KesehatanParenting

Pilih Mana: Blackmores Pregnancy atau Folamil Genio?

Selama hamil penting bagi ibu mengkonsumsi asupan yang cukup, salah satu cara yang sering dilakukan para ibu hamil adalah mengkonsumsi suplemen khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Banyaknya suplemen di pasaran Indonesia dapat membuat Anda bingung untuk memilihnya. Kedua dari banyaknya yang kami rekomendasikan adalah Blackmores Pregnancy dan Folamil Genio.

Blackmores Pregnancy dan Folamil Genio banyak menjadi pilihan para ibu, tetapi manakah yang lebih bagus dari keduanya? Artikel kami Selera.id kali ini akan membahas mengenai keduanya, agar dapat menjadi referensi untuk Anda.

Langsung saja Anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini agar dapat membuat Anda menjadi lebih jelas untuk memilih yang mana Blackmores Pregnancy atau Folamil Genio.

Blackmores Pregnancy

Blackmores Pregnancy adalah suplemen yang mengandung nutrisi esensial penting untuk kesehatan ibu dan perkembangan anak selama 1.000 hari pertama kehidupan. Blackmores Pregnancy memiliki vitamin dan mineral yang diperlukan untuk ibu hamil dan menyusui.

Blackmores Pregnancy ini memiliki tinggi kalsium dan DHA yang sangat penting untuk perkembangan anak dalam kandungan. Tetapi, penggunaannya tetap harus disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

Blackmores Pregnancy juga memiliki odourless fish oil, sehingga rasanya tidak amis atau berbau. Suplemen ini tidak menyebabkan mual sehingga ibu hamil dan menyusui akan tetap merasa nyaman setelah meminumnya. Baca juga Pilih Mana: Lactamam atau Asifit?

Kelebihan Blackmores Pregnancy

  • Meningkatkan perkembangan otak bayi
    Blackmores Pregnancy mengandung DHA dalam jumlah tinggi. DHA adalah suatu senyawa asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan organ tubuh anak sejak dalam kandungan. Dengan kata lain, DHA dalam Blackmores jenis ini dapat mendukung perkembangan otak, penglihatan, dan sistem saraf bayi.
  • Meningkatkan kecerdasan bayi
    Blackmores Pregnancy mengandung yodium. Yodium ini berperan penting untuk perkembangan fungsi otak bayi, keterampilan motorik dan visual, serta perkembangan pendengaran. Dengan asupan yodium yang cukup, bayi dalam kandungan akan tumbuh menjadi anak yang cerdas di masa perkembangannya.
  • Mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi
    Blackmores Pregnancy mengandung kaya asam folat. Asam folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang memproduksi sel darah merah dan mencegah resiko cacat lahir. Kandungan asam folat dalam Blackmores Pregnancy dapat mendukung perkembangan otak, penglihatan, dan sistem saraf bayi. Bila diminum setiap hari selama 1 bulan sebelum konsepsi (pembuahan) dan selama kehamilan, suplemen ini dapat mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi.

Kekurangan Blackmores Pregnancy

  • Harga relatif mahal
    Kekurangan yang ada pada suplemen Blackmores Pregnancy ini harga yang dijual memang relatif mahal, sekitar 180 kapsul Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 370.000 (per Oktober 2019). Meski harga yang memang relatif mahal tetapi khasiat emg baik untuk ibu hamil dan menyusui.

  • Tidak dapat dikonsumsi bersamaan obat lain
    Kekurangan lainnya dari suplemen Blackmores Pregnancy ini adalah mengklaim bahwa suplemen ini sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan obat lain karena jika terjadi akan membuat suplemen ini tidak bekerja secara maksimal malah akan membuat racun saja. Tapi adanya dokter yang mengatakan boleh saja mengkonsumsi Blackmores bersamaan obat lain tetapi harus konsumsi bersamaan dengan obat yang mengandung kalsium, magnesium, zat besi, dan seng dapat mengurangi penyerapan obat.
  • ASI ibu bisa berubah warna bening
    Sayangnya ketika mengkonsumsi suplemen ini memang bagus untuk anak didalam kandungan, tetapi ketika anak sudah lahir maka ibu akan mengeluarkan ASI. ASI yang dihasilkan lebih ke berwarna bening bukannya kental ini ada pengaruhnya dengan penggunaan Blackmores Pregnancy. Tetapi jangan khawatir dokter mengatakan maka harus tetap konsumsi Blackmores Pregnancy selama menyusui.

Tabel di bawah ini adalah harga Blackmores Pregnancy Per Oktober 2019.

Keterangan Harga Per Oktober 2019
Blackmores Pregnancy 60 KapsulRp. 166.000
Blackmores Pregnancy 120 KapsulRp. 282.000
Blackmores Pregnancy 180 KapsulRp. 370.000

Hal yang Harus Diperhatikan Selama Penggunaan Blackmores Pregnancy

  • Simpan suplemen di tempat yang kering dengan suhu 30 derajat celcius.
  • Hindarkan dari paparan cahaya matahari langsung.
  • Bila Anda mempunyai bayi dengan cacat tabung saraf atau spina bifida, segera konsultasikan ke dokter. Beri tahukan dokter bila Anda mempunyai masalah tiroid atau penyakit medis lainnya.
  • Hindari penggunaan yang melebihi dosis yang dianjurkan. Ikuti saran dokter untuk memperoleh manfaat Blackmores Pregnancy.
Lihat juga:  Pilih Mana: Ever E atau Folavit?

Folamil Genio

Folamil Genio diproduksi oleh PT Dexa Medica, dalam setiap kemasannya suplemen ini berisi 30 kapsul. Memiliki kemasan berwarna putih dan pink, Folamil Genio menjadi salah satu jenis suplemen yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Folamil paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Kelebihan Folamil Genio

  • Dapat menjaga perkembangan otak janin
    DHA adalah asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan selama pertumbuhan janin. DHA diklaim sangat penting untuk perkembangan otak janin dan anak agar dapat tumbuh cerdas. Dan juga adanya kandungan Asam arakidonat atau ARA adalah bentuk asam lemak lainnya yang juga penting untuk perkembangan otak bayi seperti DHA.

  • Terkenal di pasaran Indonesia
    Sama dengan pesaingnya Blackmores Pregnancy, Folamil Genio sangat terkenal di pasaran Indonesia. Apalagi untuk ibu yang sedang hamil atau juga menyusui, sehingga untuk kualitasnya tidak perlu Anda ragukan lagi. Mudah untuk didapatkan juga menjadi kelebihan dari Folamil Genio ini.
  • Mencegah gangguan pasca melahirkan
    Adanya kandungan Beta-karoten merupakan pigmen warna merah-jingga yang sering ditemukan dalam buah dan sayur. Di dalam tubuh, beta-karoten diubah menjadi vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Pada wanita hamil, manfaat zat ini adalah untuk membantu menurunkan risiko komplikasi kehamilan, hingga mencegah gangguan pasca melahirkan seperti demam hingga diare.

Kekurangan Folamil Genio

  • Tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan obat lain
    Banyak yang menyarankan jika ingin mengkonsumsi suplemen Folamil Genio tidak dianjurkan mengkonsumsi obat lain. Jadi, jangan sampai menggunakan suplemen ini bersamaan dengan suplemen lainnya. Ada baiknya untuk Anda selalu konsul terlebih dahulu ke dokter yang sudah Anda percaya.
  • Dapat terjadi gata-gatal
    Ketika mengkonsumsi sebuah obat atau suplemen munculnya gatal-gatal pada tubuh maka sudah dipastikan itu adalah efek samping yang dirasakan. Folamil Genio juga mengklaim jika terjadi seperti gatal-gatal hingga kemerahan maka berhentikan penggunaan.
  • Tidak dianjurkan untuk usia kandungan 7 bulan
    Suplemen Folamil Genio ini dianjurkan untuk ibu hamil bahkan ibu menyusui, untuk ibu hamil yang usia kandungan sudah 7 bulanan ke atas suplemen ini tidak terlalu dianjurkan. Meski memang Anda masih tetap ingin mengkonsumsinya sangat dianjurkan untuk menjalankan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter.

Tabel di bawah ini adalah harga Folamil Genio Per Oktober 2019.

Keterangan Harga Per Oktober 2019
Folamil Genio Multivitamin for Pregnancy dan Lactacing 30 Kapsul Rp. 128.000
Folamil Genio Multivitamin Ibu Hamil dan Menyusui 30 KapsulRp. 144.000
Folamil Genio Multivitamin 30 KapsulRp. 230.000

Hal yang Harus Diperhatikan Selama Penggunaan Folamil Genio

  • Jangan gunakan obat ini pada penderita yang hipersensitif terhadap salah satu komponen yang ada dalam komposisi suplemen ini.
  • Jangan gunakan obat ini pada pasien hiperkalsemia, penderita penyakit wilson, gangguan hati dan ginjal kronis, kelebihan zat besi, asma, hepatitis, dan sirosis hati.
  • Bila Anda lagi menjalani pengobatan khusus atau mempunyai kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya diskusikan lebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan komplemen ini.

Pilih Mana: Blackmores Pregnancy atau Folamil Genio?

Blackmores Pregnancy Folamil Genio
Kelebihan- Meningkatkan perkembangan otak bayi - Meningkatkan kecerdasan bayi - Mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi - Dapat menjaga perkembangan otak janin - Terkenal di pasaran Indonesia - Mencegah gangguan pasca melahirkan
Kekurangan- Harga relatif mahal - Tidak dapat dikonsumsi bersamaan obat lain - ASI ibu bisa berubah warna bening - Tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan obat lain - Dapat terjadi gata-gatal - Tidak dianjurkan untuk usia kandungan 7 bulan

Kesimpulan

Blackmores Pregnancy dan Folamil Genio suplemen untuk ibu hamil dan menyusui yang sangat terkenal di kalangan ibu Indonesia. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk pemilihan keduanya bisa Anda pilih sesuai tingkat kecocokan saja, jika terjadi alergi yang berlebihan segera periksa ke dokter. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Blackmores Pregnancy vs Folamil Genio

VS

Leave a Reply