Pilih Mana: Botol atau Gelas?

Loading...

Botol atau gelas biasa kita gunakan untuk mewadahi minuman. Kedua benda ini tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari, ada yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari kaca yang tentunya sesuai dengan kebutuhan. Kali ini saya akan membahas mengenai botol dan gelas. Disini aja ya..

Botol

Botol adalah wadah untuk minuman dengan bagian lehernya yang lebih sempit dan berbentuk huruf “o” yang biasa kita temukan dikala kita ingin membeli minuman. Baca juga Pilih Mana: Gelas atau Cawan?

Botol umumnya terbuat dari plastik, gelas, aluminium dan sebagainya. Botol sendiri biasa kita temukan untuk wadah susu, air putih, sabun cair dan lain sebagainya.

Sejarah botol sendiri pertama diproduksi sekitar 1500 tahun sebelum masehi, dimana pemukiman di Jamestown sedang membangun tungku peleburan kaca pertama kalinya.

Lalu pada tahun 1903 terciptalah produk botol yang sekarang sudah memiliki beragam bentuk seperti sekarang ini.

Untuk saat ini pabrik-pabrik minuman atau produk lain yang memakai botol sebagai wadahnya bisa memproduksi sebanyak 1.000.000 botol dalam sehari dengan mesin pencetak otomatis. Maka tak heran botol sendiri bisa kita temukan dimana-mana.

Botol plastik juga kerap digunakan oleh pedagang-pedagang kecil untuk mewadahi saus makanan yang mereka hendak jual, biasanya mereka memakai penutup dan melubanginya di bagian tengah.

Botol juga bisa kita temukan pada wadah sabun cair, ini dimaksudkan agar pemakai lebih mudah untuk mengatur sedikit banyaknya sabun cair yang akan digunakan agar tidak terbuang sia-sia.

Kamu bisa dapatkan gelas dengan kualitas yang bagus di Ace Hardware, IKEA, toko dapur, mall dan sebagainya.

Jenis Botol

Botol Plastik

Botol ini kerap kita temui di mall, warung, supermarket dan sebagainya, umumnya botol plastik digunakan untuk mewadahi minuman ringan atau minuman yang bersoda. Harga nya juga terbilang cukup murah dan tentunya praktis.

Botol Kaca

Botol ini biasa digunakan juga untuk minuman, sesungguhnya produsen bisa bebas mau memakai botol plastik atau memakai botol kaca, kelebihan dari botol kaca adalah minuman di dalamnya bisa lebih segar jika kita masukkan kedalam kulkas.

Jika kamu ingin mengkonsumsi botol minuman, tentu kita harus memastikan beberapa aspek yang paling aman dan sehat agar terhindar dari efek negatif seperti sakit perut atau keracunan.


1. Perhatikan bahan botol yang digunakan
Biasanya botol yang digunakan aluminium, kaca, poliester dan sebagainya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun botol dengan bahan stainless steel atau aluminium lah yang paling baik dan tahan lama karena bahan tersebut memang lebih kuat dari pada bahan botol lainnya.

2. Perhatikan tanda botol minuman plastik
Seperti yang kita tahu botol minuman plastik banyak yang berbahaya karena kerap digunakan isi ulang. Untuk itu kamu harus jeli pada tanda botol kamu. Produk dengan angka 1 artinya hanya bisa digunakan satu kali, angka 2 dan 4 artinya cukup aman digunakan untuk dua atau ketiga kalinya. Dan 3, 6, 7 artinya dinilai cukup berbahaya dan beresiko tinggi untuk kesehatan kamu.

Loading...

3. Pilihlah botol dengan mulut yang lebar
Pastikan kamu memilih botol minuman dengan lingkaran yang lebar. Ini bertujuan agar lebih mudah dibersihkan sebaliknya jika mulut lingkaran botol kamu kecil maka akan sulit dibersihkan yang rentan ditumbuhi jamur, bakteri dan sebagainya.

4. Usahakan membeli botol yang memiliki label BPA-Free
BPA artinya adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam makanan dan minuman, maka dari itu carilah label BPA-Free yang artinya makanan atau minuman tersebut bebas dari bahan kimia yang dapat berdampak buruk pada tubuh kamu.

Botol plastik bagusnya hanya dipakai satu kali saja karena memiliki bakteri dan noda jika kita selalu mengisi ulangnya, dan botol kaca lebih baik selalu dibersihkan agar selalu bersih dan terhindar dari bakteri.

Gelas

Gelas adalah wadah minuman yang kerap kita gunakan sehari-hari untuk meminum air putih, jus, sirup dan sebagainya.

Gelas sendiri ada yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari kaca tentunya tergantung dengan kebutuhan kita.

Kamu harus menutupi gelas dengan penutup supaya tidak ada kotoran atau bakteri yang kerap datang dari luar atau binatang kecil seperti lalat, nyamuk atau binatang kecil lainnya.

Gelas umumnya berbentuk lebih kecil dari botol dan mulutnya cenderung lebih besar dari pada botol. Tentunya ini memudahkan kita untuk minum dengan lebih leluasa.

Sama seperti botol, gelas yang terbuat dari kaca akan mengandung minuman dingin yang lebih segar daripada gelas yang terbuat dari plastik.

Gelas umumnya hanya dijual untuk minuman yang ringan dan terbuat dari plastik, tidak bisa terbayangkan jika gelas yang terbuat dari kaca juga dijual maka akan repot untuk memakainya dan tentunya tidak memiliki penutupnya.

Seiring berkembangnya zaman, gelas sekarang sudah banyak digunakan tidak hanya itu wadah minuman saja, melainkan untuk makanan. Seperti halnya mie dalam gelas, salad buah, es krim dan sebagainya.

Kamu bisa dapatkan gelas dengan kualitas yang bagus di Ace Hardware, IKEA, toko dapur, mall dan sebagainya.

Jenis Gelas

Gelas Plastik

Sesuai namanya gelas ini terbuat dari plastik, ini biasa digunakan untuk wadah minum dalam rumah kita. Tidak hanya dirumah, gelas plastik juga kerap dijual untuk kemasan air putih, minuman ringan, jeli dan sebagainya. Harga dari minuman atau makanan yang dijual dari gelas plastik umumnya murah.

Gelas Kaca

Gelas ini terbuat dari kaca dan bersifat transparan. Gelas ini lebih berat dari pada gelas plastik, untuk kesegaran minuman yang ada didalamnya gelas kaca lebih segar daripada gelas plastik. Namun kamu juga harus hati-hati karena bisa pecah jika terbuat dari benda tumpul.

Gelas sendiri memiliki ukuran yang beragam dan juga kegunaannya masing-masing, contohnya adalah sebagai berikut

Old Fashioned Glass

Gelas ini memiliki ukuran yang kecil biasa digunakan untuk menyajikan minuman beralkohol dengan es

Gelas Besar

Gelas ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki pegangan dipinggirnya, ini biasa disajikan di restoran untuk minuman dengan isi yang banyak. Cocok banget buat kamu yang suka minum banyak

Gelas Susu

Gelas ini memiliki bentuk yang lurus dan terbuat dari kaca, tidak memiliki pegangan dan ukurannya cenderung tinggi namun ramping. Cocok banget buat minum susu atau minum air putih.

Gelas Beer

Gelas ini umumnya sama seperti gelas besar namun diisi dengan minuman yang beralkohol dan ditambah dengan es. Gelas ini biasa disajikan di negara Jepang untuk acara minum-minum.

Pilih Mana: Botol atau Gelas?

BotolGelas
Kelebihan - Tahan lama - Bisa dipakai ulang - Tidak mudah tumpah- Lebih simpel - Membersihkannya lebih mudah - Lebih mudah ditemukan
Kekurangan- Lebih mahal - Mulut dari botol lebih kecil dari gelas- Mudah pecah jika terkena benda tumpul - Tidak memiliki penutup

Kesimpulan

Botol dan Gelas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung dengan kebutuhan kita sehari-hari. Gunakanlah botol dan gelas dengan sebaik mungkin agar kualitas wadah minuman kamu tetap terjaga dan terhindar dari bakteri. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Botol vs Gelas

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *