Pilih Mana: Canon EOS 600D atau 650D?

Loading...

Bagi sebagian besar orang, mengabadikan sebuah momen merupakan sebuah hal yang sangat penting. Untuk itu, Anda membutuhkan perangkat yang mendukung. Dua perangkat yang dapat dijadikan alternatif adalah Canon EOS 600D dan Canon EOS 650D. Manakah yang lebih baik dari kedua kamera tersebut? Canon EOS 600D atau 650D?

Meskipun sama-sama dirilis oleh Canon, tapi Canon EOS 600D dan Canon EOS 650D memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari harga yang ditawarkan, fitur yang dimiliki, dan banyak hal lainnya. Agar lebih jelas, simak artikel berikut hingga selesai. Sebelumnya kami telah membahas mengenai Canon EOS M3 vs M10.

Canon EOS 600D

Canon EOS 600D merupakan sebuah kamera yang dirilis oleh Canon. Perangkat ini memiliki megapixel yang cukup mumpuni untuk mendukung berbagai aktivitas Anda.

Kelebihan Canon EOS 600D

Berikut beberapa kelebihan Canon EOS 600D yang perlu Anda ketahui:

  • Megapixel Sedikit Lebih Besar

kelebihan pertama yang dimiliki oleh Canon EOS 600D asdalah memiliki megapixel yang sedikit lebih besar jika kita bandingkan dengan megapixel yang dimiliki oleh Canon EOS 650D. Canon EOS 600D memiliki kamera utama 18,7 MP sementara Canon EOS 650 memiliki kamera utama sebesar 18,5 MP. Besarnya megapixel pada kamera akan memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Sehingga semakin besar sebuah kamera akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik.

  • Bobot Lebih Ringan

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh Canon EOS 600D adalah memiliki bobot yang lebih ringan jika kita bandingkan dengan bobot yang dimiliki oleh Canon EOS 650D. Kamera ini memiliki bobot dengan berat 570 gram sementara Canon EOS 650D memiliki bobot dengan berat 575 gram. Dengan demikian, dapat kita lihat bahwa Canon EOS 600D
memiliki bobot 5 gram lebih ringan.

  • Memiliki Kedalaman Warna yang Lebih Baik

kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS 600D adalah memiliki kedalaman warna yang lebih tinggi atau lebih baik jika kita bandingkan dengan kedalaman warna yang dimiliki oleh Canon EOS 650D. Kamera yang dirilis oleh Canon ini memiliki kedalaman warna 22.1bits sementara Canon EOS 650 memiliki kedalaman warna 21.7 bits. Semakin baik kedalaman warna sebuah kamera, maka akan semakin banyak nuansa warna yang bisa dibedakan. Selain itu, dikutip dari Liputan6.com Canon 600D juga memiliki screen yang dapat dilipat untuk bisa menghadap ke depan.

Kekurangan Canon EOS 600D

Berikut beberapa kekurangan Canon EOS 600D yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Memiliki Autofokus Sentuh

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Canon EOS 600D adalah belum dibekali dengan autofokus sentuh. Autofokus sentuh memiliki fungsi agar Anda dapat mengatur fokus dan subjek hanya dengan menyentuh layar kamera Anda. Namun sayangnya, Canon EOS 600D tidak memiliki autofokus sentuh sehingga perlu menyesuaikan dan mengatur fokus subjek dengan cara yang manual. Hal ini tentu berbeda dengan Canon EOS 650D yang telah dilengkapi dengan fitur ini.

  • Memiliki Ukuran Lebih Tebal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon ESO 600D adalah memiliki ukuran yang lebih tebal jika kita bandingkan dengan Canon EOS 650D. Kamera ini hanya memiliki ukuran dengan tebal 79,7mm sementara Canon EOS 650D memiliki ukuran dengan ketebalan sebesar 78,8mm. Dilihat dari ketebalannya, Canon EOS 600D sedikit lebih bongsor sementara Canon EOS 650D sedikit lebih slim. Dengan demikian, dapat kita perhatikan bahwa Canon EOS 650D memiliki ukuran yang lebih baik.

Loading...
  • Tidak Memiliki Layar Sentuh

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS 600D adalah belum memiliki layar sentuh seperti yang dimiliki oleh oleh Canopn EOS 650D. Belum adanya layar sentuh pada kamera ini membuat Anda akan lebih sulit dalam melakukan aktivitas secara manual. Selain itu, bisa dikatan teknologi yang dimiliki oleh Canon EOS 600D ini masih tertinggal.

Kelebihan Canon EOS 600DKekurangan Canon EOS 600D
- Megapixel sedikit lebih besar- Belum memiliki autofokus sentuh
- Bobot lebih ringan- Memiliki ukuran lebih tebal
- Memiliki kedalaman warna yang lebih baik- Tidak memiliki layar sentuh

Canon EOS 650D

Canon EOS 650D merupakan sebuah kamera yang dirilis oleh Canon dan telah memiliki teknologi dan fitur yang mumpuni. Perangkat ini memiliki layar layar sentuh dan autofokus sentuh. Selain itu, banyak pula kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Canon EOS 650D.

Kelebihan Canon EOS 650D

Berikut beberapa kelebihan Canon EOS 650D yang perlu Anda ketahui:

  • Telah Dilengkapi Microfon Stereo

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Canon EOS 650D adalah telah dilengkapi dengan adanya microfon stereo. Hal ini menjadi nilai plus bagi Canon EOS 650D karena Canon EOS 600D belum memiliki fitur ini. Dengan adanya microfon stereo, Anda akan dimungkinkan untuk melakukan perekaman file audio atau film tanpa harus menggunakan microfon luar. Adanya fitur ini akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas.

  • Memiliki Mode HDR Terpasang

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Canon EOS 650D adalah memiliki mode HDR yang telah terpasang secara otomatis pada perangkat tersebut. Adanya mode pada perangkat ini memungkinkan Anda untuk bisa memotret gambar secara otomatis dengan jarak dinamis yang lebih jauh. Mode ini belum terdapat pada Canon EOS 600D, sehingga jika Anda memiliki kebutuhan untuk melakukan aktivitas tersebut, maka Canon EOS 650D lebih cocok untuk memudahkan pekerjaan Anda.

  • Telah Memiliki Layar Sentuh

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS 650D adalah telah memiliki layar sentuh sehingga lebih praktis. Dengan adanya layar sentuh ini Anda dapat mengoperasikan perangkat dengan jari-jari Anda langsung pada layar kamera. Ini juga menjadi kelebihan Canon EOS 650D karena Canon EOS 600D belum memiliki layar sentuh. Dalam hal ini, jelas Canon EOS 650D lebih unggul dan sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan.

Kekurangan Canon EOS 650D

Berikut beberapa kekurangan Canon EOS 650D yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Canon EOS 650D adalah memiliki harga yang lebih mahal jika kita bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Canon EOS 600D. Meskipun begitu, harga yang ditawarkan oleh Canon EOS 650D ini sudah sangat baik dan sangat mumpuni untuk mendukung aktivitas Anda dalam mengambil gambar ataupun merekam sebuah momen. Dengan teknologi yang lebih canggih, maka harga yang ditawarkan oleh kamera ini bisa dikatakan sesuai.

  • Bobot Sedikit Lebih Berat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Canon EOS 650D adalah memiliki bobot yang sedikit lebih berat jika kita bandingkan dengan bobot yang dimiliki oleh Canon EOS 600D. Perangkat ini memiliki bobot yang lebih berat 5 gram. Namun, hal ini bukanlah sebuah masalah besar sebab selisih bobot antara keduanya sangat sedikit dan tidak begitu terlalu terasa.

  • Megapixel Sedikit Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS 650D adalah memiliki megapixel yang sedikit lebih kecil. Megapixel kamera akan mendukung kualitas gambar yang dihasilkan. Namun jangan khawatir, perbedaan atau selisih megapixel kedua kamera ini relatif kecil. Kekurangan yang relatif kecil ini juga dapat ditutupi dengan banyaknya keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan.

Kelebihan Canon EOS 650DKekurangan Canon EOS 650D
-Telah dilengkapi microfon stereo- Harga lebih mahal
- Memiliki mode HDR terpasang- Bobot sedikit lebih berat
- Telah memiliki layar sentuh- Megapixel sedikit lebih kecil

Pilih Mana: Canon EOS 600D atau 650D?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Canon EOS 600D atau 650D. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Canon EOS 600DCanon EOS 650D
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Belum memiliki layar sentuh- Telah memiliki layar sentuh
- Belum dilengkapi microfon stereo- Telah dilengkapi microfon stereo
- Cek harga Canon EOS 600D online termurah, Klik di sini- Cek harga Canon EOS 650D online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Canon EOS 600D dan Canon EOS 650D, dapat kita lihat bahwa kedua kamera tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing masing. Namun, kami lebih merekomendasikan Anda untuk menggunakan Canon EOS 650D karena memiliki kelebihan atau keunggulan yang lebih banyak. Meskipun memiliki harga yang lebih mahal, namun Anda dapat memanfaatkan fitur kamera tersebut secara maksimal untuk menunjang kebutuhan dan keinginan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Canon EOS 600D vs 650D

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *