Home

Pilih Mana: Blender atau Hand Blender?

Blender merupakan salah satu alat elektronik yang sangat sering digunakan menghaluskan bumbu untuk proses memasak, membuat jus dan banyak fungsi lainnya. Terdapat dua jenis blender yang biasa untuk digunakan, yaitu blender dan hand blender. Manakah jenis blender yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Blender atau hand blender?

Blender atau blender biasa dan hand blender sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama. Namun, kedua jenis blender ini juga memiliki beberapa perbedaan. Blender atau blender biasa merupakan blender yang saat ini sangat banyak digunakan, hal ini dikarenakan blender memiliki fungsi yang sangat banyak. Sedangkan hand blender saat ini juga telah diminati banyak orang karena lebih fleksibel untuk digunakan dan terdapat jenis yang tidak harus terhubung dengan listrik sehingga bisa dibawa ke manapun dengan mudah.

Blender

Blender merupakan alat elektronik yang dapat digunakan untuk menggiling, mengaduk, mencampur serta melunakkan makanan. Blender dapat digunakan untuk menghaluskan berbagai macam makanan, buah, sayur dan sebagainya. Baca juga Pilih Mana: Blender atau Juicer?

Kelebihan Blender

Berikut beberapa kelebihan blender yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Kuat

Salah satu kelebihan yang dimiliki blender adalah memiliki kekuatan yang lebih besar jika dibandingkan dengan hand blender. Blender manual yang lebih kuat ini dapat memblender makanan atau apapun yang keras, seperti baru es dan lain sebagainya.

  • Hasil Akhir Lebih Halus

Kekurangan lain yang dimiliki blender manual dibandingkan dengan hand blender adalah dapat menghasilkan hasil akhir yang lebih halus. Hal ini dikarenakan blender memiliki wadah yang besar dan memiliki kekuatan yang lebih besar pula sehingga dapat membuat makanan yang di blender menjadi lebih halus.

  • Memiliki Wadah Sendiri

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki blender adalah telah dilengkapi dengan wadahnya sendiri. Wadah yang dimiliki blender ini juga memiliki kapasitas yang lebih besar sehingga Anda dapat memblender lebih banyak dibandingkan hand blender. Karena memiliki wadah ini pula, Anda tidak perlu memegang blender karena Anda dapat meninggalkan blender yang sedang berproses.

Kekurangan Blender

Berikut beberapa kekurangan blender yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Ruang untuk Penyimpanan

Salah satu kekurangan blender adalah memiliki ukuran yang lebih besar sehingga Anda membutuhkan tempat yang lebih besar untuk bisa menyimpan blender ini. Blender ini juga tidak fleksibel untuk dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang besar ini.

  • Lebih Repot Saat Dicuci

Kekurangan lain yang dimiliki blender adalah lebih repot saat dicuci, hal ini dikarenakan blender memiliki komponen yang kecil-kecil yang harus dilepas saat dicuci. Hal ini juga memungkinkan komponen-komponen tersebut bisa hilang.

  • Semua Blender Harus Terhubung dengan Listrik

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki blender adalah semua perangkat blender manual ini harus terhubung dengan listrik. Hal ini berbeda dengan hand blender yang memiliki jenis yang dapat digunakan tanpa memerlukan listrik.

Kelebihan Blender Kekurangan Blender
- Lebih kuat daripada hand blender - Membutuhkan ruang untuk penyimpanan
- Hasil akhir lebih halus - Lebih repot saat dicuci
- Memiliki wadah sendiri - Semua blender harus terhubung dengan listrik

Hand Blender

Hand blender merupakan ragam blender yang dibuat dengan bentuk yang berbeda. Sesuai dengan namanya, hand blender memiliki bentuk yang berbeda dengan blender biasa . Blender jenis ini memiliki bagian panjang digunakan untuk pegangan saat memblender.

Kelebihan Hand Blender

Berikut beberapa kelebihan hand blender yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Membutuhkan Ruang Besar untuk Penyimpanan

Salah satu kelebihan hand blender adalah memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan blender biasa. Dengan ukuran kecil yang dimiliki ini, Anda tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk bisa menyimpan hand blender ini. selain itu, untuk pencucian blender ini juga lebih mudah daripada blender biasa, hand blender memiliki mata pisau yang menyatu dengan mesin sehingga Anda tidak perlu repot saat membersihkannya.

  • Bisa Memblender Makanan dalam Suhu Panas dan Dingin

Kelebihan lain yang dimiliki hand blender adalah dapat memblender makanan dalam suhu panas dan dingin. Dengan demikian Anda dapat merebus diambil menghaluskan sup. Hand blender juga cocok digunakan untuk memblender sup sebagai makanan pendamping ASI. Dikutip dari Detik.com Anda dapat menggunakan hand blender untuk bisa mempercepat pembuatan tim saring sebagai makanan pendamping ASI.

  • Terdapat Jenis Hand Blender yang Tidak Menggunakan Listrik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki hand blender adalah terdapat jenis hand blender yang dapat digunakan tanpa memerlukan sambungan listrik. Dengan kelebihan yang dimiliki ini, Anda dapat menggunakan hand blender tanpa listrik di manapun termasuk saat dalam perjalanan.

Kekurangan Hand Blender

Berikut beberapa kekurangan hand blender yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Terlalu Kuat

Hand blender memiliki ukuran yang relatif lebih kecil daripada blender biasa. Karena itulah hand blender tidak memiliki kekuatan yang terlalu besar seperti blender biasa. Hal ini menyebabkan hand blender tidak mampu untuk memblender makanan atau sesuatu yang memiliki tekstur yang keras seperti es batu.

  • Tidak Memiliki Wadah Sendiri

Kekurangan lain yang dimiliki hand blender adalah tidak memiliki wadah sendiri. Karena itu, Anda perlu menggunakan wadah lain untuk memasukkan makanan yang akan di blender menggunakan hand blender. Selain itu, kekurangan hand blender adalah Anda harus menggerakkan tangan Anda saat memblender dan tidak dapat meninggalkannya.

  • Hasil Akhir Lebih Kasar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh hand blender adalah hasil akhir yang diberikan tidak terlalu halus dan kurang halus dan lebih kasar. Jika Anda membutuhkan blender yang dapat memberikan hasil yang lebih halus dan lembut, sebaiknya Anda tidak menggunakan hand blender.

Kelebihan Hand Blender Kekurangan Hand Blender
- Tidak membutuhkan ruang besar untuk penyimpanan - Tidak memiliki kekuatan yang terlalu besar
- Bisa memblender makanan dalam suhu panas dan dingin - Tidak memiliki wadah sendiri
- Terdapat jenis hand blender yang tidak menggunakan listrik - Hasil akhir lebih kasar

Pilih Mana: Blender atau Hand Blender?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara blender dan hand blender. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua jenis blender tersebut:

Blender Hand Blender
- Memiliki ukuran dan kapasitas yang lebih besar - Memiliki ukuran dan kapasitas yang lebih kecil
- Memiliki wadah sendiri - Tidak memiliki wadah sendiri
- Harus dihubungkan dengan listrik - Terdapat jenis yang tidak harus terhubung dengan listrik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai blender dan hand blender di atas, dapat disimpulkan bahwa blender biasa lebih memiliki banyak fungsi dan lebih kuat jika dibandingkan dengan hand blender. Jadi, jika Anda memiliki banyak aktivitas untuk memasak sebaiknya Anda menggunakan blender biasa. Tapi jika Anda memiliki kebutuhan tertentu, misalnya ingin membuat makanan pengganti ASI dan memerlukan blender yang lebih fleksibel, Anda dapat memilih untuk menggunakan hand blender.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Blender vs Hand Blender

VS

Leave a Reply