Aplikasi

Pilih Mana: Bukalapak atau Shopee?

Marketplace saat ini merupakan tempat yang paling tepat untuk berbelanja ataupun berjualan dengan praktis dan mudah. Dua marketplace yang saat ini memiliki banyak pengguna yaitu Bukalapak dan Shopee. Manakah platform yang lebih baik? Bukalapak atau Shopee?

 

Bukalapak dan Shopee merupakan dua platform yang dapat Anda manfaatkan untuk banyak kebutuhan dan kepentingan Anda. Namun, kedua marketplace ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari fitur yang disediakan, fasilitas, dan perbedaan lainnya yang dapat Anda simak pada artikel berikut.

Bukalapak

Dikutip dari Wikipedia.org Bukalapak merupakan sebuah marketplace online di Indonesia yang didirikan oleh PT. Bukalapak. Bukalapak ini didirikan pada 10 Januari 2010. Hingga saat ini, Bukalapak memiliki banyak merchant yang bekerja sama dengannya.

Kelebihan Bukalapak

Berikut beberapa kelebihan Bukalapak yang perlu Anda ketahui:

  • Terdapat Pilihan Beli Tanpa Daftar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak adalah terdapat pilihan beli tanpa daftar. Dengan adanya fitur ini, orang yang jarang atau malah belum pernah berbelanja melalui marketplace akan lebih mudah dalam memahami metode belanja pada Bukalapak. Meskipun nantinya Anda tetap harus menggunakan email dan konfirmasi seperti pembayaran biasa. Namun cara yang diterapkan Bukalapak ini lebih praktis.

  • Layanan Push Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Bukalapak adalah memiliki layanan push yang lebih baik jika kita bandingkan dengan layanan push yang terdapat pada Shopee. Bukalapak telah menyediakan fitur push sesuai dengan nominal yang diinginkan. Semakin tinggi nilai yang Anda keluaran, akan semakin besar iklan Anda akan muncul di banyak tempat.

  • Kode Unik Lebih Mudah Dipahami

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Bukalapak adalah memiliki kode unik yang cenderung lebih mudah dipahami. Bukalapak ini menggunakan 3 kode unik dengan selang waktu pembayaran yang hanya 10 jam namun lebih mudah untuk digunakan. Sedangkan pembayaran Shopee melalui ATM lebih sulit dipahami.

Kekurangan Bukalapak

Berikut beberapa kekurangan Bukalapak yang perlu Anda ketahui:

  • Upload Gambar Terbatas

Salah satu kekurangan Bukalapak adalah memiliki keterbatasan dalam mengupload sebuah gambar dan dalam memberikan judul pada gambar tersebut. Bukalapak hanya menyediakan 5 frame dan tidak memberikan izin untuk memberikan nama produk dengan judul yang sama.

  • Jarang Memberikan Potongan Ongkir

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Bukalapak adalah jarang memberikan potongan ongkos kirim atau gratis ongkos kirim seperti yang dilakukan oleh Shopee jika berbelanja dengan minimum tertentu. Hal ini tentunya akan memengaruhi antusias pelanggan dalam berbelanja dan akan lebih meringankan.

  • Tidak Tersedia Fitur Stok Produk

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Bukalapak adalah tidak tersedia fitur stok produk. Karena itulah Anda tidak akan mendapatkan notifikasi berapa sisa produk pada toko tersebut. Sedangkan pada Shopee, stok akan otomatis berkurang ketika stok produk tersebut telah laku terjual. Anda akan melihat produk dengan keterangan “stok produk habis”.

Kelebihan BukalapakKekurangan Bukalapak
- Terdapat pilihan beli tanpa daftar- Upload gambar terbatas
- Layanan push lebih baik- Jarang memberikan potongan ongkir
- Kode unik lebih mudah dipahami- Tidak tersedia fitur stok produk

Shopee

Shopee merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang dibawahi oleh Garena atau SEA Group dan dimiliki oleh PT. Shopee International Indonesia. Baca juga Pilih Mana: hopee vs Tokopedia?

Lihat juga:  Pilih Mana: Uber atau Grab?

Kelebihan Shopee

Berikut beberapa kelebihan Shopee yang perlu Anda ketahui:

  • Upload Gambar Lebih Maksimal

Salah satu kelebihan Shopee adalah memberikan Anda kesempatan untuk mengupload gambar dengan jumlah yang lebih banyak sehingga lebih maksimal. Shopee menyediakan hingga 9 gambar produk. Selain itu, Anda juga akan lebih leluasa dalam menamakan produk dengan judul yang sama dari satu produk dengan produk lainnya.

  • Sering Menawarkan Potongan Ongkos Kirim

Kelebihan lain yang dimiliki Shopee adalah sering memberikan potongan ongkos kirim atau bahkan gratis ongkos kirim dengan minimal belanja yang telah ditetapkan. Dengan adanya potongan ongkos kirim ini, banyak orang yang menyukai Shopee karena ongkos kirim memang sering memberatkan pengguna dalam berbelanja.

  • Terdapat Notifikasi Stok Produk

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Shopee adalah memiliki notifikasi stok produk. Ketika produk laku terjual, pengunjung akan mengetahui bahwa stok produk tersebut telah habis terjual. Sedangkan Bukalapak tidak memiliki hal semacam ini dan hanya melampirkan jumlah stok pada deskripsi produk.

Kekurangan Shopee

Berikut beberapa kekurangan Shopee yang perlu Anda ketahui:

  • Layanan Push Kurang Maksimal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Shopee adalah memiliki layanan push yang kurang maksimal. Di Shopee, Anda bisa memanfaatkan fitur push namun harus mengunjungi situs Shopee dengan versi desktop. Jenis iklan di Shopee ini juga hanya mengandalkan keyword dan hastag sehingga produk tersebut akan muncul di iklan apabila pengunjung mengetikkan kata kunci dengan hastag tersebut.

  • Harus Melakukan Pendaftaran Sebelum Belanja

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Shopee adalah Anda harus melakukan pendaftaran atau register terlebih dahulu. Tidak ada fitur beli tanpa daftar seperti yang dimiliki oleh Bukalapak. Dengan demikian, Anda diharuskan membuat akun Shopee terlebih dahulu agar bisa berbelanja.

  • Metode Pembayaran Melalui ATM Sulit Dipahami

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Shopee adalah memiliki metode pembayaran melalui ATM yang lebih sulit untuk dipahami bagi orang yang belum pernah. Namun jangan khawatir, terdapat alternatif yang lebih mudah dengan cara melakukan pembayaran melalui minimaket seperti Indomaret dan Alfamart.

Kelebihan ShopeeKekurangan Shopee
- Upload gambar lebih maksimal- Layanan push kurang maksimal
- Sering menawarkan potongan ongkos kirim- Harus melakukan pendaftaran sebelum belanja
- Terdapat notifikasi stok produk- Metode pembayaran melalui ATM sulit dipahami

Pilih Mana: Bukalapak atau Shopee?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Bukalapak dan Shopee. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua aplikasi tersebut:

BukalapakShopee
- Layanan push lebih maksimal- Layanan push kurang maksimal
- Tidak memiliki notifikasi stok produk- Memiliki notifikasi stok produk
- Terdapat fitur beli tanpa daftar- Tidak terdapat fitur beli tanpa daftar

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Bukalapak dan Shopee di atas, dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikan kelebihan dan kekurangan tersebut dengan kebutuhan Anda untuk berbelanja ataupun berjualan di sebuah marketplace seperti Bukalapak dan Shopee.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bukalapak vs Shopee

VS

Leave a Reply