitcoin Cash (BCH), terus mengalami kenaikan signifikan. Jadi, keuntungan yang diperoleh jelas jauh lebih besar daripada bunga bank. Adanya Bitcoin Cash (BCH) membuat semua perantara bank hilang. Kemudian, kamu juga tidak perlu membayar biaya registrasi atau administrasi bulanan.
KeteranganBitcoin Cash
KoinBitcoin Cash (BCH)
DiciptakanRoger Ver dan Jihan Wu (pendukung penuh untuk upgrade bitcoin ini ke Botcoin Cash)
Tahun Berdiri1 Agustus 2017
Web ResmiBitcoincash.org
Fitur UtamaMemiliki perlindungan replay dan wipeout

Kekurangan Bitcoin Cash

  • Tidak Stabil
    Kekurangan ini diakibatkan oleh mata uang BCH yang masih bersifat spekulatif. Lagipula, belum semua perusahaan retail atau semacamnya yang menerima pembelian dan penjualan produknya dengan mata uang Bitcoin Cash (BCH) sebagai alat tukarnya.
  • Rentan Terhadap Pencucian Uang
    Beberapa pengamat bahkan menganggap Bitcoin Cash ini sebagai mata uang illegal karena pemerintah sama sekali tidak mengaturnya dalam perundangan. Sehingga Bitcoin Cash rentan terhadap pencucian uang, karena tidak adanya campur tangan pemerintahan dan tanggung jawab negara.
  • Kehilangan dan Kerusakan
    Meski sudah memiliki sistem pengamanan yang kuat, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada perangkat keras (misalnya komputer atau flashdisk) kamu sebagai tempat menyimpan wallet file. Apalagi jika ada virus yang menyerang hard disk. Nah, jika demikian yang terjadi, maka semua Bitcoin kamu bisa hilang begitu saja. Isi dalam hard disk juga bisa terhapus tanpa kamu sengaja yang melakukannya.
Lihat juga:  Pilih Mana: BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?

Litecoin

Litecoin diciptakan dan dirilis oleh Charles Lee, seseorang yang pernah menjadi karyawan Google, pada tanggal 7 Oktober 2011 melalui client Open-Source di GitHub. Litecoin adalah sebuah mata uang kripto yang dibuat pada tahun 2011 menggunakan perangkat lunak terbuka untuk umum (Open-Source Software).

Open-Source yang dirilis dibawah lisensi MIT/X11 yang memberikan akses pengembang untuk menjalankan, memodifikasi, dan menyalin perangkat lunak dan mendistribusikannya sesuai dengan kebutuhan. Perangkat lunak Litecoin dilepaskan dalam proses transparan yang memungkinkan verifikasi binary secara independen.

Litecoin mata uang terdesentralisasi berbasis blockchain yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi yang memiliki kecepatan yang baik di seluruh dunia dengan menghilangkan pihak ketiga (perantara), atau biasa disebut dengan Peer to Peer (Individu-ke-Individu), sehingga jaminan keamanan transaksi dapat didapatkan secara penuh.

Salah satu cara untuk mendapatkan Litecoin adalah adalah dengan proses penambangan terdapat 2 cara penambangan yaitu Cloud Mining dan Mining Rig Pribadi, tetapi pada intinya yang wajib dicoba untuk mendapatkan kepingan dari Litecoin adalah menyelesaikan algoritma (permasalahan verifikasi block) dengan rumus PoW (Proof of Work) bernama Scrypt.

Algoritma Scrypt itu dapat diselesaikan menggunakan GBP atau VGA atau Kartu Grafis yang biasa kita temui. Jadi intinya penambangan Litecoin disini merupakan imbal balik dari Litecoin pada fitur yang diperlukan Litecoin untuk beroperasi 24 jam non stop dalam memverifikasi setiap bisnis pada setiap blok khusus, ataupun dalam penciptaan blok baru.

Beberapa Fakta Litecoin Perlu Diketahui

  • Litecoin diciptakan oleh Charlie Lee pada bulan October 2011.
  • Charlie Lee adalah mantan karyawan di Google dan Direktur Teknik di Coinbase.
  • Litecoin bisa dikatakan koin ‘tua’ karena Litecoin adalah salah satu altcoin yang awal.
  • Banyak orang menilai Litecoin lebih cocok untuk menjadi pembayaran online.
  • Litecoin adalah open-source dimana anda bisa mengakses kode mereka.

Kelebihan Litecoin

  • Waktu Transaksi Cepat
    Banyak yang sudah menyebutkan dan juga menjelaskan bahwa di sini bahwa Litecoin mungkin memiliki waktu blok tercepat, oleh karena itu, menjadikannya mata uang digital yang disukai pengguna.
  • Pertambangan Lebih Mudah
    Algoritma penambangan Litecoin lebih sederhana daripada mata uang digital lainnya. Artinya anda dapat menmabangnya di komputer dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi dan hanya akan membutuhkan sedikit energi.
  • Litecoin Dapat Dibeli Langsung
    Hal ini menjadi sebuah kelebihan bila dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya. kalian dapat secara langsung membeli Litecoin dengan mata uang yang dimiliki. Sementara untuk cryptocurrency lain, kalian harus membeli Bitcoin terlebih dahulu, dan kemudian menukarkan Bitcoin tersebut dengan mata uang yang dibutuhkan.
KeteranganLitecoin
KoinLitecoon (LTC)
DiciptakanCharles Lee
Tahun Berdiri7 Oktober 2011
Web ResmiLitecoin.org
Fitur UtamaAdanya SegWit dan Lightning Network

Kekurangan Litecoin

  • Keberhasilan Bergantungan
    Jika Bitcoin membaik satu hari di masa depan dan mengatasi skalabilitas dan kecepatan transaksi yang merepotkan, maka Litecoin dapat menemukan bahwa itu berseluncur diatas es yang rapuh. Alasannya adalah bahwa mayoritas investor crypto lebih menyukai Bitcoin sehingga istilah tersebut menjadi identik dengan cryptocurrency.
  • Dapat Terjadi Penurunan Inflasi
    Risiko Litecoin justru diprediksikan akan terjadi jika pasar tidak memiliki ketertarikan. Proses mining-nya tergolong mudah, hal ini memungkinkan adanya penumpukan stok Litecoin. Di jangka panjang, jika tidak mampu bertumbuh dapat mengalami penurunan inflasi secara drastis.
  • Adanya Volatilitas
    Pada investasi jangka pendek menggunakan Litecoin, terdapat volatilitas yang artinya adalah masalah signifikan di seluruh pasar crypto, yang berarti investasi jangka pendek di Litecoin memiliki berisiko yang cukup tinggi.

Pilih Mana: Bitcoin Cash atau Litecoin?

Bitcoin CashLitecoin
Kelebihan- Transaksi yang memiliki waktu cepat - Keamanan yang baik dan terlindungi - Dapat menjadi tabungan - Waktu transaksi cepat - Proses pertambangan yang mudah - Litecoin dapat dibeli langsung
Kekurangan- Tidak stabil - Rentan terhadap pencucian uang - Dapat terjadi kerusakan dan kehilangan - Keberhasilan bergantungan - Dapat teradi penuruanan inflasi yang drastis - Investasi jangka panjang beresiko tinggi

Kesimpulan

Mengenai penjelasan di atas, bahwa keduanya Bitcoin Cash dan Litecoin memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hanya saja, jika kamu ingin berinvestasi kamu harus terlebih dahulu memahami proses serta resiko dimasa yang akan datang. Karena tidak semua investasi akan menguntungkan.

Tetapi  dari kedua di atas, jika ingin berinvestasi maka Bitcoin bisa menjadi pilihan kamu tetapi untuk investasi jangka panjang tidak begitu disarankan. Dan jika kamu berencana menggunakan mata uang kripto atau crypto sebagai alat tukar dalam proses transaksi, maka Litecoin adalah pilihan yang lebih baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bitcoin Cash vs Litecoin

VS

Leave a Reply