HomeMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Cangkir atau Gelas?

Sesudah kita makan tentunya kita akan minum agar pencernaan kita senantiasa lancar ya guys, kalau kamu suka minum air putih, es teh, jus dan sebagai nya, maka gelas cocok sebagai wadahnya, nah kalau kamu mau minum yang hangat-hangat seperti teh hangat, atau kopi kamu bisa pakai cangkir sebagai wadahnya. Kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan antara Cangkir dan Gelas. Disini aja ya.

 

Cangkir

Cangkir merupakan wadah kecil buat kita meminum teh ataupun kopi dengan pegangan di salah satu sisi yang dipakai sewaktu memegang dengan ibu jari serta jari tangan yang lain. Baca juga Pilih Mana: Piring atau Mangkuk?

Pegangan pada cangkir bermanfaat supaya tangan enggak kepanasan sewaktu kamu ingin mengangkat cangkir. Kamu bisa mendapatkan cangkir di pasar, mall atau toko dapur ya guys. Kamu bisa dapatkan cangkir dengan kualitas yang baik di Informa, Ace Hardware.

Cangkir umumnya terbuat dari porselen serta memiliki pendamping berbentuk piring kecil yang biasa kita sebut dengan tatakan (saucer). Agar terlihat lebih cantik dan menawan, cangkir juga wajib berpasangan dengan tatakan yang mempunyai motif yang sama.

Cangkir yang bermutu besar serta mahal umumnya terbuat dari porselen yang nyaris bening dengan motif bunga yang indah. Kolektor kerap menghabiskan waktu untuk mencari cangkir dengan tatakan yang sudah lenyap ataupun rusak.

Cangkir antik yang sempat digunakan oleh tokoh ternama senantiasa jadi incaran kolektor. Begitu pula sendok teh dari perak dengan tangkai yang mempunyai sedikit keramik berhias motif yang seragam dengan cangkir pula merupakan benda incaran kolektor.

Cara Merawat Cangkir

– Jangan cuci cawan pada mesin pencuci piring otomatis.
– Bercak yang melekat pada cangkir dapat dihilangkan dengan cara merendamnya┬á semalaman memakai susu hangat, setelah itu bilas memakai sabun serta air hangat.
– Minuman yang sangat panas dapat memunculkan keretakan serta bercak pada cangkir.
– Untuk itu lebih baik menuangkan creamer ataupun susu terlebih dulu buat menetralkan keadaan cangkir.
– Letakkan dengan alas yang lembut dalam kotak khusus ataupun berbaris apik di lemari.

Gelas

Sama seperti cangkir, gelas adalah perlengkapan yang mendukung kebutuhan pangan manusia yang dipakai sebagai tempat minum. Gelas sangat cocok buat kamu yang suka minum jus atau berbagai minuman segar lainnya.

Biasanya gelas dibuat dari kaca, tapi ada juga gelas yang dibuat dari plastik, kayu serta tanah liat. Gelas yang dibuat dari kaca umumnya bening, ada juga yang bercorak, dicetak print, serta diberi hiasan.

 

Kalau dibandingkan dengan cangkir yang mempunyai pegangan, gelas umumnya lebih besar tanpa pegangan, serta dapat menampung lebih banyak air.

Berbeda dengan cangkir, gelas banyak diperuntukan hanya untuk minum saja , tidak untuk diukir atau sebagainya. Maka dari itu jarang ada kolektor yang mengoleksi gelas.

Gelas sangat mudah untuk ditemukan, buat kamu yang ingin membeli gelas plastik biasa tanpa corak, kamu bisa menemukannya di pasar. Tapi jika kamu mau membeli gelas yang bagus, cantik dan terbuat dari kaca, kamu bisa menemukannya di mall atau toko peralatan dapur ya guys.

Cara Merawat Gelas

– Pastikan selalu langsung dicuci menggunakan sabun sehabis dipakai agar terhindar dari noda yang menempel pada gelas
– Selalu pakai lap yang bersih sehabis mencucinya
– Sama seperti cangkir, usahakan letakkan alas yang lembut dan bersih dan simpan di lemari penyimpanan dapur kamu.

Pilih Mana: Cangkir atau Gelas?

CangkirGelas
Kelebihan - Cocok untuk minuman hangat - Memiliki corak yang elegan - Memiliki gagang untuk minum- Lebih simpel - Memiliki banyak bentuk - Dapat memuat banyak air
Kekurangan- Tidak dapat memuat banyak air - Rentan retak karena cangkir sering memuat air hangat - Tidak memiliki gagang - Mudah pecah jika terpantul benda keras

Kesimpulan

Buat kamu yang suka minum-minuman hangat, kamu bisa memakai cangkir. Tapi buat kamu yang suka minum-minuman dingin, gelas akan cocok buat kamu. Pada intinya cangkir dan gelas sama sama wadah untuk minum ya guys. Semoga bermanfaat ­čÖé

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cangkir vs Gelas

VS

Leave a Reply