HomeMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Blender atau Juicer?

Buah memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah sangat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin, kalsium dan gizi tambahan untuk tubuh, sehingga konsumsi buah untuk tubuh ni sangatlah baik dan diperlukan setiap harinya. Namun, masih banyak orang yang malas untuk mengonsumsi buah. Salah satu cara yang paling mudah untuk mencerna buah adalah dengan cara membuat buah menjadi jus.

Terdapat dua alat membuat buah menjadi jus, yaitu blender dan juicer. Dari kedua alat tersebut, manakah yang paling baik untuk digunakan? Blender atau juicer. Blender dan juicer merupakan alat yang memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membuat jus buah. Namun, blender tidak memisahkan antara sari buah dan seratnya. Sedangkan juicer merupakan alat yang mengambil sari buah atau jus dengan cara memisahkan serat dan ampas buah.

Baca juga Pilih Mana: Kompor Gas atau Listrik?

Blender

Blender tidak memisahkan apapun dari wadah blender. Seluruh potongan buah beserta biji, sayuran termasuk kulit, akan ikut tercampur. Tidak ada proses penyaringan pada blender. Meskipun mirip, juicer dan blender tetap merupakan dua alat berbeda yang masing-masing memiliki kegunaan berbeda pula.

Kelebihan Blender

Berikut kelebihan blender yang perlu Anda ketahui:

  • Tingkat Kehalusan Dapat Disesuaikan

Anda dapat menyesuaikan tingkat kehalusan jus dengan menyesuaikan tingkat kecepatan blender. Jika Anda ingin jus lebih halus, Anda bisa mempercepat perputaran mata pisau blender, tapi jika Anda ingin jus tidak terlalu halus, Anda bisa memperlambat perputaran mata pisau blender. Anda juga dapat menghancurkan atau menghaluskan berbagai macam buah atau sayur secara bersamaan.

  • Mudah Dibersihkan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh blender adalah Anda dapat membersihkannya lebih mudah. Banyak orang yang malas menggunakan alat tertentu karena susah untuk dibersihkan, namun Anda tidak akan merasakan hal tersebut jika menggunakan blender.

  • Harga

Blender memiliki harga yang lebih terjangkau daripada juicer. Untuk mendapatkan blender, Anda memerlukan dana berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp2.000.000, tergantung dari mereknya. Anda pun bisa memilih ingin yang gelas blendernya terbuat dari plastik atau kaca. Blender yang terbuat dari plastik biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada blender yang terbuat dari bahan kaca. Anda dapat menyesuaikan untuk menggunakan mana jenis blender yang akan Anda pakai sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

  • Daya Listrik yang Dibutuhkan

Daya listrik yang dibutuhkan oleh blender sekitar 250 hingga 400 watt. Daya listrik yang dihabiskan ini tergolong tidak terlalu berat karena Anda hanya menggunakan blender dalam waktu yang singkat.

Kekurangan Blender

Berikut kekurangan blender yang perlu Anda ketahui:

  • Membersihkan Ampas Secara Manual

Pada blender tidak terdapat ampas yang harus dibuang karena serat buah, kulit, dan biji turut tercampur pada hasil akhir. Jika Anda ingin memisahkan ampas, hasil blender, Anda harus menyaringnya secara manual terlebih dahulu.

  • Konsentrasi Nutrisi Lebih Rendah

Konsentrasi nutrisi yang dimiliki jus yang diproses dengan menggunakan blender akan lebih rendah. Hal ini dikarenakan blender tidak memisahkan antara serat dan air buah. Sedangkan kandungan mineral dan vitamin pada buah atau sayur biasanya terdapat pada airnya dan bukan pada seratnya.

  • Kandungan Gula yang Tinggi

Saat membuat jus menggunakan blender, biasanya orang akan mencampurkan buah dengan gula, es batu dan bahan lainnya sebagai pelengkap. Dengan demikian kandungan gula pada jus hasil blender lebih tinggi. Selain itu, saat Anda mengonsumsi jus yang dibuat dengan cara diblender, kandungan serat dan ampas ikut memberikan volume terhadap minum Anda. Oleh karena itu, Anda akan lebih cepat merasa kenyang dan total kalori yang Anda konsumsi menjadi terbatas.

Kelebihan BlenderKekurangan Blender
- Tingkat kehalusan jus dapat disesuaikan- Harus membersihkan ampas secara manual
- Mudah untuk dibersihkan- Konsentrasi nutrisi lebih rendah
- Harga relatif murah- Memiliki kandungan gula yang tinggi

Juicer

Juicer merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan jus segar. Alat ini hanya menghasilkan murni jus saja. Serat, kulit, dan biji buah tidak disertakan dalam produk akhir dan akan dibuang pada tempat penyaringan. Bahan-bahan yang tidak digunakan tersebut dikumpulkan dalam saringan yang terdapat dalam juicer. Setelah jus selesai dibuat, saringan dapat dengan mudah dilepas dan dibersihkan dari ampasnya.

Lihat juga:  7 Stylus Pen Terbaik 2020

Kelebihan Juicer

Berikut kelebihan juicer yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Memisahkan Ampas

Salah satu keunggulan juicer adalah dapat memisahkan antara air atau sari buah dengan ampasnya. Hal ini akan membuat hasil yang didapatkan lebih kental, ringan, dan tanpa ampas. Juicer ini juga lebih praktis karena sari buah sudah tertuang otomatis melalui corong.

  • Konsentrasi Nutrisi Lebih Tinggi

Saat Anda menggunakan juicer, maka Anda akan mendapatkan nutrisi dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan juicer memisahkan air dan serat buah. Kandungan mineral dan Vitamin pada air buah dihasilkan dengan baik oleh juicer. Serat yang tidak larut dibuang bersama ampas buah, sedangkan serat larut masih ada pada jus hasil menggunakan juicer. Dikutip dari CCNIndonesia.com jus yang diproses menggunakanjuicer sangat cocok bagi orang yang memiliki masalah pencernaan dan tidak membutuhkan banyak serat.

  • Tidak Mengandung Gula

Memproses buah dengan menggunakan juicer akan menghasilkan air buah yang alami. Biasanya, jarang sekali orang memberikan gula pada jus yang dihasilkan dari juicer. Hal ini dikarenakan jus yang diproses dengan juicer telah memiliki manis alami yang dihasilkan dari buah itu sendiri.

  • Daya Listrik yang Dibutuhkan

Daya listrik yang dibutuhkan untuk menggunakan juicer ini juga tidaklah terlalu besar. Jumlah daya listrik yang dihabiskan pada saat menggunakan juicer dengan blender hampir sama, yaitu sekitar 250 hingga 400 watt. Ini bukan angka yang besar mengingat blender dan juicer tidak harus dipakai setiap hari.

Kekurangan Juicer

Berikut kekurangan juicer yang perlu Anda ketahui:

  • Harga

Jika dibandingkan dengan blender, harga juicer terbilang sedikit lebih mahal. Jika untuk mendapatkan blender dimulai dari harga Rp. 250.000 maka untuk memiliki juicer Anda dapat menyiapkan budget mulai dari Rp300.000 hingga Rp8.000.000. Semakin mahal, mesin juicer pun semakin bagus dan tidak berisik. Bahan penyusunnya juga terbuat dari metal. Selain dari kualitas, variasi harga juicer ini juga bergantung dari mereknya.

  • Sulit Dibersihkan

Kekurangan lain yang dimiliki oleh juicer adalah susah untuk dibersihkan. Juicer ini relatif lebih sulit dibersihkan sebab memiliki beberapa komponen kecil di dalamnya. Di sisi lain, saringan pada juicer hanya menyaring sari buah saja sehingga jus yang dihasilkan minim serat.

  • Memiliki Bentuk yang Relatif Besar

Juicer memiliki bentuk yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan blender. Bentuk juicer yang besar ini kadang membuat juicer menjadi tidak mudah untuk disimpan atau diletakkan pada tempat-tempat tertentu. Juicer memiliki 2 bagian yang terlihat, yaitu tabung jus dan wadah ampas. Di bagian atas terdapat 1 buah tongkat untuk mendorong buah masuk, sedangkan di bagian depan terdapat 1 buah corong tempat keluarnya sari buah. Juicer juga memiliki saringan yang di bagian dalamnya yang berfungsi untuk memisahkan sari buah dengan bijinya.

Kelebihan JuicerKekurangan Juicer
- Dapat memisahkan ampas- Harga relatif mahal
- Konsentrasi nutrisi lebih tinggi- Sulit untuk dibersihkan
- Tidak mengandung gula- Memiliki bentuk yang relatif besar

Pilih Mana: Blender atau Juicer?

Di atas telah dipaparkan perbedaan antara blender dengan juicer. Kedua alat ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Perbedaan antara kedua alat tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

BlenderJuicer
- Ampas harus dibersihkan secara manual - Ampas dapat dipisahkan oleh juicer
- Harga lebih murah- Harga lebih mahal
- Cocok digunakan untuk mencampur buah- Cocok digunakan untuk mengambil sari buah saja

Kesimpulan

Dari hasil penjelasan mengenai blender dan juicer, dapat disimpulkan bahwa juicer dapat menghasilkan jus dan sari buah lebih alami. Juicer secara langsung dapat memisahkan ampas, sehingga jus yang dihasilkan lebih alami dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Namun, jika Anda membutuhkan kandungan serat, Anda juga dapat memproses buah dengan menggunakan blender.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Blender vs Juicer

VS

Leave a Reply