Aplikasi

Pilih Mana: Bukalapak atau Tokopedia?

Berbelanja ataupun berjualan melalui platform online merupakan pilihan yang paling tepat bagi Anda yang tidak ingin repot dan tidak ingin menghabiskan waktu. Dua platform online yang dapat menjadi pilihan Anda di antaranya yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Manakah platform yang lebih baik untuk Anda gunakan? Bukalapak atau Tokopedia?

Bukalapak dan Tokopedia merupakan platform marketplace asal Indonesia yang saat ini tengah berkembang pesat dan memiliki banyak merchant yang bergabung. Karena sama-sama populer, kita perlu membandingkan keduanya agar mengetahui perbedaan kedua platform ini. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel berikut hingga selesai.

Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu pasar daring yang diluncurkan oleh PT. Bukalapak pada 10 Januari 2010. Adapaun CEO Bukalapak ini adalah Achmad Zaky.

Sejarah Bukalapak dimulai ketika Zaky  mendapat ide karena melihat sifat konsumtif masyarakat Indonesia. Saat itu ia mulai merintis Bukalapak bersama temannya. Pada awal tahun 2010 orang yang bergabung di Bukalapak sudah mencapai 10.000.

Situs Bukalapak resmi berdiri dengan tujuan memberdayakan usaha kecil serta menengah yang ada di Indonesia. Situs ini memberi tempat bagi UKM yang ingin berjualan serta menemukan pembeli dari produk yang mereka buat.

Pembentukan Bukalapak memiliki misi yang mulia yaitu dapat menaikkan kelas UKM dalam negeri. Menurut Bukalapak, Usaha Kecil Menengah memiliki peran utama dalam aktivitas ekonomi negeri. Baca juga Pilih Mana: Bukalapak vs Shopee?

Fitur Bukalapak

Bukalapak juga setiap tahun mengupdate fitur di dalamnya dengan lebih canggih. Beberapa fitur Bukalapak yaitu:

1. Fitur Label Barang
Bagi kalian para pelapak, fitur label barang ini sangat cocok bagi kalian. Apalagi yang punya produk sudah sampai ratusan bahkan ribuan. Fitur ini membantu para pelapak mengakategorikan produk ke dalam beberapa label. Diharapkan di fitur ini barang tidak tercampur dan dapat memudahkan konsumen mencari sesuai kategori barang.

Maksimal 12 label untuk akun biasa dan 15 label untuk akun premium.

2. Pre- Order
Sebelum ada fitur ini pre- order, transaksi pada Bukalapak diharuskan di kirim dalam waktu maksimal 2 hari kerja untuk paket reguler dan jika lewat transaksi akan dibatalkan. Padahal dari para pelapak mungkin ada yang tidak selalu bisa megirimkan barang dengan rentang waktu tersebut dengan berbagai alasan tentunya. Misalnya, produk custome yang perlu waktu lebih dari 2 hari pembuatanya. Maka itu hadirlah fitur Pre-order sebagai solusi permasalahan-permasalahan tersebut.

Kalian dapat mengatur waktu maksimal input resi agar menjadi pre-order maksimal 7 hari. Pengaturan waktu input resi ini ada 2 macam:

  • Pengaturan waktu input resi secara umum, yaitu pengaturan langsung pada lapak.
  • Pengaturan waktu input resi secara khusus yang dapat di atur per barang. Jadi bisa dibuat tiap barang itu berbeda masa pre-ordernya. 

3. Chat Template

  • Barang ready?
  • Stok masih ada?
  • Bisa dikirim hari ini?

dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya. Fitur ini memudahkan kalian agar tidak capek dan dapat menghemat waktu kalian saat ingin memulai chat pada chating.

Batas Waktu Pembayaran pada Bukalapak

  • Jika menggunakan metode pembayaran Bank Transfer, Virtual Account, Alfamart, Indomart dan Pospay, maka pembayaran dilakukan max. 1×10 jam.
  • Jika menggunakan metode pembayaran Kartu kredit, Kredivo, Akulaku, maka pembayaran dilakukan max. 1×24 jam.
  • Jika menggunakan metode pembayaran BCA KlikPay, CIMB, BRI E-Pay, maka pembayaran dilakukan max. 1 jam.
  • Khusus untuk transaksi pembelian tiket pesawat pembayaran dilakukan maksimal 4 jam dan pembayaran tiket kereta maksimal 40 menit setelah status berubah menjadi menunggu pembayaran.

Kelebihan Bukalapak

Berikut beberapa kelebihan Bukalapak yang perlu Anda ketahui:

  • Terdapat Fitur Beli Tanpa Daftar
    Salah satu kelebihan yang dimiliki Bukalapak adalah menyediakan fitur beli tanpa daftar. Dengan adanya fitur ini, orang yang baru ingin berbelanja online melalui situs semacam ini akan lebih mudah untuk berbelanja. Sedangkan pada Tokopedia, pengguna harus melakukan pendaftaran dan memiliki akun agar bisa berbelanja pada situs tersebut.
  • Proses Pencairan Dana Lebih Baik
    Kelebihan lain yang dimiliki oleh Bukalapak adalah proses pencairan dana di Bukalapak ini lebih fleksibel karena dapat dilakukan setiap hari, mulai dari Senin hingga hari Minggu. Sedangkan jika Anda memiliki Toko di Tokopedia, Anda hanya bisa melakukan pencairan dana pada hari Senin hingga hari Jumat saja dan tidak berlaku hari libur.
  • Fitur Chating Lebih Mendukung
    Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Bukalapak adalah memiliki fitur chating yang lebih mendukung. Anda bisa mengirimkan foto dari gallery handphone melalui chating. Sedangkan pada Tokopedia Anda hanya bisa mengirimkan foto yang sesuai dengan produk yang ada pada toko di Tokopedia. Hal ini tentunya lebih menyusahkan Anda.

Kekurangan Bukalapak

Berikut beberapa kekurangan Bukalapak yang perlu Anda ketahui:

  • User Interface Lebih Rumit
    Salah satu kekurangan Bukalapak adalah memiliki user interface atau tampilan antarmuka yang lebih rumit dengan warna yang terlalu mencolok. Tampilan yang dimiliki oleh Bukalapak ini terlihat kurang simple sehingga lebih rumit dan lebih sulit dimengerti.
  • Sistem Pembayaran Kurang Baik
    Kekurangan lain yang dimiliki oleh Bukalapak adalah sistem pembayaran yang dimilikinya. Bukalapak menggunakan 3 digit kode unik pembayaran. Namun 3 digit kode unik tersebut tidak dikembalikan kepada pembeli sehingga lebih merugikan. Sedangkan Tokopedia hanya menggunakan dua digit kode unik yang nantinya akan dikembalikan kepada pembeli.
  • Lebih Sulit Mengetahui Reputasi Penjual
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Bukalapak adalah Anda akan lebih sulit untuk mengetahui reputasi penjual. Pada Bukalapak feedback semua produk tercampur sehingga akan lebih sulit untuk mengetahui feedback yang bagus dan tidak. Selain itu, penjual juga bisa menghapus feedback yang ada sehingga menjadi kurang transparan.
Kelebihan BukalapakKekurangan Bukalapak
- Terdapat pilihan beli tanpa daftar- User interface lebih rumit
- Proses pencairan dana lebih baik- Sistem pembayaran kurang baik
- Fitur chating lebih mendukung- Lebih sulit mengetahui reputasi penjual

Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu mall belanja berbasis online yang memungkinkan setiap orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan sebuah pengalaman jual beli online aman dan nyaman.

Lihat juga:  Pilih Mana: UC Browser atau Opera Mini?
Tokopedia merupakan salah satu platform online yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia didirikan pada 06 Februari 2009 oleh PT. Tokopedia dengan CEO William Tanuwijaya.

Penggunaan Tokopedia sangat mudah dan tidak dipungut biaya. Tokopedia sejatinya tidak mempunyai cabang perusahaan, Tokopedia hanya memiliki kantor pusat yang bertempat di Jakarta.

Fitur Tokopedia

Selain aplikasi Tokopedia  yang mudah dan dapat bertransaksi dengan nyaman, Ada beberapa fitur tambahan di Tokopedia seperti:

1. Ekspedisi Online Booking
Tokopedia menggunakan pengiriman dengan resi otomatis untuk pengiriman paket dengan jasa Ekspedisi yang tersedia pada Tokopedia. Saat pengiriman Penjual hanya perlu membawa kode booking yang akan diterima saat pesanan masuk dan nomor resi akan secara otomatis akan masuk ke akun si penjual maupun si pembeli.

2. User Management / Pengaturan admin
Pengaturan admin adalah sebuah fitur berbayar yang telah disediakan oleh pihak Tokopedia bagi mereka yang memiliki toko dengan penjualan tinggi dan sering repot dalam mengelola toko sendiri. Fitur ini sangat memudahkan penjual dengan menambahkan sepuluh orang sebagai admin di toko penjual.

3. Tokopedia TopAds
Top Ads merupakan fitur yang telah ditawarkan untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko, serta memungkinkan toko dan produk yang dijual dapat dilihat dan membeli banyak produk.

Batas Waktu Pembayaran pada Tokopedia

Batas waktu pembayaran pada Tokopedia oleh Pembeli dilakukan maksimal dalam batas waktu 2 hari, setelah Pembeli melakukan check-out. Jika tidak barang akan secara otomatis tercancel.

Kelebihan Tokopedia

Berikut beberapa kelebihan Tokopedia yang perlu Anda ketahui:

  • User Interface Lebih Baik
    Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Tokopedia adalah memiliki user interface atau tampilan depan yang lebih baik dibandingkan dengan Bukalapak. Tokopedia memiliki tampilan yang lebih simple, ringan dan mudah digunakan. Sedangkan Bukalapak memiliki warna yang terlalu terang dan memiliki menu yang kurang intuitif.
  • Sistem Pembayaran Lebih Baik
    Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Tokopedia adalah memiliki sistem pembayaran yang lebih baik dibandingkan dengan Bukalapak. Pembayaran di Tokopedia menggunakan 2 digit kode unik dan nantinya uang tersebut akan kembali ke Saldo di akun Tokopedia. Sedangkan pada Bukalapak, Anda memerlukan 3 digit kode unik dan uang tersebut tidak dikembalikan seperti yang dilakukan Tokopedia.
  • Lebih Mudah Mengetahui Reputasi Penjual
    Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Tokopedia adalah Anda akan lebih mudah dalam mengetahui reputasi penjual. Tokopedia lebih transparan karena setiap produk memiliki reviewnya masing-masing dan hasil dari feedback tidak akan bisa diedit. Hal ini akan memudahkan para konsumen untuk menilai reputasi masing-masing toko.

Kekurangan Tokopedia

Berikut beberapa kekurangan Tokopedia yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Terdapat Fitur Beli Tanpa Daftar
    Salah satu kekurangan Tokopedia adalah tidak memiliki fitur beli tanpa daftar. Tanpa adanya fitur ini, pelanggan yang ingin berbelanja di Tokopedia harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Bagi orang-orang yang masih awam, hal ini akan lebih menyulitkan. Apalagi bagi orang yang belum pernah melakukan belanja online di marketplace online.
  • Pencairan Dana Hanya pada Hari Kerja
    Kekurangan lain yang dimiliki oleh Tokopedia adalah sistem atau proses pencairan dana yang dimilikinya. Anda hanya bisa melakukan pencairan dana dan diproses pada hari kerja saja, yakni Senin hingga Jumat. Sedangkan Bukalapak telah memudahkan seller karena dapat melakukan proses pencairan dana setiap hari.
  • Fitur Chating Kurang Mendukung
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Tokopedia adalah memiliki fitur chating yang kurang mendukung. Pada Tokopedia, Anda hanya bisa mengirimkan gambar yang ada pada toko di Tokopedia pada saat chating. Sedangkan pada Bukalapak Anda telah bisa mengirimkan foto atau gambar melalui gallery penyimpanan handphone atau perangkat lainnya.
Kelebihan TokopediaKekurangan Tokopedia
- User interface lebih baik- Tidak terdapat fitur beli tanpa daftar
- Sistem pembayaran lebih baik- Pencairan dana hanya pada hari kerja
- Lebih mudah mengetahui reputasi penjual- Fitur chating kurang mendukung

Aplikasi Bukalapak vs Tokepdia

Saat ini Bukalapak sedang memperbarui tampilan aplikasinya. Dan hasilnya, tampilan aplikasi Bukalapak jauh lebih segar dan nyaman dari versi sebelum-sebelumnya. Untuk halaman produknya pun kini sudah tersedia fitur ‘diskusi’ yang sebelumnya belum ada.

Secara keseluruhan tampilan aplikasi Tokopedia sangat menarik dan rapi, navigasinya pun mudah. Tokopedia membaginya menjadi 4 tab, yaitu: home, feed, favorit, dan hot list. Untuk tampilan produk pun sangat informatif dan membuat pengunjung tertarik untuk membelinya.

Jasa Pengiriman Bukalapak vs Tokepdia

Bukalapak punya satu nilai lebih yang belum dimiliki oleh Tokopedia, yaitu opsi Ambil Sendiri. Opsi ini memungkinkan pembeli untuk menghemat ongkir jika masih di kota yang sama.

Selain itu juga, Bukalapak memberikan opsi bagi pelapak untuk menggunakan kurirnya sendiri. Namun opsi ini masih dalam tahap uji coba di beberapa lapak tertentu, seperti lapak ‘Cari Sayur’.

Tokopedia memang belum memiliki pilihan Ambil Sendiri seperti di Bukalapak, namun Tokopedia sudah memiliki opsi kargo yaitu JNE Trucking. Opsi ini tentu sangat menguntungkan untuk pembelian dalam jumlah besar.

Pilih Mana: Bukalapak atau Tokopedia?
Diatas telah dijelaskan perbedaan antara Bukalapak dan Tokopedia. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua aplikasi tersebut:

BukalapakTokopedia
- Pencairan dana dapat diajukan setiap hari- Pencairan dana dapat diajukan Senin hingga Jumat
- Fitur chating lebih baik- Fitur chating kurang mendukung
- Terdapat fitur beli tanpa daftar- Tidak terdapat fitur beli tanpa daftar

Kesimpulan

Dari artikel diatas  mengenai Bukalapak dan Tokopedia di atas, dapat kita ketahui bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menilainya dari berbagai macam aspek yang telah dijelaskan di atas. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bukalapak vs Tokopedia

VS

Leave a Reply