Makanan dan MinumanMasak

Pilih Mana: Bolu Kukus atau Brownies Kukus?

Siapa yang tidak suka dengan roti? roti adalah cemilan yang banyak diminati banyak orang, roti banayk jenisnya seperti roti Bolu Kukus dan Brownies Kukus kedua ini adalah jenis roti yang lebih modern dizaman sekarang. Ya, makanan enak ini sudah sangat populer di semua kalangan masyarakat selain makanan enak makanan dengan cara dikukus juga sudah diketahui lebih sehat. Bolu Kukus dan Brownies Kukus juga sudah banyak dijual di tempat nongkrong dengan berbagai rasa yang sayang untuk tidak dicoba. Disini saya akan menjelaskan mengenai Bolu Kukus dan Brownies Kukus dan beberapa varian rasanya.

Bolu Kukus

Bolu kukus atau dikenal dengan kue lembut yang rasanya hmmm enak. Kue basah ini merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sudah merakyat serta disukai oleh semua kalangan. Baik anak- anak sampai lansia.

Sama seperti kue tradisional dan camilan khas Indonesia pada umumnya, bolu kukus juga memiliki variasi yang bermacam- macam. Ada bolu kukus sederhana, bolu kukus yang berbentuk bulat saja. Terdapat juga bolu kukus mekar yang wujudnya mirip bunga dan bentuk lainnya. Baca juga Pilih Mana: Roti Kukus atau Roti Bakar?

Bolu kukus merupakan camilan yang harus ada pada setiap momen atau acara spesial. Tidak hanya banyak variasi, bolu kukus juga rasanya bermacam- macam. Apapun variasinya, bolu kukus enak, lembut, dan manis di mulut deh.

Berikut beberapa varian rasa dari bolu kukus

Bolu Kukus Gula Merah
Gula merah adalah istilah yang digunakan untuk semua jenis gula yang dihasilkan dari pohon kelapa, aren, atau siwalan. Umumnya kebanyakan orang menggunakan gula merah untuk campuran minuman, bubur, kolak, hingga campuran sambal, dan lainnya.Gula merah dibuat dari air legen yang di didihkan hingga mengental, kemudian membeku serta dicetak dengan berbagai jenis serta ukuran cetakan.

Biasanya bentuk gula merah yang sering kita temui adalah berbentuk tabung pendek atau mangkung seperti serabi. Gula merah bisa dibuat bolu kukus dengan bahan-bahan lainnya. Bolu kukus Gula Merah ini juga banyak disukai semua kalangan, karena rasanya yang enak dan lembut.

Bolu Kukus Gulung Pandan Keju
Mungkin sudah mengenal berbagai jenis keju. Keju bisa digunakan dalam berbagai jenis makanan, mulai dari appetizer, makanan utama, hingga menggunakannya sebagai campuran minuman. Rasa enak yang khas dari keju menaikkan citarasa yang tidak bisa digantikan oleh bahan lainnya.

Apa yang lebih eksentrik dari aroma pandan yang dipadukan dengan gurihnya keju? pasti sangat menggoda bukan? Walaupun sederhana, namun butiran keju dalam krim butter sangat enak dipadukan dengan lembutnya bolu pandan dijamin membuat kamu ketagihan.

Bolu Kukus Karamel
Pepatah berkata,“ simple is better” yang berarti sesuatu yang lebih sederhana terkadang lebih baik. Perihal inilah yang menyebabkan kue- kue sederhana umumnya masih memiliki penggemar tetap, walaupun telah banyak kreasi kue dengan berbagai rasa dan tekstur yang merupakan paduan dari berbagai bahan dasar.

Kali ini kita menyediakan resep bolu tradisional yang sederhana, namun rasanya sangat enak yaitu Bolu Kukus Karamel. Karamel merupakan campuran gula dan air yang dimasak hingga harum serta berwarna kecoklatan, tetapi tidak pahit. Aroma karamel menguar saat bolu di kukus dijamin membuat kamu dan keluarga tidak sabar untuk segera mencicipi.

Bolu Kukus bisa kamu dapatkan di toko-toko kue atau juga di supermarket atau pasar swalayan seperti Carrefour, dan lainnya. Dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp.20.000an sesuai varian rasanya.

Brownies Kukus

Siapa sih yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang sederhana dan tentu saja membuat ketagihan. Karena keenakannya ini, penggemar brownies tidak pernah hilang dan bahkan terus meningkat. Makanan yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan ini memang populer.

Brownies merupakan camilan yang cocok disajikan pada berbagai acara dan suasana. Brownies biasa juga dijadikan sebagai buah tangan yang akan kita membawa untuk keluarga tersayang.

Berikut beberapa varian rasa dari brownies kukus.

Brownies Kukus Coklat
Siapa yang tidak mengenal brownies kukus coklat? primadona kue khas asal kota Bandung? Kesederhanaan dan kelezatan brownies kukus coklat ini tidak pernah kehilangan penggemarnya hingga saat ini.

Biasanya brownies kukus coklat tradisional mempunyai dua lapisan, dan sebagai variasi, banyak ditambahkan topping agar menambah tekstur serta rasa brownies, juga perasa tambahan seperti rhum. Meskipun kamu dapat memperoleh brownies enak ini dengan mudah, dari outlet yang dijual di kaki lima hingga outlet kelas atas.

Agar brownies lebih awet, simpan di atas wadah yang dialasi kertas roti serta ditutup rapat. Sebaiknya brownies ini segera dihabiskan, karena tidak menggunakan pengawet. Nikmati di tengah- tengah saat bersantai keluarga kamu.

Brownies Kukus Wortel Keju
Brownies dikenal sebagai kue berbahan dasar karbohidrat dan segala yang terasa manis. Karena kandungan kalori serta gula yang tinggi, hingga banyak penikmat brownies perlu membatasi diri jika mau memakan kue enak satu ini. Tidak ada salahnya berkreasi dengan bermacam bahan dasar standar serta menggantinya dengan yang lain agar lebih bugar. Salah satunya adalah kreasi Brownies Wortel Keju.

Wortel telah dikenal sebagai sumber serat dan vitamin A, namun tidak hanya hanya sayuran pelengkap lauk pauk sehari- hari. Untuk yang tidak menyukai rasa wortel, kita masih bisa mengambil manfaat dari wortel dengan menggunakan sebagai campuran pada penganan favorit seperti kue, bolu dan brownies.

Brownies Pisang Kismis
Jenis pisang yang terkenal di masyarakat contohnya adalah pisang kepok kuning atau putih, pisang raja, pisang susu, pisang tanduk, pisang ambon hijau atau kuning, dan pisang nangka. Tidak semua jenis pisang ini cocok diolah menjadi kue. Umumnya jika akan diolah jadi kue, dipilah pisang tanduk atau pisang ambon dengan tingkat kematangan cukup.

Memilih pisang dengan tingkat kematangan cukup ini bertujuan agar mendapatkan tingkat kemanisan yang cukup, juga agar hasilnya tidak meninggalkan rasa kesat di lidah. Pisang dan kismis adalah buah- buahan yang cocok dipadukan menjadi satu untuk kue.

Brownies Kukus bisa kamu dapatkan di toko-toko kue atau juga di supermarket atau pasar swalayan seperti Carrefour, dan lainnya. Dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp.40.000an sesuai varian rasanya.

Pilih Mana: Bolu Kukus atau Brownies Kukus?

Bolu KukusBrownies Kukus
Kelebihan - Makanan yang dikukus sudah pasti lebih sehat - Banyak varian rasa - Harga yang cukup murah- Makanan yang dikukus sudah pasti lebih sehat - Banyak varian rasa - Selain mudah didapatkan juga bisa dibuat sendiri
Kekurangan- Proses pencampuran adonan yang kurang merata dapat membuat tekstur menjadi keras - Roti kukus yang memiliki tekstur lembab tidak tahan lama- Kesalahan adonan bisa membuat lembek di dalam - Kesalahan adonan juga bisa membuat brownies tidak tahan lama

Kesimpulan

Bolu Kukus dan Brownies Kukus adalah makanan yang enak juga mudah dibuat sendiri maupun ditemukan di toko-toko kue, supermarket atau pasar swalayan. Dengan harga yang cukup murah sesuai dengan rasanya Bolu Kukus dan Brownies Kukus sering menjadi hidangan di acara spesial ataupun acara-acara lainnya, bahkan sering menjadi kado untuk orang tersayang.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bolu Kukus vs Brownies Kukus

VS

Leave a Reply