Parenting

Pilih Mana: Caesar atau Induksi?

Salah satu kodrat perempuan adalah melahirkan. Melahirkan seorang anak merupakan keinginan semua perempuan yang telah bersuami. Terdapat dua macam cara untuk membantu kelahiran bayi, yaitu caesar dan induksi untuk membantu kelahiran normal. Calon ibu yang tengah mempersiapkan kelahiran buah hatinya perlu menentukan mana cara melahirkan yang akan dipilih. Apakah caesar atau induksi?

Caesar dan induksi merupakan dua cara yang dilakukan untuk melahirkan bayi. Caesar merupakan pembedahan yang dilakukan pada perut sang ibu. Sedangkan induksi merupakan proses stimulasi untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat melahirkan dengan cara caesar atau induksi karena berbagai macam alasan.

Baca juga Pilih Mana: ASI Perah atau Susu Formula?

Caesar

Banyak calon ibu yang memutuskan untuk melahirkan menggunakan cara caesar. Alasannya beragam, ada yang ingin mempercantik tanggal lahir sang buah hati, takut vagina rusak, hingga masalah kesehatan yang tidak memungkinkan melahirkan secara normal. Cara caesar ini telah digunakan sejak abad ke 19 lalu. Cara ini dulunya hanya dilakukan ketika terjadi permasalahan pada saat proses melahirkan.

Kelebihan Caesar

Berikut kelebihan caesar yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Merasa Sakit

Salah satu kelebihan operasi caesar ini adalah sang ibu tidak akan merasakan rasa sakit seperti saat melahirkan normal. Banyak perempuan yang takut terhadap rasa sakit melahirkan ini sehingga memutuskan untuk melahirkan secara caesar. Saat melahirkan secara caesar Anda memang tidak akan merasa sakit, karena Anda akan dibius saat pembedahan.

  • Dapat Memilih Tanggal Kelahiran

Banyak orang tua yang menginginkan anaknya memiliki tanggal lahir yang cantik. Tanggal-tanggal tersebut misalnya bersamaan dengan hari kemerdekaan, hari natal, valentine, atau hari-hari lainnya yang biasanya dirayakan. Satu-satunya cara jika Anda ingin menentukan sendiri tanggal lahir anak Anda adalah dengan melakukan operasi caesar ini.

  • Menjaga Organ Kewanitaan

Kelebihan lain jika Anda melahirkan dengan caesar adalah organ kewanitaan Anda tetap terjaga. Hal ini dikarenakan organ kewanitaan Anda tidak dipakai untuk mengeluarkan bayi pada saat melahirkan caesar. Hal ini tentu berbeda dengan proses melahirkan normal yang akan menyebabkan vagina seorang perempuan robek. Melahirkan dengan operasi caesar ini akan membuat organ kewanitaan Anda tetap utuh dan sama seperti sebelum melahirkan.

  • Membantu Calon Ibu yang kesulitan Melahirkan

Terlepas dari 3 kelebihan yang disampaikan di atas, melahirkan dengan cara caesar merupakan cara yang sangat membantu bagi calon ibu yang kesulitan melahirkan dengan cara normal atau alasan lainnya. Beberapa alasan yang mengharuskan calon ibu membutuhkan caesar yaitu, calon ibu memiliki riwayat sakit jantung sehingga membuatnya tidak mampu untuk mengejan, posisi bayi yang sungsang sehingga berisiko jika dilahirkan dengan cara induksi atau normal, bayi memiliki ukuran yang besar, calon ibu terserang infeksi HIV, dan banyak alasan lainnya.

Kekurangan Caesar

Berikut kekurangan yang akan didapatkan jika melakukan caesar:

  • Rasa Sakit Pasca Operasi

Pada saat melahirkan, sang ibu memang tidak akan merasakan sakit. Namun pasca operasi rasa sakit yang lebih berat akan dirasakan. Hal ini dikarenakan luka bekas operasi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh.

  • Risiko Adanya Infeksi dan Gumpalan Darah Beku

Sebelum caesar dilakukan biasanya pasien akan diberikan beberapa antibiotik. Tapi, meskipun telah diberikan antibiotik tetap saja memungkinkan untuk terjadi infeksi. Gejala infeksi ini seperti pendarahan dan demam. Selain itu, caesar memiliki peluang adanya gumpalan darah beku. Gumpalan darah beku ini tentunya berbahaya karena dapat menyumbat organ-organ penting.

  • Adanya Adhesi dan Komplikasi Kesehatan pada Bayi

Adhesi merupakan melekatnya satu organ dengan organ yang lainnya. Hal ini sangat berbahaya sebab dapat mengganggu kinerja organ tubuh lainnya. Selain itu, dikutip dari Tribunnews.com bayi yang lahir dengan proses caesar lebih rentan terkena komplikasi kesehatan.

  • Efek Anastesi

Sebagian besar operasi caesar menggunakan anastesi epidural. Sebenarnya anastesi epidural ini aman untuk digunakan. Namun, anastesi epidural ini akan memberikan efek yang buruk jika tidak digunakan dengan cara yang benar.

Kelebihan CaesarKekurangan Caesar
- Tidak merasakan sakit saat melahirkan- Rasa sakit pasca operasi
- Dapat memilih tanggal kelahiran- Risiko adanya infeksi dan gumpalan darah beku
- Dapat menjaga keutuhan organ kewanitaan- Kemungkinan terjadi adhesi
Lihat juga:  Pilih Mana: Vidoran atau Bebelac?

Induksi

Prosedur induksi ini tidak dapat dilakukan sembarangan karena mengandung banyak sekali risiko daripada persalinan normal biasa tanpa bantuan induksi. Bagi yang ingin menjalankan cara induksi ini harus menyertakan alasan yang sesuai , prosedur serta risiko yang akan dihadapi.

Kelebihan Induksi

Berikut beberapa kelebihan melahirkan dengan cara induksi:

  • Untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Salah satu alasan dilakukannya induksi adalah untuk menyelamatkan ibu dan bayi. Induksi kadang dilakukan karena ibu hamil telah mengalami pecah ketuban namun belum juga merasakan kontraksi. Untuk itu dilakukan induksi agar terjadi kontraksi.

  • Mengurangi Kejadian Distosia Bahu

Distosia bahu merupakan suatu kondisi yang terjadi saat kepala bayi telah keluar dari jalan keluar tetapi satu bahu atau kedua bahu tersangkut di belakang tulang panggul ibunya. Hal ini mengakibatkan semua bagian tubuh sang bayi tidak bisa keluar.

  • Baik untuk Janin Besar

Kelebihan lain dilakukannya induksi ini adalah membantu para ibu yang memiliki janin yang besar. Janin yang besar memiliki risiko cedera serius bila tersangkut pada saat persalinan. Dengan dilakukannya induksi ini, risiko bayi keluar dengan tersangkut semakin kecil.

Kekurangan Induksi

Berikut kekurangan induksi yang penting sekali untuk Anda ketahui:

  • Detak jantung Bayi

Dilakukannya induksi menyebabkan jantung bayi meningkat dengan cepat. Obat yang dimasukkan ini akan memberikan reaksi dan pengaruh terhadap bayi dan ibu. Hal ini akan menyebabkan kelainan yang terjadi pada bayi yang baru saja lahir.

  • Meningkatkan Risiko Fetal Distress

Induksi yang dilakukan dengan menggunakan obat atau dengan memecah air persalinan dapat menyebabkan bayi mengalami stres. Obat tersebut dapat mengakibatkan bayi bereaksi secara berlebihan .

  • Menyakitkan

Induksi merupakan cara persalinan yang akan membuat ibu dan bayi merasakan kesakitan. Hal ini dikarenakan induksi merupakan metode yang mendorong persalinan normal secara buatan. Secara mental, ibu akan merasa lebih sakit dan akan memicu sindrom baby blues.

  • Pendarahan Akibat Pecah Rahim

Pendarahan yang terjadi pada saat persalinan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kematian. Hal ini bisa saja terjadi jika dalam proses persalinan normal dengan cara induksi. Janin akan memberikan respons yang berlebihan saat induksi, sehingga memicu pecahnya rahim sang ibu.

  • Risiko Komplikasi Pada Bayi

Bayi yang dilahirkan dengan bantuan induksi memiliki risiko komplikasi. Hal ini dikarenakan terjadi masalah pernapasan pada bayi, terjadi gangguan pada paru-paru serta berisiko terkena berbagai macam penyakit lainnya.

Kelebihan InduksiKekurangan Induksi
- Baik untuk kesehatan ibu dan bayi- Meningkatkan risiko fetal distres
- Mengurangi kejadian distosia bahu- Menyakitkan ibu dan bayi
- Baik untuk janin besar- Risiko komplikasi pada bayi

Pilih Mana: Caesar atau Induksi?

Di atas telah dijelaskan berbagai macam perbedan antara caesar dan induksi. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan tersebut, Anda dapat melihat tabel berikut:

CaesarInduksi
- Proses melahirkan dengan pembedahan- Proses melahirkan normal dengan bantuan rangsangan
- Dapat direncanakan- Tidak dapat direncanakan
- Tidak menyebabkan stres pada ibu dan bayi - Bisa menyebabkan stres pada ibu dan bayi

Kesimpulan

Dari berbagai kelebihan dan kekurangan caesar dan induksi di atas. Dapat disimpulkan bahwa melahirkan normal dengan bantuan induksi lebih memiliki banyak dampak negatif daripada melahirkan dengan cara caesar. Ibu hamil dan bayi memiliki banyak risiko jika melahirkan dengan cara induksi ini. karena itu, jika harus memilih antara caesar dengan induksi, maka sebaiknya Anda memilih caesar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Caesar vs Induksi

VS

Leave a Reply