ElektronikKameraPhotography

Pilih Mana: Canon EOS 600D atau Canon EOS 1300D?

Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu perangkat untuk memotret dan merekam suatu bayangan potret yang menjadi objek utamanya. Saat ini banyak sekali tipe kamera yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan kamu memotret sebagai fotografi atau hanya sekedar suka dengan fotografi kedua dari banyaknya adalah Canon EOS 600D dan Canon EOS 1300D.

Canon EOS 600D dan Canon EOS 1300D kamera yang banyak menjadi pilihan orang yang menyukai dunia fotografi, karena keduanya sudah mendapatkan review yang sangat baik dengan kualitas yang dimilikinya. Nah guys, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kualitas kedua kamera tersebut dan juga kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selamat membaca artikel di bawah ini.

Canon EOS 600D

Kehadiran Canon EOS 600D ditujukan untuk mengalahkan para pesaing dari produk sejenis. Keunggulan EOS 600D adalah karena dukungan dari sensor gambar CMOS 18 megapixel kualitas tinggi dan pengolah gambar DIGIC 4 yang tangguh. Baca juga Pilih Mana: Canon 1200D atau Canon 1300D?

Fitur-fitur canggih dibenamkan dalam produk ini, seperti Intelligent Scene Auto, Basic+, dan Feature Guide yang sanggup memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk penggunanya buat mencapai kontrol penuh atas fungsi kreatif.

Adanya peningkatan kreativitas pada EOS 600D, membuatnya sanggup merekam video Full HD maupun video snapshot. Mengenai kamera ini, tidak terlepas dari tentunya kualitas kameranya, di bawah ini akan membahas mengenai spesifikasi kamera Canon EOS 600D.

Spesifikasi Kualitas Kamera Canon EOS 600D

Canon EOS 600D ini adalah mempunyai 9 titik auto fokus yang dapat memudahkan untuk mendapatkan fokus pada gambar atau objek, dilengkapi juga dengan layar flip 3 inchi, automatic Flash Built In, dan yang sangat penting adalah LCDnya sudah menerapkan teknologi interface touch screen sehingga kamera ini jadi terlihat lebih modern dan keren.

Kamera Canon EOS 600D ini dilengkapi dengan sensor kamera APS-C CMOS dengan resolusi 18 MP. Dengan spesifikasi sejenis ini, kamera ini bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar dengan tingkat resolusi yang tentunya sangat besar dan dengan detail gambar dan warna yang sangat bagus.
Ukuran resolusi paling tinggi yang bisa ditangkap dengan menggunakan kamera ini adalah sebesar 5184 x 3456 untuk gambar, sebaliknya untuk video, resolusi tertingginya adalah 1920 x 1080. Pada bagian pengaturan ISO, kamera ini dilengkapi dengan range pengaturan ISO (International Standard Organization) yang cukup panjang, berkisar pada angka 100-6.400.

Apabila digunakan dengan baik oleh penggunanya, kamera ini bisa digunakan untuk mengambil gambar pada tempat yang sangat minim atau kurang cahaya maupun pada tempat yang cahayanya berlebihan, tentunya dengan kualitas yang sangat bagus.

Keterangan Canon EOS 600D
Megapixels18 megapixel
Berat570 gram
Resolusi tinggi gambar5184 x 3456
Resolusi tinggi video1920 x 1080
Pengaturan ISOPengaturan ISO berkisar pada angka 100-6.400
Auto fokus9 titik AF (one cross type) TTL phase-detect, contrast-detect in live view
Harga (per September 2019)Rp. 4.500.000 - Rp. 5.500.000 (per September 2019)

Kelebihan Canon EOS 600D

  • Memiliki desain yang bagus
    Kamera Canon 600D ini memiliki desain dari kamera ini terlihat modern dan elegan. Cocok untuk pengguna fotografi di semua kalangan. Kamera ini juga memiliki layar LCD di bagian bodynya dan ajaibnya, LCD nya bisa diputar 360 derajat, jadi kamu bisa melihat diri kamu saat mengambil foto.
  • Dapat merekam video Full HD 1080p dengan fps maksimal 30fps
    Selain itu kamera ini dapat merekam video Full HD 1080p dengan fps maksimal 30fps. Dan juga merekam HD 720p dengan 60fps, dengan 60fps kamu bisa merekam video untuk slow motion. Jadi gambarnya tidak akan terlihat pecah-pecah.
  • Layar bisa putar
    Namun dengan layar putar yang dimiliki kamera Canon EOS 600D maka hal tersebut akan membuat kamu mudah dalam mengambil video dengan beberapa angle, karena kalian dapat memutar atau mengatur layar kamera seperti yang kamu butuhkan.

Kekurangan Canon EOS 600D

  • Karet mudah lepas atau melar
    Karet yang biasanya lepas pada kamera Canon EOS 600D ini yaitu karet penutup USB, HDMI serta colokan handsfree dan mic external. Jika mengalami hal ini pada kamera 600D kamu dapat ditimbulkan yaitu membuat debu menjadi mudah masuk ke beberapa konektor pada kamera ini, sehingga debu tersebut dapat mengganggu kinerja konektor. Terlebih jika debu yang masuk dibiarkan dalam waktu yang lama, akan menutupi konektor sehingga akan sulit untuk kamu menghubungkan kabel USB dan yang lainnya pada kamera.
  • Layar mudah vignet
    Sebenarnya mengenai layar kamera Canon EOS 600D bisa mengalami vignet penyebabnya yaitu terletak pada bagaimana pemilik menggunakan atau memperlakukan kamera ini. Beberapa layar kamera menjadi vignet diantaranya disebabkan oleh kamera yang pernah terbentur, membiarkan baterai terpasang dalam waktu yang lama dalam keadaan tidak digunakan, serta jumlah shutter count yang tinggi.
  • Auto fokus lensa mudah mati
    Pada beberapa kasus, Canon EOS 600D sering mengalami kerusakan pada lensa bawaannya. Bagi kamu yang lebih sering menggunakan auto fokus, tentu hal ini dapat merugikan dan menghambat kamu ketika menggunakan kamera kamu. Bagi yang jarang menggunakan auto fokus, tentu hal ini bukanlah suatu masalah atau hal yang dapat menghambat penggunaan kamera, untuk sebab itu hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan cara merawat lensa kamera dengan baik agar kerusakan pada lensa dapat terhindarkan.

Canon EOS 1300D

Canon EOS 1300D dikemas bersama semua kecanggihan fotografi yang direkomendasikan untuk para pengguna yang mencari kamera EOS DSLR pertama untuk mereka. Kamera ini menggunakan sensor ukuran APS-C 18 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 4+, yang bahkan fotografer profesional juga mengakuinya sebagai kamera yang mempunyai fitur inti berperforma tinggi.

Kamera Canon EOS 1300D ini juga mempunyai banyak fitur pemotretan otomatis dan kompatibel dengan lebih dari 70 lensa EF atau EF-S sehingga pengguna bisa mengambil gambar yang berkualitas tinggi bagaikan fotografer profesional, apapun subjek dan genre yang menjadi tujuan pemotretan.

Spesifikasi Kulitas Kamera Canon EOS 1300D

Canon EOS 1300D mengandalkan sensor CMOS APS-C dengan resolusi 18 MP dan dukungan prosesor Canon DIGIC 4+. Canon EOS 1300D mampu menghasilkan foto yang cukup tajam dengan tone warna yang bagus. Tidak hanya itu, sistem auto fokusnya yang berjumlah 9 titik juga terasa cepat dan memadai untuk mendukung pemotretan di luar ruangan.

Seperti kamera DSLR pada umumnya, EOS 1300D juga mendukung mode Live View untuk pengguna yang tidak ingin memotret dengan mengintip jendela bidiknya. Di mode Live View ini melakukan framing atau pengaturan komposisi pengambilan gambar dapat dilihat langsung di layar LCD.

Sayangnya kemampuan autofocus EOS 1300D di mode Live View terasa agak lambat. Tidak hanya itu, pada situasi minim cahaya, kinerja auto fokusnya juga tidak secepat di kondisi pencahayaan yang cukup. Walaupun begitu, kendali noisenya di ISO tinggi untuk memotret di kondisi redup cukup baik.
Keterangan Canon EOS 600D
Megapixels18 megapixel
Berat485 gram
Pengaturan ISOPengaturan ISO 100 -6.400 (H:12800)
Auto fokus9 Titik (AF tipe silang sensitif terhadap f/5.6 dengan titik AF tengah)
Harga (per September 2019)Rp. 4.000.000 - Rp. 5.000.000 (per September 2019)

Kelebihan Canon EOS 1300D

  • Fitur sederhana mudah digunakan
    Sebagai sebuah kamera DSLR kelas pemula, Canon EOS 1300D memang tidak melengkapinya dengan fitur yang melimpah. Tapi, semua fitur yang ada di Canon EOS 1300D sudah sangat cukup untuk sekedar belajar memotret. Antarmuka pada menunya juga sangat mudah dipahami dan digunakan sehingga tidak akan membingungkan untuk para pemula.
  • Adanya WIFI dan NFC
    Fitur ini merupakan fitur yang sangat berguna, karena dengan adanya fitur WIFI pada kamera, maka kita bisa langsung memindahkan foto atau video langsung ke smartphone hanya dengan aplikasi dan sambungan WIFI. Sedangkan NFC adalah fitur komunikasi antar perangkat yang cara kerjanya cukup mendekatkan kedua perangkatnya saja, sehingga lebih cepat.
  • Ukuran dan desain body yang nyaman
    Kamera Canon EOS 1300D memiliki desain yang masih sama seperti sejenisnya yang pertama, yaitu Canon EOS 1300D yang sukses dipasaran. Desain kamera ini sangat pas untuk digunakan foto, memiliki desain yang profesional. Ukurannya juga sangat pas, tidak terlalu berat dan terasa ringan.

Kekurangan Canon EOS 1300D

  • Tombol kurang nyaman ditekan
    Banyak yang review dari orang bahwa tombol dari kamera Canon EOS 1300D kurang nyaman saat ditekan nih guys, sayang sekali ya.
  • Auto fokus lambat di mode Live View
    Di mode Live View ini melakukan framing atau pengaturan komposisi pengambilan gambar bisa dilihat langsung di layar LCD. Sayangnya kinerja auto fokus Canon EOS 1300D di mode Live View terasa agak lambat dan lelet.
  • Kinerja auto fokus kurang baik di kondisi minim cahaya
    pada kondisi minim cahaya, kinerja auto fokusnya juga tidak secepat di kondisi pencahayaan yang cukup. Walau begitu, kendali noisenya di ISO tinggi untuk memotret di kondisi redup begitu cukup baik.

Pilih Mana: Canon EOS 600D atau Canon EOS 1300D?

Canon EOS 600DCanon EOS 1300D
Kelebihan- Memiliki desain yang bagus - Dapat merekam video Full HD 1080p dengan fps maksimal 30fps - Layar bisa putar - Fitur sederhana mudah digunakan - Adanya WIFI dan NFC - Ukuran dan desain body yang nyaman
Kekurangan- Karet mudah lepas atau melar - Layar mudah vignet - Auto fokus lensa mudah mati - Tombol kurang nyaman ditekan - Auto fokus lambat di mode Live View - Kinerja auto fokus kurang baik di kondisi minim cahaya

Kesimpulan

Canon EOS 600D dan Canon EOS 1300D adalah kedua kamera yang banyak menjadi pilihan semua orang khusunya pecinta pada dunia fotografi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi menurut saya pada artikel kali ini, jika kamu ingin mempunyai kamera dengan fitur yang cukup lengkap dan kualitasnya yang tinggi untuk menunjang pekerjaan kamu sebagai fotografer  maka Canon EOS 600D adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika kamu baru menjadi pemula di dunia fotografi atau hanya sekedar suka dengan fotografi maka Canon EOS 1300D  adalah pilihan yang tepat. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Canon EOS 600D vs Canon EOS 1300D

VS

Leave a Reply