HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih mana: Bread Maker atau Mixer?

Bagi Anda yang sangat suka membuat roti sendiri di rumah tentu mesin pembuat roti yang Anda gunakan harus tahan lama dan berkualitas baik. Ada banyak mesin pembuat roti yang bisa Anda temukan di pasaran.

Beberapanya ada dari Bread Maker dan Mixer. Kedua mesin ini merupakan alat yang bagus untuk mengaduk dan mencampurkan adonan kue. Nah, untuk Anda yang sedang mencari alat pembuat roti yang memiliki keunggulan dan kualitas yang baik maka Anda bisa coba salah satunya.

Adapun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda jadikan pertimbangan nanti sewaktu membeli. So, tunggu apalagi langsung saja simak artikel pembahasannya di Selera.id!

Bread Maker atau Mixer?

Bread Maker

Bread Maker merupakan mesin pembuat roti otomatis yang mungkin tidak terdengar asing di telinga Anda. Membuat roti dengan menggunakan Bread Maker sangat mudah dilakukan.

Anda hanya perlu memasukkan bahan-bahan saja ke dalam wadah kemudian pilih akan membuat roti apa. Kemudian alat ini akan secara otomatis membuat roti Anda, mulai dari mengaduk hingga proses memanggang.

Bread maker sudah bisa Anda temui di berbagai toko elektronik terdekat. Banyak brand elektronik terkenal telah memproduksi produk bread maker ini. Nah, sebelum membeli ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada Bread maker ini.

Baca artikel lainnya 10 Merk Mixer Kualitas Terbaik 2020

Kelebihan Bread Maker

Berikut ini Kelebihan Bread Maker:

  • Anti gagal
    Kelebihan yang ada pada produk ini yaitu anti gagal. Bread maker diklaim memiliki tingkat kegagalan sangat kecil dalam membuat roti. Anda hanya perlu mengikuti resep dan urutan memasukkan bahan saat membuat roti. Dijamin, roti Anda berhasil dan nikmat.
  • Tidak mengeluarkan suara bising
    Kelebihan lain dari bread maker adalah mesinnya yang tidak menghasilkan suara bising. Tidak seperti mixer yang bunyinya cukup heboh saat digunakan. Jadi, untuk Anda yang tinggal di apartemen atau punya anak kecil, tidak perlu takut akan membuat suara berisik.
  • Memiliki daya listrik rendah
    Daya listrik yang dibutuhkan oleh bread maker ini sendiri dapat dibilang cukup rendah, yaitu sekitar 450 watt saja. Kecilnya daya listrik yang dibutuhkan ini jelas sangat menguntungkan. Mengingat untuk membuat roti tawar memerlukan waktu kurang lebih 3 jam. Maka beban biaya listrik yang akan Anda keluarkan tidak terlalu besar.

Bread Maker atau Mixer?

Kekurangan Bread Maker

Berikut ini Kekurangan Bread Maker:

  • Harga relatif mahal
    Kekurangan yang dimiliki oleh produk bread maker ini yaitu harganya yang relatif mahal. Bread maker ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp4,5 juta. Namun, jika Anda sering menyantap roti sehari-hari, maka memiliki bread maker ini mungkin tidak terlalu terasa mahal. Karena, anda dapat memangkas anggaran yang selama ini digunakan untuk membeli roti.
  • Tidak cukup tahan lama
    Di bagian bawah wadah adonan, terdapat 1 alat pengulen yang bentuknya seperti pisau blender. Alat ini akan terus-terusan bekerja setiap anda membuat roti menggunakan bread maker. Hal ini yang menjadikannya cukup rawan untuk rusak atau paling tidak, berkurang kinerjanya.
  • Sulit untuk membuat porsi banyak
    Kekurangan lain yang ada pada Bread maker ternyata produk ini belum mampu untuk membuat roti dalam porsi banyak, apalagi untuk pesanan. Alasan utamanya adalah waktu. Sekali membuat 1 balok roti tawar saja bisa memakan waktu 3 jam. Terbayang kan untuk membuat pesanan yang banyak, Anda jelas membutuhkan waktu seharian penuh.

Mixer

Mixer atau dikenal dengan alat pengaduk merupakan alat mekanis yang digunakan untuk mencampur bahan adonan yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue. Oleh karena itu, Mixer cocok dimiliki oleh mereka yang suka membuat kue.

Mixer sendiri memiliki beberapa jenis. Ada yang berupa hand mixer dan ada pula stand mixer. Pada umumnya mixer ini dilengkapi dengan dua alat. Satu untuk kocokan, berbentuk seperti kocokan kawat dan satu untuk mengaduk adonan​ berupa ukiran atau seperti dayung.

​Kapasitas mixer juga beragam dari 1 kg sampai 3 kg untuk ukuran rumah tangga. ​Untuk ukuran industri lebih besar lagi. Jika sering membuat cake dan roti, maka mixer cocok untuk Anda miliki.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oven Cosmos atau Oven Kirin?

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Mixer Bosch atau Mixer KitchenAid?

Kelebihan Mixer

Berikut ini Kelebihan Mixer:

  • Memiliki banyak varian
    Kelebihan yang satu ini menjadi keistimewaan sendiri untuk Mixer. Dibanding Bread maker. Mixer memiliki berbagai varian jenis dan ukuran yang bisa Anda sesuaikan saat membuat roti. Adapun ukuran yang ditawarkannya sangat beragam. Cocok untuk Anda yang memiliki usaha Industri yang membutuhkan mixer dengan ukuran yang cukup besar.
  • Harga cukup terjangkau
    Kelebihan lain yang ada pada produk Mixer adalah harganya yang cukup terjangkau dan bervariasi sesuai dengan merk produknya. Jadi, Anda bisa memilih produk mixer dengan menyesuaikan budget dan jenis yang Anda butuhkan.
  • Cukup tahan lama
    Jika bicara ketahanan maka produk mixer memiliki ketahanan yang cukup lama, Anda hanya perlu sering memperhatikan kebersihannya. Dan selalu mengecek setelah pemakaiannya. Oleh karena itu, mixer ini masih menjadi mesin pembuat roti yang diminati.

Bread Maker atau Mixer?

Kekurangan Mixer

Berikut ini Kekurangan Mixer:

  • Penggunaan cukup ribet
    Kekurangan yang ada pada Mixer yakni penggunaannya yang cukup ribet. Apalagi setelah pemakaiannya. Terkadang cenderung sulit dibersihkan. Anda perlu membongkar beberapa perangkat yang ada sehingga terlihat sangat repot.
  • Memerlukan waktu yang lama
    Bagi Anda yang sering membuat roti mungkin manajemen waktu sangat perlu Anda perhatikan. Untuk Anda yang ingin membuat roti dalam waktu yang singkat maka mixer bukan produk yang tepat untuk Anda miliki. Karena memerlukan waktu yang cukup lama.
  • Memiliki wadah yang tidak stabil
    Kekurangan lainnya yaitu Wadah adonan yang kadang tidak stabil sehingga perlu dipegangi terus-menerus. Jika tidak, wadah bisa goyang, adonan pun bisa menyembur ke segala arah. Dibanding dengan pesaingnya mixer memang berbeda jauh.

Tips Memilih Mesin Pembuat Roti

  1. Pilih sesuai dengan kapasitas
    Anda perlu memilih mesin dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan alat yang terlalu besar kapasitasnya menjadikan biaya operasional menjadi boros dan kurang efisien kerjanya jika tidak terlalu dibutuhkan.
  2. Pilih Mesin sesuai dengan fungsinya
    Mesin pembuat roti memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda beda. Oleh karena itu, pilih mesin yang sesuai dengan fungsinya.
  3. Pilih mesin yang berkualitas
    Bagi Anda yang menginginkan hasil roti yang enak dan empuk tentu mesin pembuat roti yang Anda pilih harus memiliki kualitas yang baik. Ada banyak mesin dengan pilihan harga yang bervariasi bahkan relatif murah namun mesin yang berkualitas, bukan karena faktor murahnya saja. Jadi, Anda perlu memperhatikan merk mesin pembuat roti yang akan Anda gunakan.
  4. Memiliki garansi dan masa garansi
    Garansi mesin memberikan rasa aman terhadap investasi Anda di masa yang akan datang. Maka pilihlah mesin yang menyediakan garansi. Anda juga perlu memperhatikan masa garansi yang diberikan. Dan apakah garansi mesin berlaku 1 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Pada umumnya, mesin pembuat roti memberikan garansi selama 1 tahun.

Pilih mana: Bread Maker atau Mixer?

Keterangan Bread Maker Mixer
Kelebihan-Anti gagal -Tidak mengeluarkan suara bising -Memiliki daya listrik rendah-Memiliki banyak varian -Harga cukup terjangkau -Cukup tahan lama
Kekurangan-Harga relatif mahal -Tidak cukup tahan lama -Sulit untuk membuat porsi banyak-Penggunaan cukup ribet -Memerlukan waktu yang lama -Memiliki wadah yang tidak stabil

Kesimpulan

Dari perbandingan mesin pembuat roti di atas maka dapat disimpulkan bahwa Bread Maker dan Mixer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang masih pemula untuk mencoba membuat roti Anda bisa mencoba produk bread maker karena penggunaannya yang praktis dan mudah. Namun bagi Anda yang sudah mulai merintis toko roti akan sangat cocok jika Anda memilih mixer karena tersedia dengan beragam ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bread Maker atau Mixer

VS

 

 

Leave a Reply