Kecantikan

Pilih Mana: Blush On atau Bronzer?

Memiliki tampilan wajah yang menarik dan merona merupakan keinginan hampir semua perempuan. Untuk membuat lekukan wajah menjadi lebih tampak dan memiliki wajah yang menarik, Anda dapat menggunakan dua jenis kosmetik. Dua kosmetik tersebut yaitu blush on dan bronzer. Jika Anda perlu untuk menggunakan kosmetik tersebut, manakah yang perlu Anda pilih? Blush on atau bronzer?

Blush on dan bronzer merupakan dua kosmetik yang dapat membuat wajah Anda menjadi lebih menarik. Blush on merupakan perona pipi yang digunakan pada tulang pipi untuk membuat pipi menjadi tampak lebih merona. Sedangkan bronzer merupakan kosmetik yang fungsi utamanya adalah menegaskan lekukan-lekukan pada wajah.

Blush On

Blush on merupakan kosmetik yang banyak digunakan untuk membuat pipi menjadi tampak merona dan berseri. Dengan menggunakan blush on, wajah akan tampak lebih segar dan membuat wajah terlihat lebih menarik. Untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih menarik, Anda dapat menggunakan lipstik pada bibir. Baca juga: Lipstik Matte vs Glossy.

Kelebihan Blush On

Berikut kelebihan blush on yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Membuat Pipi Menjadi Tampak Merona dan Segar

Penggunaan blush on pada pipi dapat membuat pipi menjadi tampak merona dan lebih segar. Blush on pada umumnya memiliki warna yang cerah sehingga akan membuat wajah Anda menjadi lebih segar. Wajah yang agak kusam dan kurang bercahaya dapat dimaksimalkan dengan menggunakan blush on.

  • Memiliki Varian Warna yang Lebih Banyak

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh blush on ini adalah memiliki varian warna yang lebih banyak dan beragam. Anda dapat menyesuaikan varian blush on ini sesuai dengan acara dan kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakan blush on yang berwarna lebih natural untuk dipakai sehari-hari, dan Anda juga dapat menggunakan blush on yang lebih terang untuk acara-acara lainnya yang sesuai. Warna yang disediakan blush on mulai dari warna-warna coklat hingga warna pink, peach dan sebagainya.

  • Dapat Menyempurnakan Penampilan

Memakai makeup untuk pesta tanpa menggunakan blush on akan memberikan kesan yang kurang sempurna pada wajah. Anda membutuhkan blush on untuk menyempurnakan penampilan. Model-model pun biasanya menggunakan blush on yang nampak. Meski blush on yang digunakan berwarna nude, namun blush on tetap bisa menyegarkan dan menyempurnakan penampilan Anda.

Kekurangan Blush On

Berikut kekurangan blush on yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Dapat Digunakan untuk Menegaskan Lekuk Wajah

Blush on hanya dapat dipakai sebagai perona pipi dan membuat tampilan wajah lebih cerah. Blush on tidak dapat dipakai untuk membentuk lekukan-lekukan pada wajah. Dalam hal ini, bronzer lebih unggul daripada blush on. Bronzer lebih mampu membentuk wajah menjadi lebih tegas.

  • Hanya Dapat Dipakai di Pipi

Blush on hanya dapat diaplikasikan pada pipi untuk memeberikan kesan merona pada wajah. Hal ini berbeda dengan bronzer yang bahkan dapat dihgunakan untuk membentuk belahan hingga pada dada. Jika Anda hanya perlu mendapatkan wajah yang merona, Anda dapat menggunakan blush on. Tapi, jika Anda membutuhkan fungsi yang lebih banyak, maka bronzer lebih unggul.

  • Dapat Membuat Wajah Terlihat Menor

Penggunaan blush on yang terlalu tebal dapat membuat wajah menjadi sangat merah dan malah tampak sangat menor. Anda perlu memerhatikan dengan betul ketebalan blush on agar wajah tampak lebih merona namun tidak memberikan kesan yang menor dan terlalu tebal.

Kelebihan Blush OnKekurangan Blush On
- Dapat membuat pipi menjadi tampak merona dan segar - Tidak dapat digunakan untuk menegaskan lekuk wajah
- Memiliki varian warna yang lebih banyak - Hanya dapat dipakai di pipi
- Dapat menyempurnakan penampilan- Dapat membuat wajah terlihat menor jika dipakai berlebihan

Bronzer

Bronzer merupakan kosmetik yang memiliki warna kecoklatan. Bronzer dapat dipakai untuk menampilkan keseluruhan riasan wajah yang semu cokelat memesona. Ini karena bronzer memiliki kandungan partikel pemantul cahaya, jadi wajah Anda kelihatan lebih glowing dan natural.

Kelebihan Bronzer

Berikut beberapa kelebihan bronzer yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Memberikan Aksen pada Tulang Pipi

Dengan menggunakan bronzer, Anda dapat memberikan aksen pada tulang pipi yang lebih tegas. Selain pada tulang pipi, Anda dapat mengaplikasikannya, rahang, serta pada dahi dan dagu agar bentuk wajah tampak lebih tegas dan menarik. Bronzer juga dapat dijadikan contouring untuk membuat hidung Anda tampak lebih kecil, pipi Anda lebih tirus dan dapat menyamarkan kekurangan lain pada wajah Anda.

  • Dapat Menjadi Pengganti Blush On

Kelebihan yang dimiliki oleh bronzer ini salah satunya adalah dapat menjadi pengganti blush on. Bronzer dapat Anda gunakan untuk makeup atau tampilan yang nude. Anda dapat melakukannya jika Anda bosan dengan blush on yang berwarna cerah seperti peach dan pink.

  • Memiliki Warna yang Sesuai dengan Fungsinya

Bronzer pada umumnya memiliki undertone yang hangat dan kuning seperti coklat, atau coklat keoranyean. Untuk bronzer, ada juga yang matte, ada yang memiliki sheen, ada juga yang jelas-jelas finish-nya shimmery. Semuanya warna dan jenis bisa-bisa saja dipakai. Tinggal disesuaikan dengan preferensi makeup look kita masing-masing. Dikutip dari Vemale.com penggunaan blush on juga dapat membuat wajah tampak lebih muda.

Kekurangan Bronzer

Berikut beberapa kekurangan bronzer yang perlu Anda ketahui:

  • Masih Membutuhkan Blush On untuk Wajah Merona

Untuk memberikan kesan yang merona pada wajah, Anda tetap perlu untuk menggunakan blush on. Anda dapat memakai bronzer terlebih dahulu. Selanjutnya Anda juga perlu mengaplikasikan blush on. Aplikasikan bronzer di bawah tulang pipi agar terlihat lebih tirus dan sedikit di atas pipi. Sapukan juga di dahi dan bawah dagu. Sementara, blush on digunakan pada bagian tulang pipi atas.

  • Memiliki Varian Warna yang Lebih Sedikit

Salah satu kekurangan bronzer adalah memiliki varian warna yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan blush on. Bronzer memiliki warna yang lebih kecoklatan. Karena itulah, jika Anda ingin memiliki tampilan wajah yang lebih cerah dan merona, Anda tetap memerlukan blush on.

  • Perlu Diaplikasikan dengan Teliti

Untuk mengaplikasikan danmeratakan bronzer ini pada wajah, Anda perlu melakukannya dengan teliti dan hati-hati. Hal ini dikarenakan pengaplikasian bronzer yang tidak rata dapat membuat wajah tampak aneh karena memengaruhi lekuk-lekuk dan memengaruhi garis wajah Anda.

Kelebihan BronzerKekurangan Bronzer
- Dapat memberikan aksen pada tulang pipi - Masih membutuhkan blush on untuk wajah merona
- Dapat menjadi pengganti blush on - Memiliki varian warna yang lebih sedikit
- Memiliki warna yang sesuai dengan fungsinya - Perlu diaplikasikan dengan teliti

Pilih Mana: Blush On atau Bronzer?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara blush on dan bronzer. Perbedaan tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Blush OnBronzer
- Memiliki banyak varian warna dari coklat hingga pink - Memiliki warna yang lebih kecoklatan
-Dapat membuat pipi tampak lebih merona-Dapat menegaskan lekukan wajah
- Tidak dapat digunakan untuk contour wajah - Dapat digunakan untuk contour wajah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbedaan antara blush on dan bronzer di atas, dapat disimpulkan bahwa bronzer memiliki fungsi yang lebih banyak daripada blush on. Bronzer dapat difungsikan sebagai contour dan dapat juga memiliki fungsi lain. Sedangkan blush on hanya dapat difungsinya sebagai blush on saja dan tidak dapat digunakan untuk mempertegas lekuk wajah.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Blush On vs Bronzer

VS

Leave a Reply