ElektronikTechnology

Pilih Mana: Biznet atau IndiHome?

Internet merupakan salah satu hal yang dibutuhkan manusia, apalagi jika memiliki internet unlimited yang bisa kamu pakai dalam melakukan berbagai aktivitas seperti download film, download musik, streaming video dan masih banyak lagi. Untuk itu sekarang sudah banyak provider yang menyediakan layanan internet dengan koneksi yang baik seperti Biznet dan IndiHome.

Biznet dan IndiHome sendiri dikenal memiliki harga yang cukup tinggi, namun tentu saja itu sesuai dengan beberapa profit yang diterima pemakainya dimulai dari koneksi yang kencang dan beberapa layanan yang ditawarkan oleh keduanya.

Beberapa kelebihan dan kekurangan tentu tersemat didalam kedua provider ini. Untuk itu mari simak artikel yang satu ini sebagai acuan kamu dalam memilih provider internet andalan kamu dirumah. Disini aja ya!

Biznet

Biznet Home merupakan layanan Internet ultra cepat dan Cable TV berkualitas HD untuk rumah dan apartemen, tersedia dalam bermacam opsi paket untuk akses internet terbaikmu. Baca juga Pilih Mana: IndiHome atau MyRepublic?

Biznet menyediakan layanan telekomunikasi dan multimedia yang lengkap untuk penuhi kebutuhan internet dan cable TV kamu dengan harga yang terjangkau. Customer Care serta Network Operation Center selalu tersedia 24/7, Kamu bisa menghubungi Biznet lewat telepon, email atau live chat.

Dapatkan akses gratis Biznet Wifi dan Biznet Video yang berlaku untuk semua konsumen Biznet Home. Biznet Wifi merupakan layanan akses internet di ruang publik dengan kecepatan sampai 100Mbps, dan Biznet Video yakni portal video-on-demand dimana kamu dapat menyaksikan acara favoritmu di lokasi-lokasi yang mempunyai akses Internet.

Selain itu Biznet juga memiliki layanan Biznet Home Gamers yang merupakan layanan Biznet yang khusus dirancang untuk menjawab kebutuhan gamers dalam bermain game, menawarkan kestabilan jaringan dan kapasitas bandwidth internet yang besar memastikan performa game online tetap optimal.

Biznet makin mengokohkan posisinya sebagai perusahaan penyedia layanan komunikasi dan multimedia terdepan kebanggan anak negeri yang inovatif, dengan baru-baru ini menerima Indonesia Most Innovative Business Award 2019 yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi, sebagai Perusahaan Penyedia Layanan Telekomunikasi dan Multimedia Inovatif melalui jaringan fiber optik terbaru, untuk kategori Internet Service Provider.

Kelebihan Biznet

  • Banyak website yang sudah diblokir
    Sudah ada banyak website yang memiliki konten negatif sudah diblokir sehingga untuk filteringnya amat baik. Perihal ini membuat para orang tua merasa tenang saat anak mereka sedang menggunakan internet untuk kebutuhan mereka.
  • Koneksi cepat
    Dengan paket dan harga yang dipilih, kecepatan koneksi sudah lumayan memuaskan. Walaupun belum mencapai kecepatan maksimum, tetapi para pemakai Biznet dirasa sudah puas sebab kecepatan yang disajikan sesuai dengan harga yang sudah dibayarkan.
  • Jarang ada gangguan
    Biznet sudah sanggup melakukan traffic shaping dengan bagus dan rapi alhasil tidak ditemui gangguan dikala berselancar di dunia maya.

Kekurangan Biznet

  • Harga mahal
    Dengan kualitas koneksi yang tinggi, harga yang ditawarkan Biznet pun juga tinggi. Berbeda dengan kebanyakan provider yang mematok harga tidak terlalu tinggi dengan koneksi yang cukup cepat juga.
  • Bergantung dengan alamat DNS
    Ketergantungan dengan alamat DNS amat tinggi jadi bila server DNS bermasalah, pasti koneksi akan secara otomatis terputus. Hal ini tentu menjadi kekurangan yang paling disesalkan oleh para pengguna Biznet.
  • Jaringan hanya tersedia di area tertentu
    Jika kalian para pengguna MyRepublic yang membutuhkan coverage di area tertentu, sama halnya dengan Biznet. Orang yang ingin menggunakan Biznet harus mengecek terlebih dahulu apakah di wilayahnya sudah ada yang menggunakan Biznet atau belum.

Cara daftar Biznet

  1. Pastikan alamat dan lokasi rumah kamu terletak di wilayah jangkauan Biznet
  2. Lakukan registrasi di website Biznet Home
  3. Biznet akan mengirimkan notifikasi ketersediaan layanan untuk rumah atau apartemen kamu, bersama dengan tautan ke halaman pembayaran
  4. Setelah pembayaran, Biznet akan menjadwalkan instalasi kamu.
SpesifikasiBiznet
Produk PT Supra Primatama Nusantara
Tahun berdiriTahun 2000
Pilihan paketBiznet Home Combo 1, Biznet Home Combo 2, Biznet Home Combo 2 Plus dan Biznet Home Combo 3
Varian harga Rp 400.000 - Rp 1.150.000,- per September 2019

IndiHome

Indonesia Digital HOME (disingkat IndiHome) merupakan salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (USeeTV Cable, IP TV).

Sebab penawaran inilah Telkom memberi merek IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) sebab selain internet, konsumen juga memperoleh siaran Televisi berbayar dan saluran telepon.

Paket IndiHome juga dilengkapi dengan konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation. Sejak diluncurkannya IndiHome, konsumen yang berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk beralih memakai IndiHome, sebab layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.

IndiHome resmi dirilis pada tahun 2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network 2015. Dalam penyelenggaraannya, Telkom menggandeng beberapa developer teknologi telekomunikasi untuk membuat rumah berkonsep digital.
Paket Indihome secara umum dibagi jadi 3 yakni Single Pay, Dual Pay dan Triple Pay. Paket Single Pay artinya kita cuma memakai layanan internet saja. Paket Dual Pay diberi pilihan apakah Internet+TV atau Internet+Telepon Rumah sedangkan TriplePlay yaitu layanan Telepon+Internet+TV.

Paket paling murah yaitu paket Indihome Deluxe, hanya dengan 460/bulan kamu sudah menikmati UseeTV, Telepon Rumah dan Internet kecepatan tinggi. Kemudian apa itu Movin’, Iflix dan HooQ.

Untuk Movin’ yaitu aplikasi Android pelengkap Indihome, Dari deskripsi di Google play, movin’ ini membuat kamu dapat menerima panggilan telepon rumah melalui Hp kamu selama handphone tercover jaringan Wifi Indihome di rumah kamu.

Kelebihan IndiHome

  • Tersedia paket sesuai kebutuhanmu
    IndiHome mempunyai 2 paket yang bebas kamu pilih, yakni Dual Play dan Triple Play. Dual Play memungkinkanmu memilih 2 layanan unggulan dari IndiHome, seperti Internet Fiber dan Telepon Rumah, atau Internet Fiber dan UseeTV (TV Interaktif). Sedangkan untuk Triple Play, kamu akan memperoleh paket berisi 3 layanan IndiHome secara langsung.
  • Menjadi media belajar terkini untuk anak
    Televisi semestinya bukan cuma jadi media hiburan, namun juga jadi sarana belajar untuk anak-anak dan remaja. Masih dari UseeTV, di sana terdapat layanan add-on yang membuat kamu terhubung dengan aplikasi berisi konten edukasi layak tonton. Add-on ini dapat diakses dengan tambahan biaya yang disesuaikan dengan paket yang diinginkan.
  • Perlindungan ekstra dari virus digital
    Kemudahan akses informasi dan telekomunikasi di rumah karena adanya jaringan internet menyeluruh juga bisa jadi ancaman tersendiri. Bila tidak hati-hati, data pribadimu dapat terkena serangan virus digital seperti malware, spyware, phising, dan konten lain yang tidak layak. Untuk itu, Internet Fiber hadir dengan antivirus sebagai proteksi ekstra dari bahaya virus digital.

Kekurangan IndiHome

  • Harga yang mahal
    Harganya lebih mahal dari kebanyakan provider lainnya. Tetapi kembali lagi ke opini individu, banyak yang komplain tentang tingginya harga yang ditawarkan oleh IndiHome.
  • Hanya bisa dipakai disekitar rumah
    Karena IndiHome merupakan internet rumahan. Tentu penggunaannya cuma untuk di sekitar rumah. Tidak dapat dibawa untuk bepergian. Berbeda dengan kita jika memakai paket internet pada handphone.
  • Resiko tersambar petir
    Bila hujan dan banyak petir, kamu mesti mematikan modem bila tidak mau rusak sebab tersambar petir.

Cara daftar IndiHome

  1. Datang ke Plasa Telkom, Harap perhatikan baik-baik yang mana Plasa Telkom dan yang mana kantor pos. Dan jangan lupa membawa KTP.
  2. Di konter, kamu akan diminta untuk mengisi formulir dengan data-data yang dibutuhkan dan diminta menggambarkan denah menuju rumah kamu.
  3. Setelah melakukan pembayaran, Telkom akan mengatur jadwal pemasangan provider nya dirumah kamu.
  4. Sebagai catatan bahwa daftar IndiHome gratis jasa pemasangan, jika ada yang meminta sejumlah uang segera laporkan kejadian tersebut.
SpesifikasiIndiHome
Produk PT Telekomunikasi Indonesia
Tahun berdiriTahun 2015
Pilihan paketIndiHome Paket Netizen I, IndiHome Paket Netizen II, Paket Internet IndiHome Premium, IndiHome HSI Indihome Gamer, Paket Internet IndiHome Value
Varian harga Rp 380.000 - Rp 1.890.000,- per September 2019

Pilih Mana: Biznet atau IndiHome?

Biznet IndiHome
Kelebihan- Banyak website yang sudah diblokir - Koneksi cepat - Jarang ada gangguan - Tersedia paket sesuai kebutuhanmu - Menjadi media belajar terkini untuk anak - Perlindungan ekstra dari virus digital
Kekurangan- Harga mahal - Bergantung dengan alamat DNS - Jaringan hanya tersedia di area tertentu - Harga yang mahal - Hanya bisa dipakai disekitar rumah - Resiko tersambar petir

Kesimpulan

Setelah melihat detail dan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Biznet dan IndiHome, yang mana yang menjadi pilihan kamu? Tentu saja dua-dua nya adalah provider yang baik dengan koneksi yang cepat dengan beberapa kekurangan yang ada. Tergantung kamu hendak memilih yang mana, untuk itu sesuaikan provider andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Biznet vs IndiHome

VS

Leave a Reply