Pilih Mana: Blender Kaca atau Plastik?

Loading...

Alat dapur modern seperti blender, biasanya tersedia dalam beberapa jenis. Seperti misalnya bagus mana blender kaca atau plastik? Kebanyakan orang akan bertanya hal ini saat akan membeli sebuah blender. Walaupun sebenarnya antara blender kaca atau plastik sebenarnya bergantung pada pilihan penggunanya. Namun, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dapat kami simpulkan pada kesempatan kali ini.

Dikutip dari Wikipedia.org, blender adalah alat elektronik berupa wadah yang dilengkapi dengan pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. Sampai saat ini ada dua jenis blender, yakni blender kaca yang memiliki tabung jar dari bahan kaca dan blender plastik yang memiliki tabung jar dari bahan plastik (mika).

Kelebihan Blender Kaca yang bisa Anda ketahui:

1. Perawatannya mudah
Blender dengan bahan kaca cenderung lebih mudah dibersihkan dari pada blender dengan bahan plastik. Hal ini karena secara kimia blender bahan kaca tidak mudaj bereaksi dengan senyawa lain. Selain itu, tampilan blender kaca yang sudah dicuci sabun juga akan terlihat lebih bersih dibandingkan blender plastik. Baca juga Pilih Mana : Blender atau Juicer?

2. Lebih berkualitas
Blender bahan kaca tidak akan berubah warna bahkan jika digunakan untuk mem-blender rempah-rempah jenis cabai kunyit dan lain sebagainya. Selain itu, blender kaca juga lebih anteng atau tidak goyang waktu dipakai atau mesin dihidupkan.

Kekurangan Blender Kaca yang bisa Anda ketahui:

Loading...

1. Harganya lebih mahal
Kekurangan blender kaca ialah harganya yang termasuk mahal, kisaran harganya pun bisa selisih jauh dari blender plastik. Dengan demikian, bagi Anda yang memiliki budget tidak begitu banyak. Membeli blender plastik adalah alternatif untuk membeli sebuah blender.

2. Bobotnya cukup berat
Kekurangan dari blender kaca selanjutnya ialah bobotnya yang berat bahkan sangat berat karena bahan kacanya yang tebal menyelimuti semua sisi tabung blender. Selain itu, pemilik blender kaca haruslah berhati-hati saat akan mencuci blender ini. Karena jika tidak hati-hati maka kemungkinan blender kaca akan tergelincir, jatuh dan pecah.

Kelebihan Blender Plastik yang bisa Anda ketahui:

1. Lebih awet
Dapat dikatakan bahwa blender plastik memiliki tingkat keawetan yang lebih baik dibandingkan blender kaca. Akan tetapi semuanya bergantung pada penggunanya. Jika penggunanya ceroboh, maka kemungkinan blender plastik akan pecah juga bisa terjadi.

2. Ringan dan murah
Untuk membeli blender jenis plastik, Anda tidak perlu merogoh kocek sedalam saat Anda akan membeli blender kaca. Blender plastik memiliki harga yang murah sekaligus ringan saat dipegang. Bobotnya yang ringan sangat ideal ketika blender dibutuhkan untuk di bawa traveling.

Kekurangan Blender Plastik yang bisa Anda ketahui:

1. Tabungnya mudah kusam
Meskipun memiliki kelebihan yang telah kami sebutkan di atas, sayangnya pemilik blender plastik harus kecewa. Karena umumnya tabung jar blender plastik akan menimbulkan bekas noda sisa makanan yang dapat membuat tampilan blender buram dan jelek.

2. Suaranya lebih berisik
Jika dilihat dari berisik dan tidaknya, blender plastik kadang lebih berisik dibandingkan suara yang dikeluarkan oleh blender kaca. Hal ini kemungkinan karena blender dengan bahan kaca mampu meredam suara berisik yang dikeluarkan oleh mesin blender.

Pilih Mana: Blender Kaca atau Plastik?

Blender KacaBlender Plastik
Bobot– Lebih berat– Cenderung lebih ringan
Suara– Tidak begitu berisik– Sangat berisik
Perawatan– Sangat mudah– Sering meninggalkan bekas

Kesimpulan

Jika membahas harga, memang harga blender kaca pastinya lebih mahal. Akan tetapi tampilan, kehigienisan dan juga kualitas blender kaca pastinya sebanding dengan harga tersebut. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Blender Kaca vs Plastik

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *