ElektronikPhotography

Pilih Mana: Camcorder atau DSLR?

Kamera memang telah dirancang untuk kebutuhan menangkap gambar dan merekam video, Namun saat ini perubahan sangat cepat, sehingga saat ini ada berbagai macam jenis kamera untuk merekam video seperti Camcorder dan  DSLR, yang seringkali membuat bingung beberapa orang. Karena sekilas, keduanya tampak sama. Lantas, di mana letak perbedaannya?

Tenang saja, Pada artikel kali ini kami akan membandingkan di antara keduanya agar kalian dapat melihat kamera mana yang labih unggul. Yuk langsung saja disimak!

Camcorder

Camcorder adalah salah satu kamera digital yang dilengkapi dengan alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian atau peristiwa.  Penggunaan kamera camcorder sekarang cukup mudah, sekarang kamera camcorder ada yang dilengkapi dengan focus otomatis, jadi kita pada saat merekam atau mengambil gambar tidak perlu mengatur focus gambar.

Hal–hal yang perlu di perhatikan dalam penggunaan camcorder adalah kesinambungan antara gambar satu dengan gambar lainnya, gambar yang kacau, pencahayaan, lama waktunya perekaman. Baca juga Pilih Mana: Canon EOS 1200D atau Canon EOS 4000D?

Camcorder dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas seperti zoom, backlight, focus, ccd, record, play dan lain-lain.

Saat ini terdapat 4 jenis kamera video atau Camera Recorder (Camcorder) atau populer disebut Handycam, digolongkan dari jenis media penyimpanannya, yaitu : harddisk drive (HDD), memory card (kartu memori), DVD dan Mini DV tape. Masing-masing mempunyai kelebihan.

Kelebihan Camcorder

  • Praktis
    Kelebihan yang pertama pada camcorder ini yaitu cukup praktis karena sudah built in dalam unit camcorder. Kapasitas HDD yang tersedia saat ini juga beragam. Sehingga perekaman video pun cukup simple.
  • Kecil dan ringan
    Kamera camcorder tetap menjadi pilihan yang baik untuk digunakan di kondisi yang sering berpindah-pindah. Apalagi, dengan menggunakan kamera camcorder, sangat mudah berpindah dari mode Foto dan mode Video sehingga tidak perlu membawa kamera foto tambahan. Selain itu, keuntungan lainnya yaitu camcorder tidak se-mencolok kamera video apalagi yang besar, sehingga tidak lebih menarik perhatian umum jika ingin merekam video.
  • Harga lebih terjangkau
    Kelebihan yang terakhir yang ada pada camcorder ini yaitu harga yang dibandrol relatif murah dan banyak pilihan jenis yang ada dan dapat disesuaikan dengan budget kalian ya guys.

Kekurangan Camcorder

  • Keterbatasan dalam kapasitas penyimpanan 
    Kekurangan yang pertama pada camcorder ini yaitu, tidak efisien dalam mengambil gambar video, karena keterbatasan daya penyimpanan.
  • Daya baterai yang tidak bertahan lama
    Selain keterbatasan kapasitas penyimpanan camcorder juga mempunyai kekuranga yaitu daya baterainya yang tidak begitu besar sehingga saat penggunaan tidak bertahan cukup lama apalagi untuk merekam video baterai cenderung cepat habis.
  • Kualitas video yang kurang
    Kekurangan terakhir yang ada pada camcorder ini yaitu dalam hal kualitas gambar video tidak setajam dengan menggunakan DSLR dan untuk harga yang lebih murah autofokus sering tidak berfungsi sehingga dapat menghasilkan video yang memeiliki kualitas buruk.
Rekomendasi produk Camcorder Harga Per Oktober 2019
ZOOM Q8 Handy Video Audio Recorder Rp 5.100.000
Canon XA10 HD Professional Camcorder Rp 22.800.000
Sony HXR-MC2500 AVCHD Camcorder Rp 9.500.000
Sony HDR-PJ410 Full HD Handycam Rp 3.999.000
Sony HDR-CX405 HD Handycam Rp 2.499.000

DSLR

Digital Single Lens Reflex atau biasa di kenal dan di sebut DSLR merupakan kamera digital yang menggunakan cermin untuk memindahkan cahaya dari lensa ke jendela bidik (viewfinder) , yang merupakan lubang di bagian belakang kamera dimana kalian dapat melihat/mengintip melaluinya untuk melihat gambar apa yang akan di rekam dan di potret.

Menurut Wikipedia: Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

Kelebihan DSLR

  • Memiliki kualitas perekaman yang sangat baik
    Jika dibandingkan dengan camcorder, maka kamera DSLR menjanjikan hasil video yang lebih baik. Meskipun memiliki pixel yang sama, hasil perkaman kamera DSLR selalu lebih bagus daripada camcorder..
  • Performa kamera DSLR lebih baik
    Jika dibandingkan lagi dengan performa camcorder kinerja kamera DSLR tentu lebih baik. Autofokusnya lebih cepat, penundaan rananya lebih pendek serta memiliki kapasitas memori lebih besar. Kamera DSLR juga dibekali berbagai fungsi dan titik tombol yang lengkap.
  • Aksesoris dan perangkatnya mudah di-upgrade
    Meskipun telah bertahun-tahun kamera DSLR tidak akan ketinggalan zaman. Soalnya kamera ini mudah di-upgrade dengan aksesoris dan perangkat tambahan terbaru. Sehingga kalian dapat mengganti beberapa perangkat yang sudah mulai ketinggalan ketika versi terbarunya sudah dibuat.

Kekurangan DSLR

  • Bentuknya yang besar dan berat, merepotkan
    Kekurangan dari kamera DSLR terutama dari bentuk fisiknya yang rata-rata besar dan berat. Hal itu karena DSLR adanya sistem yang menuntut adanya prisma dan cermin. Akhirnya kamera DSLR selalu memiliki bodi lebar dan kening menonjol. Posisi viewfinder dalam kamera DSLR juga harus segaris dengan sensor digital dan sumbu optik. Ini pula yang menyebabkan semua kamera DSLR memiliki bentuk bodi dasar mirip. Karena komponennya lebih besar, otomatis kamera DSLR juga memiliki bobot yang cukup berat.
  • Mekanismenya rumit
    Untuk menghasilkan video dan foto kualitas terbaik dengan DSLR ternyata tidak semudah kamera digital biasa yang tinggal menekan satu tombol. Apalagi untuk menghasilkan foto semulus karya para master fotografi, kamu harus belajar lama untuk menguasi beberapa pengaturan fitur yang ada pada DSLR.
  • Harganya relatif mahal
    Karena komponennya yang rumit maka perakitan kamera DSLR membutuhkan biaya yang besar. Maka tak heran jika harga kamera DSLR pun biasanya mahal. semakin lengkap fiturnya, semakin besar resolusi sensornya, maka harganya akan semakin mahal.
Rekomendasi produk DSLRHarga Per Oktober 2019
Canon EOS 5D Mark IVRp 36.104.000 – Rp 86.998.500
Nikon D5500Rp 6.528.000 – Rp 15.375.000
Canon EOS 750DRp 6.600.000 – Rp 18.675.000
Canon EOS 5D Mark IIIRp 16.800.000
Canon EOS 5DS RRp 39.008.000
Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V17 Pro atau Samsung A70?

Camcorder vs DSLR

1. Ukuran Sensor
Perbedaan terbesar antara Camcorder dan DSLR yaitu bahwa DSLR memiliki sensor yang jauh lebih besar daripada camcorder, setidaknya pada titik harga yang sama. kalian dapat mendapatkan camcorder dengan sensor yang lebih besar, Tetapi ini adalah model high-end mempunyai harga yang cukup mahal.

Dalam hal video, ada dua keuntungan besar pemotretan dengan sensor yang lebih besar: kedalaman bidang dan cahaya rendah.

Depth of field merupakan banyaknya gambar dalam fokus, kalian akan sering melihat potret dengan latar belakang yang sangat kabur, misalnya. Latar belakang kabur itu lebih mudah dilakukan dengan DSLR karena sensornya lebih besar. Alasan terbesar beberapa videografer memilih untuk menggunakan DSLR adalah untuk mendapatkan latar belakang bokeh yang kental dan tidak fokus.

2. Waktu perekaman
Prosesor kamera hanya dapat memproses begitu banyak data pada satu waktu. Ketika kamera tidak dapat memproses informasi lagi, perekaman akan berhenti. Camcorder unggul dalam hal ini, dirancang untuk video, mereka biasanya mampu merekam selama lebih dari satu jam pada suatu waktu dan seringkali sampai baterai habis (periksa spesifikasi teknologi untuk memastikan, karena setiap kamera berbeda).

DSLR memiliki catatan waktu maksimum yang lebih pendek, seringkali setengah jam. Saat ini cenderung lebih pendek untuk video 4K, tetapi sekali lagi setiap model sedikit berbeda, jadi itu adalah sesuatu yang ingin kalian pertimbangkan ketika melihat spesifikasi teknologi.

3. Audio
Audio merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan yang sering diabaikan oleh videografer baru. Secara umum, mikrofon di dalam camcorder lebih baik daripada yang di dalam DSLR. Tapi, inilah masalahnya: mikrofon murah yang ditempatkan lebih dekat ke subjek akan bekerja lebih baik daripada mikrofon internal, baik saat Anda memotret dengan camcorder atau DSLR.

Karena alasan itu, faktor audio tidak menjadi pertimbangan besar ketika videografer berpengalaman memilih untuk memotret dengan DSLR, karena mereka akan menambahkan perlengkapan audio apa pun. Periksa spesifikasi teknologi dari model spesifik untuk memastikan, tetapi sebagian besar DSLR akan memiliki jack input mikrofon stereo. Dengan itu, kalian bisa menggunakan mikrofon shotgun atau bahkan menambahkan perekam audio DSLR dan merekam dengan banyak mic.

Pilih Mana: Camcorder atau DSLR?

Camcorder DSLR
Kelebihan- Praktis - Kecil dan ringan - Harga lebih terjangkau  - Memiliki kualitas perekaman yang sangat baik - Performa kamera DSLR lebih baik - Aksesoris dan perangkatnya mudah di-upgrade
Kekurangan- Keterbatasan dalam kapasitas penyimpanan  - Daya baterai yang tidak bertahan lama - Kualitas video yang kurang - Bentuknya yang besar dan berat, merepotkan - Mekanismenya rumit - Harganya relatif mahal

Kesimpulan

Beradasarkan artikel di atas mengenai Camcorder dan DSLR dapat kita simpulkan bahwa Camcorder, sebagai opsi kamera perkemanan yang lama juga memiliki sejumlah keunggulan, termasuk filter kerapatan netral bawaan, ergonomi video yang lebih nyaman, dan waktu perekaman maksimum yang lebih lama. Tetapi DSLR memiliki sejumlah keunggulan yang sangat besar, termasuk sensor yang jauh lebih besar. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Camcorder vs DSLR

VS

Leave a Reply