KecantikanParfum

Pilih Mana: Body Mist atau EDT (Eau de Toilette)?

Aroma tubuh seseorang dapat menjadi identitas diri orang tersebut oleh sebabnya orang-orang berlomba lomba mencari produk pengharum tubuh yang dapat menunjang penampilan. Pengharum tubuh juga sudah tidak dapat di tinggalkan dari kebutuhan sehari-hari tentunya agar kita lebih percaya diri jika bertemu dengan orang lain. Kali ini yang akan kita bahas adalah beberapa produk pengharum tubuh yang populer yaitu Body Mist dan salah satu dari jenis Parfum yaitu EDT (Eau de Toilette).

Body Mist

Body mist dikemas dalam bentuk botol biasanya. Keharumannya hampir mirip dengan body spray, bahkan bukan hanya itu jika dilihat-lihat kemasannya pun cukup mirip. Didalamnya terdapat kandungan minyak dengan jumlah tertentu untuk mengikat air dalam kulit Anda. Fungsinya agar kulit tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, kulit pun akan nampak lebih segar.

Body mist merupakan salah satu fragrance yang teritung ringan dan juga menyegarkan. Komposisinya yang terdiri dari air dan minyak tidak ditambah dengan kandungan alkohol. Kandungan minyaknya pun lebih sedikit dibandingkan dengan parfum. Harumnya lebih lembut dan juga khas dibanding parfum. Biasanya, memiliki aroma natural seperti aroma buah atau bunga yang segar.

Bentuknya berupa cairan, sehingga mempermudah kita untuk mengaplikasikannya. Dikemasnya pun berupa botol, jadi cukup dengan disemprotkan saja pada badan. Body mist terhitung sangat praktis untuk Anda yang selalu aktif sepanjang hari.
Cara pemakaiannya sangatlah mudah. Cukup Anda semprotkan pada daerah muka dan badan setelah mandi agar kulit Anda akan tetap lembab. Bisa juga dipakai saat kulit Anda terasa lelah atau kusam setelah melakukan aktivitas. Maka, setelah disemprotkan Body mist maka kulit Anda akan terasa segar kembali. Baca juga Pilih Mana: Deodorant atau Parfum?

Tips cara yang benar penggunaan Body Mist

1. Gunakan body lotion atau petroleum jelly sebelum menyemprotkan body mist
Kulit yang lembap akan mengunci keharuman lebih lama, sementara kulit yang kering membuat aroma body mist cepat menguap, terutama saat kulit berkeringat. Gunakan lotion atau petroleum jelly di permukaan kulit sebelum menggunkan body mist. Akan lebih baik jika kamu menggunakan lotion yang aromanya mirip dengan body mist atau yang aromanya lebih lembut. Usapkan lotionsedikit lebih banyak di area yang akan kamu semprotkan body mist, misalnya leher, lengan, dan bagian dalam siku. Setelah itu, semprotkan body mist dengan jarak 30 cm dari kulit.Parfum untuk aktivitas outdoor tentu beda dengan parfum yang biasa kamu gunakan. Parfum harus tahan lama dan semakin harum saat terpapar keringat.

2. Pakai body mist usai mandi untuk menahan wanginya lebih lama
Ketika mandi, paparan air dan sabun akan membuat kelembapan kulit menurun. Namun, saat itu pori kulit terbuka. Jadi, setelah mengeringkan tubuh dengan handuk, menyemprotkan body mist ke area pori yang masih terbuka akan membuat kulit menahan aroma wanginya lebih lama. Lalu bagaimana jika konser baru dimulai sore atau malam hari? Bersihkan dahulu kulitmu dengan mencuci tangan atau membasuhnya dengan tisu basah, setelah itu semprotkan body mist yang bagian tubuh yang sudah dibersihkan.

3. Semprotkan body mist di area titik nadi untuk menyebarkan wanginya
Bagian tubuh yang terbaik untuk disemprotkan body mist adalah area titik nadi. Alasannya, daerah ini merupakan area sirkulasi darah sehingga membantu menyebarkan wewangian dengan lebih baik. Misalnya di bagian leher, pergelangan tangan, dada, siku bagian dalam, belakang lutut, dan belakang telinga. Jangan menyemprotkan body mist ke pakaian, karena justru wanginya akan bercampur dengan aroma pelembut dan detergen sehingga menghasilkan aroma yang berbeda.

4. Gunakan pada rambut agar rambut lebih segar dan wangi
Untuk yang satu ini, kamu harus memilih body mist yang minim kandungan alkoholnya. Pasalnya, alkohol berisiko membuat rambut semakin kering. Agar wangi body mist bisa menyebar dengan lembut pada rambut, kamu bisa menyemprotkan body mist ke sisir yang akan kamu gunakan. Selain membuat rambut lebih harum, menggunakan body mist ini juga mencegah bau asap menempel pada rambut. Maklum, suasana saat nonton konser belum tentu bebas asap rokok, kan.

5.Semprotkan pada bra bagian luar
Bahan bra yang terbuat dari katun akan menyerap wangi body mist lebih lama. Semprotkan body mist ke bagian luar bra sebelum digunakan, tapi jangan terlalu basah. Setelah itu biarkan wanginya menyerap, dan baru kenakan pakaian. Bagian bra yang menempel pada punggung secara tidak langsung akan membuat aroma keringat lebih segar.

EDT (Eau de Toilette)

Eau de Toilette adalah salah satu di antara jenis umum dari parfum. Sejumlah senyawa aromatik di dalamnya berkisar 5-15 persen. Ini sedikit lebih berat dan karenanya harus digunakan dalam jumlah kecil. Eau de Toilette dapat kalian beli dan temukan di drugstore atau online store seperti Watson.
Jenis yang satu ini bertahan untuk jangka waktu yang lama. JIka ingin parfum jenis ini tahan lama, berikut adalah beberapa poin pada tubuh yang harus Anda semprotkan yakni di balik lutut, pada pergelangan tangan, kedua sisi leher. Adapun beberapa cara penggunakan EDT agar lebih tahan lama dan wanginya lebih keluar akan di bahas di bawah ya.

Tips cara yang benar penggunaan EDT (Eau de Toilette)

1. Pilihlah Wangi yang Tepat
Parfum dengan wangi bunga tropis, citrus, atau tumbuhan hijau memang membangkitkan semangat dan menyegarkan, tetapi cenderung tidak bertahan lama. Memilih parfum dengan wewangian kayu atau parfum beraroma spicy secara langsung memberikan Anda wangi natural yang lebih kuat dan tahan lama.

2. Cermati Komposisi Parfum
Wangi parfum terbuat dari bermacam ekstrak minyak tumbuhan dan minyak sintetis dicampur dengan alkohol sebagai pengencer. Bahan dan jumlah pengencer dapat berbeda-beda pada setiap parfum juga menentukan daya tahan keharumannya. Parfum atau ekstrak parfum memiliki kandungan konsentrat minyak paling tinggi yaitu sekitar 20-40% dan tentu dengan harga yang lebih mahal dari jenis parfum lainnya seperti jenis eau de toilette (kadar minyak kurang dari 10%). Semakin tinggi kadar minyak dalam parfum Anda, maka semakin tahan lama pula wangi dari parfum tersebut.

3. Gunakan Teknik Yang Tepat
Tubuh Anda ternyata menyimpan keunikan tersendiri. Ada sebagian titik di tubuh Anda yang menghasilkan uap alami dan kehangatan seperti titik-titik nadi. Keunikan ini membantu difusi parfum Anda agar bertahan sepanjang hari. Titik yang tepat untuk menyemprotkan parfum di antaranya adalah belakang daun telinga, pergelangan tangan, belakang lutut, leher bagian bawah, tulang selangka, lipatan lengan bahkan di antara dua payudara Anda. Tips tambahan untuk Anda yang ingin wangi tahan lama tapi tidak mau menyemprotkan terlalu banyak parfum yaitu dengan menyemprotkan parfum ke bola kapas kemudian simpanlah di bra Anda niscaya keharuman akan awet sepanjang hari. Semprotkan sedikit parfum ke udara lalu berjalanlah ke depan juga baik untuk Anda. Hal ini akan menambah rasa percaya diri Anda karena aroma parfum meliputi seluruh tubuh.

4. Jangan digosok
Secara tidak sadar Anda suka melakukan tindakan ini kan? It’s natural. Tapi perlu diketahui bahwa menggosok titik yang baru saja Anda semprotkan parfum hanya akan merusak molekul dan menyebabkan berkurangnya keharuman parfum Anda.

5. Letakkan di Tempat yang Aman
Hindari meletakkan parfum kesayangan di sembarang tempat. Jangan gegabah untuk menyimpannya di kamar mandi atau tempat yang mudah dijangkau anak-anak. Bisa saja kelalaian Anda menyebabkan rusaknya kandungan parfum yang sangat rentan bila terkena panas. Komponen dari parfum Anda akan hancur dan mengurangi tingkat keharuman. Sedikit tips untuk Anda, simpanlah parfum kesayangan di suhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari baik langsung maupun tidak.

Pilih Mana: Body Mist atau EDT (Eau de Toilette) ?

Body MistEDT (Eau de Toilette)
Kelebihan - Bisa digunakan langsung di bagian tubuh - Harum yang banyak identik dengan bunga-bunga dan buah buahan sehingga menimbulkan aroma yang lembut - Awet berkisar 7 jam setelah pemakaian- Pemakaian hemat - Wanginya lebih keluar - Awet sekitar 8-9 jam pemakaian
Kekurangan- Pemakaian cenderung boros - Varian wangi wangian yang tidak banyak - Harga yang mahal - Agak susah di cari di offline store

Kesimpulan

Body Mist atau EDT (Eau de Toilette) mempunyai peranan yang sama dalam hal mengharumkan tubuh akan tetapi dari cara penggunaan dan komposisi memiliki perbedaan tentunya oleh karenanya kalian dapat memilih dari kedua produk berdasarkan keinginan kalian ya tetapi jika kalian ingin mendapatkan harum yang lebih tahan lama boleh di gunakan kedua produk secara bersamaan ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Body Mist VS EDT (Eau de Toilette) ?

VS

Leave a Reply